1. Kelas 10 Sosiologi

Kelompok Sosial: Syarat, Faktor Pembentuk & Jenisnya

Kawan Literasi pasti sudah tahu kalau manusia adalah makhluk sosial, dimana pasti hidup seseorang membutuhkan kehadiran orang lain. Manusia biasanya berkumpul untuk melakukan suatu hal untuk tujuan yang sama. Kumpulan manusia inilah yang secara umum disebut kelompok sosial. Namun, apa yang sebetulnya dimaksud dengan kelompok sosial? Apa saja bentuk kelompok sosial? Mari bahas dengan tuntas di artikel Studio Literasi kali ini!

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Ahli

Sumber: wallpapersafari

Terdapat beberapa ahli yang mengemukakan pengertian kelompok sosial, diantaranya: 

  1. Robert K. Merton 

Menurut Merton, kelompok sosial merupakan sekelompok orang yang saling melakukan interaksi berdasarkan pola-pola yang matang. 

  1. Paul B. Horton

Paul B. Horton berpendapat bahwa kelompok merupakan kumpulan manusia secara fisik, contohnya kumpulan orang yang tengah menunggu bus. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  1. Mac Iver dan Charles H Page

Kedua tokoh ini menyatakan bahwa kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama-sama.

  1. Soerjono Soekanto 

Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial berarti himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama karena memiliki hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi satu sama lain. 

Baca juga: Mengenal Sosiologi: Definisi, Ciri-Ciri & Objek Kajiannya

Syarat dan Faktor Pembentuk Kelompok Sosial 

Jika melihat dari definisinya, social group atau kelompok sosial secara garis besar merupakan kesatuan manusia yang hidup bersama. Lantas, apakah setiap kelompok manusia bisa dikatakan sebagai kelompok sosial? Ternyata tidak, Kawan Literasi. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengatakan suatu kelompok adalah kelompok sosial, yaitu: 

  • Setiap anggota kelompok menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari kelompok yang bersangkutan. Hal ini akan meminimalisir sifat egois pada tiap anggota. 
  • Terdapat interaksi dan hubungan timbal balik antar anggota.
  • Memiliki faktor yang sama antar anggota, misalnya kepentingan atau tujuan yang sama, ideologi yang sama, nasib yang sama, dan lain sebagainya. Kesamaan tersebutlah yang mempererat ikatan antar individu di suatu kelompok sosial. 
  • Mempunyai struktur, kaidah, dan pola perilaku. Pada suatu kelompok sosial, ada susunan atau struktur tersendiri yang membuat masing-masing anggota memiliki peran, fungsi, ataupun kedudukan hierarki yang jelas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biasanya kelompok sosial terbentuk atas dasar kesamaan tertentu yang masing-masing anggota miliki. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa membentuk suatu kelompok sosial: 

  • Common Ancestry atau Faktor Darah : Kesamaan darah atau keturunan
  • Common Interest atau Faktor Kepentingan : Kesamaan kepentingan antar anggota. Contohnya adalah kelompok seniman atau kelompok intelektual. 
  • Faktor Geografis : Letak tempat hidup yang sama Misalnya, sekelompok individu yang tinggal di tepi pantai membentuk kelompok nelayan.
  • Faktor Daerah Asal : Kesamaan daerah kelahiran.

Baca juga: Gejala Sosial

Klasifikasi Kelompok Sosial 

  • Kelompok Tidak Teratur 

1. Kerumunan atau Crowd

Sumber: istockphoto

Kerumunan adalah kelompok sosial yang sifatnya sementara atau temporary, di mana kelompok akan tetap ada selama semua orang hadir secara fisik di suatu tempat yang sama. Kerumunan tidak terorganisir, tidak terstruktur, dan tidak memiliki pembagian peran kerja. Hal ini menunjukkan bahwa kedudukan setiap orang dalam kerumunan adalah setara. 

2. Massa

Sumber: freepik

Kategori kelompok tidak teratur selanjutnya yaitu massa. Hampir mirip dengan kerumunan, tetapi massa umumnya terbentuk dari suatu perencanaan dan memiliki pemimpin yang menggerakkan kelompok tersebut, sehingga tidak terjadi secara spontan. Misalnya, kumpulan orang yang bergerak untuk melakukan demonstrasi. 

3. Publik 

Sumber: istockphoto

Publik adalah kelompok semu yang terjadinya mirip dengan massa. Biasanya kelompok ini dinamakan khalayak umum. Terbentuknya publik biasanya melalui alat komunikasi seperti telepon, televisi, atau radio. Misalnya sekumpulan orang yang melamar kerja di suatu instansi. 

