1. Kelas 12 Bahasa Inggris

Apa Itu Noun Phrase? Ini Pengertian & Contoh Kalimatnya

Hi, sobat Studioliterasi! Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu materi bahasa inggris yaitu noun phrase. Apa itu Noun Phrase? Dan seperti apa contohnya? Mungkin sebenarnya tanpa di sadari, kalian sudah sering menjumpai contoh-contoh dari noun phrase ini. Untuk lebih memahaminya, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian Noun Phrase

Noun Phrase adalah frasa dalam bahasa inggris yang terdiri dari berbagai jenis kata yang dirangkai menjadi satu untuk menjadi sebuah kata benda baru. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai  noun phrase, apakah kalian tahu apa yang dimaksud frasa? Frasa merupakan gabungan dua atau lebih kata yang membentuk sebuah makna baru dari kata sebelumnya. 

Ketika satu kata saja masih kurang spesifik untuk menjelaskan sebuah noun (kata benda), disinilah noun phrase akan digunakan. Penggunaan noun phrase ini bertujuan agar noun (kata benda) menjadi lebih jelas dan spesifik. 

Determiner dan Modifier

Untuk dapat menyusun noun phrase yang sempurna, terdapat dua istilah yang harus diketahui, yaitu determiner dan modifier. Determiner adalah kata yang terletak sebelum noun dan digunakan untuk memperkenalkan konteks noun tersebut. Sedangkan, modifier merupakan sebuah kata, frasa, maupun klausa yang digunakan untuk menjelaskan suatu kata benda. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Jenis-jenis Determiner

Berikut ini merupakan jenis-jenis determiner :

  1. Articles, digunakan untuk menunjukan suatu benda itu spesifik atau tidak. Yang termasuk articles adalah “the” dan “a/an”.
  2. Demonstrative, digunakan untuk menunjuk benda berdasarkan jaraknya. Yang tergolong kedalam demonstrative yaitu this, these, that, dan those.
  3. Possessives merupakan kata ganti kepemilikan. Yang termasuk determiner possessives adalah my, your, his, her, its, their, dan our.
  4. Quantifiers, digunakan untuk menjelaskan suatu jumlah atau kuantitas. Yang termasuk dalam Quantifiers adalah any, some, many, much, a little, a few, a lot of, dan lain sebagainya.

Modifier dibagi menjadi dua jenis, yaitu premodifier dan postmodifier. Premodifier adalah kata imbuhan (modifier) yang terletak sebelum noun, sedangkan postmodifier adalah kata imbuhan (modifier) yang terletak setelah noun. Modifier dapat berupa Adjective (kata sifat), Participle (keterangan penjelas), Adverb (kata keterangan), dan Noun (kata benda).

Berikut ini merupakan contoh penggunaan modifier :

  • Premodifier : She is wearing red shoes.

Kata “ red” merupakan premodifier untuk kata benda “shoes”.

  • Postmodifier : My sister bought a hat in blue color.

Kata “ in blue color” merupakan postmodifier untuk kata benda “hat”, dimana “a” merupakan determiner.

Macam-macam Pola Kalimat Noun Phrase

Terdapat beberapa pola kalimat yang dapat digunakan untuk menyusun sebuah noun phrase, seperti berikut :

Noun + Noun

Pola kalimat ini merupakan frasa yang terdiri dari dua kata benda, namun benda yang dimaksud hanya satu kata benda.

Contoh : 

  • Reno forgot to bring his school bag
  • There are two slice of pizza in the pizza box
  • I turned on the air conditioner because the weather was so hot

Noun + of + Noun

Pada pola kalimat ini kata “of” digunakan untuk menunjukkan arti “dari” pada kata benda yang disebut pertama kali.

Contoh :

  • Soekarno read the declaration of independence 
  • I sat on the edge of that bench, waiting for my mom to come and take me 
  • I can’t forget the memories of us, back when we were still together

Determiner + Adverb + Adjective + Noun

Pola kalimat ini tersusun dari rangkaian kata adverb dan adjective yang terletak sebelum kata benda untuk menjelaskan kata benda secara lebih jelas dan spesifik.

Contoh :

  • My dad bought a really nice car for my birthday
  • A very beautiful girl is reading a book in the library 
  • We tried an extremely dangerous sport which is rock climbing and skydiving 

Ving + Noun (as Gerund)

Pola kalimat ini terdiri dari rangkaian Ving dan noun, dimana bentuk Ving disini sebagai gerund. Ving sebagai gerund digunakan untuk menandai noun (kata benda) yang disebut terakhir.

Contoh :

  • We will go to the swimming pool when the summer comes
  • Steve park his car in the parking area of this office
  • There is a smoking room in the train for the people who want to smoke

Ving + Noun (as Participle)

Pola kalimat yang menggunakan Ving sebagai bentuk participle (keterangan penjelas) yang menggunakan relative pronoun (who, which, that, whom) dalam sebuah adjective clause dengan bentuk kalimat aktif.

Contoh :

  • That crying girl asked her mother to give her a doll
  • That stopping bus in front of my car blocked my view 
  • I saw a running man carrying a bag of groceries

V3 + Noun (as Participle)

Sedikit berbeda dari pola kalimat sebelumnya, pada pola kalimat ini menggunakan V3 sebagai bentuk participle, dimana menggunakan relative pronoun dalam adjective clause dengan bentuk kalimat pasif.

Contoh :

  • Alcohol is a forbidden drink for Muslims
  • I like to buy a frozen fruit in this store
  • There is a hidden room in my uncle house

Demikian pembahasan dari Studioliterasi mengenai noun phrase. Semoga materi ini dapat membantu sobat Studioliterasi agar lebih paham tentang noun phrase dan cara penulisannya. Sampai ketemu di materi selanjutnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa Itu Noun Phrase? Ini Pengertian & Contoh Kalimatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]