1. Pengetahuan Umum

Macam-Macam Metode Penelitian

Halo Kawan Literasi, kalian pasti sudah tidak asing dengan istilah metode penelitian, bukan? Metode penelitian pastilah selalu berhubungan dengan sebuah riset. Ada berbagai macam jenis metode penelitian yang bisa kalian sesuaikan dengan apa yang sedang kalian teliti.

Dalam pembahasan kali ini, Studio Literasi akan mengupas tuntas seputar pengertian, tujuan, dan jenis metode penelitian.

Pengertian Metode Penelitian

Secara umum, metode penelitian adalah urutan langkah-langkah atau serangkaian tata cara yang sistematis dan terstruktur yang dilakukan oleh seorang peneliti untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yang ada.

Intinya, metode penelitian atau metode riset ini digunakan untuk mempermudah dan pembahasan terkait tata cara ilmiah demi mendapatkan dan menemukan sesuatu kesimpulan atau ilmu yang baru.

Adapun gambaran rancangan metode riset bisa meliputi waktu penelitian, sumber data, prosedur, dan dengan langkah apa data tersebut diolah dan dianalisis.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Pengertian metode penelitian menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  • Prof. M. E. Winarno

Menurutnya, metode penelitian adalah cara untuk menentukan beberapa topik serta digunakan untuk menentukan judul suatu penelitian.

  • Prof. Dr. Sugiyono

Metode riset adalah suatu proses ilmiah atau cara untuk memperoleh data dengan kegunaan dan tujuan tertentu.

  • Muhiddin Sirat

Metode penelitian adalah cara yang digunakan untuk menentukan beberapa topik serta penentuan judul dalam suatu penelitian.

  • Nasir

Metode riset merupakan cara utama yang umumnya digunakan oleh peneliti dengan tujuan mencapai penyelesaian masalah dan menemukan jawaban atas masalah yang ada.

  • Hery Rahyubi

Metode riset merupakan metode yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar untuk tercapainya proses yang baik.

Langkah Dalam Menyusun Metode Penelitian

Macam-Macam Metode Penelitian
Macam-Macam Metode Penelitian, foto oleh Moondoggiesmusic Com

Bagi seorang peneliti penyusunan metode riset ini sangatlah penting, sebab menjadi kunci untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah dalam penelitian tersebut secara tepat. Hasil penelitian yang dilakukan nantinya harus bisa mereka pertanggungjawabkan mulai dari awal hingga akhir.

Langkah-langkah sistematis yang diperlukan dalam menyusun metode penelitian antara lain sebagai berikut.

  • Mengidentifikasi dan merumuskan masalah
  • Menyusun kerangka berpikir
  • Merumuskan hipotesis atau jawaban sementara
  • Mengumpulkan data
  • Analisis dan pembahasan masalah
  • Membuat kesimpulan dan saran

Tujuan Penelitian

Secara umum, suatu penelitian dilakukan untuk tujuan di bawah ini.

  • Memperoleh pengetahuan atau penemuan baru
  • Membuktikan atau menguji kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada
  • Mengembangkan pengetahuan yang sudah ada

Macam-Macam Metode Penelitian

Macam-Macam Metode Penelitian
Macam-Macam Metode Penelitian, foto oleh Daftarpustaka Org

Menurut jenis data yang digunakan, metode penelitian dibagi menjadi dua, yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.

1. Metode Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang countable atau datanya disajikan dalam bentuk grafik, angka, dan menggunakan rumus statistika dalam perhitungannya. Sebagai contoh, peningkatan angka kelahiran di Indonesia setiap tahunnya mencapai 10%.

Adapun metode yang termasuk dalam penelitian kuantitatif ini adalah sebagai berikut.

  • Metode Deskriptif

Metode deskriptif didefinisikan sebagai metode riset yang menggambarkan ciri populasi atau fenomena tentang sesuatu. Metode deskriptif memberikan deskripsi numerik di mana peneliti dapat mengukur hal-hal sebagaimana adanya. Metode ini fokus pada pertanyaan “apa pada subjek penelitian, yang artinya berfokus pada penggambaran sifat segmen demografis, bukan pada “mengapa” peristiwa tersebut terjadi.

  • Metode Korelasional

Peneliti dapat menggunakan metode korelasi ini untuk melihat apakah terdapat hubungan antar variabel. Studi sementara, penelitian ini tidak bisa membuktikan bahwa perubahan pada satu variabel akan berakibat pada perubahan variabel yang lain. Sehingga, metode ini tidak dapat membuktikan hubungan antara sebab dan akibat.

