1. Kelas 11 Fisika

Mengenal Koloid: Jenis, Sifat-Sifat dan Cara Pembuatannya

Halo, kawan literasi. Pada artikel ini kita akan membahas peristiwa tentang sesuatu yang sebenarnya “dekat” dengan kita. Pernahkah kalian mencuci pakaian kemudian melihat airnya menjadi berbusa? Terlintas, kalian berpikir itu bahwa itu adalah sabun. Sebenarnya tidak salah, namun ternyata busa-busa tersebut terbentuk karena adanya dua jenis zat terdispersi sehingga membentuk koloid.

Nah, itu adalah salah satu contoh peristiwa koloid sehari-hari. Lalu, apa sih koloid itu? Mengapa bisa membentuk fase seperti itu? Kemudian apa sih manfaat yang bisa ambil dari peristiwa ini? Daripada penasaran yuk, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Koloid

Parfum Contoh Koloid
Parfum Adalah Contoh Peristiwa Koloid

Koloid merupakan bentuk campuran dua atau lebih zat heterogen karena adanya dispersi antara zat-zat yang telah dicampurkan. Jadi, untuk membuat koloid setidaknya membutuhkan dua hal yaitu fase terdispersi serta medium pendispersinya. Kedua komponen tersebut harus ada karena kunci keberhasilan pembuatan campuran ini.

Menurut buku ajar Kimia Koloid dan Permukaan, sistem koloid adalah bentuk suatu campuran yang terletak antara larutan sejati dan suspensi kasar. Selanjutnya ukuran partikelnya terbagi menjadi tiga antara lain ukuran partikel sejati lebih dari 1 nm, partikel koloid 1 nm-100 nm serta suspensi kasar lebih dari 100 nm. 

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Namun apa itu fase terdispersi? fase ini adalah zat yang mengalami penyebaran merata dalam suatu zat. Biasanya berbentuk padat dan cair, namun ada juga beberapa berwujud gas. Sedangkan definisi medium pendispersi adalah zat yang mengakibatkan peristiwa penyebaran secara merata terhadap fase terdispersi tersebut. 

Perbedaan Koloid, Larutan & Suspensi

Berikut adalah ciri-ciri umum koloid yang membedakannya dari campuran lainnya

 

KoloidLarutan Suspensi
Sifat & MakroskopisHomogen, bisa heterogen jika dibedakan menggunakan mikroskop ultraSecara fisik homogen, dan tidak dapat dibedakan menggunakan mikroskop ultraHeterogen, dapat dibedakan menggunakan mikroskop ultra
Ukuran Partikel1 nm – 100 nm> 1 nm> 100 nm
FaseDua faseSatu faseDua fase atau lebih
Ciri FisikJernih atau  keruhJernihKeruh
KestabilanStabilStabilTidak stabil
PenyaringanDapat disaring menggunakan filter ultraTidak dapat disaringMudah disaring

Baca Juga :Terpentin: Cairan Kaya Manfaat untuk Industri Cat Hingga Farmasi

Jenis-Jenis Koloid

Sistem ini ternyata terbagi menjadi beberapa jenis, lho. Mereka terbentuk berdasarkan wujud dari fase terdispersi dan fase pendispersinya. Oleh sebab itu, supaya lebih mengerti mengenai zat pencampurannya, perhatikan tabel contoh keloid di bawah ini ya!

 

Fase Terdispersi 

Bentuk Padat

Fase Terdispersi Bentuk CairFase Terdispersi Bentuk Gas
Sol PadatEmulsi PadatBuih Padat 
Pendispersi Padat
  1. Batu ruby
  2. Batu permata
  3. Kaca berwarna
  4. Tanah
  5. Perunggu (campuran tembaga dan timah)
  1. Mentega
  2. Keju
  3. Jeli
  4. Silica gel
  5. Mutiara
  1. Marshmello
  2. Batu apung
  3. Styrofoam
  4. Spons
  5. Karet busa
Pendispersi CairSolEmulsiBuih
  1. Kanji
  2. Darah
  3. Lem
  4. Cat
  5. Tinta bak
  6. Tinta warna
  7. Gelatin
  1. Mayonaise
  2. Santan
  3. Susu
  4. Minyak dalam air 
  1. Busa sabun
  2. Detergen
  3. Maringue
Pendispersi GasAerosol PadatAerosol
  1. Debu
  2. Asap kendaraan
  3. Asap rokok
  1. Parfum semprot
  2. Kabut
  3. Awan
  4. Embun pagi

Sifat Koloid

Sistem koloid memiliki beberapa sifat, antara lain:

Efek Tyndall

Efek Tyndall
Efek Tyndall

Pertama ada efek tyndall. Ia merupakan efek karena cahaya yang berhamburan ke segala arah oleh partikel-partikel koloid. Hal ini terjadi sebab partikel terdispersi tersebut berukuran lebih kecil dari partikel koloid itu sendiri. 

