1. Kelas 12 Fisika

Medan Magnet: Sejarah, Konsep, Karakteristik & Penerapannya

Halo kawan literasi. Peristiwa alam tidak henti-hentinya membuat kita penasaran, ya?. Bahkan kita sendiri tidak menyadari menemukan mereka dalam kehidupan kita sehari-hari. Pernahkan kalian memperhatikan mengapa lemari es atau kulkas terasa cukup berat untuk dibuka namun mudah untuk menutupnya? Atau sesederhana kalian suka banget mengoleksi hiasan kulkas dan heran mengapa ia bisa menempel di pintu kulkas?  Kejadian sehari-hari seperti ini adalah contoh dari peristiwa medan magnet, lho guys!

Lantas, apa pengertiannya? Apa fungsinya dalam kehidupan sehari-hari? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

Sejarah Medan Magnet

Michael Faraday
Michael Faraday Penemu Magnet

Oke, sebelum kita lanjut membahas mengenai medan magnet. Kami akan ajak kalian untuk mengetahui sejarah singkatnya. Tokoh pertama kali penemu magnet bernama Thales, seorang filsuf Yunani yang hidup pada abad ke-6 SM. Ia berhasil menemukan batu bermuatan yang bertuliskan tulisan kuno. 

Kata magnet itu sendiri berasal dari bahasa Yunani “magnitis lithos” yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah batu magnesia. Magnesia diambil dari nama wilaya di Asia terpencil yang dimana ia merupakan tempat endapan-endapan magnetis. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Lalu, setelah beberapa tahun kemudian, tepatnya 4.500 tahun yang lalu, bangsa China telah menggunakan magnet dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat penyembuhan (terapi akupuntur). Kemajuan bangsa China dalam ilmu pengetahuan terbilang cukup besar. Pasalnya, mereka telah menggunakan medan magnet untuk membuat penunjuk arah mata angin alias kompas. 

Selanjut seorang fisikawan bernama Michael Faraday tergugah untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kompas. Beliau bereksperimen dengan kompas yang dialiri listrik melalui kumparan kawat. Atas dasar ini, Michael Faraday menyimpulkan bahwa jika magnet didekatkan, kawat listrik tersebut akan bergerak dan berputar. Atas penemuan inilah, magnet listrik sebagai dasar utama pembuatan motor listrik di zaman sekarang.  

Baca Juga : Konsep Gelombang Elektromagnetik, Spektrum, & Sifatnya

Konsep Medan Magnet

Magnet atau bijih besi mempunyai dua kutub yang dimana ketika didekatkan dua buah magnet tersebut akan terjadi sebuah gaya tarik-menarik. Gaya yang muncul bisa menjadi tarik-menarik atau tolak-menolak tergantung jenis kutub yang berdekatan. 

Medan magnet merupakan ruangan di sekitar magnet yang masih terpengaruh oleh gaya magnet. Ia biasanya dinyatakan dengan gambar anak panah dengan garis-garis. Garis-garis magnet inilah yang menunjukkan arus medan magnet yang keluar dari kutub utara menuju kutub selatan.Ia dapat menjadi permanen ketika adanya putaran mekanika kuantum dari partikel. Peristiwa ini bernama arus listrik. 

Sifat-Sifat Medan Magnet

Sifat-Sifat Medan Magnet
Sifat-Sifat Medan Magnet

Adapun sifat-sifatnya  yang perlu kalian ketahui. Melansir katadata.com, ia mempunyai ciri-ciri seperti berikut:

  1. Garis-garis gaya magnet tidak saling berpotongan satu sama lain.
  2. Garis-garis gaya magnet selalu keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan magnet.
  3. Tempat yang memiliki garis-garis gaya magnet yang rapat akan menunjukkan medan magnet yang kuat dan sebaliknya. 
  4. Jika dua magnet dengan kutub berbeda didekatkan maka akan timbul medan magnet yang cukup kuat, dan sebaliknya.

