1. Uncategorized

Inilah Panduan Praktis Menulis Laporan Penelitian Yang Efektif

Kawan literasi pasti sudah belajar untuk melakukan penelitian sederhana bukan? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak kalian mengenal panduan praktis menulis laporan penelitian yang efektif dari kegiatan atau penelitian ilmiah Simak ya!. 

Panduan Praktis Menulis Laporan Penelitian

Panduan Praktis Menulis Laporan Penelitian
Panduan Praktis Menulis Laporan Penelitian

Seperti pembahasan sebelumnya, kalian sebagai pelajar tentu tak asing dengan langkah-langkah dalam membuat karya ilmiah sesuai dengan aturan dalam metoda ilmiah. Sebuah laporan penelitian ini tercipta karena karya ilmiah yang terkait ditulis dan diabadikan sebagai sebuah hasil dari penelitian ilmiah. 

Jadi intinya, laporan penelitian ini sebagai dokumen tertulis atau hasil pemaparan dari kegiatan karya ilmiah. Di sisi lain, penulisan laporan penelitian cukup mempengaruhi performa dari laporan penelitian kalian, lho. Jika, beberapa bagian tidak memenuhi syarat penulisan tentu akan berdampak pada nilai penelitian kalian. 

Struktur Penulisan & Penjelasannya

Struktur Penulisan & Penjelasannya
Struktur Penulisan & Penjelasannya

Bagian struktur penulisan terbagi menjadi tiga yaitu awal, inti dan akhir. Jadi, ini adalah panduan praktis menulis laporan penelitian yang perlu kalian ketahui. Simak ya!

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Bagian Awal

Pada bagian awal mencakup halaman judul sampai kata pengantar. Bagian ini tentu terletak di bagian depan laporan penelitian dan tertulis secara runtut. Apa sajakah itu?

  • Halaman Judul 

Oke, bagian ini pasti kalian sudah tahu kan guys? Sebagai penanda dan identitas sebuah laporan penelitian tentu harus memiliki tampilan judul yang jelas dan lengkap pada bagian depan. Judul tersebut harus benar-benar sesuai dengan pengajuan laporan kepada dosen pembimbing dan ketua program studi.

  • Halaman Pengesahan

Di halaman berikutnya ada halaman pengesahan. Pengesahan dari dosen pembimbing dan dekan harus dicantumkan sebagaimana mestinya. Didalamnya juga terdapat sebuah pernyataan (statement) bahwa penelitian telah diterima sebagai bagian persyaratan untuk mendapatkan gelar sarjana. 

  • Halaman Persetujuan 

Panduan praktis menulis laporan penelitian selanjutnya adalah halaman persetujuan. Nah, pada halaman ini berisi tentang persetujuan dari tim penguji. So, pastikan sebelum mengumpulkan semua paraf tersebut sudah benar dan lengkap ya, kawan literasi!

  • Abstrak

Nah, kalau ini pasti kawan literasi sudah tahu. Pada bagian abstrak, harus memuat tiga pokok pikiran antara lain latar belakang rumusan masalah, metodologi dan hasil dari penelitian. Selanjutnya penulisan abstrak tidak lebih dari 200 kata. 

  • Kata Pengantar 

Sebelum beranjak ke inti penelitian, maka struktur penulisan selanjutnya adalah kata pengantar. Panduan praktis menulis laporan penelitian ini juga termasuk bagian penting karena memuat tujuan penulisan, pengalaman selama penelitian, kesan dan pesan dari penulis. 

Di samping itu, juga terdapat ucapan syukur serta terima kasih kepada pihak-pihak yang telah ikut serta dalam keberhasilan penelitian tersebut. 

  • Daftar Isi, Daftar Gambar, dan Daftar Tabel 

Selanjutnya adalah informasi berupa keterangan teknis penelitian seperti daftar isi, daftar gambar dan gambar tabel. Daftar isi merupakan sebuah acuan pembaca untuk menemukan halaman yang sedang dicari oleh pembaca. 

Selanjutnya pencantuman daftar gambar dan tabel  untuk mempermudah pembaca dalam mencari halaman gambar dan tabel yang sedang mereka tuju.

