1. Kelas 10 Bahasa Inggris

Part of Speech Bahasa Inggris: Jenis dan Contohnya, Lengkap!

Part of speech merupakan pengelompokan atau klasifikasi kata yang dibagi berdasarkan fungsinya dalam suatu grammar. Ada 8 part of speech, yaitu noun, verb, adjective, adverb, pronoun, preposition, conjunction, serta interjection. Sudah tahukah Kawan Literasi part of speech tersebut? Yuk simak materi part of speech Studio Literasi kali ini sampai selesai!

1. Noun (Kata Benda)

Sumber: unsplash

Noun atau kata benda digunakan untuk memberi nama pada orang, hewan, benda, tempat, atau suatu ide. Biasanya penyebutan benda ini diawali dengan a, an, atau the. Meskipun artinya kata benda, sebuah noun tidak selalu menjadi objek dalam kalimat, namun juga bisa menjadi subjek. Noun juga bisa berbentuk singular (tunggal) ataupun plural (jamak)

Berikut ini adalah beberapa jenis noun: 

  • Countable Noun 

Jenis kata benda yang tergolong countable adalah yang dapat dihitung jumlahnya. Contoh: book, car, box, pencil, phone

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Uncountable Noun

Sebaliknya, uncountable noun merupakan kata benda yang jumlahnya tidak bisa dihitung, atau jumlahnya sangat banyak hingga tidak bisa dihitung. Contoh: rice, milk, sand, sugar. 

  • Proper Noun

Proper noun adalah kata benda yang berupa nama atau julukan dari seseorang atau suatu tempat. Penulisan proper noun ini menggunakan huruf kapital pada huruf depannya. 

Contoh: England, Everest, Indonesia, Sahara.

  • Common Noun

Berkebalikan dengan proper noun, common noun adalah kata benda umum atau bukan berupa julukan, sehingga penulisannya tidak perlu dengan huruf kapital. 

Contoh: mount, city, country, dog 

Pada kalimat berikut, “Charlie is my dog’s name”, Charlie merupakan proper noun, sedangkan dog adalah common noun. 

  • Concrete Noun

Dilihat dari wujudnya, noun terbagi menjadi concrete noun dan abstract noun. Kata benda konkret adalah kata benda yang nyata wujudnya, serta berupa suatu material. Contoh: table, chair, cap, cheese. 

  • Abstract Noun

Sebaliknya, abstract noun merupakan sesuatu yang bersifat abstrak seperti suatu konsep, situasi, ide, perasaan, dan lain sebagainya. Contoh: time, honesty, imagination, idea. 

  • Collective Noun

Jenis noun yang terakhir yaitu collective noun, yang merupakan kata benda yang sifatnya kolektif. Maksud dari kolektif adalah merujuk pada suatu kumpulan atau kelompok, baik kumpulan hewan, manusia, ataupun benda. Contoh: 

2. Pronoun (Kata Ganti)

Sumber: istockphotos

Part of speech ini merupakan kata yang merepresentasikan kata benda. Pronoun memiliki fungsi agar suatu kata tidak perlu diulang. Misalnya, pada suatu kalimat “Diana loves fashion so much. Diana said that Diana would like to pursue her education in a fashion school.” Proper noun “Diana” pada kalimat berikutnya bisa diganti dengan pronoun “She” atau “My sister”, menjadi “Diana loves fashion so much. She said that she would like to pursue her education in a fashion school.”  

Berikut adalah jenis-jenis pronoun beserta contohnya: 

  • Personal Pronoun : I, you, we, they, he, she, it, me, us, them, his, her.
  • Possessive Pronoun: mine, yours, his, hers, ours, theirs.
  • Reflexive Pronoun: myself, herself, yourself, himself, themselves, ourselves.
  • Interrogative Pronoun: who, what, which, whom, whose.
  • Demonstrative Pronoun: this, that, these, those.
  • Indefinite Pronoun: somebody, anyone, anywhere, nothing, everybody, some.
  • Relative Pronoun: who, whom, which, what, that.

Baca juga: Apa Itu Noun Phrase? Ini Pengertian & Contoh Kalimatnya

3. Verb (Kata Kerja)

sumber: stock adobe

Verb adalah part of speech yang menjelaskan aksi yang dilakukan oleh suatu benda atau seseorang. Sering kali kata ini juga disebut sebagai action words. Beberapa contoh verbs yaitu read, sleep, run, come, play, dan sebagainya. Berdasarkan tensesnya, verbs juga terbagi menjadi tiga bentuk, root atau present verb (Verb 1), past verb (Verb 2), dan juga past participle (Verb 3).