Perlu kalian ketahui, jika magnet terdapat dua jenis yaitu magnet alam dan magnet buatan. Untuk membuat magnet buatan ada beberapa cara, antara lain:

  1. Menggosokan magnet tetap
  2. Aliran arus listrik
  3. Induksi (imbas atau influensi)

Rumus Medan Magnet

B =\tfrac{{\mu}I}{2{\pi}r}

Keterangan:

B = Besar Medan Magnet (T)

\mu = Konstanta Permeabilitas (410-7 Tm/A)

I = Besar Arus Listrik (A)

r= Jarak dari Kabel (m)

Penerapan Medan Magnet

Nah, sesuai dengan pembahasan di awal jika penerapan nyabegitu luas. Berikut adalah penerapan medan magnet yang perlu kalian ketahui:

Elektromagnet

Pertama, elektromagnet. Melansir gramedia.com, salah satu benda yang menggunakannya adalah bel rumah. Bel rumah menggunakan elektromagnetik. Prinsipnya bekerja dengan cara ketika kita menekan tombol bel maka elektromagnetiknya akan menggerakkan striker sehingga bel berbunyi nyaring. 

Tak hanya itu, contoh lainnya yaitu benda bernama pengeras suara. Pengeras suara saat ini telah dilengkapi oleh bluetooth. Maka, elektromagnetik akan Penerapan medan magnet menggunakan elektromagnetik. Misalnya pada bel rumah. Prinsip kerjanya cukup sederhana, ketika menekan tombol bel maka elektromagnetik akan menggerakkan striker untuk membuat bel berbunyi.

Contoh lainnya adalah pengeras suara. Perangkat audio ini sudah dilengkapi oleh fitur bluetooth. Maka elektromagnetik di dalamnya akan menerima irama dan penghantarnya akan menerima irama tersebut dan mengeluarkan kembali dengan suara yang lebih keras. 

Motor

Mesin Motor
Mesin Motor

Selanjutnya adalah motor. Arti “motor” yaitu mesin yang bisa mengubah energi menjadi energi gerak. Prinsip dari kinerja motor yaitu arus listrik yang mengalir ke motor dan membentuk medan magnet cukup kuat dan bergerak secara naik turun sehingga akan mendorong inti motor di sekitarnya. 

Penggunaan mesin motor ini bisa diterapkan pada lingkup konstruksi, otomotif maupun komputer. Pada lingkup konstruksi, pembuatan lift tentu membutuhkan motor supaya lift bisa bergerak, kemudian mesin motor terpasang dengan kendaraan yang berfungsi menjalankan mesin supaya bisa bergerak. 

Semenetara itu, pada lingkup pembuatan komputer, banyak hard drive yang memanfaatkan magnet untuk menyimpan data. Hal ini terjadi karena magnet mengubah arah bahan-bahan magnetik sehingga komputer dapat mengetahui arah setiap segmen material untuk membaca data-data yang tersimpan. 

Levitasi Magnetik

Shinkansen
Shinkansen, Kereta Cepat Memanfaatkan Medan Magnet

Salah satu kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan di Jepang adalah kereta listrik. Apakah kalian tahu jika ia memanfaatkan bagian magnet ini untuk membuatnya terus bergerak dengan sangat cepat? Levitasi magnetik atau magnetic levitation adalah penerapan medan magnet pada kereta listrik. 

Kereta api listrik bernama Shinkansen ini mampu berada tepat di atas rel karena adanya medan magnet yang cukup kuat, selain itu gesekan yang terjadi juga terbilang relatif kecil. Keadaan itulah membuatnya bisa melaju dengan cepat.

Kesimpulan

Sejarah perkembangan magnet ternyata sudah muncul pada ribuan tahun yang lalu. Pertama kali ditemukan oleh ahli filsuf Yunani, dan periode selanjutnya bangsa China pun menggunakannya untuk terapi kesehatan. Penyempurnaan perkembangannya tak berhenti sampai disitu saja. Michael Faraday membuat penemuan baru yang dikenal dengan motor listrik yang bisa kita temukan di zaman sekarang.

Sifat-sifatnya ada beragam. Medan magnet inilah berperan penting dalam kemudahan urusan manusia, contohnya seperti bel listrik, kereta listrik, mesin motor, pengambilan benda-benda dari logam, serta menghantarkan listrik. 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Medan Magnet: Sejarah, Konsep, Karakteristik & Penerapannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]