1. Tak Berkategori

Apa Hukum Menuntut Ilmu dalam Islam? Temukan di Sini!

Kawan Literasi, siapa di antara kalian yang senang dan hobi belajar? Pasti semua senang, ya, untuk menuntut ilmu. Eits, tapi mendapatkan ilmu itu tidak hanya dari sekolah atau pendidikan formal saja, loh. Ilmu bisa teman-teman dapatkan dari mana saja. Nah, bagaimana sih, hukum menuntut ilmu dalam islam?

Ternyata menuntut ilmu itu telah diatur dalam hukum islam juga, teman-teman. Jadi, tidak akan merugi bagi umat muslim untuk menimba ilmu, karena akan menjadi manfaat di dunia dan di akhirat. Kok bisa? Yuk, kita bahas materi hukum menuntut ilmu berikut ini. 

Apa yang Dimaksud Menuntut Ilmu?

Menuntut ilmu adalah suatu ikhtiar atau sebuah usaha dalam mempelajari ilmu, baik itu ilmu untuk dunia maupun ilmu untuk bekal akhirat. Tujuan menuntut ilmu adalah agar ilmu yang kita pelajari dapat bermanfaat untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Ilmu dunia berfungsi untuk memudahkan urusan hidup di dunia, sedangkan untuk ilmu akhirat harus dicari agar setiap manusia memiliki pedoman agar tidak tersesat dalam sebuah kebatilan. Karena tujuan akhir manusia yaitu akhirat.

Kewajiban Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap umat muslim. Telah disebutkan di beberapa surat dalam Al-Quran atau hadis Rasulullah yang menjelaskan tentang kewajiban menuntut ilmu, baik bagi perempuan maupun laki-laki. Bahkan telah tertulis dalam wahyu pertama yang diterima Nabi saw. di surat al-Alaq/96:1-5) yang menyebutkan bahwa:

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia. Yang mengajar (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.” 

Laki-laki dan perempuan sama-sama berperan sebagai khalifah di muka bumi dan sebagai hamba. Maka dari itu, Islam tidak membeda-bedakan hak dan kewajiban manusia karena jenis kelaminnya dalam hal menuntut ilmu. Untuk menjadi khalifah yang sukses, harus dibekali dengan ilmu pengetahuan yang memadai. 

Demikian juga sebagai hamba, untuk mencapai tingkat keimanan tertinggi kepada Allah Swt, dibutuhkan ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas. Dalam menuntut ilmu juga tidak dibatasi ruang dan waktu. Untuk ungkapan ruang atau jarak, tuntutlah ilmu sampai negeri Cina. Islam juga mengajarkan bahwa menuntut ilmu dimuali dari sejak lahir sampai ke liang lahat. 

Hukum Menuntut Ilmu dalam Islam

Hukum menuntut ilmu dalam isalm terbagi atas dua bagian, yaitu fardu kifayah dan fardu ain. Berikut ini masing-masing penjelasannya. 

1. Fardu Kifayah

Hukum menuntut ilmu fardu kifayah berlaku untuk ilmu yang ada di kalangan umum, yang dapat dipelajari oleh berbagai kaum. Misalnya seperti ilmu kedokteran, ilmu perindustrian, ilmu sosial, ilmu eksakta, dan lain sebagainya. 

2. Fardu ‘Ain

Sedangkan hukum menuntut ilmu fardu ain berlaku untuk ilmu yang tidak boleh ditinggalkan oleh umat muslim dan muslimah dalam segala situasi dan kondisi. Contohnya adalah ilmu mengenal Allah swt dan segala sifatnya, ilmu beribadah, dan lain sebagainya.  

Hadits Tentang Hukum Menuntut Ilmu

Ada beberapa hadits tentang hukum menuntut ilmu. Berikut ini adalah hadits-hadits dalam menuntut ilmu.

