1. Kelas 10 Ekonomi

Pasar Oligopoli

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering sekali menemui produk dari pasar persaingan oligopoli. Ada banyak contoh yang bisa kita ambil. Untuk lebih jelasnya lagi, kita pelajari materi tentang pasar ini dengan baik. Materi yang telah kami rangkum meliputi pengertian, struktur, ciri, karakteristik, faktor terbentuknya, macam-macam, kelebihan dan kekurangan, kurva, dan contohnya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak materi yang telah kami sajikan berikut ini !  

Pengertian Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran yang terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. Pasar/industri oligopoli merupakan pasar/industri yang hanya terdiri atas sedikit (beberapa) perusahaan. Pasar ini dapat dikategorikan sejumlah paling sedikit yaitu dengan dua penjual sampai dengan sepuluh penjual.

Pasar persaingan oligopoli termasuk jenis pasar persaingan yang tidak sempurna. Dikatakan sebagai pasar persaingan tidak sempurna karena jumlah produsen dan pedagang tidak sebanding dengan jumlah pembeli atau konsumen. Untuk mempertahankan usaha ini, aktivitas pemasaran dan promosi produk harus terus ditingkatkan. Hal ini dilakukan karena untuk mencegah berpindahnya konsumen ke produk yang lain yang bisa mengakibatkan omset penjualan menurun.

Tujuan

Tujuan dari pasar/ industri oligopoli yaitu agar konsumen dapat memilih produk sesuai dengan keinginannya. Karena hal inilah yang membuat peningkatan kesadaran produsen untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Perusahaan terus melakukan inovasi dan pengembangan produk agar lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen.

Struktur Pasar Oligopoli

Sebelumnya, perlu kita ketahui bahwa struktur pasar dapat dilihat dari ukuran distribusi pasar. Ukuran distribusi pasar/industri tersebut terdiri dari pangsa pasar dan konsentrasi pasar, ukuran jumlah maupun skala penjual dan pembeli, ada atau tidaknya hambatan masuk ke pasar (barrier to entry) dan elemen-elemen lainnya.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Struktur pasar/industri oligopoli adalah pasar/industri yang terdiri dari hanya sedikit perusahaan atau produsen yang menghasilkan seluruh atau sebagian besar total output di pasar. Oligopoli adalah struktur pasar yang industrinya didominasi oleh sejumlah kecil perusahaan yang saling bersaing. Setiap perusahaan memiliki kekuatan yang cukup besar untuk mempengaruhi harga pasar. Pada umumnya dalam pasar oligopoli terdapat beberapa perusahaan besar yang memiliki pangsa pasar (market share) 70 sampai 80 persen dan terdapat pula beberapa perusahaan dengan pangsa pasar yang kecil.

Ciri-ciri Pasar Oligopoli 

Adapun ciri pasar oligopoli adalah sebagai berikut :

  1. Terdapat beberapa penjual atau perusahaan yang menguasai pasar
  2. Barang yang diperjualbelikan dapat homogeni, dapat pula berbeda corak, namun memenuhi standar tertentu
  3. Terdapat halangan masuk yang kuat bagi perusahaan di luar untuk masuk ke dalam pasar
  4. Suatu diantara oligopoli merupakan market leader, yaitu penjual dengan pangsa pasar terbesar.

Karakteristik Pasar Oligopoli

Karakteristik yang dimiliki pasar ini adalah sebagai berikut :

  1. Antara satu produsen dengan produsen lainnya saling tergantung
  2. Konsumen kurang memiliki pilihan
  3. Hanya ada beberapa produsen yang membuat produk
  4. Pasar tidak begitu luas
  5. Produknya dapat homogeni atau terdiferensiasi. Contohnya : industri mobil, industri baja, pipa paralon, seng, kertas, dll.

Faktor Terbentuknya 

Faktor yang menyebabkan terbentuknya pasar/industri oligopoli adalah adanya efisiensi skala besar yang menyebabkan hambatan yang tinggi bagi pesaing baru untuk masuk dan kompleksitas manajemen karena adanya persaingan berbentuk harga maupun non harga. 

Keseimbangannya terjadi apabila laba maksimum tercapai. Harga dalam pasar ini bersifat kaku. Dalam Oligopolis, pengambilan keputusan berdasarkan pesimis. Permintaan sangat elastis bila harga dinaikkan dan inelastis apabila harga diturunkan. 

Dalam perekonomian yang sudah maju, pasar ini banyak dijumpai karena didukung oleh teknologi yang sangat modern. Beberapa faktor yang dapat menimbulkan terbentuknya sistem pasar/ industri oligopoli adalah sebagai berikut:

  • Skala Ekonomis. Dalam membangun suatu industri di dalam sistem pasar  membutuhkan dana yang cukup besar dengan sumber daya yang besar pula. Contoh industri yang berada dalam sistem pasar ini adalah pasar otomotif. Pada industri otomotif ini, produksi akan mencapai skala ekonomis bila jumlah produk yang dihasilkan sangat besar.
  • Kompleksitas Manajemen. Dalam struktur industri oligopoli ditandai dengan adanya kompetisi harga dan non harga. Perusahaan harus cermat dalam memperhitungkan setiap keputusan agar tidak merugikan dari perusahaan pesaing. Pada pasar ini, selain harus memiliki modal cukup besar, perusahaan juga dituntut untuk memiliki kemampuan manajemen yang sangat baik agar mampu bertahan dalam struktur industri dengan persaingan kompleks.

