1. Kelas 12 Sejarah

Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya

Ada berbagai organisasi regional dan global yang telah dibentuk dengan tujuan yang berbeda. Bagi Kawan Literasi yang penasaran dengan organisasi regional dan global, yuk mari kita bahas di Studio Literasi. 

Sejarah Organisasi Regional dan Global

Kawan Literasi pernah mendengar teori capitalist peace? Teori ini menjelaskan bahwa sebenarnya konflik antar negara dapat dihindari ketika negara memiliki ketergantungan satu dengan yang lain. Bagaimana cara menyatukan berbagai negara?

Negara akan digabungkan melalui berbagai organisasi khususnya organisasi regional dan global. Tujuan dari pembentukan organisasi regional dan global adalah agar hubungan ekonomi antar negara dapat dibangun dengan baik dan lebih terorganisasi. Berikut berbagai organisasi ekonomi regional dan global.

Organisasi Ekonomi Regional

Negara-negara yang menjadi bagian dari wilayah regional adalah negara yang berada di kawasan Asia. Nah, ada 6 organisasi regional yang harus Kawan Literasi ketahui. Berikut penjelasannya. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

1. South Asian Association for Regional Cooperation (SAARC)

South Asian Association for Regional Cooperation
South Asian Association for Regional Cooperation

Organisasi regional yang pertama adalah South Asian Association for Regional Cooperation yang wilayahnya berada di Asia selatan. Pembentukan SAARC dilatarbelakangi oleh konflik internal dan eksternal di Asia Selatan khususnya di ranah ekonomi dan politik.

Pada saat itu presiden Bangladesh mengusulkan pembentukan blok perdagangan dengan tujuan membentuk kerja sama antar negara. Usulan itu kemudian disepakati, dan pada 8 Desember 1986 SAARC didirikan di Dhaka, Bangladesh.

2. European Economic Community (EEC)

European Economic Community
European Economic Community

Pembentukan organisasi ini diprakarsai oleh Robert Schuman yang merupakan Fathers of the European Union. Tujuan pembentukan EEC adalah agar menyatukan Eropa di bawah perdamaian abadi setelah terjadinya Perang Dunia II. 

3. Uni Eropa

Bendera Eropa
Bendera Eropa

Terbentuknya Uni Eropa merupakan didasari pada perjanjian Maastricht pada tahun 1992. Organisasi Uni Eropa memiliki praktek pasar tunggal yang bertujuan untuk meningkatkan integrasi ekonomi dan melawan proteksionisme atau melindungi produk dalam negeri secara berlebihan. 

4. North American Free Trade Agreement (NAFTA)

North American Free Trade Agreement
North American Free Trade Agreement

Tahukah Kawan Literasi beberapa mantan presiden seperti Barack Obama dan Donald Trump pernah menyebutkan bahwa NAFTA sebagai kesepakatan dagang paling buruk. Jadi, NAFTA ini merupakan blok perdagangan bebas di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Tujuan berdirinya organisasi NAFTA adalah untuk menghapus tarif perdagangan antar negara. Namun, NAFTA menui berbagai kritikan. 

5. ASEAN Free Trade Area (AFTA)

Asean Free Trade Area
Asean Free Trade Area

Organisasi regional AFTA adalah organisasi yang memiliki anggota negara di Asia Tenggara. Tujuan berdirinya AFTA adalah untuk meningkatkan daya saing bagi negara yang menjadi anggotanya melalui perdagangan bebas. 

6. Dominican Republic-Central America Free Trade Agreement (CAFTA-DR)

CAFTA DR adalah perjanjian perdagangan bebas di Amerika Serikat, Amerika Tengah, dan Republik Dominika yang didirikan pada tahun 2004. Namun beberapa berpendapat bahwa organisasi ini belum berhasil karena negara yang dihimpun terlalu banyak.

Organisasi Ekonomi Global

Ada berbagai organisasi ekonomi global yang memiliki berbagai kegiatan. Yuk kita bahas.

1. Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 

APEC
Asia-Pacific Economic Cooperation

Organisasi yang memiliki anggora negara di Asia-Pasifik. Pada awalnya APEC didirikan karena adanya blok-blok pada perdagangan, sehingga negara eks-komunikasi memerlukan wadah agar dapat beralih ke negara kapitalis. Pengaturan kegiatan ekonomi Asia-Pasifik 

2. General Agreement on Tariffs and Trade (GATT)

General Agreement on Tariffs and Trade
General Agreement on Tariffs and Trade

GATT adalah perjanjian yang dibentuk atas beberapa latar belakang. Herbert Hoover tidak ingin melaksanakan perdagangan bebas, berdampak pada buruknya kondisi pada perdagangan di Amerika Serikat. Banyak pabrik yang gulung tikar hingga hal ni mengarah pada The Great Depression 1992. Didirikannya GATT adalah untuk menghilangkan hambatan pada perdagangan internasional. Organisasi ini hanya berlaku hingga awal 1955 dan telah digantikan oleh WTO.

3. World Trade Organization (WTO)

World Trade Organization
World Trade Organization

Anggota dari WTO adalah negara-negara di seluruh dunia. Organisasi ini memiliki prinsip bahwa kegiatan ekspor tidak boleh diskriminatif dan kedua ketika negara sudah mengimpor barang dari luar dan memiliki produk dari negara sendiri, harus memiliki tarif yang sama dengan barang impor alias tidak boleh ada barang yang terkena diskriminasi.

4. Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC)

OPEC
OPEC (sumber: Wikipedia)

OPEC merupakan organisasi yang dibentuk khusus untuk negara pengekspor minyak di dunia. Tujuan didirikannya organisasi OPEC adalah untuk menjaga harga minyak agar stabil. Markas OPEC terletak di Wina, Austaria.

Baca juga: Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi

Nah itu tadi pembahasan lengkap mengenai organisasi regional dan global. Pemahaman mengenai organisasi regional dan global sangat penting diketahui oleh pelajar. Semoga materi ini dapat membantu Kawan Literasi ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]