1. Kelas 10 Geografi

Materi Lapisan Litosfer: Pengertian, Susunan, & Dinamikanya

Kawan Literasi pernah terbayang nggak sih apa saja lapisan inti bumi? Sepertinya, kalau kita menggali tanah sendiri, tidak akan sanggup untuk menemukan inti bumi. Lebih baik teman-teman belajar terlebih dahulu tentang materi lapisan litosfer. 

Apa itu litosfer? Pengertian litosfer adalah lapisan kerak bumi paling luar, yang terdiri atas bebatuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. Wah, panjang banget, ya? Udah penasaran belum, nih, sama lapisan litosfer? Yuk, kita bahas bersama-sama di materi berikut ini. 

Apa Itu Litosfer

Secara terminologis, litosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu lithos yang berarti bebatuan dan sphera yang artinya lapisan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa litosfer adalah lapisan kerak bumi paling atas yang terdiri dari batu-batuan. 

Penyusun utama lapisan litosfer adalah batuan yang terdiri atas campuran mineral sejenis yang saling terikat. Sementara itu, induk batuan dari litosfer adalah magma. Magma adalah batuan cair pijar yang memiliki suhu tinggi dan berada di bawah kerak bumi. 

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Lapisan Litosfer (sumber: Kompas)
Lapisan Litosfer (sumber: Kompas)

Magma tersebut nantinya akan mengalami proses perubahan hingga akhirnya menjadi batuan beku, sedimen dan metamorf. Litosfer juga memiliki peranan yang penting untuk tumbuh-tumbuhan. 

Batuan di permukaan litosfer akan mengalami degradasi dan menjadi batuan kecil seperti pasir. Kemudian pasir tersebut akan bercampur dengan komponen lain yang membentuk tanah dan menjadi tempat tinggal makhluk hidup. 

Fungsi Litosfer

Fungsi litosfer adalah sebagai tempat makhluk hidup, batuan penyusunnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai jenis bidang industri, kemudian fungsi litosfer adalah penyusunnya yang bisa bermanfaat sebagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Mineral yang terkadung dalam litosfer juga bermanfaat sebagai bahan bangunan, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya. 

Struktur Lapisan Litosfer

Terdapat 2 struktur yang menyusun lapisan litosfer. Apa saja? Simak masing-masing penjelasannya berikut ini. 

1. Lapisan Sial (Silisium Aluminium)

Struktur yang pertama adalah lapisan sial. Lapisan sial adalah lapisan kulit bumi yang tersusun dari logam silisium dan alumunium. Lapisan sial juga disebut sebagai lapisan kerak yang bersifat padat dengan batu bertebaran. Pada lapisan sial, terdapat batuan sedimen, granit, andesit beserta jenis batuan metamorf lain. 

2. Lapisan Sima (Silisium Magnesium)

Struktur kedua dari adalah lapisan sima. Lapisan sima adalah lapisan pada kulit bumi yang tersusun dari logam silisium magnesium. Lapisan sima memiliki masa yang lebih berat dibanding lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium berupa mineral ferro magnesium dan batuan bassalt. 

Batuan Penyusun Litosfer

Ilustrasi contoh batuan penyusun litosfer
Batuan Penyusun Litosfer (Sumber: Unsplash)

Ada 4 jenis bebatuan yang dihasilkan dari lapisan ini. Berikut ini masing-masing penjelasannya. 

1. Batuan Beku (Igneous Rock)

Jenis batuan pertama adalah batuan beku atau Igneous. Batuan ini terbentuk dari magma pijar yang telah membeku dan berubah menjadi padat. 80% material yang menyusun batuan kerak bumi adalah batuan beku. Batuan beku sendiri terdiri dari 3 macam. Yaitu batuan beku dalam, batuan beku gang dan batuan beku luar. 

Batuan beku dalam adalah jenis batuan yang terjadi karena adanya pembukan magma yang terbentuk secara perlahan-lahan saat masih jauh dari kulit bumi. Contoh batuan beku dalam di antaranya granit, grabbo dan diotit. 

Kemudian batuan beku gang atau korok prosesnya terjadi karena magma yang membeku di lorong antara dapur magma dan permukaan bumi. Magma yang telah meresap di antara lapisan litosfer tersebutlah yang menciptakan proses pembekuan lebih cepat. Hal ini yang menimbulkan kristal mineral yang dibentuk tidak semua berukuran besar. 

