...
  1. Kelas 11 Penjasorkes

15 Manfaat Aktivitas Fisik Terhadap Kesehatan Jasmani dan Rohani

Globalisasi turut berperan penting dalam perubahan perilaku yang terjadi di masyarakat, termasuk dalam segi mobilitas. Kini tak perlu repot-repot karena telah banyak kendaraan yang beredar. Semakin lama,  kondisi ini menyebabkan aktivitas fisik seseorang semakin menurun. Namun, tahukah Kawan Literasi bahwa bergerak dan beraktivitas itu sangat penting. Apa saja manfaat aktivitas fisik? Yuk mari kita bahas.

Apa Itu Aktivitas Fisik?

Apa Itu Aktivitas Fisik (sumber: Pixabay)
Apa Itu Aktivitas Fisik (sumber: Pixabay)

Aktivitas fisik adalah salah satu penerapan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dapat dilakukan di mana pun. Manusia tidak dirancang sebagai makhluk yang pasif dan tidak perlu bergerak. Justru sebaliknya, manusia perlu menjaga aktivitas fisiknya pada tingkat tertentu supaya kondisi fisik dan psikis tetap dalam kondisi prima.

Manfaat aktivitas fisik jelas tidak diragukan lagi. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh ketika seseorang meningkatkan aktivitas fisik dalam intensitas yang tepat. Salah satu yang paling signifikan adalah kebugaran dan ketahanan tubuh meningkat.

Apa saja, sih, manfaat aktivitas fisik teratur bagi tubuh? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel Studio Literasi di bawah ini!

Artikel Terkait

[feedzy-rss feeds='https://museumnusantara.com/feed/,https://studioliterasi.com/feed/' max='4' multiple_meta='yes' template='default']

Contoh Aktivitas Fisik

Contoh Aktivitas Fisik (sumber: Pixabay)
Contoh Aktivitas Fisik (sumber: Pixabay)

Gerakan-gerakan yang melibatkan kinerja sendi dan otot-otot tubuh untuk membakar kalori dapat diartikan sebagai aktivitas fisik. Dalam penerapannya, ada banyak contoh dan klasifikasi dari aktivitas fisik. Inilah contoh aktivitas fisik berdasarkan intensitasnya. 

1. Ringan

Sesuai dengan namanya, aktivitas fisik yang ringan tidak membutuhkan terlalu banyak usaha alias tenaga ketika melakukannya. Aktivitas fisik yang ringan hanya akan membakar sekitar 3.5 kkal per menit. Meski terkesan mudah, manfaat aktivitas fisik ini tetap nyata adanya. 

Beberapa hal yang termasuk aktivitas fisik ringan antara lain berjalan santai, mencuci piring, menyiapkan makanan, membaca buku, dll. Meski seringkali disepelekan karena manfaat aktivitas fisik ini tidak terlalu signifikan, aktivitas fisik yang ringan lebih disarankan daripada tidak melakukannya sama sekali.  

2. Sedang 

Tak jauh berbeda dengan aktivitas sebelumnya, aktivitas fisik sedang akan membakar hingga 7 kalori per menitnya. Ketika melakukan aktivitas sedang, tubuh akan sedikit lebih berkeringat disertai denyut jantung lebih cepat karena kalori yang dibakar lebih banyak. 

Gerakan-gerakan yang termasuk aktivitas fisik sedang antara lain bermain bulutangkis dengan tujuan rekreasional, berjalan cepat dengan kecepatan minimal 5 km/jam, mengangkat galon dan memindahkan perabot-perabot yang lainnya, mengepel rumah, dan aktivitas-aktivitas domestik yang lain.

3. Berat

Manfaat aktivitas fisik jenis ini paling optimal di antara dua jenis aktivitas fisik sebelumnya. Nafas akan terengah-engah, jantung berdegup kencang, dan keluar banyak keringat adalah respon tubuh ketika tengah melakukan aktivitas fisik berat. Diperkirakan aktivitas ini dapat membakar lebih dari 7 kkal per menitnya. 

Naik gunung, olahraga HIIT, jogging di pagi hari, dan beberapa olahraga yang dikategorikan sebagai olahraga berat masuk dalam jenis aktivitas fisik yang berat. 

Manfaat Aktivitas Fisik Teratur

Manfaat Aktivitas Fisik (sumber: Pixabay)
Manfaat Aktivitas Fisik (sumber: Pixabay)

Melakukan aktivitas fisik sangat penting, karena dapat mendatangkan aneka manfaat baik bagi tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat aktivitas fisik yang wajib kita ketahui.

1. Menjaga Berat Badan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat aktivitas fisik salah satunya adalah dapat menjaga berat badan. Berat badan manusia memang sifatnya fluktuatif. Namun, dengan rutin dan disiplin berolahraga, berat badan tidak akan mudah naik dan tentunya tubuh akan menjadi semakin sejat.

2. Memperbaiki Suasana hati

Siapa yang saat atau selesai berolahraga merasakan mood atau suasana hatinya membaik? Manfaat aktivitas fisik yang pertama adalah dapat meningkatkan mood. Melansir dari National Institutes of Health (NIH), saat beraktivitas fisik (olahraga) tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang menyebabkan tubuh lebih rileks.

