1. Uncategorized

Listening Comprehension: Definisi, Jenis & Cara Meningkatkannya

Kawan literasi, salah satu kemampuan Bahasa Inggris yang perlu kalian asah adalah listening comprehension. Seringkali, sebagian besar murid merasa gagal di sesi ini. Memang sulit jika kita tidak terbiasa mendengar dan berbicara menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari ya guys. 

Tenang saja, mimpi buruk kalian akan berakhir hari ini. Simak penjelasan dan tips-tips di bawah ini supaya kemampuan listening comprehension kalian meningkat pesat!

Definisi Listening Comprehension

Definisi Listening Comprehension
Definisi Listening Comprehension

Oke guys sebelum kita membahas lebih lanjut, kalian harus tahu dulu apa itu listening comprehension. Ia merupakan sebuah ujian untuk mengukur sebesar besar kemampuan kalian dalam memahami bahasa lisan. Sederhananya saja, untuk memahami pembicaraan Bahasa Inggris  orang lain, tentu diperlukan kemampuan pendengaran yang baik, bukan?

Tentunya untuk mendapatkan skor yang baik, kalian perlu membiasakan diri untuk mendengar percakapan Bahasa Inggris sehari-hari. Oleh karena itu, sebelum memulainya pastikan dahulu grammar rules kalian sudah tertata baik. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Keterampilan yang Dibutuhkan

Melatih listening comprehension tentu membutuhkan beberapa keterampilan yang perlu kalian kuasai, antara lain:

Recognition

Tahap Awal Adalah Recognition
Tahap Awal Adalah Recognition

Skill yang mencakup kegiatan mengenali komponen pesan, contohnya adalah macam-macam kata, dan bunyi yang dihasilkan dari kata tersebut. Kemampuan ini penting karena tanpa ada pengenalan kata dengan baik maka kita bisa mengerti maksud dari pembicaraannya.

Section

Pemilihan kata dalam sebuah percakapan, kemudian mengklasifikasikan rincian sesuai dengan tingkat kepentingan.

Interpretation

Keterampilan tingkat lanjut adalah pemahaman. Seseorang yang sudah ada di tahap ini maka akan mengerti maksud dan inti dari pesan yang disampaikan oleh pembicara. 

Baca Juga: Essay Writing: Bagian, Struktur & Cara Membuatnya

Jenis Soal Listening Comprehension

Selanjutnya, kalian perlu juga memahami macam-macam soal listening comprehension. Secara umum, ia terbagi menjadi dua yakni:

Listening Conversations

Jenis soal yang pertama adalah berbentuk listening conversions yang terjadi antara dua orang. Di mana latar tempat percakapannya biasanya di lingkup sekolah. Topik dan pembahasannya juga seputar tentang lingkungan dan kegiatan yang ada di sekolah. 

Untuk mempermudah menjawab pertanyaan, biasanya terdapat sebuah ilustrasi yang menggambarkan inti percakapan tersebut. Percakapan terjadi kurang lebih 3 menit, kemudian dilanjutkan dengan beberapa pertanyaan. 

Listening Academic Lectures

Selanjutnya ada listening academic lectures. Sesuai dengan namanya, kalian akan mendengarkan berbagai macam topik seperti biologi, antropologi, bisnis atau bidang-bidang yang terkonsentrasi. Biasanya ia berlangsung selama 4 menit dengan soalnya yang mengikutinya berjumlah 6 soal. 

Macam-Macam Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Nah, biasanya bentuk pertanyaan listening comprehension yang sering dijumpai oleh siswa di bangku sekolah, antara lain:

Gagasan Utama

Pertanyaan umum setelah dialog selesai adalah bertanya tentang gagasan utama. Gagasan utama yang mereka bicarakan pada dialog harus kalian pahami maknanya. Kalian tidak akan bisa menjawab pertanyaan dengan baik, jika belum paham inti percakapan tersebut. 

Penjelas

Pertanyaan selanjutnya adalah bagian penjelas. Listening comprehension tidak hanya dituntut untuk mengetahui inti percakapan namun juga bagian-bagian detail misal perkara kapan waktu percakapan berlangsung, jam-jam penting, atau kegiatan yang sedang dibicarakan.

Struktur Percakapan

Selanjutnya adalah struktur percakapan. Kalian juga setidaknya bisa memahami struktur percakapan yang baik seperti apa. Biasanya soal aan bertanya tentang hubungan sebuah peristiwa dengan peristiwa lainnya dalam selang percakapan berlangsung. 

Buat Kesimpulan

Kawan literasi, cobalah untuk belajar memahami sebuah teks atau percakapan Bahasa Inggris ya. Setidaknya ada satu atau dua soal yang menanyakan tentang kesimpulan suatu percakapan. Secara tidak langsung, kalian harus benar-benar paham apa yang dibicarakan di dalam dialog dari awal sampai akhir. 

Baca Juga : Essay Writing: Bagian, Struktur & Cara Membuatnya

Cara Meningkatkan Skill Listening Comprehension

Tenang saja, masalah yang saat ini kalian alami akan teratasi, jika kalian coba tips-tips di bawah ini!

Mendengarkan Podcast Bahasa inggris

Mendengarkan Podcast
Mendengarkan Podcast

Selanjutnya, mendengarkan podcast merupakan salah satu tips yang asyik dan juga menyenangkan. Podcast berbahasa Inggris yang kalian dengarkan akan membuat indra pendengaran kalian terlatih serta daya tangkap untuk mendapatkan informasi menjadi bagus. 

Hmm, tak ada salahnya memulainya dengan mendengarkan podcast sederhana seperti 6 minutes English by BBC radio atau TED Talks Daily yang bisa kalian akses melalui smartphone. Lakukan setiap hari, maka hasilnya akan maksimal.

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris 

Selanjutnya adalah mendengarkan lagu Bahasa Inggris. Wah, pasti kalian sedikit  banyak suka lagu barat ya, apalagi lagu-lagu zaman sekarang lebih fresh dan easy listening untuk didengarkan. 

Melansir glints.com, dengan mendengarkan berbagai lagu dengan penutur yang berbeda akan memudahkan kalian memahami setiap percakapan yang berlangsung. Mengingat, accent Bahasa Inggris cukup luas tak hanya American dan British Accent saja. So, lagu barat apa yang kalian suka?

Berlatih Bicara dengan Penutur Asing

Nah, ini adalah tips yang akan bisa menaikkan performa kalian dengan cukup drastis. Kalian akan belajar bagaimana menghandle sebuah percakapan. Bertatap langsung dengan penutur asing akan mempengaruhi mental kalian lho, sehingga dapat melatih mental kalian juga. 

Sering Menonton Film Bahasa Inggris

Menonton Film Bahasa Inggris
Menonton Film Bahasa Inggris

Ini adalah cara yang cukup asyik dan juga bisa kalian lakukan di mana saja. Jika hobi kalian adalah menonton film, tak ada salahnya rutin menjadwalkan menonton film barat setiap minggu. Menyimak film dapat melatih kepekaan pendengaran kalian, lho guys. Yuk, tunggu apa lagi!

Rupanya kita sudah sampai di akhir pembahasan. Hmm, gimana sudah paham tentang seluk beluk listening comprehension bukan? Terapkan tips diatas jika ingin mendapatkan progress yang terbaik!

Sampai juga di artikel berikutnya ya guys!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Listening Comprehension: Definisi, Jenis & Cara Meningkatkannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]