1. Seputar Kuliah

Fakta dan Budaya Seputar Pelaksanaan Ospek Mahasiswa Baru

Ketika menempuh pendidikan SMA, kita akan melalui Masa Orientasi Siswa pada awal tahun pelajaran. Nah, kegiatan serupa yang dinamakan ospek juga akan dilaksanakan ketika berada di awal perkuliahan. Apa itu ospek kampus? Pada dasarnya, kepanjangan ospek adalah orientasi studi pengenalan kampus. Sebagaimana namanya, ospek adalah kegiatan pembekalan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru di setiap perguruan tinggi. 

Pemberian mandat kepada kakak senior untuk mengelola acara, sering kali membuat acara ini semakin berkesan, baik positif maupun negatif. Yuk, persiapkan diri kita dengan lebih mengenali fakta dan budaya ospek kuliah dalam artikel berikut.

Pengertian Ospek

Menurut KBBI, istilah ospek adalah singkatan dari orientasi studi dan pengenalan kampus.

 Dalam pelaksanaannya, mahasiswa baru atau maba akan diperkenalkan dengan berbagai fasilitas, staf tenaga pendidik atau non-pendidik, serta mahasiswa yang telah terlebih dahulu berada di instansi pendidikan tersebut.

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Ospek in English

instansi perguruan tinggi di hampir semua negara mengadakan program orientasi untuk mahasiswa baru. Pembeda utama dari kegiatan ospek antar negara tersebut berpusat pada prinsip dan metode pelaksanaannya.

Apa itu ospek in English? Dalam sistem perkuliahan di negara yang menggunakan bahasa Inggris, orientasi mahasiswa baru disebut sebagai:

1. Student orientation.

2. Study Orientation and Campus Introduction

3. Study Orientation and Getting Acquainted with the Campus

4. Orientation Week

5. Frosh Week

6. Freshers’ Week

7. Welcome Week

8. O-Week

Manfaat Ospek

Ospek adalah momentum yang sangat baik untuk memberikan bekal sosial akademis dan menciptakan kesan positif – pada mahasiswa baru. Berikut merupakan daftar beberapa manfaat ospek kuliah:

  1. Mahasiswa dapat lebih mengenal lingkungan kampus termasuk sarana akademik, mekanisme, dan norma yang berlaku;
  2. Mahasiswa dapat lebih memahami dan menerapkan asas pendidikan berdasarkan nilai kemanusiaan;
  3. Mahasiswa dapat menumbuhkan solidaritas kemanusiaan untuk bekerja sama menciptakan suasana pembelajaran kampus yang nyaman; dan
  4. Mahasiswa dapat memiliki kesadaran lebih atas peran akademisi sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pelaksanaan Ospek

Apa itu ospek kampus dalam pelaksanaannya? Secara umum, pelaksanaan program orientasi sangat beragam tergantung konsep acara dan metode pelaksanaannya. Meskipun melelahkan bagi peserta, biasanya pelaksanaan ospek jauh lebih melelahkan bagi panitia karena membutuhkan persiapan jauh-jauh hari dan sematang mungkin. 

Perlengkapan Ospek untuk Panitia dan Mahasiswa

Perlengkapan ospek adalah atribut dan kelengkapan yang perlu dibawa oleh mahasiswa selama menjalani prosedur orientasi. Dalam bagian berikut, kami akan menampilkan beberapa perlengkapan baik untuk panitia dan mahasiswa baru.

Atribut kertas papan nama ospek
Kertas papan nama dada (Sumber: Dok. PPSMB UGM)
Atribut ospek berupa seragam dan hiasan kepala
Baju yang perlu dikenakan seragam dan hiasan kepala (Sumber: Dok. Panitia Ospek UWMY 2017)
Panduan atribut ospek bagi siswa baru
Seragam yang digunakan mencerminkan budaya perguruan tinggi (Sumber: UIN Jakarta 2018)

Selain daftar di atas, masih banyak perlengkapan lain yang diasosiasikan dengan kegiatan ospek, semisal buku catatan dan papan kreasi. Beberapa atribut unik mungkin juga ditambahkan, seperti kaus kaki atau dasi warna tertentu.