Contoh lain peristiwa efek tyndal adalah asap mengepul pada bioskop membuat cahaya proyektor lebih terang, lampu mobil bersinar terang dalam kabut, serta langit di siang hari berwarna biru. 

Gerak Brown

Sifat sistem ini salah satunya adalah gerak Brown. Maksud dari gerak ini yakni sejatinya partikel tidak pernah dalam keadaan diam. Seperti kata seorang ahli botani Robert Brown, prinsip dari gerak Brown adalah partikel mengalami pergerakan cepat apabila temperaturnya semakin tinggi.  

Pergerakan acak berpola zig zag dan lurus saling bertumbukan antara partikel satu dengan lainnya, oleh karena itu pergerakan ini hanya bisa terlihat dengan bantuan mikroskop ultra. 

Absorpsi

Ia merupakan proses penyerapan ion partikel koloid. Hal ini terjadi karena ukuran luas partikel yang besar. Dengan begitu, ion negatif maupun positif  tersebut bisa menempel pada permukaan. Absorpsi bisa terjadi karena kemampuan partikel koloid untuk menarik atau ditempeli oleh partikel-partikel kecil. Kemampuan ini terjadi karena adanya tegangan permukaan yang tinggi. 

Koagulasi Koloid

Koagulasi merupakan penggumpalan. Jadi, koloid yang memiliki ion positif dan negatif tersebut mengalami penggumpalan karena muatannya berbeda. Jika sudah mengalami penetralan, ion-ion tersebut akan bertolak dan berkelompok. 

Sealnjutnya, sifat ini dipengaruhi oleh macam-macam faktor antara lain pemanasan, penambahan elektrolit, pendinginan, pembusukan, pencampuran koloid. Contoh dari peristiwa ini adalah telur yang telah direbus sempurna akan mengalami penggumpalan serta penggumpalan pada susu jika dibiarkan terlalu lama. 

Dialisis

Hemodialisa
Hemodialisa Adalah Cara Untuk Memurnikan Koloid

Darah termasuk sol cair artinya tersusun dari zat cair sebagai fase pendispersi terhadap zat padat sebagai fase terdispersinya. Terkadang, beberapa orang mempunyai riwayat penyakit yang mengharuskan melakukan hemodialisa. Jadi, dialisis merupakan pemurnian koloid supaya bebas dari ion pengganggu.  

Elektroforesis

Selanjutnya yaitu elektroforesis. Sifat ini artinya adalah pergerakan koloid dalam medan listrik karena adanya muatan listrik di dalam partikel. Singkat kata yakni migrasi ion di bawah pengaruh medan listrik dengan cara ion tersebut akan menghampiri kutub yang berlawanan. 

Koloid Liofil dan Liofob

Sifat selanjutnya adalah koloid liofil, artinya partikel dengan zat terdispersi mampu menarik medium pendispersi sehingga muncul gaya tarik menarik, sementara liofob sebaliknya. Partikel ini tidak bisa menarik medium pendispersi sehingga konsistensinya terlihat encer.

Koloid Pelindung

Sifat ini bersifat melindungi. Artinya koloid ini berfungsi untuk melindungi koloid lain Cara kerjanya adalah menyelubungi partikel-partikel lain dari proses koagulasi sehingga mencegah terjadinya penggabungan antar partikel. 

Cara Pembuatan Koloid

Meskipun sudah mengetahui sifat koloid, setidaknya Pembuatan koloid terbagi menjadi dua cara, antara lain cara kondensasi dan dispersi. 

Cara Kondensasi

Dalam kondensasi, partikel larutan atau molekul dan ion bergabung menjadi partikel sistem koloid. Cara kondensasi menggunakan reaksi kimia seperti reaksi redoks, dekomposisi rangkap dan hidrolisis. 

Cara Dispersi

Selanjutnya ada dispersi. Cara ini adalah mengubah partikel besar menjadi partikel kecil. Oleh karena itu ia dilakukan secara mekanik dengan cara menggerus atau menumbuk supaya partikel koloid menjadi lebih. Beberapa metode dispersi antara lain peptisasi, mekanik, serta busur Bredig. 

Baca Juga : Larutan Penyangga: Pengertian, Rumus, & Contoh Soalnya

Kesimpulan

Bagaimana, sudah mengerti kan apa itu koloid? perbedaannya dengan larutan dan suspensi, jenis-jenisnya, sifat-sifat yang muncul akibat pergerakan partikel di dalamnya serta cara pembuatannya. Tanpa kita sadari ternyata produk-produk yang kita gunakan sehari-hari bahkan darah kita sendiri merupakan contoh fenomena koloid ya kawan literasi. Dari sini kita mengerti bahwa semakin kita belajar semakin kita banyak tahu dengan apa yang terjadi di sekitar kita, lho. 

Semoga bermanfaat!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Koloid: Jenis, Sifat-Sifat dan Cara Pembuatannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]