1. Kelas 11 Kimia

Mengenal Korosi: Faktor Penyebab, Jenis & Cara Pencegahannya

Salah satu peristiwa kimiawi yang familiar adalah besi berkarat. Perkaratan pada besi merupakan peristiwa korosi. Kalian setidaknya pernah menemukan peristiwa ini di lingkungan sekitar. Lantas apakah kalian bertanya bagaimana perkaratan tersebut bisa terjadi? Mengapa ia bisa berkarat?

Nah, pertanyaan kalian akan kami jawab pada ulasan berikut ini!

Apa itu Korosi?

Pengertian Korosi
Pengertian Korosi

Berasal dari bahasa Belanda yakni “corrosie” dan bahasa Inggris “corrosion” yang berarti kerusakan logam atau metal akibat reaksi kimia. Jadi, lebih jelasnya peristiwa korosi merupakan keadaan dimana terdapat peristiwa degradasi atau kerusakan pada benda logam akibat adanya kontak langsung bersama lingkungan korosif sehingga mampu menurunkan kualitas logam.

Dengan kata lain, koros atau perkaratani merupakan akibat adanya proses kimiawi logam dengan lingkungan sekitar seperti oksigen, hidrogen,arus listrik dkk. Sehingga untuk membuat besi tetap terjaga kualitasnya perlu adanya upaya pencegahan maksimal. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Faktor-Faktor Penyebab Korosi

Berikut adalah faktor-faktor penyebab terjadinya peristiwa korosi pada logam, antara lain:

Air atau Udara

Air Penyebab Perkaratan
Air Penyebab Perkaratan

Kalian pernah nggak sih memperhatikan tiang bendera yang terbuat dari besi di halaman sekolah mulai terlihat berkarat? Padahal tidak ada siapapun yang merusak. Ternyata tiang bendera tersebut mengalami peristiwa perkaratan

Lihat saja, tiang bendera kala itu masih kokoh dan mulus maka lambat laun akan menjadi ringkih dan berubah warna. Itu bisa terjadi karena tiang tersebut terkena hujan atau udara dingin dan lembab. Air dan udara lembab adalah faktor utama proses berlangsungnya logam terutama besi mudah berkarat. 

Elektrolit

Kualitas air hujan di zaman sekarang tidak seperti zaman-zaman sebelumnya. Ada beberapa pendirian industri atau perusahaan yang tidak memperdulikan AMDAL mampu menciptakan peluang terbentuknya hujan asam. 

Besi atau logam lain yang terkena hujan asam secara terus menerus tentunya akan mengalami peristiwa perkaratan. Mengapa hal ini terjadi? Mengapa air hujan bisa menyebabkan besi berkarat? Karena air hujan mengandung banyak asam elektrolit.

Elektrolit terdiri asam dan garam sehingga ia menjadi tempat terjadinya transfer muatan pada unsur. Elektron lebih mudah terikat dengan oksigen di udara. Sehingga ia bisa dengan mudah mengkorosi logam disekitarnya. 

Permukaan Logam Tidak Rata

Mengapa permukaan logam tidak rata bisa menyebabkan peristiwa korosi? Karena anode dan katode akan lebih mudah terbentuk. Sebaliknya, jika permukaan logam licin dan bagus maka perkaratan akan sulit terjadi. 

Terbentuknya Sel Elektrokimia

Apakah kalian pernah memperhatikan paku tembaga yang menyambung dengan besi? Biasanya contoh ini bisa kalian temui pada lingkup konstruksi bangunan. 

Jika kalian mengamati dengan saksama, paku terbuat dari logam tembaga lebih awet daripada besi yang tersambung di sekelilingnya. Hal ini terjadi karena logam besi mempunyai beda potensial lebih rendah daripada logam tembaga. 

Ketika jenis logam berbeda sedang bersinggungan, maka logam dengan potensial rendah akan melepaskan elektron dan mengalami reaksi oksidasi dari udara. Sehingga, besi pada contoh di atas mampu membentuk sel elektrokimia dengan lebih mudah daripada logam tembaga. 

Baca Juga:Kesetimbangan Kimia: Jenis, Rumus dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Jenis-Jenis Korosi

Setelah mengenal faktor penyebab perkaratan pada logam, yuk pahami lebih jauh tentang jenis-jenis perkaratan di bawa ini!

Korosi Seragam 

Jenis perkaratan ini cukup familiar. Perkaratan terjadi pada permukaan logam akibat adanya reaksi kimia yakni oksidasi dari oksigen di udara. Selain itu pH air di bawah netral, udara lingkungan lembab mampu memperburuk kualitas logam. 

Korosi Erosi

Korosi erosi
Terjadi Peristiwa Korosi Erosi pada Perkakas

Selanjutnya ada korosi erosi. Jenis perkaratan tersebut menggunakan proses mekanik artinya adanya kontak antara gas atau cairan korosif bersama logam.Maka dari itu,  logam yang terkena erosi secara terus menerus akan menyebabkan keausan yang signifikan. Sehingga timbulnya bagian permukaan kasar. 

Korosi Galvanik

Jenis tersebut  bisa terjadi karena adanya dua jenis logam yang saling berhubungan dan berada pada lingkungan elektrolit. Sehingga tidak menutup kemungkinan mereka mengalami kontak langsung berupa timbulnya aliran listrik antara kedua logam tersebut. 

