1. Seputar Kuliah

Mengenal Jurusan Akuntansi & Prospek Kerja di Masa Depan

Jurusan akuntansi adalah prodi dambaan para siswa yang berada pada rumpun sosial humaniora alias IPS. Jika kita meninjau dari persaingannya, terbukti jurusan ini bersaing amat ketat sehingga membuat calon-calon mahasiswa belajar giat untuk menyandang jurusan ini.

Nah, banyak yang berpikir bahwa jurusan akuntansi akan berfokus mempelajari laporan keuangan. Namun, pada kenyataannya tidak sesederhana itu. Jurusan ini memiliki program pendidikan yang jauh lebih kompleks dan menantang ketika kalian mempelajari lebih dalam untuk memahaminya lho. Yuk, kita membahas lebih lanjut di artikel ini.

Jurusan Akuntansi & Keahlian yang Akan Dipelajari

Siapa yang tak tahu dengan jurusan ini? Jurusan akuntansi adalah salah satu jurusan favorit yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada tiap universitas. Bahkan tak hanya di jenjang perkuliahan, peminatan alias jurusan akuntansi juga telah tersedia di beberapa Sekolah Menengah Kejuruan. 

Secara garis besar,bidang akuntansi meliputi pencatatan laporan keuangan dan analisis keuangan. Jurusan ini berkutat pada angka. Padahal, akuntansi tidak hanya berfokus pada dua hal di atas. Namun, ada banyak skill yang harus kalian kembangkan jika ingin mempelajari lebih dalam bidang ini. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Beberapa keahlian tersebut antara lain kemampuan dalam mengelola keuangan, kemampuan dalam menilai dan menyajikan laporan keuangan, ketelitian yang tinggi, serta kemampuan dalam evaluasi anggaran. 

Baca Juga: Yuk, Kenali Jurusan Kuliah English Literature yang Potensial

Keunggulan Jurusan Akuntansi

Berikut ini adalah penjelasan mengenai keuntungan-keuntungan ketika kamu memilih jurusan Akuntansi sebagai program pendidikan sarjana.

1. Hampir tidak ada sektor yang tidak membutuhkan staf bidang keuangan atau akuntansi. Baik untuk manajemen keuangan maupun pengelolaan anggaran perusahaan. Oleh karena itu, lulusan akuntansi bisa melamar di sektor apapun.

2. Akuntansi bisa mendorong seseorang untuk memiliki kepribadian yang lebih cermat dan teliti dalam segala hal. 

3. Memiliki jenjang karir pada setiap sektornya.

4. Kemampuan seorang akuntan akan senantiasa perusahaan butuhkan seiring dengan perkembangan zaman, meskipun inovasi financial technology sudah mulai berjalan. Namun, mereka masih ikut andil dalam proses pengambilan keputusan. 

5. Terdapat program sertifikasi profesional untuk menunjang karir di masa depan.

6. Berkesempatan mendirikan Kantor Akuntan Publik (KAP)

Baca Juga: Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

“Jurusan Akuntansi adalah jurusan yang kurang dibutuhkan di masa depan.”

Pernahkah kawan literasi mendengarkan selentingan pernyataan di atas? Siapa bilang lulusan akuntansi tidak dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi komputerisasi, otomatisasi dan sistem informasi yang semakin advance? Dalam segi pekerjaan klerikal, pernyataan ini memang tidak serta merta bisa dibantah. Namun, seorang akuntan akan tetap dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.

By the way, kalian pasti penasaran nih lulusan jurusan ini kerja apa, sih? Hmm, apakah hanya bergelut dalam bidang keuangan saja? Nah untuk mendapatkan jawabannya, simak prospek kerja jurusan akuntansi berikut ini ya!

1. Certified Public Accountants (CPA)

2. Staff Auditing

3. Staf Pajak

4. Akuntan Forensik

5. Manajer Akuntansi

6. Bidang Personalia (HRD)

7. Broker

8. Konsultan Pajak, dsb.

Selanjutnya jika berbicara mengenai gaji, melansir dari website lowongan pekerjaan, indeed, gaji pokok seorang lulusan akuntansi di Indonesia dimulai dari Rp 4.000.000,00 per bulannya dan jumlah ini akan terus bertambah sesuai dengan jabatan dan sertifikasi yang dimiliki. 

Universitas dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia

Bagi seorang siswa SMA, terutama yang saat ini berada dbangku kelas 12, penting untuk selalu update perihal program pendidikan dan universitas yang diminati. Kawan literasi dapat terus mencari tahu perihal jurusan dan kampus favorit sambil menunggu waktu ujian penerimaan mahasiswa baru tiba.

Selanjutnya, jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang memerlukan kerja keras, ketekunan, ketelitian, dan sikap rajin ketika kamu memutuskan untuk menjadi bagiannya. Beberapa orang juga mengatakan jika kemampuan pengelolaan diri dan mental saat berkuliah di jurusan akuntansi adalah hal wajib mahasiswa lakukan. Pasalnya, memang jurusan ini tidak semudah yang kalian bayangkan.

Jika prodi Akuntansi telah menjadi minatmu, kamu wajib tahu 10 Universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia versi THE WUR (Times Higher Education, The World University Ranking) 2022 berikut ini.

Penilaian yang diperhatikan dalam pemeringkatan jurusan kali ini termasuk lingkungan belajar, riset yang dipublikasikan, pengaruh penelitian, pandangan internasional, dan pendapatan industri. 

1. Universitas Airlangga

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

3. Bina Nusantara (Binus)

4. Universitas Brawijaya

5. Universitas Diponegoro

6. Universitas Gadjah Mada

7. Universitas Indonesia

8. Universitas Padjadjaran

9. Universitas Sebelas Maret

10. Telkom University 

Nah, itulah segenap informasi mengenai jurusan akuntansi dan prospek kerjanya yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kalian untuk memilih jurusan tersebut. Semoga artikel ini membantu Kawan Literasi, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Jurusan Akuntansi & Prospek Kerja di Masa Depan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]