1. Kelas 11 Penjasorkes

10 Manfaat Aktivitas Fisik Terhadap Kesehatan Jasmani

Globalisasi turut berperan penting dalam perubahan perilaku yang terjadi di masyarakat, termasuk dalam segi mobilitas. Kini tak perlu repot-repot karena telah banyak kendaraan yang beredar. Semakin lama,  kondisi ini menyebabkan aktivitas fisik seseorang semakin menurun. Namun, tahukah Kawan Literasi bahwa bergerak dan beraktivitas itu sangat penting. Apa saja manfaat aktivitas fisik? Yuk mari kita bahas.

Apa Itu Aktivitas Fisik?

Manfaat Aktivitas Fisik
Mengenal Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik adalah salah satu penerapan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dapat dilakukan di mana pun. Manusia tidak dirancang sebagai makhluk yang pasif dan tidak perlu bergerak. Justru sebaliknya, manusia perlu menjaga aktivitas fisiknya pada tingkat tertentu supaya kondisi fisik dan psikis tetap dalam kondisi prima.

Manfaat aktivitas fisik jelas ada beragam. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh ketika seseorang meningkatkan aktivitas fisik dalam intensitas yang tepat. Salah satu yang paling signifikan adalah kebugaran dan ketahanan tubuh meningkat.

Apa saja, sih, manfaat aktivitas fisik teratur bagi tubuh? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel Studio Literasi di bawah ini!

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Contoh Aktivitas Fisik

Contoh Aktivitas Fisik
Contoh Aktivitas Fisik

Gerakan-gerakan yang melibatkan kinerja sendi dan otot-otot tubuh untuk membakar kalori dapat diartikan sebagai aktivitas fisik. Dalam penerapannya, ada banyak contoh dan klasifikasi dari aktivitas fisik. Inilah contoh aktivitas fisik berdasarkan intensitasnya. 

1. Ringan

Sesuai dengan namanya, aktivitas fisik yang ringan tidak membutuhkan terlalu banyak usaha alias tenaga ketika melakukannya. Aktivitas fisik yang ringan hanya akan membakar sekitar 3.5 kkal per menit. Meski terkesan mudah, manfaat aktivitas fisik ini tetap nyata adanya. 

Beberapa hal yang termasuk aktivitas fisik ringan antara lain berjalan santai, mencuci piring, menyiapkan makanan, membaca buku, dll. Meskipun terlihat sepele, aktivitas fisik yang ringan lebih disarankan daripada tidak melakukannya sama sekali.  

2. Sedang 

Tak jauh berbeda dengan aktivitas sebelumnya, aktivitas fisik sedang akan membakar hingga 7 kalori per menitnya. Ketika melakukan aktivitas sedang, tubuh akan sedikit lebih berkeringat dan denyut jantung lebih cepat karena kalori yang terbakar lebih banyak. 

Gerakan-gerakan yang termasuk aktivitas fisik sedang antara lain bermain bulutangkis dengan tujuan rekreasional, berjalan cepat dengan kecepatan minimal 5 km/jam, mengangkat galon dan memindahkan perabot-perabot yang lainnya, mengepel rumah, dan aktivitas-aktivitas domestik yang lain.

3. Berat

Manfaat aktivitas fisik jenis ini paling optimal di antara dua jenis aktivitas fisik sebelumnya. Nafas akan terengah-engah, jantung berdegup kencang, dan keluar banyak keringat adalah respon tubuh ketika tengah melakukan aktivitas fisik berat. Faktanya, aktivitas ini dapat membakar lebih dari 7 kkal per menitnya. 

Naik gunung, olahraga HIIT, jogging di pagi hari, dan beberapa olahraga yang dikategorikan sebagai olahraga berat masuk dalam jenis aktivitas fisik yang berat. 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Perlu Kalian Tahu!

Manfaat Aktivitas Fisik Teratur

Melakukan aktivitas fisik sangat penting, karena dapat mendatangkan aneka manfaat baik bagi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang wajib kita ketahui.

