1. SMK

Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya

Adakah Kawan Literasi yang memiliki pikiran yang penuh warna dan kreatif? Heum, mungkin jurusan desain komunikasi visual ini menjadi pilihan yang tepat buat menggali potensi diri. Apa itu Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual)? Bagi Kawan Literasi yang penasaran, mari kita bahas bersama yuk. 

Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah salah satu cabang desain yang mempelajari mengenai konsep komunikasi yang diungkapkan dengan kreatif menggunakan elemen visual pada penyampaian pesannya. Proses pesan yang dibuat harus menampilkan kesan yang menarik, komunikatif, dan informatif yang dapat disampaikan dengan cara efektif. 

Meski menggunakan elemen visual pada penerapannya, jurusan DKV tidak hanya fokus pada orang yang ahli menggambar. Beberapa hal yang dipelajari secara mendalam di jurusan DKV adalah marketing dan branding yang bertujuan untuk mengubah perilaku seseorang. 

Konsentrasi setiap universitas untuk jurusan ini biasanya berbeda-beda ada yang fokus pada advertising, desain, ataupun branding. Selain itu, biasanya DKV akan belajar mengenai ilmu komunikasi secara mendalam mulai dari psikologi komunikasi, teori, proses komunikasi yang efektif, dan masih banyak lagi. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Perbedaan Jurusan Desain Komunikasi Visual dan Desain Grafis

Perbedaan Jurusan DKV dan Desain Grafis
Perbedaan Jurusan DKV dan Desain Grafis

Banyak yang mengira bahwa jurusan desain grafis dan desain komunikasi visual adalah sama, padahal nyatanya berbeda. Desain komunikasi visual memiliki pembelajaran yang sangat luas dan tidak terpaku pada elemen visual seperti 2D. Ada berbagai bidang yang dipelajari seperti komunikasi, kebutuhan iklan, dan banyak lagi. 

Berbeda dengan desain komunikasi visual yang punya cakupan luas, desain grafis lebih fokus pada elemen desain seperti 3D, karya visual gerak, dan model desainnya lainnya. Sehingga, fokus jurusan akan mempelajari teknik penataan elemen desain dan karya yang ‘berkesan’. 

Jurusan DKV akan menutup seseorang untuk mampu menyampaikan pesan secara efektif namun dengan visualisasi yang atraktif. Jurusan ini akan sangat cocok untuk seseorang yang senang berpikir kreatif, senang menulis, dan paham bagaimana menyampaikan pesan yang efektif. Maka, skill copywriting akan dibutuhkan pada jurusan ini. Jurusan ini akan mengajarkan bagaimana pola pesan yang efektif dan permainan kata dalam membujuk, menarik, dan mengubah seseorang.

Mengapa Harus Memilih Jurusan Desain Komunikasi Visual?

Kawan Literasi mungkin bertanya mengapa harus memiliki jurusan Desain Komunikasi Visual. Ada berbagai keunggulan yang menjadikan jurusan yang satu ini sangat ramai peminatnya. 

  1. DKV adalah jurusan dengan pembelajaran yang sangat luas sehingga Kawan Literasi dapat eksplor minat dan potensi diri. Jurusan ini merupakan gabungan antara desain dan ilmu komunikasi yang sangat dalam. Berbagai konsentrasi akan jurusan tawarkan pada jika kamu ingin fokus pada suatu bidang.
  2. Berbeda dengan desain grafis yang fokus pada elemen-elemennya untuk membuat sebuah karya, maka jurusan DKV akan fokus pada sudut pandang desain yang dinilai dari bisnis atau nilai jual.  
  3. Tidak hanya berpaku pada desain 2D, jurusan dkv juga akan mempelajari media baru secara lebih luas seperti 3D, desain web, dan lainnya. 
  4. Software yang akan digunakan akan sangat banyak, yang menjadi nilai plus Kawan Literasi dalam branding diri yakni Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, Adobe Premier, Adobe After Effect, CorelDraw, dan masih banyak lagi.  

Universitas dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual

Tidak semua universitas memiliki jurusan Desain Komunikasi Visual, untuk Kawan Literasi yang tertarik dengan jurusan ini, berikut adalah daftar universitasnya:

  1. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta
  2. Universitas Teknologi Bandung (ITB)
  3. Universitas Telkom 
  4. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Solo
  5. Universitas Trisakti, Jakarta
  6. Universitas Bina Nusantara, Jakarta
  7. Universitas Pelita Harapan, Jakarta
  8. Universitas Negeri, Semarang
  9. Universitas Trisakti, Jakarta
  10. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Baca Juga: Mengenal 9 Prinsip Desain Grafis dan Cara Penggunaannya

Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual 

Web Desainer
Web Desainer, Salah Satu Prospek Kerja Jurusan DKV

Ketika memilih jurusan, prospek menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih jurusan. Buat Kawan Literasi yang penasaran bagaimana prospek kerja jurusan DKV sebenarnya tidak perlu khawatir. Lulusan jurusan ini memiliki demand yang tinggi khususnya di bidang media kreatif. 

Lulusan DKV biasanya akan banyak bekerja di industri seperti pertelevisian, periklanan, teknologi, dan banyak lagi. Beberapa profesi yang akrab dengan lulusan DKV adalah illustrator, web designer, animator, desainer grafis,  movie maker, dan masih banyak lagi. Oh ya, lulusan DKV juga banyak yang bekerja secara freelance atau per project, Kawan Literasi dapat melihat informasi melalui website-website freelance seperti Fiverr

Apakah jurusan DKV worth it untuk masa depan? Absolutely yes!

Jurusan DKV adalah pilihan yang tepat jika Kawan Literasi ingin mengembangkan potensi diri, hobi, dan skill pada saat yang bersamaan. Prospek kerja dan demand yang selalu tinggi adalah faktor yang dapat  Kawan Literasi pertimbangkan. Jika ingin hanya fokus pada karya seni maka pilihan yang tepat mungkin jurusan desain grafis, namun jika ingin belajar dari berbagai sudut pandang dan mempelajari prospek desain dari sudut bisnis maka jurusan DKV adalah pilihan. 

Nah itu tadi informasi mengenai jurusan DKV yang dapat menambah pengetahuan Kawan Literasi mengenai jurusan yang akan dipilih ketika kuliah. Semoga artikel ini dapat membantu Kawan Literasi ya dan jangan lupa cek artikel lainnya di Studio Literasi ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]