1. Kelas 10 Fisika

Jangka Sorong

Halo, kawan studioliterasi! Hari ini kita akan belajar mengenai salah satu alat ukur yang memiliki tingkat ketelitian tinggi nih! Untuk mengetahui panjang suatu benda, kita dapat menggunakan berbagai macam alat ukur seperti mistar, roll meter, mikrometer sekrup dan jangka sorong. Dari beberapa jenis alat ukur dengan ketelitian yang berbeda tersebut, jenis dan macam benda lah yang menentukan ketelitian alat ukur yang dibutuhkan. Semakin kecil objek yang akan diukur, maka diperlukan ketelitian pengukuran yang tinggi dengan ukuran skala yang paling kecil.

Pengertian Jangka Sorong

Terdapat beberapa benda yang memerlukan alat khusus untuk mengukurnya, misalnya, ketika mengukur diameter bola, kelereng, cincin dan diameter luar maupun dalam tabung. Pengukuran ini hanya dapat dilakukan dengan menggunakan alat ukur khusus yang tingkat ketelitiannya tinggi. 

Jangka sorong adalah alat dengan tingkat ketelitian tinggi yang berguna untuk mengukur jarak, kedalaman, juga diameter suatu benda.

Alat ini ditemukan oleh seorang ahli teknik berkebangsaan Perancis bernama Pierre Vernier. Itulah sebabnya ‘Vernier’ ditetapkan sebagai istilah nama skala dalam pengukuran alat ini.

Alat ini memiliki skala utama dalam cm (centimeter) atau inci dan skala nonius yang bernilai 1/10 mm. Dibandingkan dengan mistar, alat ukur ini memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi, yaitu 10 kali lebih akurat dengan nilai kurang lebih 0.05 mm dibandingkan mistar yang memiliki nilai kurang lebih 0.5 mm. Alat ini memiliki skala terkecil 0.1 mm yang memiliki arti bahwa alat ukur ini dapat mengukur panjang suatu benda dengan tingkat ketelitian 0.1 mm. 

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Fungsi Jangka Sorong

  • Untuk mengukur diameter/panjang/tebal sisi luar sebuah benda menggunakan rahang bagian bawah.
    Contoh: diameter kelereng
  • Mengukur diameter/lebar sisi bagian dalam suatu benda dengan menggunakan rahang atas.
    Contoh: diameter dalam cincin
  • Untuk mengukur kedalaman atau ketinggian sebuah benda, menggunakan tangkai luar.
    Contoh: kedalaman tabung

Macam-Macam Jangka Sorong

Alat ukur yang memiliki tingkat ketelitian tinggi ini memiliki beragam jenis, yaitu:

  • Manual
    Merupakan jenis dasar yang terdiri dari ketelitian 0.01mm, 0.02mm dan 0.05mm. Skala noniusnya terletak di bawah skala utama
  • Analog
    Skala nonius terletak di dalam analog yang berbentuk jam yang mana satu putaran jarum besar sama dengan 1mm.
  • Digital
    Sama dengan namanya, alat ini menunjukkan hasil pengukuran secara digital yang berarti pengguna tidak perlu untuk membaca dan menghitung hasilnya.

Bagian-bagian Jangka Sorong

Sebelum menggunakan alat ukur yang satu ini, alangkah baiknya apabila mengetahui bagian-bagiannya terlebih dahulu, seperti:

  1. Rahang terdiri dari rahang geser dan rahang tetap untuk mengukur panjang atau diameter benda. Sepasang rahang dalam untuk mengukur jarak dan sepasang rahang luar untuk mengukur diameter dalam benda.
  2. Pengunci rahang mengunci jangka pada skala tertentu agar tidak bergeser.
  3. Skala utama dalam ukuran cm/inci tercetak pada badan jangka sebagai penentu nilai ukur yang utama.
  4. Tangkai atau depth probe untuk mengukur kedalaman benda.
  5. Skala vernier/nonius sebagai penentu minor nilai ukur. 
  6. Roda penggerak menggerakkan rahang pada skala yang sesuai.

Cara Menggunakan Jangka Sorong

Agar dapat mengukur sebuah benda dengan akurat maka kita perlu mengetahui cara yang  tepat untuk menggunakan alat ukur tersebut. Berikut adalah cara menggunakan alat ini:

Untuk mengukur diameter luar benda:

  • Buka pengunci rahang berlawanan dengan arah dengan jarum jam agar dapat digerakkan dan disesuaikan dengan benda yang akan diukur. 
  • Gunakan bagian rahang dalam untuk mengukur panjang benda. Letakkan objek di antara rahang hingga kedua ujung rahang mengapit objek dengan sempurna. 
  • Rapatkan kembali pengunci rahang agar skala yang menunjukkan benda tidak bergeser. 
  • Terakhir, baca angka yang tertera.

Mengukur diameter dalam benda:

  • Sama seperti tahapan sebelumnya, putarlah pengunci pada rahang untuk membuka pengunci.
  • Rapatkan atau geser rahang hingga kedua sisinya hampir mendekati satu sama lain.
  • Untuk mengukur diameter dalam suatu benda, misalnya diameter bagian dalam sebuah cincin, letakkan sepasang rahang pada rongga dalam benda tersebut.
  • Geser rahang ke kanan hingga kedua sisi rahang menyentuh sisi cincin.
  • Baca skala angka yang tertera.

