1. Uncategorized

Keanekaragaman Ekosistem Beserta Penjelasan Lengkap

Berbicara mengenai makhluk hidup dan lingkungan adalah hal yang menyenangkan. Apa sih yang ada dibenak kalian ketika mendengar istilah keanekaragaman ekosistem? Apakah hanya sebatas komunitas makhluk hidup saja? Keanekaragaman ekosistem adalah salah satu keanekaragaman hayati yang memiliki cakupan lebih kompleks daripada tingkat gen dan spesies ya, kawan literasi. Nah, keberadaannya sangat penting untuk kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan. 

Oke, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Keanekaragaman Ekosistem

Definisi Keanekaragaman Ekosistem
Definisi Keanekaragaman Ekosistem

Sebelum lanjut, kita harus tahu apa itu ekosistem terlebih dahulu. Secara harfiah, ekosistem merupakan suatu hubungan timbal balik antara makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lainnya. Tak hanya itu, ia merupakan suatu interaksi yang melibatkan makhluk hidup dengan lingkungan. 

Seperti yang kita ketahui, segala sesuatu yang di alam ini memiliki ketergantungan. Jadi, keanekaragaman ekosistem merupakan keragaman suatu komunitas yang terdiri dari mikroorganisme, tumbuhan dan hewan. Lantas,  mengapa mereka saling bergantung? Tidak hanya manusia saja yang saling bergantung antara satu sama lain, karena memang untuk menjaga alam tetap lestari diperlukan bantuan dari faktor abiotik atau faktor eksternal. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Seperti halnya oksigen, cahaya matahari untuk proses fotosintesis, iklim, cuaca, kesuburan tanah. Mereka dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupannya. Melansir kumparan.com, keanekaragaman ekosistem bisa terjadi akibat adanya perbedaan letak geografis.Hal tersebut dapat mempengaruhi flora dan fauna yang hidup di suatu daerah. Nah, untuk lebih jelasnya coba simak penjelasan di bawah ini. 

Contoh Keanekaragaman Ekosistem

Berikut adalah contoh keanekaragaman ekosistem yang perlu kalian ketahui. 

Ekosistem Hutan Hujan tropis

Hutan Hujan Tropis
Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis merupakan hutan yang terletak di daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi. Melansir wikipedia, hutan ini terletak di belahan bumi beriklim tropis seperti Asia,  Afrika, Australia, Amerika Selatan, dan Kepulauan Pasifik. 

Secara ekologis, frekuensi curah hujan tahunan berkisar 1.750 mm dan temperatur bulanan lebih dari 18°C. Berada di ketinggian 1200 mdpl, tanah-tanah di sana relatif subur dan sedikit mengalami musim kemarau.

Ia juga dikenal sebagai rumah flora dan fauna di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Ternyata setengah spesies flora dan fauna hidup di dalam hutan hujan lho. Beberapa fauna yang familiar adalah beruang madu, harimau sumatera, tarantula, tarsius, macan dahan, burung kasuari dan sebagainya. Selanjutnya tanaman yang tersebar di hutan hujan ini seperti anggrek hitam, bunga rafflesia, pohon damar, dan sebagainya. 

Ekosistem Hutan Konifer

Hutan Konifer
Hutan Konifer

Selanjutnya ada ekosistem hutan konifer. Berbeda dengan hutan hujan tropis. Keanekaragaman ekosistem hutan konifer sebagian besar didominasi oleh tumbuhan konifer atau bioma taiga.Bioma taiga merupakan sebuah ekosistem yang memiliki daun berbentuk seperti jarum seperti pohon cemara, pinus, cedar, dan sebagainya. Secara astronomis, bioma taiga terletak pada lintang 60º  hingga 70º Lintang Utara dan Lintang Selatan. 