  • Metode Kausal Komparatif

Kausal komparatif adalah metode yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara melakukan pengamatan pada data dari faktor yang diduga menjadi penyebab sebagai pembanding.

  • Metode Tindakan

Metode tindakan memiliki tujuan untuk mengembangkan keterampilan atau pendekatan baru serta dilakukan pengkajian terhadap hasilnya.

  • Metode Perkembangan

Penelitian perkembangan dilakukan untuk menyelidiki pola dan urutan pertumbuhan dan atau perubahan sebagai fungsi waktu.

  • Metode Eksperimental

Metode eksperimen adalah suatu metode yang dilakukan dengan tujuan menyelidiki adanya kemungkinan hubungan antara sebab akibat dengan cara melakukan kontrol atau kendali.

  • Metode Kuasi Eksperimental

Kuasi eksperimental atau percobaan semu merupakan penelitian yang mirip dengan metode eksperimental namun nyatanya bukan yang sesungguhnya. Metode ini dilakukan dengan membandingkan kelompok yang mendapat intervensi tertentu dengan kelompok lain yang memiliki karakteristik serupa tapi sesungguhnya tidak menerima intervensi. Kuasi eksperimental memiliki variabel kontrol namun tidak digunakan sepenuhnya untuk mengontrol variabel luar yang mempengaruhi eksperimen.

Metode Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang uncountable atau penyajian data tidak menggunakan angka, namun dengan deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, serta memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas. Misalnya, penelitian tentang perilaku masyarakat dan gaya hidup di era new normal.

Beberapa metode yang termasuk penelitian kualitatif adalah sebagai berikut.

  • Metode Etnografi

Etnografi adalah rancangan penelitian yang berasal dari ilmu antropologi dan sosiologi yang menyelidiki tentang bahasa, pola perilaku, dan tindakan suatu kelompok kebudayaan di lingkungan yang alamiah dalam periode waktu yang cukup panjang.

Pendekatan etnografi yang paling umum adalah pengamatan partisipatif sebagai bagian dari penelitian lapangan. Seorang ahli etnografi bisa saja tenggelam dalam budaya sebagai peserta yang aktif mencatat segala sesuatu yang ia temui di lapangan. Tak ada batasan pasti dan tak ada titik akhir yang nyata dalam studi ini.

  • Metode Studi Kasus

Metode ini dilakukan dengan meneliti suatu peristiwa atau kasus tertentu yang ada di dalam masyarakat yang dilakukan secara mendalam dan terperinci untuk mempelajari latar belakang, kejadian, dan interaksi yang terjadi.

Dalam studi kasus biasanya akan melibatkan interaksi atau wawancara dengan orang lain, sehingga metode ini akan menghasilkan data deskriptif yang terperinci dan unik.

  • Metode Teori Dasar atau Grounded Theory

Teori dasar adalah penelitian yang dilakukan untuk menemukan teori baru atau memperkuat teori yang sudah ada dengan cara mengkaji prinsip dan kaidah dasar yang sudah ada. Penting hukumnya untuk membedakan antara fenomena inti dan yang bukan, agar bisa diambil dan dibentuk suatu teori.

Pengumpulan data grounded theory ini dilakukan dengan cara observasi, studi lapangan, perbandingan antar kategori, fenomena, dan situasi berdasarkan berbagai aspek penilaian.

  • Metode Historis

Sesuai dengan namanya, metode ini memanfaatkan informasi dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau lalu melakukan rekonstruksi masa lalu dengan sumber data yang masih ada hingga saat ini. Sumber data metode ini bisa berupa saksi sejarah seperti artefak, laporan verbal, maupun saksi hidup yang bisa dipertanggungjawabkan kebenaran kesaksiannya.

Hal yang menjadi ciri khas metode historis adalah waktu. Di mana suatu peristiwa atau fenomena dilihat perkembangannya seiring berjalannya waktu. Contoh penelitian ini adalah perkembangan kuliner di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir.

Itulah pembahasan lengkap tentang metode penelitian yang sangat beragam mulai dari jenis dan tujuannya. Semoga artikel ini bisa memudahkan kalian ketika akan menentukan metode yang tepat untuk penelitian Anda.

Baca Juga: Cara Menulis Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Macam-Macam Metode Penelitian

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]