Untuk mengukur kedalaman benda:

  • Meletakkan jangka dengan posisi tegak dengan ujung yang berada di bawah. 
  • Meletakkan ujung jangka pada permukaan benda (misalnya tabung) yang akan diukur kedalamannya.
  • Menggeser rahang geser ke bawah sehingga ujung batang dapat menyentuh dasar tabung.

Cara Membaca Jangka Sorong

Mengidentifikasi hasil pengukuran jarak dan diameter benda:

  • Nilai ukur pada skala utama dapat dilihat pada nilai yang berada tepat di belakang nol pada skala nonius. 
  • Setelah menentukan nilai ukur pada skala utama, langkah selanjutnya adalan menentukan nilai pada skala nonius. Skala nonius dapat dilihat dari angka yang ditunjuk pada garis skala nonius yang berimpit lurus dengan skala utama. 
  • Kemudian hasil pengukuran panjang atau diameter benda dihitung dengan menjumlahkan nilai ukur skala utama dengan hasil nilai dari skala noniusnya.  

Cara Menghitung Jangka Sorong:

Cara membaca jangka sorong oleh Studioliterasi

Pada dasarnya, hanya dibutuhkan dua langkah cara pembacaan untuk menentukan hasil skala pengukurannya. Perhatikan contoh hasil skala yang ditunjukkan diatas:

  • Dengan membaca skala utama: Perhatikan gambar diatas dengan seksama. Garis yang paling dekat dengan garis nol (pada skala vernier/nonius) adalah garis 10 cm. Maka hasil dari skala utama adalah 10 cm atau 100 mm.
  • Dengan membaca skala vernier: Tentukan satu garis pada skala vernier/nonius yang yang tepat bertemu dan membentuk garis lurus oleh satu garis pada skala utama. Pada gambar diatas, diketahui bahwa satu garis pada skala vernier tersebut adalah 0,2 mm atau 0,02 cm.
Hasil akhir pengukuran = Skala Utama + Skala Nonius yang berimpit skala utama (skala terkecil x 0,01 cm)
Cara menghitung jangka sorong oleh Studioliterasi

Untuk mendapatkan hasil pengukuran akhir panjang/benda benda, tambahkan kedua nilai pengukuran diatas, jumlahkan dengan menyesuaikan satuan panjang yang sama. Sehingga hasil pengukuran adalah sebesar 10 cm + 0,02 cm = 10,02 cm atau 10,02 cm.

Kelebihan dan Kekurangan Jangka Sorong

Jenis analog atau manual sudah biasa digunakan siswa dalam kegiatan praktikum di sekolah, adapun kelebihan dari jenis analog diantaranya:

  • Memiliki kecermatan pembacaan yang tinggi antara 0.05 hingga 0.01 mm.
  • Dapat mengukur diameter sisi luar benda.
  • Bisa untuk mengukur diameter sisi dalam benda.
  • Dapat mengukur kedalaman benda.

Kekurangan dari jenis ini diantaranya:

  • Tidak bisa mengukur benda berukuran besar.
  • Alat dapat memuai sehingga dapat menyebabkan pergeseran pada titik 0.
  • Jangka rahang jangka berkontak langsung dengan benda kerja, maka ketidakakuratan pada kedua rahang jangka dapat terjadi karena goresan di salah satu rahang (tetap/ geser).

Perawatan pada Jangka Sorong

Salah faktor yang memungkinkan terjadinya kerusakan atau ketidakakuratan pada jangka sorong adalah ketidakstabilan suhu pada ruang penyimpanan, sehingga tempat dan teknik penyimpanan yang tidak tepat memungkinkan alat ini untuk memuai atau menyusut, terbentur dan tergores. Maka dari itu, menyimpannya harus pada suhu kamar dan tempat yang khusus atau pada kotak penyimpanan agar tidak terjadi pemuaian dan tergores.

Contoh Soal Jangka Sorong

  1. Ismah mengukur sebuah benda menggunakan Jangka Sorong. Skala utama pada alat tersebut menunjukkan angka 4 dan skala nonius pada angka 8. Tentukan hasil pengukuran yang dilakukan Ismah.

Jawab:

Skala utama = 4cm
Skala nonius = 0.8mm = 0.08cm
Hasil ukur = 4 + 0.08 = 4.08cm

  1. hasil dari pengukuran soal no 2

Berapakah hasil dari pengukuran diatas?

Jawab:

Skala utama = 10cm
Skala nonius = 0.2mm = 0.02cm
Hasil akhir = 10 + 0.02 = 10.02cm

  1. benda yang diukur soal no 3

Hitunglah ukuran benda yang diukur!

Jawab:

Skala Utama = 6.8cm
Skala Nonius = 0.6mm = 0.06cm
Hasil pengukuran = 6.86cm

Itulah rangkuman mengenai jangka sorong. Bagaimana teman-teman? Apakah sekarang kalian sudah paham mengenai materi ini? Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa untuk kunjungi artikel di studioliterasi lainnya. Sampai jumpa!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Jangka Sorong

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]