1. Pengetahuan Umum

Pengertian MPLS, Tujuan, dan Aturan Pelaksanaannya

Bagi Kawan Literasi yang akan memasuki jenjang pendidikan baru tentunya akan menjalani kegiatan MPLS. Bagi kamu yang ingin mengetahui apa itu MPLS dan tujuannya, yuk kita bahas bersama di Studio Literasi.

Pengertian MPLS

Rangkaian-kegiatan-MPLS
Rangkaian kegiatan MPLS (Sumber: Dok. SMA Negeri 5 Tuban)

Pada awalnya sebelum menggunakan istilah MPLS, nama kegiatan pengenalan sekolah lebih sering disebut dengan MOS (Masa Orientasi Siswa). Namun, saat ini penggunaan istilah MOS sudah digantikan menjadi MPLS walau pada dasarnya keduanya sekilas memiliki makna yang sama yakni kegiatan mengenalkan lingkungan sekolah pada siswa baru, namun MPLS memperketat aturan kegiatannya.

Pengertian MPLS adalah singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk siswa baru yang bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah. Kegiatan MPLS akan dibuat menjadi edukatif, informatis, dan menyenangkan untuk membantu siswa mengenali lingkungan sekolah barunya. 

Kegiatan MPLS akan direncanakan atau disusun oleh guru atau tenaga pendidik dan tidak melibatkan senior atau alumni. Ketentuan pelaksanaan MPLS hanya akan melibatkan OSIS atau MPK (Majelis Perwakilan Kelas) dengan maksimal 2 orang per rombongan serta dipastikan tidak memiliki kecenderungan sebagai pelaku tindak kekerasan. Siswa yang terlibat harus memiliki catatan bersih, karena MPLS adalah kegiatan yang menekankan keamanan bagi semua siswa baru.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Pada kegiatan ini, siswa akan dibantu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah yang baru. Para siswa juga dapat bertanya seputar banyak hal pada kegiatan ini sehingga akan membantu untuk meningkatkan prestasi dan menumbuhkembangkan karakter siswa.

Tujuan & Manfaat Kegiatan MPLS

Sosialisasi pencegahan narkoba sebagai rangkaian pelaksanaan MPLS
Sosialisasi pencegahan narkoba sebagai salah satu rangkaian kegiatan MPLS (Sumber: Dok. BNN Jakarta)

Semua sekolah akan diwajibkan mengadakan kegiatan MPLS untuk siswa baru. MPLS adalah kegiatan yang menekan pengenalan lingkungan sekolah terhadap siswa baru, tidak hanya sekadar memperkenalkan guru, namun juga ke norma, budaya, hingga tata tertib. Berikut tujuan dan manfaat kegiatan MPLS adalah sebagai berikut

  1. Membantu siswa mengenal lingkungan sekolah secara keseluruhan baik norma, sistem, fasilitas, dan kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia.
  2. Memperkenalkan semua kegiatan yang ada di sekolah kepada siswa agar mereka mengetahui cara menggali dan mengembangkan potensi diri.
  3. Menumbuhkan semangat terhadap siswa agar mereka termotivasi untuk mengetahui cara belajar yang lebih efektif.
  4. Mengembangkan interaksi antar sesama penghuni lingkungan sekolah.
  5. Mewujudkan siswa yang memiliki integritas dan etos kerja.

Perbedaan MPLS dan MOS

Aturan MPLS
Kegiatan MPLS sesuai aturan Permendikbud no.18 tahun 2016

Kawan Literasi mungkin bertanya-tanya apa perbedaan MOS dan MPLS. Kedua kegiatan ini pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yakni mengenalkan lingkungan sekolah pada siswa, namun ada beberapa poin penting mengenai perbedaan MPLS dan MOS.

MPS adalah pengganti MOS yang diatur secara resmi dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.18 Tahun 2016. Perbedaan MOS dan MPLS adalah sebagai berikut:

  1. MOS diselenggarakan oleh senior sedangkan MPLS akan direncanakan secara matang oleh guru.
  2. Atribut MOS akan mengikuti aturan dari pihak penyelenggara yang dulunya mendapatkan protes karena terkadang meminta penggunaan atribut yang tidak masuk akal dan lebih mirip perpeloncoan, hal ini berbeda dengan MPLS yang akan menggunakan atribut resmi sekolah.
  3. Kegiatan MOS bersifat fleksibel, yakni dapat dilakukan di sekolah dan di luar sekolah, sedangkan MPLS wajib diselenggarakan di lingkungan sekolah.
  4. MOS merupakan kegiatan yang merang ke perpeloncoan dan bullying, hal ini kemudian diperbaiki di MPLS yang memiliki kegiatan bersifat edukatif dan lebih menyenangkan.
  5. Pelaksanaan MOS biasanya akrab dengan pungli alias pungutan ilegal yang diminta oleh pelaksana/panitia, sedangkan MPLS melarang keras pelaksanaan pungutan dalam bentuk apapun.

Aturan & Pelaksanaan MPLS di Sekolah

MPLS melarang keras adanya senioritas
MPLS melarang keras adanya senioritas (Sumber: Kompas)

Kawan Literasi mungkin bertanya-tanya apa saja yang dilakukan saat MPLS. Pada pelaksanaan MPLS ada beberapa aturan yang harus diikuti sekolah agar kegiatan MPLS dapat berjalan aman, tertib, dan tidak terdapat kegiatan bullying. Berdasarkan aturan dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI No. 18 Tahun 2016 aturan pelaksanaan MPLS adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan MPLS dilaksanakan dengan maksimal 3 hari pada minggu pertama siswa.
  2. Kegiatan akan dilaksanakan pada hari dan jam sekolah.
  3. Kegiatan MPLS akan dilaksanakan di lingkungan sekolah.
  4. Perencanaan dan penyelenggaraan adalah hak guru.
  5. Tidak melibatkan senior, alumni, dan kekerasan.
  6. Dilarang keras memberikan hukuman yang tidak mendidik kepada siswa baru.

Baca juga: Mengenal Syarat, Cara Pendaftaran, & Informasi Beasiswa LPDP

MPLS adalah kegiatan yang sangat penting dan wajib diikut oleh siswa. Bagi Kawan Literasi yang akan mengikut MPLS kini tidak perlu takut jika terdapat bullying atau perpeloncoan seperti MOS karena MPLS adalah kegiatan yang memiliki aturan ketat pelaksanaannya agar siswa dapat nyaman pada proses pengenalan lingkungan. Semoga panduan mengenai kegiatan MPLS ini dapat membantu Kawan Literasi ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian MPLS, Tujuan, dan Aturan Pelaksanaannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]