1. Uncategorized

Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya

Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi ini. Yuk, simak sampai akhir!

Latar Belakang Konferensi Meja Bundar

KMB atau Konferensi Meja Bundar merupakan sebuah pertemuan yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda kurang lebih selama tiga bulan. Tepatnya pada tanggal 23 Agustus sampai 2 November 1949. Sementara itu, konferensi ini didatangi oleh beberapa perwakilan yakni pada perwakilan Republik Indonesia, Belanda, dan BFO (Bijeenkomst voor Federaal Overleg) yang mewakili negara yang diciptakan Belanda. 

Jika kalian belajar lebih jauh mengenai perundingan pasca kemerdekaan Indonesia, pasti kalian akan menyimak beberapa perjanjian sebelum Konferensi Meja Bundar. Pertemuan tingkat tinggi antara Belanda dan Indonesia antara lain Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville dan Perjanjian Roem-Royen. 

Nah, dari perjanjian-perjanjian sebelumnya, kita bisa melihat bahwa masih ada upaya-upaya Belanda untuk menghambat kemerdekaan Indonesia. Selain itu, Belanda mendapatkan peringatan keras dari dunia internasional karena tidak mengindahkan proklamasi Indonesia yang terjadi pada Bulan Agustus silam

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut akhirnya Indonesia dan pihak Belanda melakukan usaha diplomasi yakni  lewat perundingan Linggarjati dan perjanjian Renville. Nah, selanjutnya beberapa Konferensi Meja Bundar sebagai langkah untuk menindaklanjuti perjanjian-perjanjian sebelumnya.  

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Konferensi Asia Afrika

Tujuan Konferensi Meja Bundar

Sebelum membahas mengenai pelaksanaan dan hasil, ada baiknya kita mengetahui apa saja sih tujuan dari konferensi ini? Dengan mengetahui tujuan dari Konferensi Meja Bundar akan memudahkan kita mempelajari keseluruhan dari perundingan-perundingan di Indonesia. 

Secara umum, tujuan dari perundingan diplomatik ini adalah untuk menyelesaikan persengketaan Indonesia-Belanda sehingga mencapai kemufakatan tentang pengakuan kedaulatan penuh pada Republik Indonesia Serikat. Beberapa sumber mengatakan bahwa Konferensi Meja Bundar menyelesaikan beberapa pokok pembahasan penting, seperti:

  1. Pembentukan Uni Indonesia-Belanda.
  2. Penyerahan kedaulatan Indonesia kepada Republik Indonesia Serikat oleh Belanda.
  3. Masalah keuangan dan ekonomi antara anggota-anggota Uni.
  4. Penarikan tentara Belanda dari Indonesia.
  5. Kedudukan New Guinea.

Pelaksanaan Konferensi Meja Bundar

Secara teknis, pertemuan i ini cukup khidmat dan berjalan dengan baik. Mengingat pelaksanaan konferensi di Den Haag pada tanggal 23 Agustus sampai 2 November 1949, di Gedung Ridderzaal, terdapat beberapa sambutan dari tokoh-tokoh penting yaitu seorang Perdana Menteri Belanda Dr. W. Dress, Perdana Menteri Indonesia Drs. Mohammad Hatta, Ketua BFO Sultan Hamid II, Menteri Wilayah Seberang Lautan Belanda Mr. J.H Van Maarseveen, dan UNCI. 

Pada sidang pertama, terjadi penyusunan struktur organisasi yaitu ketua KMB dan susunan para delegasi, Ketua KMB yaitu perdana menteri Belanda dengan Sekretaris Jenderal Mr. M.J. Prinsen, serta diteruskan dengan bagian-bagian lainnya. 

Selanjutnya, adapun pembahasan ini berlanjut pada tanggal 16 September 1949 di Belgia. Isi dari pertemuan tersebut adalah membahas mengenai Peraturan dasar Uni Indonesia Belanda. Akhirnya, para delegasi mencapai sebuah kemufakatan pada tanggal 18 September 1949. 

