1. Uncategorized

Nemathelminthes: Definisi, Ciri-Ciri & Klasifikasinya

Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? Aku harap kalian sehat-sehat saja. Eh tahu nggak sih, kalau beberapa penyakit pada manusia atau hewan disebabkan oleh parasit berbentuk cacing? Tak jarang ia menyebabkan penyakit yang berbahaya. Hah, yang bener? Yap, dia adalah sejenis cacing gilig atau biasa disebut filum Nemathelminthes. 

Ternyata, jenis cacing ada beragam, lho guys. Nggak sebatas cacing yang setiap kali keluar dari tanah saat musim penghujan. Hehehe. As you know, filum Nemathelminthes ini termasuk ke dalam golongan hewan invertebrata (hewan tidak bertulang belakang). Apa kalian ingat penjelasan tempo hari tentang hewan invertebrata

Secara sekilas, mungkin kita mengetahui bentuk secara umum hewan tersebut yaitu memanjang dan pipih. Nah di artikel kali ini, kalian akan mengetahui satu persatu apa saja karakteristik, klasifikasi, dan contoh spesiesnya. 

Definisi Nemathelhelminthes

Sebelum kita membahas lebih jauh, sebaiknya kita mengetahui dahulu apa itu nemathelminthes. Berasal dari Bahasa Yunani yakni “nematos” yang bermakna benang dan “helminthes” yang berarti cacing. Yap, jadi arti secara keseluruhan adalah cacing yang memiliki bentuk tubuh seperti benang dan berukuran kecil. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Ciri-Ciri Nemathelminthes

Tentu untuk membedakan golongan hewan satu dengan yang lainnya, kalian harus mengetahui karakteristik hewan ini dengan seksama, bukan? Berikut adalah ciri-ciri nemathelminthes yang perlu kalian ketahui.

  1. Hewan triploblastik, mempunyai tubuh yang tersusun tiga lapisan yaitu bagian luar (ektoderm), bagian tengah (mesoderm), dan bagian dalam (endoderm).
  2. Pseudocelom, memiliki rongga tubuh semu, tidak bersegmen dan mengalami ekdisis.
  3. Hewan ini tertutup oleh lapisan pelindung (kutikula), sering melakukan pergantian selama proses perkembangannya, serta tidak memiliki rambut halus (silia).
  4. Berumah dua, alat reproduksi jantan dan betina terpisah.
  5. Sistem pencernaan lengkap, seperti anus, faring, dan otot-otot pencernaan.
  6. Pernafasan dilakukan secara anaerobik
  7. Sistem saraf sederhana, terdiri atas cincin sirkum faringeal dan tali saraf longitudinal. 
  8. Bentuk tubuh simetris, bulat memanjang dan pipih.
  9. Kulit yang licin, halus dan tidak berwarna.
  10. Hidup secara bebas dan sebagian besar bersifat patogen.

Baca Juga: Platyhelminthes: Pengertian, Karakteristik & Klasifikasinya

Klasifikasi Nemathelminthes

Seperti yang kami jelaskan di awal, secara umum filum Nemathelminthes ini memiliki dua pengelompokan. Berikut adalah penjelasannya.

Aphasmidia

Aphasmidia
Aphasmidia

Kita mulai yang pertama. Ada yang bernama Aphasmidia. Hewan ini hidup bebas di perairan maupun daratan. Cacing kelas Aphasmidia mempunyai ekskresi yang belum berkembang, namun ada beberapa yang tidak memilikinya sama sekali. 

Di bagian tubuh bagian depan, dengan organ sensorik yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Selain itu, jika dilihat melalui perbesaran tertentu, di bagian ekor terdapat kelenjar perekat yang berfungsi sebagai alat perekat di tubuh inang. Contoh cacing golongan ini adalah Metocholaimus, Tylencholaimus, Enoplus, Epsilon Ema, Paramermis, Monohystera, Dorylaimus, Halichoanolaimus, dan Desmoscolex. 

Phasmidia

Wucucherria Bancrofti
Wucucherria Bancrofti

Kedua, adalah jenis cacing kelas Phasmidia. Ia mempunyai sistem eksresi yang berkembang dan dilengkapi dengan sel renette. Perbedaannya dengan kelas Aphasmidia adalah ia tidak memiliki kelenjar perekat. Cacing golongan ini sering menyebabkan penyakit pada manusia seperti ascariasis, penyakit kaki gajah (filariasis), dan penyakit guinea. Sementara itu, contoh spesiesnya seperti Ascaris, Ancylostoma, Dracunculus, Wuchereria, dan sebagainya. 

Baca Juga: Hewan Invertebrata: Definisi, Ciri, Klasifikasi dan Contoh

Kesimpulan

Nemathelminthes merupakan filum dalam kingdom Animalia yang menyebabkan penyakit. Selanjutnya,karakteristik dan struktur cacing ini dapat diketahui secara pasti dengan perbesaran tertentu pada pemeriksaan mikroskop. Selanjutnya, klasifikasinya secara umum terbagi menjadi dua yaitu Aphasmidia dan Phasmidia.

Sementara itu, beberapa penyakit yang disebabkan oleh filum Nemathelminthes jangan diremehkan ya guys. Pasalnya, penyakit tersebut bersifat patogen pada tubuh manusia. Jangan lupa menjaga kebersihan dan kesehatan supaya tidak terjangkit penyakit ini. Oke, sampai sini dulu ya kawan literasi. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Nemathelminthes: Definisi, Ciri-Ciri & Klasifikasinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]