1. Kelas 10 Biologi

Arthropoda: Definisi, Karakteristik, Klasifikasi & Contohnya

Rasa cinta terhadap semua makhluk hidup adalah sifat termulia manusia. Begitulah kutipan dari seorang naturalis bernama Charles Darwin yang terkenal pada zamannya. Mempelajari makhluk hidup secara tidak langsung adalah proses mengenal diri kita, hewan dan tumbuhan. Tentunya mempelajarinya tidak cukup hanya dalam waktu singkat.

Berbicara mengenai hewan, kali ini kita akan belajar apa itu arthropoda, bagaimana kelangsungan hidupnya, klasifikasinya beserta karakteristiknya. Tak hanya itu, kalian juga akan mengenal beberapa contoh hewan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini!

Apa itu Arthropoda?

Apa Itu Arthropoda?
Apa Itu Arthropoda?

Dalam kingdom animalia, hewan terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu vertebrata dan invertebrata. Pada artikel sebelumnya, kita sudah mempelajari vertebrata. Nah, untuk sekarang kita akan kupas tuntas filum arthropoda yang termasuk ke dalam golongan invertebrata (tidak memiliki tulang belakang).

Mari mengenal pengertian arthropoda. Melansir Jurnal Pendidikan Hayati (2019), arthropoda berasal dari kata Yunani yang memiliki dua unsur kata. “Arthro” yang berarti ruas, sedangkan “podos” memiliki arti kaki. Jadi, golongan hewan ini memiliki kaki yang beruas-ruas dan bersegmen. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Filum arthropoda memiliki spesies terbanyak daripada filum-filum lainnya. Dengan kata lain, jumlah filum ini tersebar banyak di seluruh belahan dunia. Penyebarannya pun merata pada ekosistem darat, air, maupun udara. Mereka bisa kalian temukan di lingkungan rumah, gua, sungai, sawah, ataupun tempat-tempat lembab.

Karakteristik Arthropoda

Nah, kemudian bagaimana sih ciri-ciri arthropoda? apakah hanya mempunyai kaki yang berbuku-buku atau bersegmen? Tentu tidak ya, kawan. Kami rangkum beberapa ciri-ciri umum yang ditemukan pada hewan-hewan golongan ini.

Ciri-ciri hewan yang termasuk ke dalam filum Arthropoda adalah:

  1. Memiliki ciri tubuh dan kaki berbuku-buku, beruas-ruas atau bersegmen.
  2. Tubuhnya bersifat simetris bilateral
  3. Mempunyai mata majemuk, khususnya laba-laba mempunyai ocelli (mata tunggal)
  4. Rangka rangka terlihat dari luar (eksoskeleton) yang terbentuk dari senyawa selulosa dan protein (kitin) dan berfungsi untuk melindungi diri.
  5. Terdapat tiga utama struktur tubuh antara lain kepala, dada (toraks) dan perut (abdomen)
  6. Reproduksi secara seksual dan aseksual.
  7. Alat pernapasan bermacam-macam, seperti insang, trakea, paru-paru atau permukaan tubuh.
  8. Struktur tubuh terdiri dari kepala (caput), dada (toraks) dan perut (abdomen).
  9. Hewan triploblastik selomata, yaitu memiliki rongga sejati.
  10. Sistem saraf memanjang di setiap segmen, serta sensitif terhadap cahaya.
  11. Sistem pencernaan lengkap dari mulut sampai anus.
  12. Peredaran darah terbuka dan sistem ekskresi pembuluh malphigi.
  13. Beberapa spesies adalah individu yang mempunyai dua jenis organ kelamin yang berbeda (hermafrodit)

Baca Juga : Mengenal Struktur Sel Hewan & Tumbuhan Beserta Bagiannya!

Klasifikasi Arthropoda

Poin selanjutnya adalah mengetahui klasifikasinya. Ada empat kelas hewan yang perlu untuk kalian ketahui.  

Arachnoidea

Kalajengking Adalah Golongan Arachnoidea
Kalajengking Adalah Golongan Arachnoidea

Kelas yang pertama, ada golongan arachnoidea. Kelas ini memiliki setidaknya tiga ordo, yaitu jenis kutu-kutuan (acarina) , laba-laba (arachnida), dan kalajengking (scorpionida). Secara umum, tubuhnya terbagi menjadi dua bagian yakni kepala yang bersatu dengan dada (sefalotoraks) dan perut (abdomen). 

Pada bagian sefalotoraks terdapat empat pasang kaki dan alat sengat beracun (kalisera) dan alat capit. Sedangkan, ukuran tubuh kurang lebih 0,5 mm- 9 cm dan sebagian besar menempati habitat darat (terestrial).  Beberapa dari jenisnya merupakan hama bagi tumbuhan dan parasit bagi hewan. 

Ukuran tubuh pada kelompok arachnoidea bervariasi. Panjang tubuhnya sekitar kurang dari 0,5 mm-9 cm. Tubuhnya terdiri atas sefalotoraks, abdomen, empat pasang kaki, dan tidak memiliki mandibula.