Korosi Sumur

Korosi-sumur
Bintik-Bintik Coklat pada Westafel Adalah Korosi Sumur

Permukaan logam akan timbul lubang-lubang kecil berbentuk bulat. Hal ini terjadi karena komposisi logam tidak merata atau tidak sejenis. Pengendaliannya bisa dilakukan dengan memberikan protective coating, pemilihan logam yang homogen dan inhibitor yang sesuai. 

Korosi Tegangan

Penggunaan besi untuk keperluan manusia tentunya sangatlah penting. Tak jarang, besi mengalami proses pembentukan sedemikian rupa sehingga ia bisa diregangkan atau ditekuk sesuai dengan keperluan manusia.

Ternyata peristiwa perubahan bentuk tersebut mampu membuat besi mengalami stress. Tegangan pada besi akibat adanya perlakukan khusus diatas bisa meningkatkan peluang terjadinya perkaratan. Sehingga pencegahan bisa dilakukan dengan memberikan inhibitor atau relaksasi logam. 

Korosi Mikrobiologi

Tak salah lagi, peristiwa ini terjadi karena adanya aktivitas mikroba. Diantaranya adalah jamur, bakteri, alga serta protozoa. Mikroorganisme tersebut berinteraksi dengan logam dengan cara menempel pada permukaannya. Sehingga mereka bisa memberikan zat-zat yang berpotensi mendegradasi logam. 

Korosi Celah

Korosi celah
Peristiwa Korosi Celah pada Piringan Besi

Degradasi logam selanjutnya adalah berasal dari celah yang terbentuk oleh kedua logam berhimpitan. Logam terpasang dengan cara kurang sempurna akan membuat celah sehingga dapat menahan air dan kotoran yang masuk. 

Korosi Lelah

Pengawasan terhadap alat-alat berbahan logam adalah sebuah keharusan. Pasalnya, korosi lelah bisa terjadi karena logam mengalami kelelahan menanggung beban secara terus menerus. Penurunan kualitas logam inilah biasanya harus segera ditangani supaya tidak menyebabkan beban operasional cukup besar. 

Proses Terjadinya Korosi

Korosi mempunyai keterkaitan erat dengan sel volta. Sel ini mampu menghasilkan listrik berdasarkan reaksi redoks. Sel volta tersebut memiliki dua sisi yakni anoda dan katoda. Perkaratan pada besi terjadi karena adanya kontak langsung antara besi dengan air. 

Perhatikan reaksi kimia berikut.

Reaksi Perkaratan
Reaksi Perkaratan pada Besi

Dampak Korosi

Perkaratan sudah semestinya diminimalkan karena akan menyebabkan dampak-dampak kerugian berikut ini:

Bencana

Bencana di sini maksudnya adalah bencana akibat kerusakan material logam. Seperti halnya jembatan, tangga, pipa gas terbuat dari logam jika tidak dipelihara dengan baik maka dapat membahayakan nyawa seseorang. 

Kerugian Ekonomi

Kerugian material
Kerugian Material

Logam banyak digunakan baik dalam sektor domestik, industri, infrastruktur pembangunan. Contoh kasus umum seperti peralatan dapur, bagian-bagian rumah yang terbuat dari besi jika tidak ada pengendalian perkaratan maka ia rentan mengalami oksidasi. 

Tak hanya itu, alat-alat terbuat dari logam pada fasilitas umum tentunya harus dipelihara dengan baik karena jika tidak maka akan menimbulkan kerugian ekonomi lebih besar dan tentunya mengganggu kenyamanan masyarakat. 

Baca Juga: Reaksi Redoks: Pengertian,Ciri-Ciri, Aturan & Penerapannya

Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Korosi?

Coating Besi dengan Cat
Teknik Coating Dapat Mengatasi Perkaratan

Nah ketika masalah perkaratan pada logam sudah terjadi, tentunya kita harus mencegahnya supaya perkaratan tidak sampai meluas. Pencegahan dapat dilakukan dengan cara memberikan cairan pelindung karat (coating), pemberian inhibitor serta melakukan relaksasi logam.

Tak hanya itu, kalian juga bisa melakukan elektroplating untuk melapisi permukaan logam dengan cara elektrokimia. Berarti cara tersebut melapisi logam besi bersifat katoda dengan logam anoda seperti seng. Seng dapat menghalang proses korosi karena mempunyai bilangan oksidasi lebih tinggi daripada besi. 

Selain itu pada lingkup otomotif, banyak montir melakukan pelapisan bumper mobil dengan krom supaya tidak cepat berkarat. Seperti kalian tahu, bahwa bumper mobil terbuat dari besi yang lebih banyak kontak langsung dengan air. 

Kesimpulan

Korosi adalah sebuah peristiwa dimana logam seperti besi mengalami degradasi kualitas. Hal ini ditandai dengan strukturnya yang ringkih, permukaan kasar atau berlubang dan warna berubah menjadi kuning kecoklatan. 

Jenis-jenis perkaratan  ada beragam sehingga kita perlu cermat terhadap pengendalian karat pada logam. Dampak ditimbulkannya juga tidak main-main karena berpeluang memberikan rasa ketidaknyamanan, beban ekonomi, serta keselamatan jiwa

Nah, akhirnya kita sampai pada akhir pembahasan. Wih, kalian sekarang jadi lebih tahu banyak nih tentang peristiwa-peristiwa kimiawi yang ada di sekitar lingkungan. Oke, sampai jumpa di artikel berikutnya.  Kita akan bahas peristiwa alam yang lebih spektakuler lagi!

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Korosi: Faktor Penyebab, Jenis & Cara Pencegahannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]