1. Seleksi Masuk
  2. Seputar Kuliah

20 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA dan Peluang Karirnya

Bagi kawan literasi yang sudah berada di kelas 12 pasti sedang bingung ya memilih jurusan yang tepat? Kawan literasi tidak perlu khawatir kok! Kali ini Studio Literasi akan membahas mengenai 20 jurusan kuliah untuk anak IPA yang peluang kerjanya besar banget di masa depan. Bagi yang penasaran, yuk let’s go kita bahas!

Jurusan di Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi

Jurusan Ilmu Komputer
Jurusan Ilmu Komputer

1. Jurusan Sistem Informasi

Apakah Kawan Literasi senang belajar mengenai data dan pemrograman web? Jika iya, jurusan sistem informasi sangat tepat untuk dipilih. Nantinya, di jurusan ini akan mempelajari Basis Data, Sistem Informasi, Statistik Inferensi, Jaringan Komputer dan membuat program web. 

Jurusan Sistem Informasi juga memiliki prospek kerja yang sangat tinggi karena lulusan Jurusan Sistem Informasi banyak dicari oleh perusahaan. Selain itu, mengingat pada saat ini perkembangan teknologi sangat pesat, maka skill ini merupakan hal yang dibutuhkan di masa depan. 

2. Jurusan Informatika

Rekomendasi jurusan di bidang komputer dan teknologi selanjutnya adalah teknik informatika. Jurusan ini akan fokus mempelajari pengembangan perangkat lunak, sistem operasi, dan kerja komputer. Proses kerjanya sangat tinggi di masa depan sebagai software developer. Tertarik dengan jurusan ini? 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

3. Jurusan Teknologi Informasi

Hampir mirip dengan jurusan Sistem Informatika, teknologi informasi akan mempelajari secara mendapat tentang cara merancang perangkat teknologi, implementasi, evaluasi dan analisis pengembangan, serta manajemen terhadap sistem informasi berbasis hardware dan software

Bagi Kawan Literasi yang sangat menyukai perencanaan dan eksekusi sangat cocok di jurusan ini. Prospek? Jangan tanya! Perkembangan teknologi membutuhkan lulusan teknologi informasi untuk merancang teknologi. 

4. Jurusan Elektronik dan Instumentasi

Sebenarnya fokus pada jurusan Elektronika dan Instrumentasi (ELINS) tidak hanya fokus pada teknologi namun juga teknik. Kombinasi antara pengetahuan elektronika dan instrumentasi merupakan hal yang sangat diperlukan pada industri di bidang komputer. Prospek jurusan ini sangat tinggi, namun berdasarkan data peminat jurusan ELINS masih rendah. Apakah kawan literasi tertarik dengan jurusan ini?

Baca Juga: Mengenal 4 Jenis Jurnal Khusus yang Wajib Kamu Ketahui

Jurusan di Bidang Teknik

Jurusan Ilmu Teknik
Jurusan Ilmu Teknik

Teknik merupakan jurusan yang sangat luas dan mempelajari banyak bidang. Fokus pada teknik adalah belajar mengimplementasikan teknologi pada berbagai sektor seperti manufaktur, manajemen, dan pemeliharaannya. Yuk kita bahas jurusan-jurusan di bidang teknik. 

1. Teknik Sipil

Tahukah Kawan Literasi jika seorang arsitek akan menghabiskan banyak waktu untuk berdiskusi dengan seorang teknik sipil? Jadi, jurusan teknik sipil adalah ilmu yang mempelajari tata cara merancang bangunan dan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan di sektor publik. Fokus pembelajaran akan berkaitan dengan konstruksi. 

2. Teknik Kimia

Teknik kimia merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang fokus mempelajari pemrosesan menjadi barang yang lebih berguna. Lulusan teknik kimia biasanya menjadi ahli kesehatan, keselamatan lingkungan, ahli pertambangan, dan perminyakan. 

3. Teknik Perkapalan

Teknik perkapalan merupakan salah satu disiplin ilmu teknik yang mempelajari bagaimana sebuah sistem kapal bekerja. Jurusan ini akan mempelajari terkait perencanaan dan pembangunan kapan terbentuk. Jurusan ini cukup ramai peminat peminat karena prospek masa depan yang sangat menjamin. 

4. Teknik Elektro

Jurusan kuliah untuk anak ipa yang senang fisika yang paling sesuai adalah teknik elektro. Jurusan ini akan mempelajari teknik listrik yang melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi peralatan listrik yang dibutuhkan masyarakat. Beberapa profesi yang membutuhkan jurusan Robotic Engineer, Hardware Engineer, Control Engineer, dan dosen.

5. Teknik Biomedis

Teknik biomedis adalah jurusan yang menggabungkan antara prinsip teknik dan medis. Sehingga, lulusan dari teknik biomedis memiliki kemampuan pemecahan masalah layaknya seorang insinyur dan pengetahuan di bidang medis. Prospek kerja teknik biomedis adalah peneliti, pengajar, dan insinyur. 