Macam-macam

Adapun macam oligopoli adalah sebagai berikut : 

  • Oligopoli murni (pure oligopoly) yaitu oligopoli yang ditandai dengan beberapa perusahaan yang menjual produk homogen atau dengan kata lain barang yang dijual belikan bersifat identik. contohnya adalah semen, air mineral, dll.
  • Oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoli) yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan. contohnya adalah laptop, sepeda motor, mobil, sabun, dll.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli

Kelebihan :

  1. Memberi kebebasan memilih bagi pembeli.
  2. Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk.
  3. Karena adanya persaingan, penjual lebih memperhatikan kepuasan konsumen.
  4. Adanya penerapan teknologi baru.
  5. Konsumen mendapatkan mutu produk dan pelayanan yang baik.
  6. Konsumen mendapatkan harga yang stabil, walaupun berubah akan cenderung mengalami penurunan.

 Kekurangan :

  1. Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
  2. Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa menimbulkan inflasi
  3. Adanya pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolies karena semangat bersaing kurang
  4. Menimbulkan eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli.
  5. Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
  6. Bisa berkembang ke arah monopoli
  7. Perusahaan sering beroperasi tidak efisien.
  8. Sering menimbulkan ketidakadilan.

Karena adanya dampak negatif dari oligopoli, maka campur tangan pemerintah tetap diperlukan. Wujud campur tangan pemerintah pada pasar ini bisa dengan cara sebagai berikut :

  1. Mempermudah kemungkinan masuknya perusahaan/produsen baru ke dalam pasar sehingga akan meningkatkan tingkat persaingan.
  2. Mengeluarkan peraturan-peraturan seperti melarang terjadinya kerjasama antar perusahaan yang berada dalam pasar oligopoli, misal dengan peraturan/undang-undang anti collusive/kartel/trust.

Kurva Pasar Oligopoli

Kurva permintaan pada pasar ini berbentuk patah ke dalam (kinked demand curve).

Gambar Curva Patah ke Dalam Foto oleh Studioliterasi

Jika satu perusahaan menurunkan harga, maka perusahaan yang lain juga akan menurunkan harga lebih rendah lagi untuk mempertahankan konsumennya sehingga kurva permintaannya akan sangat inelastis dibawahnya. Sebaliknya, jika ada perusahaan yang menaikkan harga, maka perusahaan lain tidak akan menaikkan harga sedikit saja sehingga kurva permintaannya berbentuk elastis bagian atas.

Contoh Pasar Oligopoli

Setelah mempelajari dari berbagai penjelasan materi diatas, kami akan berikan beberapa contoh pasar oligopoli di Indonesia, berikut diantaranya :

  • Pasar Semen.

Contoh : Holcim, Semen Gresik, Semen Tiga Roda, dan lain-lain.

pasar semen
Pasar Semen, Foto oleh Ekonomibisnis com
  • Pasar Laptop 

Contoh : Asus, Acer, Lenovo, Dell, Samsung, HP, dan lain-lain.

pasar laptop
Pasar laptop, Foto oleh beritagar
  • Pasar Sabun Mandi 

Contoh : Lifebuoy, Giv, Dettol, Nuvo, Lux, Dove, Citra, dan lain-lain.

pasar sabun
Pasar Sabun, Foto oleh My-best id
  • Pasar Shampo 

Contoh : Pantene, Zinc, Clear, Sunsilk, Head & Shoulders, Emeron, dan lain-lain.

pasar shampo
Pasar shampo, Foto oleh Beautynesia
  • Pasar Air Mineral 

Contoh : Aqua, Club, Le Minerale, Cheers, Flow, dan lain-lain.

pasar air mineral
Pasar Air mineral, Foto oleh Tokopedia
  • Pasar Mobil 

Contoh : Toyota, Honda, Daihatsu, Nissan, dan lain-lain.

pasar mobil
Pasar Mobil, Foto oleh nzz ch
  • Jasa Penerbangan 

Contoh : Garuda Indonesia, Lion Air, Air Asia, Aviastar, Batik Air, dan lain-lain.

jasa penerbangan
Jasa penerbangan, Foto oleh Okezone Ekonomi
  • Jasa Sambungan Seluler 

Contoh : Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, tree, dan lain-lain.

jasa sambungan seluler
Jasa sambungan seluler, Foto oleh Flickr
  • dan masih banyak lainnya.

Nah, itulah penjelasan dari materi beserta contoh pasar/industri oligopoli yang ada di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat.

Materi lainnya tentang Ekonomi :

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pasar Oligopoli

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]