1. Kelas 12 Penjasorkes

Pengertian Kebugaran Jasmani, Komponen & Manfaatnya

Kebugaran jasmani adalah bagian penting dalam hidup. Hal ini merupakan indikator yang menunjukkan apakah seseorang memiliki kemampuan untuk melakukan aktivitas fisik sehari-hari dengan baik atau tidak.

Lantas, apa sebenarnya manfaat kebugaran jasmani dan apa saja komponennya? Nah, Agar kamu paham, simak selengkapnya di bawah ini yuk!

Pengertian Kebugaran Jasmani

Secara umum kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan fisik dalam kehidupan sehari-hari dan melakukan aktivitas tanpa rasa lelah yang berlebihan.

Namun, karena bertambahnya waktu luang, perubahan gaya hidup membuat pengertiannya semakin berkembang. Kebugaran jasmani adalah ukuran kemampuan tubuh untuk berfungsi secara efisien dan efektif dalam aktivitas kerja dan rekreasi, menjadi sehat, melawan penyakit, dan menghadapi situasi darurat.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Tujuan kebugaran jasmani adalah pencegahan penyakit atau rehabilitasi dari penyakit serta meningkatkan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari secara lebih efektif.

Kebugaran jasmani sendiri terdiri dari dua konsep, yaitu:

1. Kebugaran secara umum (keadaan kesehatan tubuh secara umum) 

2. Kebugaran khusus (berhubungan dengan kemampuan untuk melakukan suatu olahraga atau pekerjaan tertentu)

Secara umum, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencapai kebugaran jasmani:

  • Aktivitas fisik dan olahraga
  • Nutrisi yang mencukupi
  • Istirahat yang cukup (kualitas tidur yang baik)
  • Manajemen stres 
Ilustrasi orang mengangkat beban
Komponen Kebugaran Jasmani, Foto oleh unsplash com

Komponen Kebugaran Jasmani

Untuk mengukur kebugaran seseorang secara keseluruhan, perlu mempertimbangkan lima komponen kebugaran jasmani. 

Kesehatan jasmani yang berhubungan dengan fisik dibagi lagi menjadi 5 bagian, berikut ini 5 komponen kebugaran jasmani.

1. Komposisi Tubuh 

Tingkat fisik keseluruhan seseorang bergantung pada komposisi tubuhnya. Komposisi tubuh berhubungan langsung dengan tingkat kebugaran secara keseluruhan dan sering juga disebut sebagai rasio lemak terhadap otot.

Komposisi tubuh adalah komponen yang mempertimbangkan tipe tubuh seseorang berdasarkan tinggi badan, berat badan, ukuran rangka dan perbandingan massa lemak terhadap massa otot tanpa lemak. Massa tanpa lemak meliputi otot, tulang, jaringan dan organ vital.

2. Daya Tahan Kardiovaskular

Kardiovaskular dapat didefinisikan sebagai komponen yang membantu untuk menentukan apakah jantung dan paru-paru bekerja sama dengan baik. 

Daya tahan kardiovaskular juga disebut sebagai kebugaran aerobik atau kebugaran kardiorespirasi. Daya tahan kardiovaskular dapat didefinisikan sebagai kemampuan jantung untuk memompa darah yang kaya oksigen untuk fungsi otot. Kemampuan untuk tetap bugar tanpa merasa lelah atau lelah selama latihan fisik mengukur kebugaran fisik seseorang.

Latihan untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskular, yaitu: berenang, bersepeda, jalan kaki, lari, jogging, dan aerobik.

3. Fleksibilitas 

Fleksibilitas salah satu komponen utama kebugaran fisik. Tingkat kebugaran diukur dengan fleksibilitas persendian seseorang. Dengan memiliki fleksibilitas yang baik pada persendian, cedera yang berhubungan dengan persendian dapat dicegah.

Latihan seperti peregangan, yoga, pilates dan renang akan membantu meningkatkan fleksibilitas.

4. Daya Tahan Otot 

Daya tahan otot diartikan sebagai kemampuan tubuh untuk melakukan latihan berulang-ulang tanpa merasa lelah. Jika seseorang dapat melakukan lebih banyak pengulangan dari suatu latihan kekuatan tertentu, maka dapat dikatakan bahwa dia memiliki daya tahan otot yang baik.