3. Meningkatkan Imunitas

Manfaat aktivitas fisik yang berikutnya adalah dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh seseorang. Olahraga, yang notabene merupakan aktivitas fisik akan menyebabkan kontraksi otot serta memicu aliran darah dan getah bening yang lebih lancar. Akhirnya, peredaran sel kekebalan tubuh semakin lancar.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat aktivitas fisik yang satu ini ampuh mengatasi insomnia atau kesulitan tidur. Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dapat membuat tubuh lebih rileks sekaligus kelelahan dalam artian yang baik sehingga membuat tidur malam lebih nyenyak.

6. Mengurangi Risiko Penyakit

Manfaat aktivitas fisik yang keenam adalah dapat mengurangi berbagai macam risiko penyakit, termasuk penyakit kronis yang kini semakin banyak diderita oleh orang-orang yang kurang beraktivitas dan terlalu mager. Berolahraga terbukti  dapat mengendalikan berat badan, menurunkan tekanan darah, menunda keterbatasan fisik saat usia tua, menekan risiko osteoporosis, dan banyak lagi. 

7. Meningkatkan Daya Tahan Fisik

Pernah berpikir mengapa seorang atlet terus-menerus melakukan latihan fisik lain disamping olahraga yang ada dalam bidang mereka? Aktivitas fisik bermanfaat untuk meningkatkan endurance alias ketahanan tubuh seseorang. Endurance atau daya tahan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas fisik intensitas tertentu tanpa merasakan kelelahan yang berarti. Seseorang yang memiliki stamina alias endurance yang baik tidak akan mudah kelelahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

8. Lebih Percaya Diri

Berolahraga terbukti bisa meningkatkan rasa percaya diri. Selain melepaskan hormon endorfin, berolahraga dengan porsi yang tepat akan memicu proses terbentuknya otot membentuk otot. Hal ini membuat bentuk tubuh terlihat lebih fit dan toned

9. Mencegah Risiko Gangguan Metabolisme

Mencegah gangguan metabolik adalah satu dari banyak manfaat aktivitas fisik. Gangguan metabolik adalah gangguan dalam tubuh yang disebabkan oleh terganggunya proses metabolisme karena tubuh terlalu banyak atau terlalu sedikit memiliki zat-zat penting yang diperlukan tubuh. Selain memperbaiki asupan nutrisi, penderita gangguan metabolik dapat melakukan aktivitas fisik yang disesuaikan dengan kemampuan tubuh. 

10. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat aktivitas fisik yang terakhir yaitu dapat memperbaiki postur tubuh yang buruk secara perlahan. Postur tubuh yang buruk tidak melulu dialami oleh orang-orang yang telah lanjut usia. Mereka yang masih berusia muda pun bisa memiliki postur yang buruk karena kebiasaan. Postur yang buruk dapat disebabkan karena otot dan sendi-sendi dalam tubuh kurang digunakan untuk melakukan aktivitas. Solusi mudah yang bisa dilakukan agar tidak bertambah parah adalah dengan berolahraga secara rutin.

Itulah tadi 10 manfaat aktivitas fisik teratur terhadap jasmani dan rohani yang perlu kamu ketahui. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Yuk, mulai jaga kesehatan sejak sekarang agar dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang akan menyerang di kemudian hari!

Tidak ada komentar
Komentar untuk: 15 Manfaat Aktivitas Fisik Terhadap Kesehatan Jasmani dan Rohani

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Dalam akuntansi pencatatan transaksi dapat menggunakan dua jenis jurnal yakni jurnal khusus dan jurnal umum. Kali ini Studio Literasi akan membahas secara rinci mengenai perbedaan jurnal khusus dan umum lengkap dengan jenis jurnalnya. Penasaran? Yuk kita bahas bersama.  Perbedaan Jurnal Umum dan Jurnal Khusus Ketika Kawan Literasi akan melakukan pencatatan yang dilengkapi dengan bukti transaksi […]

Trending

Ketika Kawan Literasi menyatakan rasa setuju dan tidak setuju maka dalam hal ini di bahasa inggris merupakan ekspresi dari agreement dan disagreement. Hal ini merupakan sesuatu yang lumrah kita temui dalam kehidupan sehari. Kawan Literasi penasaran dengan bagaimana cara penggunaannya? Berikut pembahasannya secara lengkap di studio Literasi.  Pengertian Agreement and Disagreement Expression of agreement adalah […]
Salah satu proses seleksi mendapatkan beasiswa adalah membuat essay yang baik dan benar. Biasanya isi essay akan mencakup isu dan bagaimana penulis menyampaikan argumennya melalui dua sisi. Bagi Kawan Literasi yang penasaran bagaimana contoh essay beasiswa yang baik, berikut penjelasan lengkapnya di Studio Literasi.  Apa itu Esai? Sebelum kita masuk ke contoh essay beasiswa yang […]
Beasiswa merupakan bantuan dana yang pada saat ini telah membantu berbagai siswa dan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Ada berbagai program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah dan perusahaan swasta untuk memberikan bantuan dana untuk menutupi biaya studi, akomodasi, dan uang saku. Berikut penjelasan lengkapnya tentang beasiswa di Studio Literasi.  Pengertian Beasiswa Menurut KBBI, beasiswa adalah bantuan […]
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah pasti menginginkan negaranya utuh dan memiliki rasa persatuan yang kuat. Integrasi nasional berpengaruh dalam pembangunan dan kemakmuran suatu bangsa. Berikut ini Studio Literasi rangkum mengenai integrasi nasional dan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional secara lengkap yang bisa Kawan Literasi simak.  Apa itu Integrasi Nasional? Dikutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), […]
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.