Kumpulan Tema Ospek Mahasiswa

Apa itu ospek kampus tertentu? Hal yang paling nampak berkesan dari kegiatan ospek adalah temanya. Berikut merupakan kumpulan tema ospek mahasiswa yang dapat menjadi pertimbangan penyelenggaraan ospek seru dan bermakna.

  1. Bela Negara

Ospek dengan tema bela negara banyak diterapkan pada sekolah kedinasan. Biasanya kegiatan ospek adalah menghayati nilai-nilai pancasila dan kebangsaan. Tentunya dibandingkan dengan kumpulan tema ospek mahasiswa lain, jenis ini dapat menjadi pilihan utama untuk membentuk rasa cinta tanah air dan bela negara. 

  1. Tur Kampus

Kegiatan ospek tur kampus mengajak mahasiswa baru berjalan-jalan di wilayah kampus untuk mengenalkan fasilitasnya. Pada umumnya, tipe aktivitas ini juga disisipkan pada kumpulan tema ospek mahasiswa lain. Pasalnya, aktivitas fisik bisa menjadi penyegar setelah menerima banyak materi di dalam kelas.

  1. Solidaritas

Tema solidaritas dalam ospek adalah menekankan pada kegiatan kelompok yang melibatkan junior dan senior. Banyak universitas di Jepang yang menerapkan salah satu dari kumpulan tema ospek mahasiswa ini untuk membentuk komunitas akademis yang dinamis dan tidak tersegmentasi antar angkatan.

  1. Wisata Budaya

Dari seluruh daftar kumpulan tema ospek mahasiswa, wisata budaya sangat baik untuk diterapkan di Indonesia yang memiliki masyarakat multikultural. Mahasiswa baru dapat diminta untuk membentuk tim yang merepresentasikan budaya tertentu dan saling berbagi informasi untuk membangun solidaritas antar etnis.

  1. Isu yang sedang terjadi

Ospek dengan tema isu yang sedang terjadi sangat baik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kegiatan utama ospek adalah diskusi dan permainan yang relevan dengan masalah terkini. Salah satu kumpulan tema ospek mahasiswa ini diterapkan oleh Hampshire College di Amerika Serikat.

Ospek Online

Dalam beberapa kondisi, pihak penyelenggara bisa jadi tidak dapat mengadakan kegiatan pembekalan secara langsung. Semisal, pada masa pandemi COVID-19 yang mensyaratkan pembatasan sosial termasuk pendidikan. Maka, ospek online dapat menjadi alternatifnya.

Ospek perlu tetap dilaksanakan sebelum masa perkuliahan dimulai. Oleh karena itu, meskipun kurang disenangi, ospek online tidak dapat dihindari. Tentunya metode ini memberikan perubahan besar pada budaya program orientasi langsung yang telah lama berkembang di Indonesia. Salah satunya adalah sulitnya melakukan komunikasi dan supervisi individual. Selain itu, metode penyampaian materi juga cenderung pasif sehingga kurang dapat berkesan bagi mahasiswa baru.

Berikut adalah beberapa tips mengadakan ospek online yang lebih berkesan untuk kakak panitia:

  1. Virtual Campus Tour metode pengenalan kampus dengan menampilkan penjelajahan wilayah secara virtual sehingga nampak seperti live streaming.
  2. Kuis dan permainan gunakan platform online yang menyediakan permainan atau kuis untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa baru secara menyenangkan.
  3. Hype Reel for Campus Pride gabungan video kesan dari mahasiswa senior terhadap perguruan tingginya.

Melalui ospek, mahasiswa diharapkan untuk dapat lebih mudah beradaptasi dengan budaya di instansi pendidikan yang baru serta lingkungannya. Namun cukup disayangkan bahwa dalam proses pelaksanaannya, masih banyak panitia dirasa kurang dapat menerapkan prinsip-prinsip pendidikan dan pelatihan yang baik.

Kalau itu terjadi, kamu bisa loh berkontribusi untuk memperbaiki sistem ospek dengan memberikan saran ke pihak kampus. Karena bagaimanapun juga, ospek adalah kegiatan yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab instansi pendidikan. Sementara itu, sudah sepatutnya mahasiswa menjadi insan yang kritis dan progresif. Yuk, bantu kampusmu menuju perbaikan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Fakta dan Budaya Seputar Pelaksanaan Ospek Mahasiswa Baru

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]