1. Uncategorized

Hukum Pascal: Pengertian, Rumus, dan Penerapannya

Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? Aku harap kalian baik-baik saja ya. Ngomong-ngomong, pernahkah kalian melihat ada mobil mogok di jalan? Tentunya gak jarang banyak orang membantu mendorongnya. Namun, tahukah kalian jika sebenarnya jika ada peristiwa tersebut bisa diantisipasi dengan menggunakan ban cadangan beserta dongkrak hidrolik. 

Dongkrak hidrolik ini adalah salah satu perkakas penting bagi pemilik mobil saat dalam keadaan darurat. Pasalnya, alat ringan yang hanya berisikan udara ini mampu mengangkat mobil dengan mudah. Hal ini terjadi karena ia menggunakan prinsip hukum pascal.

Pengertian Hukum Pascal

Blaise Pascal Pencetus Hukum Pascal
Blaise Pascal Pencetus Hukum Pascal

Dalam bidang fisika, hukum pascal merupakan hukum yang menggambarkan bahwa dengan adanya tekanan tertentu yang diberikan oleh cairan dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan tekanan sama kuat. Hukum ini diciptakan oleh matematikawan berkebangsaan Prancis bernama Blaise Pascal pada tahun 1653. 

Pasalnya, hukum Pascal memberikan segudang manfaat dalam kehidupan manusi, lho. Salah satunya adalah dongkrak hidrolik. Secara penerapannya, ia hanya berfungsi pada fluida cair. Nah, untuk prinsip utamanya yakni jika terdapat fluida atau cairan tidak mengalir dalam ruang tertutup, selanjutnya jika fluida diberikan tekanan di salah satu sisi. Sehingga tekanan akan disalurkan ke segala sisi dengan sama kuatnya. 

Artikel Terkait

  • Struktur Teks Laporan Percobaan, Ciri-Ciri dan Contohnya
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 17, 2023 at 11:48 am

    Teks laporan percobaan merupakan salah satu jenis teks yang ada dalam materi Bahasa Indonesia. Teks ini berfungsi untuk melaporkan percobaan yang dilakukan oleh seorang penulis. Penulisannya tentu tidak boleh asal, sebab teks ini harus menyatakan fakta hasil dari percobaan dan disusun dengan sistematis. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak artikel berikut hingga akhir, Kawan Literasi! Apa Artikel Struktur Teks Laporan Percobaan, Ciri-Ciri dan Contohnya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 13 Tanda Baca, Fungsi, dan Contoh Penggunaan sesuai EYD
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 17, 2023 at 8:38 am

    Dalam suatu kalimat, terdapat tanda baca yang biasanya digunakan. Baik itu kalimat pernyataan, kalimat tanya, atau kalimat seruan. Masing-masing menggunakan tanda baca sesuai fungsinya. Contohnya, tanda titik (.) yang umumnya digunakan untuk mengakhiri suatu kalimat berita.  Fungsi tanda baca adalah memudahkan pembaca untuk memberi jeda, mengetahui struktur suatu kalimat, dan menentukan intonasi. Lalu, bagaimana fungsi Artikel 13 Tanda Baca, Fungsi, dan Contoh Penggunaan sesuai EYD pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pencemaran Tanah: Komponen Pencemar, Dampak, dan Penanganan
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 17, 2023 at 2:01 am

    Pencemaran tanah terjadi jika terdapat makhluk hidup, zat, maupun komponen lain ke dalam tanah hingga kualitas tanah menurun. Biasanya pencemaran tanah kerap terjadi akibat bahan kimia buatan manusia yang merubah lingkungan tanah. Apa saja sumber pencemaran tanah, dampak, dan cara menanganinya? Untuk mengetahuinya, simak artikel Studio Literasi kali ini hingga akhir, Kawan Literasi! Pencemaran Tanah Artikel Pencemaran Tanah: Komponen Pencemar, Dampak, dan Penanganan pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Konjungsi: Ketahui Jenis-Jenis hingga Contoh Penggunaannya
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 5, 2023 at 3:44 am

    Konjungsi lebih akrab disebut sebagai kata hubung. Konjungsi berfungsi menghubungkan dua klausa maupun frasa dalam sebuah kalimat agar saling berkesinambungan. Contoh paling umum yaitu dan, tetapi, maupun, sedangkan, dan lain sebagainya.  Namun tahukah Kawan Literasi jika konjungsi memiliki berbagai macam jenis dan penggunaannya yang berbeda? Simak artikel Studio Literasi kali ini hingga selesai untuk mengetahuinya Artikel Konjungsi: Ketahui Jenis-Jenis hingga Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

 Isi dari bunyi hukum Pascal ini adalah

Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup, diteruskan ke segala arah dengan sama besar”.