Baca Juga: Pengertian Abstrak Karya Ilmiah, Cara Membuat, & Contoh

Bagian Inti

Selanjutnya adalah inti penelitian. Ingat ya guys, bagian inti penelitian merupakan batang tubuh penelitian yang terdiri dari pendahuluan, kajian teori, metode penelitian, pembahasan hasil penelitian dan penutup. 

  • Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan terdapat latar belakang sampai manfaat penelitian. 

Latar Belakang 

Latar belakang adalah penggambaran terkait persoalan yang terjadi sehingga memunculkan sebuah permasalahan yang harus diselesaikan. Di dalamnya, juga menguraikan seberapa urgensi dan alasan kuat mengapa perlu diadakan penelitian.

Perumusan Masalah 

Setelah mengetahui sumber masalahnya apa, maka perlu adanya pertanyaan terkait topik tersebut. Melansir binadarma.ac.id, perumusan masalah harus memuat pertanyaan yang harus dijawab oleh penulisnya. Nah, biasanya ya guys untuk membuat perumusan masalah di awali dengan kata apa, mengapa, dan bagaimana. 

Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian ini berisi tentang maksud dan hal yang penulis ingin capai setelah melakukan penelitian. 

Ruang Lingkup dan Batasan Masalah 

Dengan adanya ruang lingkup atau batasan masalah, maka penelitian akan cepat selesai. Jadi ruang lingkup merupakan sebuah penegasan di mana batas masalah harus selesai

Manfaat Penelitian 

Selanjutnya adalah manfaat penelitian. Sebuah penelitian, juga harus membawa manfaat bagi pembaca dan pihak lain. Tentu saja, mereka merasakan dampak positif dari hasil kegiatan penelitian. 

  • Kajian Teori 

Panduan praktis menulis laporan penelitian selanjutnya adalah kajian teori atau landasan teori. Pada bagian ini mencakup teori yang bisa mendukung atas upaya penelitian nanti. Teori tersebut harus tepat sasaran, relevan dan bersifat objektif. 

Referensi atau kutipan  yang terdapat di sana harus terpercaya dan mampu dibuktikan dengan data. Di samping itu, kajian teori tidak hanya menampilkan informasi secara superfisial namun juga diskusi berbobot tentang topik penelitian. 

Metodologi Penelitian 

Metodologi penelitian ini menjelaskan bagaimana langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah. Bahasa sederhananya adalah sebuah prosedur ilmiah yang mengandung langkah-langkah yang tepat guna mendapatkan sebuah hasil yang sesuai.

Pembahasan

Pembahasan adalah langkah selanjutnya setelah melaksanakan sebuah metidologi penelitian. Di dalamnya terdapat diskusi terkait hasil penelitian dan menyajikannya dengan data. Di samping itu, pembahasan tersebut harus hasil apa adanya dan dapat dipertanggung-jawabkan.

Baca Juga: Simak Struktur & Panduan Menulis Esai yang Baik di Sini

Penutup

Pada bagian penutup ada sebuah kesimpulan. Kesimpulan merupakan rangkuman terkait hasil dan jawaban dari perumusan masalah

Bagian Akhir

Menulis Daftar Pustaka Pada Bagian Akhir
Menulis Daftar Pustaka Pada Bagian Akhir

Selanjutnya adalah daftar pustaka. Panduan praktis menulis laporan penelitian ditutup dengan daftar pustaka. Pada daftar pustaka harus memuat sumber-sumber pustaka yang valid dan relevan dengan topik terkait.

Daftar pustaka harus urut secara ascending atau dari huruf A-Z. Format penulisan juga perlu kalian perhatikan ya guys? Biasanya acuan penataan penulisan menggunakan format APA style (American Psychological Association) atau Harvard Style. 

 

Nah, akhirnya kita sampai pada akhir pembahasan nih guys. Kurang lebih itulah pembahasan mengenai panduan praktis menulis laporan penelitian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya kawan literasi, semoga ilmunya bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Inilah Panduan Praktis Menulis Laporan Penelitian Yang Efektif

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]