1. Kelas 10 Fisika

Mikrometer Sekrup, Alat Pengukur Diameter Berpresisi Tinggi

Sejarah Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup berasal dari kata Yunani “micro” yang berarti kecil dan “metron” yang mempunyai arti ukuran. Seorang ilmuwan astronomi bernama William Gascoigne menemukan alat ini pada tahun 1638. Alat tersebut digunakan sebagai pengembangan vernier serta untuk mengukur jarak sudut bintang dan benda langit lainnya. 

Memang pada saat itu, mikrometer banyak digunakan untuk keperluan perbintangan seperti mengukur diameter semu benda langit. Namun, sekarang biasa digunakan untuk mengukur benda yang mempunyai diameter kecil/tipis. Dalam penerapannya saat ini, alat ini berfungsi untuk mengukur diameter kawat, pipa, kayu, atau benda-benda lainnya.

Apa Itu Mikrometer Sekrup?

Mengukur Diameter Cincin dengan Mikrometer Sekrup
Mengukur Diameter Cincin dengan Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup merupakan alat ukur yang berguna untuk mengukur diameter benda. Alat pengukuran terbuat dari plat atau baja dengan tingkat presisi yang tinggi. Skala dari alat ini lebih akurat daripada jangka sorong. Ia memiliki kapasitas untuk mengukur hingga ketelitian 0,01 mm, sedangkan jangka sorong hanya mencapai 0,1 mm.

Bisa dibilang alat ini masih banyak digunakan untuk kepentingan komersial, pembangunan, penelitian hingga beberapa komponen listrik atau otomotif yang membutuhkan ketelitian. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Jenis-Jenis Mikrometer Sekrup

Mikrometer Sekrup Manual

Mikrometer sekrup manual adalah jenis yang paling sering digunakan. Skalanya terbagi menjadi dua yaitu skala utama dan nonius. Skala utama adalah memiliki fungsi untuk menyatakan angka dalam satuan centimeter (cm) atau inci, sedangkan skala nonius berfungsi untuk mengukur skala milimeter (mm). Dengan kata lain, skala nonius inilah yang memberi keakuratan pada pengukuran benda.

Pembacaannya masih juga manual yaitu dengan mata telanjang. Dengan mengamati dimana letak garis tersebut berhenti pada sebuah angka pada skala utama dan nonius. Maka kalian akan mengetahui hasilnya dengan cara menambahkan skala tersebut. 

Mikrometer Sekrup Digital

Mikrometer Sekrup Digital
Mikrometer Sekrup Digital

Sesuai dengan namanya, alat pengukuran jenis ini berbeda dengan mikrometer sebelumnya. Memiliki tampilan digital dengan layar pembaca di bagian atas sehingga pembacaan skala lebih akurat. Menggunakan mikrometer ini merupakan keputusan yang efektif karena mampu meminimalkan perhitungan yang salah. 

Mikrometer Dalam

Pada saat di bangku sekolah pertama, sedikit banyak kalian telah melihat dan menggunakan mikrometer sekrup. Namun, tahukah kalian jika ada mikrometer yang digunakan untuk mengukur diameter atau besar lubang benda? Alat ini dalam dunia sipil atau pertanian  banyak diterapkan untuk mengetahui secara pasti diameter  dan kedalaman suatu pipa, kabel atau peranti lainnya. 

Mikrometer Luar

Mikrometer luar adalah jenis alat pengukuran untuk mengukur diameter luar suatu objek atau benda. Tentunya, berbeda dengan mikrometer dalam untuk mengukur diameter dalam suatu benda. 

Mikrometer Kedalaman

Ketika kalian hendak mengukur kedalam sebuah botol, maka kalian tidak bisa menggunakan mikrometer sekrup biasa. Kalian harus menggunakan mikrometer kedalaman. Penggunaan mikrometer kedalaman cukup mudah hanya dengan memutar tuas, dan masukkan pengukur ke dalam botol. Kemudian, baca dan hitung hasilnya. 

Baca Juga : Mengenal Besaran Turunan, Karakteristik & Jenisnya

Bagian Mikrometer Sekrup

Selanjutnya adalah mengenal bagian-bagian mikrometer sekrup. Kalian sebelum menggunakan alat ini setidaknya, harus mengetahui bagian beserta fungsinya.

Frame

Ketika kalian memegang mikrometer sekrup, secara tidak langsung kalian memegang bagian frame. Frame atau rangka mikrometer ini terbuat dari baja. Bagian ini berfungsi untuk meletakkan komponen-komponen mikrometer.

