1. Uncategorized

Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia!

Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia dalam menalar, berpikir, dan berinteraksi dengan dunia digital.

Nah, ternyata guys, jenis-jenis komputer yang ada di dunia ini tidak cuma satu, lho. Wah, lantas ada berapa ya? Simak penjelasannya!

Jenis-Jenis Komputer

Pemikiran manusia yang tidak bisa dikotak-kotakan dan dinamis, membuat para cendekiawan berlomba-lomba membuat inovasi-inovasi baru di dalam dunia teknologi informasi. Salah satunya adalah mengembangkan komputer. Nah, jenis-jenis komputer sekilas memiliki tampilan kurang lebih sama, hanya saja beberapa yang membuatnya berbeda. Perbedaan tersebut meliputi desain, sistem operasi, dan rancangan sistem yang ada di dalamnya. 

Personal Computer (PC)

Personal computer merupakan komputer yang penggunaannya khusus pribadi. Biasanya pemasangannya juga untuk keperluan pribadi dan tidak ada sangkut pautnya dengan kebutuhan kelompok. Fungsi utama dari komputer ini adalah mampu melakukan pengelolaan data sederhana, tergantung dari kebutuhan. 

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Secara umum, komputer yang biasa digunakan oleh masyarakat adalah komputer berbasis windows dan mac. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mampu menjalankan perintah dan mengelola data meskipun sistem operasinya berbeda. 

Baca Juga: Rangkaian Listrik: Definisi, Fungsi, Jenis & Rumusnya

Komputer Server

Pernahkah kalian bermain di warnet? Setidaknya kalian pernah merasakan peristiwa komputer admin down, maka semua komputer yang terpakai ikut mati. Pasti nyesek ya?  Yap, itu namanya  komputer server. Nah, fungsi dari komputer server itu sendiri adalah mengatur jalannya hak akses level pada sebuah jaringan.

Komputer server ini mempunyai prosesor yang cukup kuat dan mampu menampung daya yang cukup besar, sehingga cocok sebagai komputer utama. Sementara itu, perangkat komputer yang dipakai oleh user bersifat client dan hanya beroperasi apabila komputer server mengizinkan. 

Komputer Desktop

Selanjutnya ada komputer desktop. Jenis-jenis komputer dirancang khusus untuk kebutuhan kantor atau pribadi. Untuk pekerja kantoran, sebagian besar telah menggunakan komputer ini karena memang sudah terprogram dengan baik sesuai dengan flow kerja. 

Laptop

Laptop sudah menjadi peranti yang wajib dimiliki, terutama untuk kaum pelajar dan pekerja. Jenis-jenis komputer ini memiliki keuntungan tersendiri yaitu praktis, nyaman digunakan, dan keyboard terintegrasi. Produk elektronik ini merupakan evolusi dari komputer desktop. 

Dengan ukurannya yang minimalis dan ready to go mampu mempermudah pekerjaan dan mobilitas manusia. Berbagai spesifikasi laptop mulai dari biasa sampai premium terjual bebas di pasaran. Jangan lupa, pilih sesuai dengan kebutuhan.  

Baca Juga: Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya

Supercomputer

Supercomputer merupakan komputer yang tidak dijual komersial. Pasalnya, jenis-jenis komputer ini hanya ada dan diperuntukan untuk pengerjaan data raksasa atau big data. Komputer ini mempunyai triliunan instruksi dan perintah di dalamnya. Bahkan perintah dan instruksi ini dapat berjalan dalam hitungan detik saja.Komputer ini hanya ada di perusahaan-perusahaan besar seperti Google atau NASA. 

Komputer Hybrid

Beberapa orang mungkin  tidak mengetahui komputer hybrid. Sesuai dengan namanya, komputer ini didesain khusus untuk dapat bekerja secara kuantitatif dan kualitatif. Biasanya komputer ini sering dipakai untuk menggerakan robot dan mesin. Komputer ini bersifat fungsional. Umumnya bisa kalian temukan di perusahaan atau pabrik manufaktur. 

Mainframe

Mainframe memiliki fungsi yang sama dengan supercomputer. Ia mampu memproses data dan aplikasi dengan kapasitas yang luar biasa. Komputer ini sering diaplikasikan  dalam pengerjaan perusahaan besar atau organisasi tertentu, seperti militer, sensus, maupun riset penelitian. 

Baca Juga: Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui

Kesimpulan

Nah, itulah jenis-jenis komputer yang setidaknya kalian harus tahu. Secara tidak langsung, komputer memiliki peranan penting dalam mempermudah pekerjaan manusia. Kira-kira komputer mana yang ingin kalian miliki? Jangan-jangan, semuanya lagi! Oke, sampai jumpa di artikel berikutnya ya. 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]