1. Kelas 11 Bahasa Indonesia

Mengenal Jenis Jenis Drama, Pengertian, dan Unsurnya

Apakah kawan literasi pernah menonton drama? Eits, tapi bukan drama Korea, ya! Drama di sini adalah drama pertunjukan seni yang ditampilkan di teater. Nah, apa saja sih jenis jenis drama pertunjukan itu? 

Di pembahasan kali ini Studio Literasi akan mengajak teman-teman untuk membahas materi jenis jenis drama, pengertian drama serta unsur unsur drama. Simak pembahasannya berikut ini. 

Pengertian Drama

Pengertian drama adalah sebuah karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog yang dipertunjukkan dalam bentuk pementasan. Drama juga dapat diartikan sebagai karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia melalui gerak. Kisah dan cerita dalam sebuah drama biasanya memuat konflik dan emosi yang ditunjukkan secara khusus dalam pementasan teater.  

Unsur Unsur Drama

Berikut ini adalah enam unsur unsur dalam drama yang wajib kamu ketahui. 

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Unsur dalam drama. (Sumber: Unsplash)

1. Tema

Tema drama merupakan salah satu unsur yang penting dalam pementasan drama. Sebagai salah satu patokan dasar dalam drama, tema dapat membantu para penonton dalam menangkap dan memahami sajian pementasan drama. 

2. Plot

Plot atau alur cerita adalah rangkaian cerita drama dari awal sampai akhir. Dalam plot, mengandung unsur permasalahan, konflik, klimaks serta penyelesaian permasalahan. Plot juga akan menentukan menarik atau tidaknya cerita dalam pementasan drama. 

3. Penokohan

Unsur unsur drama yang ketiga adalah penokohan. Penokohan adalah karakter dan perwatakan tokoh. Dalam sebuah drama, tokoh harus memiliki watak serta perilaku yang menonjol. Watak tokoh diciptakan oleh sang penulis ketika menulis drama. Watak tokoh biasanya terbagi menjadi protagonis dan antagonis. 

4. Dialog

Unsur drama yang keempat adalah dialog. Dialog merupakan percakapan antara dua tokoh yang terdapat dalam drama. Ada juga percakapan yang dilakukan oleh satu orang yang disebut sebagai monolog. 

5. Latar

Latar atau setting adalah penyesuaian cerita dengan suasana waktu dan tempat. Dengan adanya latar, penonton akan mudah memahami isi cerita. 

6. Amanat

Unsur drama terakhir adalah amanat atau pesan. Ketika kita menonton sebuah drama tentunya ada pesan moral dan amanat yang diselipkan dalam sebuah cerita oleh si penulis. 

Jenis Jenis Drama

Terdapat empat jenis dalam drama yang terbagi ke dalam kategori isi, aliran, jumlah dialog dan bentuk sastra. Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Berdasarkan Isi

Jenis drama berdasarkan isinya terbagi menjadi 4 macam. Berikut ini masing-masing penjelasannya. 

a. Tragedi. Drama ini menampilkan situasi sedih yang mengantarkan pada keputusasaan dan kehancuran. Drama tragedi juga tak lepas dari cerita yang menggambarkan konflik yang berakhir dengan kesedihan. 

b. Komedi. Drama komedi merupakan drama yang bersifat menghibur. Dalam dialognya tak jarang bersifat menyindir dengan akhir bahagia. 

c. Tragikomedi. Drama ini merupakan gabungan antara drama tragedi dan drama komedi. Cerita yang dibangun adalah dukacita dengan akhir yang bahagia. 