Baca juga: Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi

  • Kelompok Teratur 

1. Kelompok Dasar 

Sumber: freepik

Kelompok dasar merupakan kelompok yang terbentuk secara spontan untuk melindungi anggota dari tekanan negatif dari masyarakat besar, sekaligus untuk sumber kegiatan untuk pembaruan masyarakat induk. Contohnya yaitu kelompok agama yang timbul karena unsur penting telah kehilangan fungsinya bagi masyarakat. 

2. Kelompok Besar dan Kecil 

Sumber: freepik

Kelompok besar memiliki beban tugas sosial yang penting dan universal, meliputi pemenuhan kebutuhan dasar untuk mempertahankan kehidupan masyarakat. Misalnya, kebutuhan ekonomi, politik, pendidikan, keagamaan, atau sebagainya. Jumlah anggotanya juga besar dan biasanya terbentuk dari beberapa kelompok kecil. Sedangkan kelompok kecil biasanya beranggotakan minimal dua orang, dan dibentuk karena kepentingan yang sangat spesifik. Contohnya, kelompok belajar yang merupakan bagian dari kelompok besar pendidikan yaitu sekolah. 

3. Kelompok Primer dan Sekunder

Sumber: istockphoto

H. Cooley menyatakan bahwa kelompok primer merupakan kelompok yang saling mengenal anggotanya dan bekerja sama dengan erat, serta bersifat pribadi. Hubungan sosialnya bersifat tidak resmi dan akrab, misalnya keluarga dan klan. Sedangkan kelompok sekunder memiliki hubungan yang formal dan segmental, berdasarkan manfaat atau utilitarian. Misalnya hubungan kerja dalam suatu perusahaan. 

4. Kelompok Dalam dan Luar 

Sumber: istockphoto

Kelompok dalam atau in-group, muncul saat anggotanya memiliki tujuan yang sama dan menaati norma yang sama. Contohnya kumpulan warga RT atau kelompok siswa suatu kelas. Sementara itu, kelompok luar atau out-group adalah kelompok yang oleh anggota diartikan sebagai kelompok lain diluar kelompoknya. Misalnya, siswa selain kelas tertentu. 

Baca juga: Perubahan Sosial

5. Kelompok Keanggotaan dan Acuan 

Sumber: freepik

Merton membagi kelompok sosial menjadi membership group (keanggotaan) dan reference group (acuan). Membership group memiliki anggota yang resmi dan secara fisik menjadi bagian dari kelompok. Sementara, kelompok acuan didasari oleh ikatan batin. 

6. Kelompok Formal dan Informal 

Sumber: istockphoto

Kelompok formal memiliki peraturan yang tegas dan sengaja dibuat untuk mengatur relasi antar anggotanya. Misalnya suatu partai politik memiliki susunan kepemimpinan yang jelas. Sementara itu, kelompok informal tidak memiliki aturan yang tegas, serta terbentuk karena pertemuan yang berulang dan anggotanya memiliki pengalaman serta kepentingan yang sama. Contohnya persahabatan atau kelompok pemain musik sekolah. 

7. Kelompok Okupasional dan Sukarela  

Sumber: istockphoto

Kelompok okupasional didasari oleh pekerjaan yang sama di antara anggotanya, misalnya PGRI atau Ikatan Dokter Indonesia. Sedangkan, kelompok sukarela atau volunteer mencakup orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama, namun biasanya terbentuk karena tidak terpenuhinya kepentingan masyarakat. Misalnya kelompok relawan bencana alam atau relawan COVID-19. 

  • Kelompok Teritorial 

Yang dimaksud kelompok teritorial adalah kelompok di daerah tertentu yang membina hubungan seluruh anggota dengan sarana yang sama untuk memperoleh tujuan tertentu. Kelompok ini memiliki nilai keakraban dan kekeluargaan yang kuat, dan biasanya memiliki ciri khas daerah tempatnya berada. Misalnya suatu desa, kota, atau kabupaten. 

Baca juga: Faktor Pembentuk Kepribadian Menurut Ilmu Sosiologi

Nah, itu dia Kawan Literasi, ulasan materi tentang kelompok sosial. Kelompok sosial tidak hanya terdiri dari sekumpulan manusia, namun dapat terbentuk atas berbagai alasan dan tujuan. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kelompok Sosial: Syarat, Faktor Pembentuk & Jenisnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]