4. Conjunction (Kata Hubung)

Sumber: stock adobe

Konjungsi atau kata hubung merupakan part of speech yang menghubungkan dua klausa atau dua frasa. Beberapa contoh conjunction yaitu and, or, for, yet, although, because, dan lain-lain. Conjunction juga terdiri dari beberapa jenis, berikut diantaranya: 

  • Subordinating Conjunctions: kata hubung untuk membuat kalimat kompleks, menghubungkan klausa utama dan klausa terikat (Main clause dan Subordinating clause) 

Contoh: After, before, if, although, because, until, whether, although, since, while. 

  • Coordinating Conjunctions: kata sambung setara, digunakan untuk menghubungkan kata, frasa, atau klausa yang struktur kalimatnya serupa. 

Contoh: For, and, nor, but, or, yet, so

  • Correlative Conjunction: Kata hubung yang berpasangan, berfungsi untuk menghubungkan kata, frasa, atau klausa yang berhubungan timbal balik. 

Contoh: Either…or, neither…nor, whether…or, both…and, not only…but also, as…as

Baca juga: Conditional Sentence: Tipe, Rumus & Contohnya, Lengkap!

5. Adjective (Kata Sifat)

Sumber: stock adobe

Part of speech adjective merupakan kata yang digunakan untuk mendeskripsikan atau memodifikasi suatu noun atau pronoun. Contohnya: small, big, beautiful, skinny, fat, old, young, dan sebagainya. 

6. Adverb (Kata Keterangan)

Sumber: support vecteezy

Kata keterangan atau adverb merupakan kata yang memodifikasi verb (kata kerja) maupun adjective (kata sifat). Umumnya, adverb diakhiri dengan partikel -ly untuk yang berasal dari suatu adjective, seperti freely, happily, deeply, dan sebagainya. Namun, beberapa adverb lainnya juga tidak selalu berasal dari adjective, seperti only, quite, very. 

Ada 5 jenis adverbs, yaitu adverbs of time, adverbs of place, adverbs of frequency, adverbs of degree, dan adverbs of manner. Berikut penjelasan serta contohnya: 

  • Adverbs of Time

Keterangan waktu mendeskripsikan waktu suatu hal terjadi, biasanya terletak pada akhir kalimat. Misalnya today, tomorrow, yesterday, dan sebagainya. Namun, adverbs of time juga bisa menggambarkan durasi waktu, seperti shortly, briefly, forever, temporarily, dan lain-lain.

  • Adverbs of Place 

Kata keterangan tempat memberikan informasi mengenai lokasi suatu kejadian, biasanya terletak setelah kata kerja utama dalam kalimat. Contohnya downstairs, everywhere, here, at home. 

  • Adverbs of Frequency 

Adverbs of frequency menjelaskan seberapa sering suatu hal terjadi. Misalnya always, sometimes, never, daily, weekly, three times, dan sebagainya.

  • Adverbs of Degree

Keterangan ini berfungsi untuk menjelaskan tentang tingkatan atau intensitas atas suatu hal yang terjadi. Contohnya extremely, absolutely, totally, enough, quite, very, almost, dan lain-lain.

  • Adverbs of Manner

Adverbs of Manner mendeskripsikan bagaimana suatu aksi atau suatu hal terjadi. Contoh adverbs of manner dalam kalimat yaitu sebagai berikut: 

  • Jesse read quietly.
  • Tara screams loudly. 

7. Preposition (Kata Depan)

Sumber: freepik

Preposisi adalah kata yang menunjukkan letak atau posisi suatu objek atau subjek dalam kalimat. Contohnya, in, out, besides, behind, in front of, inside, outside, below, opposite, dan lain sebagainya. Berikut beberapa contoh penggunaan preposisi dalam kalimat: 

  • My mom put my birthday presents under the bed.
  • She stands in front of the class to sing.
  • He waits for his little sister outside the class.  

8. Interjection (Kata Seru)

Sumber: freepik

Part of speech yang terakhir adalah kata seru atau interjection. Kata seru digunakan untuk menyatakan perasaan, emosi, atau hal yang memerlukan penekanan. Kata seru juga sering disebut exclamation. Biasanya kata ini dipakai saat seseorang sedih, senang, merasa bersalah, atau melakukan permohonan maaf. Contohnya adalah “Wow!”,“Yippie!”, “Ouch!”, “Whoa!”. 

Baca juga: Explanation Text: Definisi, Struktur, Ciri-ciri, & Contohnya

Itulah ulasan lengkap materi tentang part of speech. Setiap kata memiliki cabang jenisnya masing-masing, ya! Namun, tidak perlu khawatir karena part of speech pasti akan selalu digunakan dalam bahasa sehari-hari, jadi Kawan Literasi pasti akan lebih mudah memahaminya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Part of Speech Bahasa Inggris: Jenis dan Contohnya, Lengkap!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]