Rumus Hukum Pascal

Sebelum mengetahui rumusnya, perlu kami ingatkan bahwa prinsip kerja hukum ini akan berjalan jika terjadi pada fluida cair. Apa itu fluida? Fluida merupakan zat yang mudah mengalir. Perlu kalian tahu, fluida yang dimaksud adalah zat berwujud gas atau cair. Tentunya ia mempunyai kemampuan suatu zat  yang dapat menyesuaikan terhadap  tempatnya. Ciri-ciri fluida yang lain adalah mempunyai gaya ketertarikan molekul yang tidak lebih kecil dan bebas bergerak sehingga ia lebih mudah berubah bentuk atau deformasi. 

Secara garis besar, fluida terbagi menjadi dua jenis yakni fluida statis dan fluida dinamik.  Nah, hukum pascal itu terjadi pada sebuah bejana tertutup berbentuk letter “U”.  Dalam hal ini, fluida memiliki beberapa jenis yakni fluida statis dan fluida dinamik.

Nah, berikut ini adalah penjabaran Hukum Pascal  dalam sebuah bejana tertutup berbentuk letter “U”.

Rumus Hukum Pascal

ρ=\tfrac{F1}{A1}

Keterangan:

ρ1 = Tekanan pada penghisapan pertama (N/m²).

F1 = Gaya penghisap pertama (N)

A1 = Luas penghisap pertama (m²)

Pada bejana huruf “U” bisa dikatakan bahwa tekanan pada 1 dapat diteruskan ke A2 sehingga dapat kita simpulkan tekanan pada penghisap pertama mempunyai nilai tekanan sama dengan dengan penghisap kedua. 

ρ = \tfrac{F2}{A2}

Keterangan:

ρ2 = Tekanan pada penghisapan kedua (N/m²).

F2 = Gaya penghisap kedua (N)

A2 = Luas penghisap kedua (m²)

Korelasi dari kedua penghisap ini lalu membentuk sebuah gaya oleh tekanan pertama (ρ1) sehingga luas penampang pada penghisap kedua (A2) akan mengalami tekanan. Maka, dari pernyataan di atas terdapat sebuah persamaan sebagai berikut:

F2 = \tfrac{A2}{A1} x F1 atau F1 = \tfrac{A1}{A2}x F2

Keterangan:

ρ1 = Tekanan pada penghisapan pertama (N/m2

ρ2 = Tekanan pada penghisapan kedua (N/m²).

F1 = Gaya penghisap pertama (N)

F2 = Gaya penghisap kedua (N)

A1 = Luas penghisap pertama (m²)

A2 = Luas penghisap kedua (m²)

Baca Juga: Mengenal Momen Gaya, Rumus Beserta Contoh Soalnya

Penerapan Hukum Pascal di Kehidupan Sehari-Hari

Hukum fisika memang tercipta untuk kemudahan manusia. Penerapannya mudah kalian jumpai pada alat-alat transportasi seperti truk atau mobil dan juga tempat-tempat yang berhubungan dengan kendaraan. 

Dongkrak Hidrolik

Dongkrak Mobil
Dongkrak Mobil Menggunakan Hukum Pascal

Siapa sih yang nggak tahu dongkrak mobil? Alat ini berperan penting dalam mengangkat sebuah beban yang sangat berat dengan menggunakan gaya relatif kecil. Prinsipnya persis dengan hukum pascal, ia memanfaatkan fluida cair berupa air yang berada di dalam dua tabung (ruangan tertutup) dengan ukuran berbeda. 

Selanjutnya, pada masing-masing tabung terdapat sebuah penghisap. Pemberian gaya oleh sebuah penghisap akan berpengaruh pada gaya angkat. Tentunya, penghisap besar akan menghasilkan gaya angkat jauh lebih besar dari penghisap kecil. Oleh karena itu, alat ini mampu untuk menahan mobil ketika terjadi proses penggantian ban. 

Rem Hidrolik

Tadi ada dongkrak hidrolik, contoh selanjutnya adalah rem hidrolik? Hmm, apakah remnya bertenaga air?Jelas bukan ya,  yuk coba baca kelanjutan pembahasan ini. Rem hidrolik menggunakan prinsip hukum pascal. Ia biasanya terletak pada kendaraan sepeda motor. Bagian utama rem ini antara lain pedal rem, minyak rem, sepatu jepit, dan silinder master.

Cara kerja rem hidrolik adalah ketika rem kita tarik, nanti tekanan tersebut akan ke arah sepatu jepit oleh minyak rem. Silinder rem tersebut mempunyai empat buah silinder rem yang berada di depan dan di belakang. Selanjutnya, sepatu jepit akan menghasilkan gaya gesek sehingga hambatan akan muncul. Hambatan tersebut mampu menghentikan putaran roda pada kendaraan. 