Mereka tumbuh subur di daerah subtropis seperti Kanada, Skandinavia, Rusia, Siberia, Finlandia, dan beberapa negara di kawasan Asia Utara

Ekosistem Lumut

Bioma Tundra
Bioma Tundra

Selanjutnya, ekosistem lumut ini berada di wilayah puncak gunung dan bumi belahan utara.  Ekosistem lumut banyak dikenal dengan bioma tundra,lho. Yap, asal kalian tau lumut yang tumbuh menjamur di daerah ini sangatlah subur. Keanekaragaman ekosistem lumut ini bisa terjaga karena suhu di wilayah tersebut cukup rendah. Dengan kata lain, tidak mendapatkan radiasi matahari yang lama. 

Ekosistem Padang Rumput

Bioma Stepa
Bioma Stepa

Selanjutnya adalah ekosistem padang rumput atau bioma stepa. Sebagian besar, tumbuhan yang hidup adalah berbagai jenis rumput sebagai flora utama. Jenis rerumputan seperti gulma kupu-kupu (Asclepias tuberosa), akar darah (Sanguinana canadensis), dan padang rumput trilium (Trillium recurvatum)

Tak hanya itu, tanaman seperti tumbuhan akasia juga bisa hidup di bioma ini. Karakteristik lainnya yang paling mencolok adanya  tidak memiliki banyak pohon yang tumbuh serta curah hutan yang relatif singkat.  

Sementara itu, jika kita melihat dari jenis fauna, beberapa hewan seperti bison, rusa, harimau hidup di ekosistem ini. 

Ekosistem Pantai

Ekosistem Pantai
Ekosistem Pantai

Keanekaragaman ekosistem selanjutnya bisa kita lihat di kehidupan kita sehari-hari. Contohnya adalah ekosistem pantai. Yap, kalian nggak salah dengar guys. Pantai adalah salah satu ekosistem yang mudah dijangkau dan juga memiliki pemandangan yang indah. Ternyata, ekosistem pantai menyimpan berbagai flora dan fauna yang sangat penting untuk kelangsungan makhluk hidup dan pantai itu sendiri. Seperti pohon mangrove, pohon kelapa, rumput laut, bintang laut, terumbu karang  dan sebagainya. 

Ekosistem Gurun

Ekosistem Gurun
Ekosistem Gurun

Oke, selanjutnya kita membahas ekosistem yang ada di Benua Afrika. Kira-kira apa ya, guys? Yap benar, ekosistem gurun. Hmm, kira-kira mengapa gurun disebut sebagai ekosistem? Karena kita dapat menjumpai flora dan fauna di sana, lho.

Keanekaragaman ekosistem ini terlihat mencolok karena memiliki bentuk fisik flora dan fauna yang berbeda dari ekosistem lainnya. Tumbuhan yang mendominasi adalah tanaman xerofit seperti kaktus. Selain itu, hewan yang bisa kita jumpai seperti iguana, kadal, ular, dan hewan reptil lainnya. 

Ekosistem Sawah

Ekosistem Sawah
Sawah, Ekosistem Terdekat Dengan Kita

Keanekaragaman ekosistem yang terakhir adalah ekosistem sawah. Sawah yang kita lewati sehari-hari setiap berangkat sekolah atau kita temui saat berlibur di desa itu adalah ekosistem sederhana yang harus kita jaga. Ekosistem sawah merupakan ekosistem yang berkaitan erat dengan kelangsungan hidup manusia. Nasi yang menjadi sumber makanan kita  sebagai masyarakat Indonesia berasal dari padi yang ditanam sedemikian rupa di sawah. 

Dengan kata lain, sawah memiliki nilai ekologis yang cukup tinggi, ya kawan literasi. Flora dan fauna di sana saling bergantung satu sama lain. Contoh fauna yang sering kita temui antara lain seperti ular, katak, belalang, capung, dan lain-lain. 

Kesimpulan

Nah, itulah contoh keanekaragaman ekosistem yang perlu kita ketahui. Sudah seharusnya kita sebagai manusia turut menjaga ekosistem lingkungan dari kerusakan dan kegiatan eksploitasi yang merugikan. Upaya pencegahan kerusakan lingkungan harus digalakkan dengan baik supaya lingkungan  tetap terjaga sampai kapanpun.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Keanekaragaman Ekosistem Beserta Penjelasan Lengkap

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]