Terakhir yaitu batuan beku luar. Batuan beku luar terjadi karena magma yang keluar dari dapur magma membeku di permukaan bumi, misalnya dari letusan gunung berapi. Jenis batuan beku luar ini adalah andesit, batuan apung, basalt, dan sebagainya. 

2. Batuan Sedimen (Sedimentary Rock)

Jenis batuan pertama dari litosfer adalah batuan sedimen. Batuan sedimen adalah batuan mineral yang terbentuk akibat adanya pelapukan di permukaan bumi. Batuan sedimen terbentuk dari endapan hasil pelapukan yang terlepas oleh gletser, aliran air dan sungai kemudian terjadi proses diagenesis yang mengeras dan menjadi batuan sedimen. 

3. Batuan Sedimen Organik

Batuan sedimen organik terdiri atas 5 jenis. Di antaranya adalah:

1. Batuan sedimen aelis

2. Batuan sedimen glasial

3. Batuan sedimen aquatis

4. Batuan sedimen marine

5. Batuan malihan

4. Batuan Malihan (Metamorf)

Batuan malihan terbentuk akibat penambahan suhu atau penambahan tekanan tinggi yang terjadi bersamaan pada batuan sedimen. Batuan malihan terdiri dari 3 jenis, yaitu batuan malihan kontak, batuan malihan dinamo dan batuan malihan kontak pneumatalitis.

Batuan malihan kontak adalah jenis batuan malihan yang terbentuk karena kenaikan suhu yang disebabkan oleh jarak batuan yang berdekatan dengan magma aktif. 

Batuan malihan dinamo terbentuk karena adanya tekanan tinggi yang disertai dengan panas dan tumbukan. Tekanan ini berasal dari lapisan lain yang berada di atas batuan. 

Batuan malihan kontak pneumatalitis adalah jenis batuan yang terbentuk karena adanya zat lain yang memasuki batuan selama proses perubahan tersebut. 

Dinamika Litosfer

Dalam prosesnya, litosfer memiliki 3 dinamika. Simak penjelasannya berikut ini.

Contoh Dinamika Litosfer: Vulkanisme (sumber: Yaksinau)
Contoh Dinamika Litosfer: Vulkanisme (sumber: Yaksinau)

1. Vulkanisme 

Vulkanisme adalah aktivitas pergerakan magma yang menyusup ke dalam lapisan yang lebih atas, sampai ke permukaan bumi. Magma adalah bahan silikat pijar yang terdiri dari zat-zat padat (batuan), cair, dan gas. Magma menempati suatu kantong di dalam bumi yang disebut dapur magma.

2. Tektonisme

Tektonisme adalah tenaga dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan letak dan bentuk kulit bumi. Ketebalan kulit bumi yang tipis dapat mengakibatkan mudah terpecah menjadi potongan-potongan yang disebut dengan lempeng tektonik. Lempeng tersebut bergerak secara horizontal dan vertikal karena pengaruh arus konveksi dari lapisan astenosfer di bawahnya. 

3. Seisme

Seisme atau gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi karena adanya pelepasan energi secara cepat. Gempa bumi disebabkan oleh gelombang elastis yang merambat ke permukaan bumi akibat energi yang dilepaskan oleh sumber gempa di bawah permukaan tanah. Berdasarkan faktor penyebabnya, gempa dibagi menjadi tiga jenis, yaitu gempa tektonik, gempa vulkanik, dan gempa runtuhan.

Manfaat Lapisan Litosfer

Litosfer memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan di bumi, terutama bagi makhluk hidup. Litosfer bagian atas merupakan tempat hidup manusia dan makhluk hidup lainnya, kemudian litosfer lapisan bawah terdapat bahan-bahan mineral yang bermanfaat bagi keberlangsungan kehidupan manusia di antaranya adalah minyak bumi dan gas, emas, nikel, batu bara, dan timah. 

Baca juga: Mengenal Rotasi Bumi, Penyebab Adanya Siang & Malam

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai lapisan litosfer. Teman-teman dapat belajar mengindentifikasi batuan-batuan yang terbentuk dari lapisan litosfer di beberapa lokasi seperti gua, sungai, dan sebagainya. Yuk, ikuti terus materi super lengkap di laman Studio Literasi. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Materi Lapisan Litosfer: Pengertian, Susunan, & Dinamikanya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]