Alat Pengangkat Mobil

Alat Pengangkut Mobil
Alat Pengangkut Mobil

Apakah kalian pernah mengunjungi tempat pencucian mobil? Pasti kalian pernah melihat jika mobil kalian akan terangkat ke atas oleh bantuan alat pengangkat beralas luas. Nah, alat tersebut menggunakan prinsip hukum pascal. Terus, bagaimana ya cara kerjanya?

Alat ini memanfaatkan udara bertekanan tinggi yang masuk melalui salah satu dari dua selang yang ada di alat tersebut. Udara tersebut selanjutnya akan dimampatkan dalam suatu ruangan sehingga menghasilkan sebuah tekanan  besar. Lalu, tekanan itu akan disalurkan oleh minyak ke penghisap yang lebih besar. Oleh karena itu, alat ini mampu untuk mengangkat beban dengan beberapa kilo dengan sangat mudah. 

Baca Juga: Hukum Newton: Definisi, Bunyi, Rumus & Contoh Soalnya

Kesimpulan

Hukum pascal ialah hukum yang menggambarkan bahwa dengan adanya tekanan tertentu oleh cairan dalam ruang tertutup akan ia akan meneruskan  ke segala arah dengan tekanan sama kuat. Hukum fisika ini pertama kali tercipta oleh seorang ahli matematika Perancis bernama Blaise Pascal. Inti dari penerapan hukum ini adalah perbandingan tekanan pertama dan kedua serta luas penampang pada tekanan satu dan kedua. Ia banyak membantu pekerjaan manusia terutama pada lingkup otomotif.

Nah, akhirnya kita sampai di penghujung pembahasan. Wih, bagaimana? Sudah paham, bukan? Nantikan artikel selanjutnya bersama studio literasi. Oke, sampai jumpa dan semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Hukum Pascal: Pengertian, Rumus, dan Penerapannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Untuk menyelenggarakan kegiatan lingkup negara maupun daerah, pasti membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, Undang-Undang di Indonesia telah mengatur pengelolaan dana melalui APBN dan APBD. Meskipun sama-sama bertujuan untuk mengatur pendanaan, keduanya juga memiliki perbedaan dalam hal sumber serta fungsinya. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak artikel kali ini hingga selesai, ya, Kawan Literasi! […]
    Halo kawan literasi, akhirnya kita akan berjumpa lagi. By the way, pernahkah kalian membeli snack atau ice cream dari supermarket lalu terlintas kalian berpikir plastik itu terbuat dari apa? Kemudian saat kalian memasak, kalian pasti heran mengapa pegangan alat masak terasa begitu solid dan ringan? Peristiwa-peristiwa di atas merupakan contoh dari kegunaan polimer dalam kehidupan […]

    Trending

    Cause and effect merupakan salah satu jenis kalimat yang paling sering digunakan baik dalam teks maupun percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui cara menyusun kalimat ini dengan benar. Sebagian orang pun masih melakukan kesalahan dalam menyatakan sebab dan akibat dalam bahasa Inggris.  Misalnya, “Because sick, she can’t come to school.” Klausa pertama […]
    Puisi terbagi menjadi dua jenis, yaitu puisi lama dan puisi baru. Perbedaan yang signifikan diantara keduanya yaitu pada aturan penulisannya. Puisi lama biasanya lebih kaku karena adanya aturan seperti jumlah kata dan pengulangan kata. Setiap jenisnya pun memiliki ketentuannya sendiri. Kawan Literasi pasti sudah tidak asing dengan pantun atau syair. Pantun dan syair merupakan beberapa […]
    Kerajaan Kediri dikenal dengan nama Kerajaan Panjalu. Kerajaan ini berdiri pada sekitar abad ke-12 tahun 1042-1222. Berada di tepi Sungai Brantas, Jawa Timur, dahulu kerajaan ini merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno dengan corak Hindu. Bagaimana kehidupan masa kerajaan ini berdiri dan apa penyebab keruntuhannya? Simak artikel kali ini hingga selesai! Awalnya, kerajaan ini adalah hasil […]
    Sebagai makhluk sosial, manusia tentu melakukan interaksi sosial. Nah, untuk bisa hidup dengan teratur, perlu sistem yang dapat mengaturnya, yaitu lembaga sosial. Institusi seperti sekolah, perusahaan, bahkan keluarga pun merupakan bentuk dari lembaga sosial.  Menurut Koentjaraningrat, pengertian lembaga sosial adalah sistem tata kelakuan dan relasi yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan hidup ini mencakup […]