6. Teknik Pertanian

Teknik pertanian adalah ilmu yang mempelajari bagaimana penerapan dasar teknik mesin budidaya pertanian, teknik sumber daya alam pertanian, energi listrik pertanian, serta instrumentasi di bidang pertanian. Fokus jurusan ini akan mempelajari hal-hal yang dibutuhkan pada pertanian dalam meningkatkan efisiensi.

Prospek kerja lulusan teknik pertanian biasanya adalah instansi pemerintah, sektor pertanian, pebisnis, dan peneliti. 

7. Teknik Mesin

Salah satu jurusan kuliah untuk anak ipa adalah teknik mesin. Jurusan ini akan mempelajari mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk dianalisis, desain, manufaktur, dan bagaimana memelihara sebuah sistem mekanik, kinematika, energi, dan termodinamika. Prospek kerja dari jurusan teknik adalah konsultan mekanik, teknisi modelling, dan masih banyak lagi. 

8. Teknik Nuklir

Apakah Kawan Literasi senang mempelajari atom? Maka jurusan teknik nuklir akan menjadi jurusan yang tepat. Jurusan ini akan mempelajari penerapan prinsip-prinsip fisika nuklir dan analisis terhadap interaksi antara radiasi dan material. Prospek kerja jurusan teknik nuklir adalah ilmuwan dan peneliti.

9. Teknik Lingkungan

Jurusan teknik lingkungan mungkin masih jarang terdengar. Teknik lingkungan adalah ilmu yang mempelajari tentang penerapan teknik dan manajemen untuk memelihara dan melindungi lingkungan manusia. Seorang lulusan teknik lingkungan biasanya akan bekerja dibagian lingkungan seperti mengelola limbah, air, memastikan keselamatan pekerja, konsultan lingkungan, dan masih banyak lagi. 

10. Teknik Industri

Jurusan saintek yang memiliki banyak peminat adalah teknik industri. Jurusan ini mempelajari optimalisasi kegiatan produksi, pengelolaan, dan ekonomi. Biasanya lulusan teknik industri akan bekerja dibagian sistem produksi pabrik, proposal strategi, dan desain optimal manajemen perusahaan. 

Baca Juga: Apa itu Beasiswa, Manfaat,  & Berbagai Jenisnya

Jurusan di Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Jurusan Ilmu Matematika & IPA
Jurusan Ilmu Matematika & IPA

1. Jurusan Bioteknologi

Bidang pembelajaran bioteknologi biasanya akan fokus pada penerapan teknologi untuk makhluk hidup. Ilmu bioteknologi lumayan kompleks karena merupakan kombinasi dari kimia, biologi, dan fisika. Sehingga lulusan jurusan bioteknologi memiliki prospek pekerjaan yang luas diantara sebagai peneliti, pengembang, dan ahli teknologi.

2. Jurusan Geografi

Siapa yang seneng banget mempelajari tentang fisik bumi? Jurusan geografi akan menjadi pilihan yang cerdas buat Kawan Literasi! Jurusan ini biasanya akan fokus untuk mempelajari proses fisik bumi yang akan dikaitkan dengan proses sosial ekonomi dan budaya. Prospek kerja dari geografi diantaranya adalah peneliti dan ahli lingkungan. Lulusan jurusan geografi biasanya banyak bekerja di instansi pemerintahan seperti BMKG. 

3. Jurusan Matematika

Anak IPA biasanya suka banget nih dengan matematika. Jurusan matematika adalah ilmu yang mempelajari teori matematika secara mendalam. Berhubungan dengan angka, prospek kerja jurusan matematika adalah data analyst, data scientist, akuatis, software engineer, dan researcher scientist. 

Jurusan IPA di Bidang Kesehatan

Jurusan Ilmu Kesehatan
Jurusan Ilmu Kesehatan

1. Jurusan Kedokteran

Setiap tahunnya jurusan kedokteran selalu menjadi favorit banyak pendaftaran. Jurusan kedokteran memang akan fokus pada bidang medis dan praktiknya. Lulusan prospek kerja jurusan kedokteran adalah dokter, peneliti, dan dosen. 

2. Jurusan Kedokteran Gigi

Jika jurusan kedokteran akan fokus pada tubuh dan penyakit secara general, maka jurusan kedokteran gigi akan fokus pada mulut dan gigi. Untuk memasuki jurusan ini memang tidak mudah karena passing grade yang cukup tinggi karena peminatnya yang tinggi. Tentu saja, prospek kerja jurusan kedokteran akan menjadi dokter gigi. 

3. Farmasi

Jurusan kuliah untuk anak ipa yang paling menarik adalah farmasi. Jurusan ini akan mempelajar mengenai bagaimana cara membuat obat. Pembelajaran di farmasi akan fokus pada tiga bidang yakni kedokteran, kimia, dan biologi. Prospek kerja jurusan farmasi adalah peneliti, ahli kesehatan, dan apoteker. 

Nah itu tadi jurusan kuliah untuk anak IPA yang peluar kerjanya besar. Semoga informasi ini bisa membantu Kawan Literasi dalam memilih jurusan ya. Semangat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 20 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA dan Peluang Karirnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]