مَنْخَرَجَفِىطَلَبُالْعِلْمِفَهُوَفِىسَبِيْلِاللهِحَتَّىيَرْجِعَ

Artinya: “Barangsiapa yang keluar untuk menuntut ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang.” (HR Tirmidzi).

مَنْ تَعَلَّمَ عِلْمًا مِمَّا يُبْتَغَى بِهِ وَجْهُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ لاَ يَتَعَلَّمُهُ إِلاَّ لِيُصِيبَ بِهِ عَرَضًا مِنَ الدُّنْيَا لَمْ يَجِدْ عَرْفَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Barangsiapa yang mempelajari ilmu yang dengannya dapat memperoleh keridhoan Allah SWT, (akan tetapi) ia tidak mempelajarinya kecuali untuk mendapatkan kesenangan duniawi, maka ia tidak akan mendapatkan harumnya surga di hari kiamat nanti.” (HR Abu Daud).

Keutamaan Menuntut Ilmu

Ilustrasi keutamaan menuntut ilmu menurut agama islam
Keutamaan Menuntut Ilmu. (Sumber: iStock)

Banyak manfaat yang akan diperoleh jika menuntut ilmu. Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan dalam menuntut ilmu dalam Islam. 

1. Ditinggikan Derajatnya oleh Allah SWT

Barangsiapa yang menuntut ilmu, derajatnya akan ditinggikan oleh Allah swt. Disebutkan dalam Al-Quran surat al-Mujadillah (58:11) yang berbunyi:

Dan Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

2. Jalan Menuju ke Surga

Barangsiapa yang menuntut ilmu, Allah swt. akan memudahkan jalannya menuju surga. 

Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (H.R. Muslim, no. 2699)

3. Ilmu merupakan Warisan Nabi

Tahukah kamu bahwa ilmu juga merupakan warisan para Nabi? Rasulullah saw. bersabda:

“Dan sesungguhnya para Nabi tidak pernah mewariskan uang emas dan tidak pula uang perak, akan tetapi mereka telah mewariskan ilmu (ilmu syar’i) barang siapa yang mengambil warisan tersebut maka sungguh ia telah mengambil bagian yang banyak.” (HR Ahmad).

4. Lebih Utama dari Shalat Seribu Raka’at

Dari Abu Dzar, Rasulullah saw. bersabda. “Wahai Abu Dzar, kamu pergi mengajarkan ayat dari Kitabullah telah baik bagimu daripada salat (sunnah) seratus rakaat, dan pergi mengajarkan satu bab ilmu pengetahuan baik dilaksanakan atau tidak, itu lebih baik daripada salat seribu rakaat.” (H.R. Ibnu Majah)

5. Dinaungi Malaikat Pembawa Rahmat

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah sekumpulan orang yang berkumpul di suatu rumah-rumah Allah ‘Azza wa Jalla, mereka mempelajari kitab Allah dan mengkaji di antara mereka, melainkan malaikat mengelilingi dan menyelubungi mereka dengan rahmat, dan Allah menyebut mereka di antara orang-orang yang ada di sisi-Nya. Dan tidaklah seorang meniti suatu jalan untuk menuntut ilmu melainkan Allah memudahkan jalan baginya menuju surga.” (H.R. Muslim dan Ahmad)

6. Diberi Pahala Orang Berjihad

Dari Ibnu Abbas ra. Rasulullah saw. bersabda, “Berpergian ketika pagi dan sore guna menuntut ilmu adalah lebih utama daripada berjihad fi sabilillah.” (H.R. ad-Dailami)

Baca juga: Penjelasan 5 Rukun Islam, Hadits, Urutan, & Artinya

Nah, itu tadi hukum menuntut ilmu, beserta dengan keutamaannya. Semoga, dari penjelasan tadi, teman-teman lebih senang untuk belajar, ya! Mempelajari hal baru itu tidak ada salahnya, kok. Teman-teman juga bisa belajar banyak hal melalui laman Studio Literasi. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa Hukum Menuntut Ilmu dalam Islam? Temukan di Sini!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]