Konferensi berjalan dengan teratur sampai beberapa bulan, hingga tepat pada tanggal 1 November 1949, dari hasil perundingan yang alot dan pergesekkan antar delegasi yang cukup besar akhirnya semua kesepakatan dalam KMB terpenuhi.  Sehingga memunculkan beberapa isi pokok Konferensi Meja Bundar. 

Isi Pokok Konferensi Meja Bundar

Isi-isi pokok ini memuat beberapa persetujuan, sebagai berikut:

  1. Menyerahkan kedaulatan sepenuhnya Hindia Belanda kepada RIS (Republik Indonesia Serikat) dan kedaulatan tersebut tidak dapat diganggu gugat. Penyerahan kedaulatan paling lambat 30 Desember 1949. 
  2. Nasib Irian Barat menjadi jelas setelah satu tahun penyerahan kedaulatan. 
  3. Tak hanya itu, RIS dan kerajaan Belanda terasosiasi dalam Uni Indonesia-Belanda dan Ratu Belanda menjadi ketuanya.  
  4. Kapal-kapal perang Belanda akan kembali ke asalnya  dan beberapa korvet akan jatuh di tangan RIS (Republik Indonesia Serikat).

Supaya hasil dari KMB lebih matang, maka terbentuk Presiden RIS (Republik Indonesia Serikat) pada tanggal 16 Desember 1949. yang dimana Ir. Soekarno terpilih menjadi presiden RIS pada tanggal 17 Desember 1949. 

Berkat adanya KMB, maka Indonesia dapat berdaulat penuh pada tanggal 27 Desember 1949. Selain itu, penandatangan dokumen atau naskah kedaulatan terjadi di dua tempat yaitu Amsterdam dan Jakarta. 

Naskah penyerahan kedaulatan Belanda ditandatangani oleh Ratu Juliana dan Moh. Hatta. Selanjutnya di Jakarta, naskah tersebut ditandatangani oleh AHJ Lovink dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. 

Dampak Konferensi Meja Bundar

Perundingan ini berlangsung lama dan mustahil tidak menghasilkan beberapa dampak yang signifikan. Adapun dampak-dampak yang perlu kalian ketahui, seperti:

  1. Indonesia harus membayar hutang senilai 4,3 miliar gulden sebagai harga yang harus dibayarkan atas penyerahan kedaulatan. 
  2. Ikatan Uni Indonesia-Belanda yang akhirnya memunculkan perdebatan di antara pejabat Indonesia. Namun, Drs. Moh. Hatta menuturkan bahwa kata “Uni” adalah lambang semata dan Ratu Belanda hanya sebagai seremonial. 
  3. Irian Barat menjadi daerah sengketa setelah terjadi peristiwa penyerahan kedaulatan atas Indonesia oleh pemerintah Belanda pada tanggal 27 Desember 1949. Daerah ini menjadi problematik karena Indonesia dan Belanda sama-sama ingin mendapatkan Irian Barat. 
  4. Sedangkan, dokumen KMB bersifat umum, sehingga dokumen tersebut menjadi ambigu dalam penafsirannya dan hal ini membuat Indonesia dan Belanda menjadi tegang. 
  5. Upacara penandatangan naskah pengakuan kedaulatan Indonesia dilakukan serentak di Indonesia dan Belanda pada tanggal 27 Desember 1949. 

Baca Juga: Konflik & Perjalanan Politik Apartheid di Afrika Selatan

Kesimpulan

Nah itulah pembahasan lengkap mengenai Konferensi Meja Bundar. Ternyata tidak semudah itu ya untuk mencapai kemerdekaan secara de facto atau hukum. Oleh sebab itu, kita sebagai pelajar seharusnya menghargai jasa-jasa pahlawan kita yang rela berkorban waktu, tenaga, dan sumbangsih pemikirannya demi kemerdekaan tanah air kita. Sampai sini dulu ya guys, nantikan artikel sejarah lainnya hanya di Studio Literasi. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]