Crustacea

Udang Termasuk Golongan Crustacea
Udang Termasuk Golongan Crustacea

Kelas crustacea sebagian besar memiliki habitat di air. Ia tergolong hewan akuatik dan sebagian kecil hidup di darat. Ciri khas yang menonjol dari kelas ini memiliki sembilan belas pasang anggota badan. Mereka memiliki dua pasang antena. Tubuhnya tersegmentasi menjadi kepala, badan, dan ekor. Bagian mulut terdiri dari tiga pasang badan, kaki pada toraks serta bagian abdomen yang menghubungkannya. 

Tak hanya itu, ia mempunyai sistem saraf pusat berjenis tangga tali  yang dimana terdapat ganglia kepala (otak) yang terhubung dengan antena sebagai indera peraba, mata dan indra keseimbangan (statosista). Sistem tersebut mengontrol semua sistem pergerakan tubuh. Sistem peredaran darahnya pun terbuka dengan jantung yang berdekatan dengan punggung. Jika terdapat bagian tubuh yang hilang, ia mampu meregenerasi sel dengan cepat. 

Myriapoda

Kaki Seribu Termasuk Myriapoda
Kaki Seribu Termasuk Myriapoda

Selanjutnya ada kelas myriapoda. Terdiri atas dua ordo yani diplopoda dan chilopoda. Diplopoda memiliki tubuh bulat memanjang. Tubuhnya tertutupi oleh lapisan garam kalsium sehingga berwarna mengkilap. Di bagian kepala, tumbuh sepasang antena pendek dan mandibula.

Karakteristik yang menonjol antara lain memiliki banyak kaki. Banyak ditemukan di kawasan hutan tropis. Tubuhnya beruas-ruas dengan jumlah segmen lebih banyak dari kelas lain yaitu antara 10-200 segmen di tubuhnya.

Selanjutnya, ada ordo chilopoda. Kebalikan dari ordo diplopoda, mereka cenderung memiliki tubuh pipih dorsoventral dan sepasang antena yang panjang. Memiliki sepasang kaki dengan 15-173 ruas. Pada ruas terakhir memiliki alat penjepit beracun untuk melindungi diri atau berburu mangsa. 

Insecta

Kupu-Kupu Golongan Insecta
Kupu-Kupu Golongan Insecta

Kelas terakhir yang cukup populer di filum arthropoda adalah insekta. Pasti kalian sudah tahu kan? Serangga merupakan salah satu kelompok hewan yang beragam. Di dunia jumlah kelas ini telah lebih dari satu juta spesies. Kelas ini bisa kalian temui di mana-mana. Bagaimana tidak? mayoritas hewan di dunia terisi oleh serangga. Tentunya dengan bentuk fisik yang  berbeda-beda sesuai dengan habitatnya.

Insecta mempunyai empat tipe mulut. Tipe penghisap dan penjilat (dipteran), tipe penghisap (lepidopteran), tipe penusuk dan penghisap (hemipteran) dan tipe penggigit (orthopteran). Sebagian besar kelas ini mengalami metamorfosis. Perubahan bentuk fisik individu dari telur hingga menjadi dewasa. Terdapat dua macam metamorfosis yaitu sempurna dan tidak sempurna.

Baca Juga : Ciri-ciri Kingdom Animalia, Klasifikasi, & Contohnya

Contoh Hewan Arthropoda

Berikut kami rangkum beberapa contoh hewan arthropoda, sebagai berikut:

Arachnoidea

  1. Kalajengking (Scorpiones)
  2. Laba-laba serigala (Lycosidae)
  3. Tungau (Sarcoptes scabiei)
  4. Caplak (Rhipicephalus sanguineus)
  5. Tarantula (Theraphosidae)
  6. Centrurus sp
  7. Hadrurus sp

Crustacea

  1. Lobster (Nephropidae)
  2. Udang galah (Macrobrachium rosenbergii)
  3. Udang windu (Penaeus monodon)
  4. Rajungan (Portunus pelagicus)
  5. Kepiting (Brachyura)
  6. Kutu air (Cladocera)

Myriapoda

    1. Lipan (Scutigera coleoptrata)
    2. Kaki seribu (Polydesmida)
    3. Pauropoda
    4. Symphyla

Insecta

  1. Kumbang lucanid (Lucanidae)
  2. Kumbang lepuh (Meloidae)
  3. Nyamuk (Aedes)
  4. Semut kebun hitam (Lasius niger)
  5. Semut api (Solenopsis)
  6. Lebah madu (Apis)
  7. Lalat rumah (Musca domestica)

Kesimpulan

Arthropoda memiliki empat kelas yang masing-masing mempunyai ciri fisik yang berbeda-beda. Namun, secara umum bentuk arthropoda memiliki tubuh yang beruas-ruas atau bersegmen. Bentuk tubuh yang seperti itu, fungsinya adalah untuk mempertahankan hidup, penopang tubuh atau melindungi diri dari serangan luar.

Jumlah filum ini hampir mendominasi makhluk hidup yang ada di dunia. Mereka hidup di berbagai alam seperti air, darat dan udara. Kalian bisa menemukan hewan ini di sekitar rumah atau lingkungan, contohnya seperti kecoa, semut, lebah dan kumbang. 

Nah, akhirnya kita sudah sampai di penghujung pembahasan, terima kasih sudah membaca artikel sampai akhir. Belajar biologi itu menyenangkan, bukan? Yuk, nantikan artikel biologi selanjutnya hanya bersama kami!

 

Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Arthropoda: Definisi, Karakteristik, Klasifikasi & Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]