Berhubung terbuat dari baja, maka rangkanya terbilang kuat. Jika benda itu terkena panas, maka peristiwa pemuaian tidak akan merusak skala karena terdapat ruang lebih di antara landasan dan spindle.

Letaknya di ujung rangka, ia mempunyai fungsi penting untuk menahan benda supaya tidak bergerak saat diukur. Bagian ini menyerupai batang kecil dan memiliki bentuk yang sama seperti spindel, hanya saja lebih pendek. ia juga tidak dapat dipindahkan. 

Spindle

Spindle merupakan bagian yang lebih panjang dari pada poros tetap. Disebut juga sebagai poros gerak, karena ia berfungsi untuk memfiksasi dan menempatkan posisi benda untuk dilakukannya pengukuran.

Sleeve

Mempunyai bentuk tabung yang melintang dan berisikan skala utama. Sleeve pada mikrometer sekrup ini termasuk ke dalam bagian yang penting, karena tanpa adanya sleeve, maka tidak bisa membaca skala utama. 

Thimble

Nah, selanjutnya adalah thimble. Bagian ini memiliki bentuk tabung yang terbuat dari logam. Alat ini bisa diputar sesuai dengan besar atau kecilnya objek pengukuran, sehingga setiap putaran thimble dapat menggerakan spindel. Thimble juga memudahkan dalam pembacaan skala karena memuat skala nonius. 

Lock Nut atau Mur

Memiliki fungsi untuk menahan spindle atau sumbu gerak supaya tidak bergerak saat proses pengukuran benda.

Ratchet

Letaknya berada di ujung, berguna untuk merapatkan spindle dengan cara memutarnya searah jarum jam. Putarlah sekitar 2-3 kali untuk memastikan jika ujung spindle bersentuhnya dengan objek. 

Baja Juga : Jangka Sorong

Penggunaan Mikrometer Sekrup

Untuk memakai alat ini, kalian harus memahami dahulu skala utama dan nonius bekerja. Tapi sebelum itu, kalian harus meletakkan objek tepat antara anvil dan spindle. Setelah itu papatkan dua poros itu sehingga benda terjepit dan tidak bergerak. 

Setelah itu baca skala utama dan nonius. Jika sudah, maka jumlahkan skala utama dan nonius tersebut. Itulah nilai dari diameternya. 

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Contoh Perhitungan Mikrometer Sekrup
Contoh Perhitungan Mikrometer Sekrup

Seperti contoh di atas, langkah yang pertama adalah melihat skala utama dan selanjutnya lihatlah skala nonius, maka:

Skala utama = 4 mm

Skala nonius = berpelurus angka 30 , maka 30 x 0,01 mm = 0,30 mm

Jumlahkan skala utama dan skala nonius : 4 mm + 0,30 mm = 4,3 mm

Kalibrasi Mikrometer Sekrup

Kalibrasi perlu dilakukan karena untuk menjaga presisi dan keakuratan alat saat digunakan. Tidak hanya mikrometer sekrup saja, namun alat-alat pengukuran lainnya seperti timbangan, spektrofotometer, jangka sorong perlu adanya kalibrasi secara berkala.

Kalibrasi merupakan proses membandingkan suatu standar atau pengukuran dengan standar nasional maupun internasional yang telah tersertifikasi. Tujuan dari kalibrasi itu sendiri adalah mencapai ketertelusuran pengukuran. Berikut adalah cara untuk melakukan kalibrasi, antara lain:

  1. Bersihkan dahulu anvil (poros tetap) dan spindle (poros gerak) menggunakan lap atau kain bersih
  2. Putar batang thimble dengan perlahan hingga dua poros tersebut saling bersentuhan
  3. Putar bagian ratchet sampai mengeluarkan suara “tik”
  4. Putar lagi hingga dua sampai tiga kali hingga benar-benar kuat
  5. Kunci spindle (poros gerak) dengan lock nut
  6. Mikrometer sekrup sudah terkalibrasi. 

Kesimpulan

Mikrometer sekrup adalah alat pengukuran kuantitatif yang mampu mengukur diameter baik luar maupun dalam suatu benda dan kedalamannya. Ada banyak jenisnya dan memiliki fungsi masing-masing. Mengetahui fungsi dari bagian-bagiannya mempermudah kalian untuk memakainya.

Selain itu, keberhasilan dalam penggunaan alat ini adalah kemampuan untuk membaca dan menghitung skala utama dan nonius. Kalibrasi alat juga perlu dilakukan supaya keakuratan dan ketertelusuran pengukuran terjaga dengan baik. 

Sekian dan semoga bermanfaat!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mikrometer Sekrup, Alat Pengukur Diameter Berpresisi Tinggi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]