2. Berdasarkan Aliran

Aliran drama romantik. (Sumber: iStock)

Dalam jenis jenis drama berdasarkan aliran, terdapat 8 macam drama. Simak masing-masing penjelasannya berikut ini. 

a. Drama klasik, adalah jenis suatu drama yang berkaitan dengan karya sastra kuno yang bernilai tinggi dan sering dijadikan tolak ukur dalam dunia kesusastraan. 

b. Drama romantik, adalah jenis dalam drama yang berkaitan dengan romansa, yang menampilkan kemesraan atau percintaan. 

c. Drama realisme, adalah drama yang berkaitan dengan penyajian pentas yang mirip dengan kehidupan nyata. Drama realisme merupakan gerakan teater di akhir abad ke-19 yang mengubah teater kontemporer. 

d. Drama surealisme, adalah drama yang berkaitan dengan aspek bawah sadar manusia dan nonrasional. Penyajiannya berada di luar kenyataan atau kondisi sebenarnya dalam kehidupan nyata. 

e. Drama kontemporer, merupakan macam drama yang berkaitan dengan hal-hal baru atau terobosan terkini dalam dunia drama. 

f. Drama ekspresionisme, merupakan drama yang berkaitan dengan kejiwaan. Drama ekspresionisme menekankan pada fokus perasaan, kejiwaan, atau ungkapan batin. 

g. Drama naturalisme adalah drama yang berkaitan dengan keadaan sebenarnya dari penggambaran kehidupan. 

h. Drama eksistensialisme merupakan drama yang berkaitan dengan kehendak bebas manusia sebagai individu, tanpa memikirkan benar salah yang selama ini dipahami dalam masyarakat.

3. Berdasarkan Jumlah Dialog

Drama pantomim. (Sumber: iStock)

Jenis jenis drama berdasarkan jumlah dialognya terbagi ke dalam tiga macam. Simak masing-masing penjelasannya berikut ini. 

a. Pantomim. Pantomim adalah bentuk drama yang hanya mengandalkan gerak tubuh dan mimik wajah tanpa ada dialog. 

b. Minikata. Minikata adalah bentuk drama sedikit kata atau dialog, dan selebihnya menggunakan gerak tubuh dan mimik wajah. 

c. Monolog. Monolog adalah bentuk drama yang berisi percakapan atau narasi yang hanya disampaikan oleh satu tokoh. 

4. Berdasarkan Bentuk Sastra

Jenis jenis drama juga terbagi ke dalam bentuk sastra. Berikut ini 2 macam drama berdasarkan sastranya. 

a. Drama puisi, merupakan bentuk drama yang menyerupai puisi atau memasukkan unsur-unsur puisi pada sebagian besar dialognya. 

b. Drama prosa, yaitu bentuk drama yang percakapannya disusun ke dalam bentuk narasi prosa.

Jenis Jenis Drama Alternatif

Drama juga terbagi ke dalam jenis alternatif. Berikut ini 6 macam jenis jenis drama alternatif. 

a. Drama liturgis, merupakan bentuk drama yang dipentaskan di kegiatan-kegiatan keagamaan. Drama liturgis sering dipentaskan di gereja pada abad pertengahan. 

b. Drama satu babak adalah bentuk drama yang ringkas dengan tokoh terbatas. Drama ini juga dibuat secara sederhana, mulai dari alur, tata panggung, dan latarnya sehingga memungkinkan untuk selesai dalam satu babak. 

c. Drama absurd adalah bentuk drama yang secara sengaja mengabaikan struktur, kaidah, unsur, atau kebiasaan drama pada umumnya. 

d. Drama baca merupakan bentuk drama yang hanya dibaca dan tidak disertai dengan gerak tubuh atau interaksi dengan tata panggung. 

e. Drama borjuis merupakan bentuk drama yang mengisahkan tentang kehidupan bangsawan. Drama ini banyak ditampilkan pada abad ke 18.

f. Drama domestik merupakan bentuk drama yang menceritakan kehidupan sehari-hari. Biasanya drama ini bercerita soal kisah rakyat biasa.

Baca juga: Mengenal Pengertian Monolog, Ciri-Ciri, Jenis, & Contohnya

Nah, itu tadi penjelasan lengkap mengenai jenis jenis drama, pengertian serta unsur drama. Kalian dapat mengidentifikasi jenis jenis drama dengan menonton pertunjukannya secara langsung. Dapatkan materi pembelajaran secara lengkap hanya di Studio Literasi. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Jenis Jenis Drama, Pengertian, dan Unsurnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]