1. Uncategorized

Pembelahan Sel: Definisi, Fungsi & Jenis-Jenisnya

Apakah kalian pernah berpikir bahwa seseorang jika terkena flu maka orang yang ada disekitarnya kemungkinan besar akan terjangkit juga? Nah jika kalian berpikir demikian,yap itu benar guys. Beberapa orang yang tidak memiliki ketahanan tubuh yang baik maka akan mudah tertular oleh virus dan bakteri. Proses penularan tersebut tidak lepas dari proses pembelahan sel. 

Namun, jika kita menganalogikan secara sederhana memang bakteri dan virus dapat berpindah tempat satu ke tempat yang lain, dari satu host ke host yang lain dengan cepat. Oleh karena itu, perlu kita mengetahui bagaimana mikroorganisme tersebut bisa berkembang biak dan menyebabkan penyakit baik pada manusia, hewan serta tumbuhan. 

Definisi Pembelahan Sel

Sebelum mengetahui bagaimana mekanisme pembelahan mikroorganisme, lebih baik kita mengetahui definisinya terlebih dahulu. Sebelum itu kalian masih ingat kan pengertian sel? Sel adalah unit terkecil atau kesatuan struktural yang menyusun tubuh makhluk hidup dan tempat pelaksanaan fungsi kehidupan. 

Pembelahan sel merupakan proses saat sel membelah menjadi dua bagian atau bahkan lebih. Dengan kata lain proses tersebut adalah cara sel untuk memperbanyak dirinya sendiri (reproduksi).

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

As you know guys, seiring berjalannya waktu perkembangan sel sel mengalami beberapa perubahan. Perubahan tersebut dapat dilihat dari mekanisme pembelahan yang berbeda-beda, sehingga tidak semua sel mengalami proses pembelahan yang sama.

Baca Juga: Mengenal Struktur Sel Hewan & Tumbuhan Beserta Bagiannya!

Fungsi Pembelahan Sel

Lantas, apa sih tujuan dari proses pembelahan sel itu sendiri? Adapun beberapa tujuan pembelahan sel yang perlu kalian ketahui:

  1. Meregenerasi sel-sel yang rusak maupun mati.
  2. Melakukan pertumbuhan dan perkembangan
  3. Melakukan reproduksi 
  4. Membentuk variasi individu yang baru

Jenis-Jenis Pembelahan Sel

Selanjutnya adalah mengetahui jenis-jenis pembelahan sel. Untuk memperbanyak dirinya sendiri atau membentuk anakan sel, maka sel tersebut melakukan proses pembelahan sel. Secara umum, proses pembelahan tersebut terbagi menjadi tiga antara lain pembelahan amitosis (langsung), pembelahan mitosis dan meiosis (tidak langsung). Wah, apa saja tuh? Simak penjelasannya berikut ini!

Pembelahan Amitosis

Binary Fussion
Binary Fussion

Pertama, ada pembelahan amitosis. Pembelahan sel ini disebut juga dengan pembelahan biner (binary fussion). Mekanisme ini terjadi karena proses membelah diri menjadi dua sel sama besar dan mempunyai materi genetik yang sama seperti induknya. Dengan kata lain,  sifat-sifat sel baru sama persis dengan sel inang.

Proses pembelahan yang terjadi adalah diawali dengan penempelan kromosom pada dinding sel. Selanjutnya,ukuran sel membesar bersama dengan materi genetik (DNA). Nah, setelah pembentukan materi genetik baru terbentuk, maka sel akan mencapai ukuran maksimum dan terbelah menjadi dua bagian. 

Seperti di pembahasan awal, bakteri merupakan salah satu organisme yang melakukan pembelahan biner. Tak hanya itu, organisme lain seperti protozoa dan alga melakukan pembelahan amitosis ini. 

Pembelahan Meiosis

Kedua, ada pembelahan tidak langsung atau meiosis. Melansir kompas.com, pembelahan meiosis akan menghasilkan sel gamet (sel sperma dan sel telur). Nah, berhubung pembelahan ini terjadi dari dua induk yang berbeda maka akan menghasilkan sel anak dengan jumlah kromosom setengah dari kromosom sel induk. 

Jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan disebut dengan haploid dan disimbolkan dengan huruf “n”. Pembelahan secara tidak langsung ini bernama pembelahan reduksi. Lalu, adapun beberapa tahapan atau fase yang harus dilalui untuk mendapatkan ;sel anakan yang baru. Untuk lebih jelasnya, ikuti tahapan pembelahan meiosis berikut ini, ya!

Meiosis I

Meiosis I
Meiosis I

Nah, apa saja fase pembelahan meiosis I? Simak penjelasannya berikut ini ya!  

  • Profase I – Membran inti menjadi rusak dan menjadi bagian-bagian kecil serta terbentuk gelendong pembelahan. Selanjutnya benang kromatin memadat dan menjadi kromosom yang berpasangan (homologous). Kedua kromosom tersebut saling melakukan pertukaran segmen molekul DNA atau pindah silang.
  • Metafase I – