1. Kelas 10 Biologi

Mengenal Definisi Mollusca, Karakteristik dan Klasifikasinya

Pernahkah kalian pernah pergi ke taman setelah turun hujan? aroma petrichor yang membuat candu serta udara sejuk membuat kalian merasa betah untuk berlama-lama. Nah, tak jarang kalian akan menemukan salah satu hewan mollusca, yaitu siput. 

Siput adalah salah satu dari sekian banyak hewan bertubuh lunak dimana bisa kalian jumpai dengan mudah. Ia termasuk ke dalam golongan filum mollusca dan bukanlah hewan bertulang belakang. Tak hanya sebatas hidup taman saja, namun ia biasa hidup di lingkungan lembab seperti sekitar sungai, rawa, serta hutan. 

Nah, pembahasan kali ini akan menjadi menyenangkan, karena kalian akan mengerti bagaimana klasifikasi, ciri-cirinya, serta morfologinya. SImak ya!

Definisi Mollusca

Gurita Termasuk Mollusca
Gurita Termasuk Mollusca

Kata lain dari mollusca adalah hewan lunak. Ia berasal dari bahasa Latin “molluscus” yang berarti lunak. Jadi, ia adalah hewan lunak. Kalian pasti terkejut, mengapa ia tetap bisa bertahan hidup? Yap, sebagian besar mereka memiliki cangkang untuk melindungi tubuhnya, namun ada sebagian lainnya yang tidak mempunyai cangkang. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Keberadaannya sebagai filum terbesar kedua setelah Arthropoda, mempunyai beragam jenis spesies. Diantaranya terdapat 75.000 jenisnya dan 35.000 dalam bentuk fosil. Lalu, apakah karakteristiknya hanya menyerupai siput saja? Tentu saja tidak ya kawan. Selanjutnya, kita akan mempelajari ciri umum hewan mollusca.

Karakteristik Mollusca

Karakteristik Umum Pada Mollusca
Karakteristik Umum Pada Mollusca

Ciri-ciri umum hewan mollusca , antara lain:

  1. Mempunyai saraf yang tersusun atas syaraf berbentuk cincin. Ia mengelilingi esofagus atau kerongkongan.
  2. Sistem pencernaan lengkap, mulut sampai anus (tractus digestorius). Beberapa di antaranya mempunyai lidah yang dapat bergerak maju-mundur.
  3. Mempunyai lidah bergigi (radula) untuk melumat makanan.
  4. Tubuh simetri bilateral (triploblastik selomata).
  5. Tidak mempunyai rangka  berlendir.
  6. Sistem peredaran darah terbuka.
  7. Tubuh dilindungi oleh cangkang yang tersusun oleh zat kapur.
  8. Sebagian menggunakan perut atau kaki untuk bergerak atau mencari mangsa. Kaki-kaki tersebut terdiri dari guratan muskular. Ia digunakan untuk berenang, bertahan pada permukaan substrat, melakukan pergerakan serta mencari makanan.

Baca Juga: Hewan Invertebrata: Definisi, Ciri, Klasifikasi dan Contoh 

Habitat Mollusca

Daerah Basah Seperti Sawah adalah Habitat Mollusca
Daerah Basah Seperti Sawah adalah Habitat Mollusca

Tempat tinggal makhluk hidup tersebut tersebar di berbagai alam seperti darat dan perairan. Hidup soliter atau berkoloni sesuai dengan keadaan habitatnya. Filum mollusca itu hidup dalam air. Mereka memiliki alat pernafasan berupa insang, sedangkan hewan lunak yang tinggal di darat mempunyai rongga mantel berpembuluh darah sebagai alat respirasi. 

Mereka adalah binatang heterotrof yang bertahan hidup dengan cara memakan ganggang, udang, dan sisa-sisa organisme.  Selanjutnya, mereka dikenal dengan kemampuan adaptasi handal terhadap lingkungan sekitar. Tak heran, jika mereka adalah indikator keadaan lingkungan perairan. 

Klasifikasi Mollusca

Selanjutnya, filum mollusca terbagi menjadi tujuh kelas. Klasifikasi itu dibuat berdasarkan bentuk, morfologi tubuh menyesuaikan dengan tempat tinggalnya. Berikut pembahasan mengenai kelas-kelas tersebut antara lain:

Aplacophora

Mereka memiliki struktur tubuh dengan organ sederhana, mirip cacing, dan tidak bercangkang. Lalu memiliki ukuran tubuh tidak lebih dari 5 cm. Meskipun begitu ada juga panjang aplacophora sampai menyentuh 30 cm. Selanjutnya tekstur kulit permukaannya tidak beraturan serta organ kepala tumbuh belum sempurna. 

Mollusca aplacophora bergerak menggunakan rongga mantel yang ada pada perutnya. Berdasarkan penelitian, golongan ini adalah nenek moyang dari dari kelas binatang lunak lainnya. Saat ini hanya terdeteksi sekitar 320 spesies ada di lingkup perairan.. 

Monoplacophora

Sekilas, bentuknya seperti siput berukuran 3 mm. Monoplacophora mempunyai dorsal tertutup sebuah cangkang. Bagian perut terdapat sebuah kaki datar. Lalu, bagian bawah kaki, terdapat susunan mantel yang luas. 

Sistem pencernaannya melingkar serta adanya anus pada bagian posterior. Mereka mempunyai  gonad atau kelenjar kelamin serta sistem sarafnya seperti tangga. Mulutnya dilengkapi oleh radula dengan gigi pusat setiap baris, dua pasang gigi tepi serta tiga pasang gigi lateral. 

Polychopora

Secara umum, golongan ini bertubuh bulat telur, pipih, simetris bilateral. Letak mulut (oral) berada di kepala anterior serta anus pada bagian belakang. Mollusca ini hidup tanpa tentakel dan mata. Permukaan dorsal tertutup oleh mantel lengkap dengan serabut insang. Sama seperti monoplacophora, mereka memiliki lidah parut atau radula. Selanjutnya, ukuran tubuhnya hanya berkisar antara 3 mm-40 cm.

Cephalopoda

Cumi-Cumi Golongan Cephalopoda
Cumi-Cumi Golongan Cephalopoda

Berasal dari bahasa Latin “cephal” berarti kepala sedangkan “podos” adalah kaki. Jadi, cephalopoda adalah golongan hewan lunak yang mempunyai kaki di kepalanya. Beberapa jenisnya mungkin kalian tahu, seperti gurita dan cumi-cumi.

Kebanyakan mollusca jenis cephalopoda ini hidup pada perairan dalam. Seluruh tubuhnya yakni terdiri atas kepala,kaki serta cangkang berada di dalam tubuhnya. Sehingga kedua bagian tersebut terhubung oleh organ leher. 

Sistem pernapasan sama seperti kelas pisces, yaitu menggunakan insang. Tentakel tersebut  menjulur dari badannya sebagai alat pergerakan sekaligus menangkap mangsa. Selain itu, jika mereka terancam bahaya, hewan tersebut  mengeluarkan zat pewarna dari rongga-rongga mantel. 

Baca Juga : Mengenal Struktur Sel Hewan & Tumbuhan Beserta Bagiannya!

Gastropoda

Siput seperti di awal pembahasan, binatang tersebut merupakan golongan gastropoda. Mollusca jenis ini bergerak menggunakan perut sebagai alat geraknya. Hidupnya di berbagai alam seperti air laut, air tawar,  maupun darat. Cangkangnya hampir menutupi seluruh tubuhnya dan berbentuk kerucut. 

Terdapat alat peraba di bagian kepala berupa titik mata, ia berguna untuk membedakan gelap maupun terang. Selanjutnya, pada mulutnya terdapat radula aktif untuk melumat makanannya berupa tumbuhan. 

Mereka bernafas menggunakan paru-paru. Contoh umum makhluk hidupnya seperti siput sawah, keong ataupun bekicot. 

Pelecypoda (Bivalvia)

Kerang-Kerangan Termasuk Bivalvia
Kerang-Kerangan Termasuk Bivalvia

Bivalvia adalah kelompok kerang-kerangan. Nama lain kelas ini antara lain Lamellibranchia dan Pelecypoda. Kerang-kerangan tersebut seperti kerang, remis, lokan, tiram, serta kupang. 

Mollusca ini memiliki cangkang yang diikat oleh ligamen kuat dan elastis. Ligamen akan terbuka maupun tertutup sesuai dengan keinginannya. Ligamen tersebut diatur oleh dua macam otot pada bagian anterior serta posterior. Pada bagian posterior cangkang terdapat sebuah celah bernama sifon, ia berguna sebagai keluar masuknya air , makanan juga zat-zat sisa. 

Seperti kalian tahu, kerang-kerangan bermanfaat dalam kehidupan manusia. Dagingnya kaya protein maupun  mineral sehingga menjadi salah satu rekomendasi sumber bahan makanan.  Tak hanya itu, mutiara yang berada di dalamnya banyak digunakan untuk kepentingan kosmetik serta industri mode.

Scaphopoda

Pernahkan kalian saat berjalan-jalan di pantai tiba-tiba kaki tertusuk semacam duri? jangan-jangan mereka itu scaphopoda. Binatang ini hidup di pantai berlumpur maupun berpasir lembut. Mereka mempunyai cangkang tajam, berbentuk taring serta kedua ujungnya terbuka. 

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai definisi, karakteristik umum, habitat dan klasifikasi filum mollusca. Keberadaan makhluk hidup ini penting karena turut menjaga ekosistem lingkungan. Selain itu, ia merupakan bagian dari biofilter perairan untuk menjaga kejernihan air laut.

Selain itu, beberapa manfaat bagi manusia antara lain sebagai pemenuhan gizi makanan, bahan pakan ternak, bahan perhiasan serta obat-obatan. Nah, akhirnya kita sampai di penghujung pembahasan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Definisi Mollusca, Karakteristik dan Klasifikasinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]