1. Kelas 11 Geografi

Pembangunan Berkelanjutan: Prinsip, Tujuan dan Indikatornya

Pernahkah teman-teman mendengar tentang SDGs atau Sustainable Development Goals? SDGs adalah tujuan pembangunan berkelanjutan yang merupakan rencana aksi telah disepakati oleh para pemimpin dunia, salah satunya adalah Indonesia

Pada materi pembahasan kali ini Studio Literasi akan mengajak teman-teman untuk mempelajari tentang pembangunan yang berkelanjutan atau Sustainable Development yang akan berfokus di Indonesia. Simak pembahasannya berikut ini, yuk! 

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Sustainable development atau pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memaksimalkan sumber daya alam yang telah tersedia, dan diolah oleh manusia dengan berupa pembangunan. 

Sustainable development dianggap sebagai pertanda bahwa sebuah negara sedang bergerak maju secara sosial, ekonomi dan politik secara terstruktur. 

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Tak hanya itu, sustainable development juga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mempermudah dalam memenuhi kebutuhan tanpa menghambat perkembangan generasi selanjutnya. 

Konsep Pembangunan Berkelanjutan

Selain dapat meningkatkan kesejahteraan, berikut ini adalah empat konsep pembangunan berkelanjutan. 

  • Pengelolaan sumber daya alam yang baik agar bisa dipergunakan untuk masa depan.
  • Pemanfaatan sumber daya alam yang baik agar tidak terjadi pemborosan dan perusakan lingkungan.
  • Pembangunan dengan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui.
  • Mempertahankan kualitas kehidupan untuk masa kini dan masa depan. 

Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Terdapat lima prinsip pembangunan berkelanjutan. Berikut ini penjelasan dari masing-masing prinsipnya. 

1. Ekonomi

Prinsip sustainable development dalam bidang ekonomi memfokuskan pada peningkatan keterampilan kerja dalam meningkatkan daya saing. Dengan meningkatkan daya saing untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, akan menimbulkan peningkatan kinerja infrastruktur dasar.  

2. Equity (Pemerataan)

Equity atau pemerataan adalah target utama dari sustainable development karena dengan adanya pemerataan ini diharapkan akan meminimalisir kesenjangan sosial dan ekonomi di masyarakat. Dengan prinsip pemerataan, masyarakat akan mendapatkan kesempatan yang sama. 

3. Energi

Prinsip sustainable development dalam energi adalah penggunaan energi yang cukup untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Beberapa metode yang dapat diterapkan untuk melakukan penghematan energi adalah dengan menggunakan energi yang dapat diperbaharui dan memprioritaskan pembangunan transportasi publik. 

4. Engagement (Peran Serta)

Sustainable development tidak akan berjalan tanpa adanya peran serta dari masyarakat dan pemerintah. Peran pemerintah dalam pembangunan berkelanjutan adalah menampung aspirasi publik dan berperan sebagai fasilitator pemberdayaan masyarakat. 

5. Ekologi

Ekologi atau lingkungan harus tetap dilestarikan dalam menjalankan pembangunan yang berkelanjutan. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan ruang terbuka hijau, menggunakan lahan campuran, dan sebagainya. 

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Infografis 17 tujuan Pembangunan Berkelanjutan
17 Tujuan dari Sustainable Development. (Sumber: iStock)

Ada 17 tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah direncanakan sampai tahun 2030. Berikut ini tujuan-tujuannya. 

  1. Tanpa kemiskinan (No poverty)
  2. Tanpa kelaparan (Zero hunger)
  3. Kehidupan sehat dan sejahtera (Good health and well being)
  4. Pendidikan berkualitas (Quality education)
  5. Kesetaraan gender (Gender equality)
  6. Air bersih dan sanitasi layak (Clean water and sanitation)
  7. Energi bersih dan terjangkau (Affordable and clean energy)
  8. Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi (Decent work and economic growth)
  9. Industri, inovasi dan infrastruktur (Industry, innovation, and infrastructure)
  10. Berkurangnya kesenjangan (Reduced inequalities)
  11. Kota dan komunikasi berkelanjutan (Sustainable cities and communities)
  12. Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab (Responsible consumption and production)
  13. Penanganan perubahan iklim (Climate action)
  14. Ekosistem laut (Life below water)
  15. Ekosistem darat (Life on land)
  16. Perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang tangguh (Peace, justice and strong institution)
  17. Kemitraan untuk mencapai tujuan (Partnership for the goals)

Indikator Pembangunan Berkelanjutan

Terdapat empat indikator dalam sustainable development. Indikator bertujuan untuk melihat apakah suatu tujuan tercapai atau tidak. Berikut masing-masing indikator yang menjadi tolok ukur kesuksesan sustainable development.

Berkelanjutan Sosial Budaya

Indikator selanjutnya adalah memastikan sustainable development tercapai dari aspek sosial budaya yang dapat dilihat dari:

  • Stabilitas kemampuan penduduk untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.
  • Keanekaragaman budaya yang harus dipertahankan.
  • Partisipasi masyarakat yang meningkat dalam pengambilan keputusan.

Berkelanjutan Ekonomi

Terdapat dua hal utama dalam aspek ekonomi. Pertama adalah ekonomi makro yang menjamin suatu perekonomian untuk berjalan secara berkelanjutan serta meningkatkan efisiensi ekonomi dengan pembaharuan, baik secara nasional dan struktural. Yang kedua adalah ekonomi sektoral yang menjamin tercapainya sumber daya yang dapat memperhitungkan nilai ekonominya. 

Berkelanjutan Politik 

Sustainable development juga harus memperhatikan aspek politik. Berikut ini adalah indikator kesuksesan dalam aspek politik. 

  • Hak asasi manusia yang telah dihargai.
  • Individu yang diberikan kebebasan untuk berperan serta dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial.
  • Proses demokrasi yang adil, bertanggung jawab, serta transparan. 

Berkelanjutan Pertahanan dan Keamanan

Pada aspek pertahanan dan keamanan dapat dilihat dari kapabilitas dalam menghadapi tantangan dan gangguan, baik secara langsung dan tidak langsung. 

Baca juga: Apa Itu AMDAL? Ini Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Nah, teman-teman, itu tadi penjelasan lengkap dari materi pembangunan berkelanjutan. Hal apa saja nih, yang sudah teman-teman lakukan untuk mendukung sustainable development di Indonesia? Ikuti terus materi pelajaran dari Studio Literasi. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pembangunan Berkelanjutan: Prinsip, Tujuan dan Indikatornya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]