1. Kelas 12 Bahasa Inggris

Definisi News Item Text, Struktur,  & Contohnya

Kawan Literasi, tahukah kamu bagaimana caranya memberitakan sebuah peristiwa dalam bahasa Inggris? Nah, tidak perlu risau, sebab Studio Literasi kali ini akan mengajak kamu untuk membahas news item text bersama-sama.

Jenis teks semacam ini sering kita temukan dalam pelaporan suatu peristiwa atau kejadian, terutama yang bersifat penting dan hangat. Nah, untuk memahami lebih dalam, mari kita bahas definisi, struktur, dan contoh teksnya berikut ini.

Pengertian News Item Text

Menurut Oxford English Dictionary, news item text adalah jenis teks dalam Bahasa Inggris yang menyampaikan informasi terkait suatu peristiwa harian. Kejadian yang tersebut haruslah bersifat penting yang pantas untuk menjadi berita (news).

News item merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang cocok kamu gunakan apabila ingin belajar menjadi seorang jurnalis maupun reporter andal.

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Tujuan News Item Text

Tujuan penulisan news items text adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah kejadian maupun peristiwa yang bersifat penting dan layak menjadi berita. Umumnya, teks ini mengangkat berita-berita yang hangat alias terbaru.

Struktur News Item Text

Supaya hasilnya mudah terbaca, kamu wajib memperhatikan tiga struktur yang penting di dalamnya. Berikut penjelasannya.

1. Newsworthy event

Pembukaan news item text berawal dari bagian newsworthy event. Bagian ini berisi tentang peristiwa yang tertulis dalam bentuk ringkasan. Dengan kata lain, newsworthy event adalah ringkasan dari keseluruhan berita.

2. Background event

Background yang atau nama lainnya elaboration merupakan bagian yang menjelaskan latar belakang dari kejadian tersebut. Umumnya, kamu akan menemui unsur 5W + 1H (what, where, who, why, when, dan how) yang dapat memudahkan pembaca dalam memahami isi berita.

3. Source

Bagian yang terakhir adalah source atau sumber sebagai pertanda bahwa sebuah peristiwa memang benar terjadi dan bersifat faktual sekaligus dapat audiens percayai. 

Berita dapat bersumber dari saksi mata, komentar atau pendapat para ahli, kajian pustaka, serta hal-hal lain yang terkait dengan kejadian. Mengingat teks ini adalah jenis teks berita, maka sumber berita yang akurat dan valid menjadi sesuatu yang mutlak. 

Ciri-ciri Kebahasaan News Item Text

Kaidah kebahasaan adalah ciri-ciri ataupun aturan terkait gaya penulisan suatu teks, dalam hal ini yaitu news item text. Di antaranya:

  • Informasi singkat tentang teks tertuang pada headline
  • Berfokus terhadap suatu keadaan atau kejadian
  • Tempat terjadinya peristiwa disebutkan pada bagian awal berita 
  • Banyak menggunakan bentuk passive voice, misalnya dikatakan (said), dinyatakan (stated), dan sebagainya
  • Umumnya memakai kata kerja aktivitas (action verb), seperti trying, coming, doing, calling, dan lain-lain
  • Menggunakan kata keterangan waktu dan tempat, contohnya in, at, on
  • Tertulis dengan grammar past tense dalam menjelaskan peristiwa berita. Namun, apabila masih terjadi sampai sekarang, dapat memakai simple present tense

Contoh News Item Text

Ilustrasi news item text tentang vaksin covid-19
Vaksin COVID-19 (Unsplash)

Berikut ini contoh news item text corona mengenai 19 juta dosis vaksin Indonesia yang akan kadaluarsa pada tahun 2022.

Indonesia looks for donations with a longer shelf life as 19 million COVID-19 vaccines expired

The nineteen million doses of COVID-19 vaccines of National Bearings in Indonesia will expire this year, and the deadline for next month has expired. 

Indonesia, and many other developing countries, supported by donations from wealthy countries, rely on their vaccination campaign, but they are called donations with  longer durability.

Senior Health, Lucia Rizka Andalusia, Lucia Rizka Andalusia, told the Congress’ s hearing session, a dose of  19.3 million  expired during January and March. 

Most doses of expiration date were a shot of AstraZeneca, and they also included modana, she said. Indonesia has been donated from countries such as COVAX Global Vaccine Exchange System and Australia and America. 

I Gede Ngurah Swajaya, State Department officials said at the same hearing that the country would stop accepting donations until April and donated vaccines should last at least two-thirds of their shelf life.

The GAVI Vaccine Alliance, in which  COVAX is working with the World Health Organization, states that COVAX “ships only doses  accepted from countries with sufficient knowledge of vaccine types, estimated shipping schedules, and  shelf life of vaccines.”

The Indonesian Food and Drug Administration announced earlier this month that it has extended the expiration date of several vaccines, including AstraZeneca and Sinovac.

Indonesia will prioritize the distribution of vaccines that are approaching expiration, said Rizka, a health ministry official. According to UNICEF officials, 4,444 poor countries declined more than 100 million COVID-19 vaccines distributed by COVAX in December.

Source: Reuters

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai definisi, struktur, beserta dengan contoh dari news item text. Kawan Literasi bisa berlatih menulis teks berita dari berbagai peristiwa yang pernah terjadi di sekitar. Untuk penjelasan terlengkap lainnya, simak terus laman Studio Literasi, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Definisi News Item Text, Struktur,  & Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]