Latihan lari, jogging, dan latihan silang di atas mesin elips bisa membantu untuk meningkatkan tingkat kebugaran daya tahan otot.

5. Kekuatan Otot

Kekuatan otot dapat diartikan sebagai kemampuan otot untuk mengangkat beban atau mengerahkan kekuatan selama latihan atau aktivitas. 

Komponen ini bisa ditingkatkan dengan olahraga seperti angkat beban, push up, pull up, biceps curl, pectoral fly, leg extension, back extension, dll.

Ada tiga kelas kekuatan otot: 

  • Kekuatan maksimum 

Gaya terbesar yang mungkin terjadi dalam satu kontraksi maksimum,

  • Elastisitas 

Kemampuan untuk mengatasi hambatan dengan kontraksi cepat dan

  • Ketahanan 

Kemampuan untuk melakukan suatu kegiatan secara berulang-ulang

Manfaat Kebugaran Jasmani

Manfaat kebugaran jasmani sangat banyak bagi tubuh, baik untuk kesehatan, kekuatan yang lebih tinggi, kelenturan, peningkatan energi, penampilan yang lebih baik, serta sikap dan suasana hati yang lebih positif. Aktivitas fisik yang teratur telah terbukti mengurangi mortalitas dari banyak penyakit kronis.

Berikut ini beberapa manfaat kebugaran jasmani:

1. Mengurangi risiko penyakit

Orang yang melakukan olahraga secara teratur memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami penyakit, beberapa di antaranya:

  • penyakit jantung
  • diabetes
  • sindrom metabolik
  • gangguan usus besar 
  • kanker paru-paru 
  • kanker payudara

2. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat lainnya yaitu membantu mengendalikan kadar kolesterol. Kebugaran fisik yang baik meningkatkan kadar kolesterol ‘baik’ dan menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’.

3. Menjaga berat badan optimal

Aktivitas fisik meningkatkan massa otot, mengurangi lemak dan dengan demikian mengontrol berat badan. Terbukti, kebugaran fisik dapat mengontrol berat badan dan mencegah obesitas serta masalah terkait berat badan lainnya.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Salah satu manfaat lain adalah membuat tidur semakin nyenyak dan meningkatkan kualitas tidur seseorang. Orang yang berolahraga secara teratur dan bugar secara fisik lebih mudah tertidur dan tidur lebih lama daripada mereka yang tidak berolahraga dan secara fisik tidak sehat. 

5. Meningkatkan tingkat energi

Olahraga meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan meningkatkan kualitas tidur. Dua hal ini kemudian meningkatkan energi. Olahraga teratur, terutama di pagi hari, akan meningkatkan energi dan dorongan untuk beraktivitas sepanjang hari. 

6. Penampilan yang Lebih Baik

Aktivitas fisik membangun massa otot dan membakar lemak berlebih. Ini mengencangkan otot tubuh yang membantu Anda terlihat bugar dan sehat. Orang yang aktif dan sehat hampir selalu memiliki warna kulit yang bagus dan terlihat segar, tidak mudah lelah.

7. Relaksasi dan menghilangkan stres

Ada begitu banyak faktor stres dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena perubahan gaya hidup, perubahan lingkungan, orang hidup di bawah tekanan ekstrim dalam dunia yang kompetitif ini. Dengan aktivitas fisik yang teratur, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat mood naik dan mengurangi tingkat stres seseorang.

8. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Kebugaran fisik yang baik menandakan kesehatan fisik yang optimal dan stabilitas mental yang baik. Dengan kata lain, hal itu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan membuat seseorang bisa menjalani hidup dengan lebih maksimal. 

Nah, itulah penjabaran tentang pengertian, komponen dan beberapa manfaat kebugaran jasmani. Dengan fisik yang bugar, maka kualitas hidup pun akan meningkat. Jadi, jangan lupa olahraga ya sobat!

Baca juga: Sistem Peredaran Darah Manusia

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Kebugaran Jasmani, Komponen & Manfaatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]