1. Menjaga Berat Badan

Menjaga Berat Badan
Menjaga Berat Badan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat aktivitas fisik salah satunya adalah dapat menjaga berat badan. Berat badan manusia memang sifatnya fluktuatif. Namun, dengan rutin dan disiplin berolahraga, berat badan tidak akan mudah naik dan tentunya tubuh akan menjadi semakin sejat.

2. Memperbaiki Suasana hati

Siapa yang saat atau selesai berolahraga merasakan mood atau suasana hatinya membaik? Manfaat aktivitas fisik yang pertama adalah dapat meningkatkan mood. Melansir dari National Institutes of Health (NIH), saat beraktivitas fisik (olahraga) tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang menyebabkan tubuh lebih rileks.

3. Meningkatkan Imunitas

Manfaat aktivitas fisik yang berikutnya adalah dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh seseorang. Olahraga, yang notabene merupakan aktivitas fisik akan menyebabkan kontraksi otot serta memicu aliran darah dan getah bening yang lebih lancar. Akhirnya, peredaran sel kekebalan tubuh semakin lancar.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur
Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat aktivitas fisik yang satu ini ampuh mengatasi insomnia atau kesulitan tidur. Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dapat membuat tubuh lebih rileks sekaligus kelelahan dalam artian yang baik sehingga membuat tidur malam lebih nyenyak.

6. Mengurangi Risiko Penyakit

Manfaat aktivitas fisik yang keenam adalah dapat mengurangi berbagai macam risiko penyakit, termasuk penyakit kronis yang kini semakin banyak menjangkit orang-orang yang kurang beraktivitas dan terlalu mager. Berolahraga terbukti  dapat mengendalikan berat badan, menurunkan tekanan darah, menunda keterbatasan fisik saat usia tua, menekan risiko osteoporosis, dan banyak lagi. 

7. Meningkatkan Daya Tahan Fisik

Pernah berpikir mengapa seorang atlet terus-menerus melakukan latihan fisik lain di samping olahraga yang ada dalam bidang mereka? Aktivitas fisik bermanfaat untuk meningkatkan endurance alias ketahanan tubuh seseorang. Endurance atau daya tahan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas fisik intensitas tertentu tanpa merasakan kelelahan yang berarti. Seseorang yang memiliki stamina alias endurance yang baik tidak akan mudah kelelahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

8. Lebih Percaya Diri

Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berolahraga terbukti bisa meningkatkan rasa percaya diri. Selain melepaskan hormon endorfin, berolahraga dengan porsi yang tepat akan memicu proses terbentuknya otot membentuk otot. Hal ini membuat bentuk tubuh terlihat lebih fit dan toned

9. Mencegah Risiko Gangguan Metabolisme

Mencegah gangguan metabolik adalah satu dari banyak manfaat aktivitas fisik. Gangguan metabolik adalah gangguan dalam tubuh yang terjadi karena proses metabolisme yang terganggu.  Oleh karena itu, penderita gangguan metabolik dapat melakukan aktivitas fisik yang sesuai dengan kemampuan tubuh 

10. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat aktivitas fisik yang terakhir yaitu dapat memperbaiki postur tubuh yang buruk secara perlahan. Postur tubuh yang buruk tidak melulu dialami oleh orang-orang yang telah lanjut usia. Mereka yang masih berusia muda pun bisa memiliki postur yang buruk karena kebiasaan. Postur yang buruk dapat terjadi karena otot dan sendi-sendi dalam tubuh kurang digunakan untuk melakukan aktivitas. Solusi mudah yang bisa dilakukan agar tidak bertambah parah adalah dengan berolahraga secara rutin.

Itulah tadi 10 manfaat aktivitas fisik teratur terhadap jasmani dan rohani yang perlu kamu ketahui. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Yuk, mulai jaga kesehatan sejak sekarang agar dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang akan menyerang di kemudian hari!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Manfaat Aktivitas Fisik Terhadap Kesehatan Jasmani

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]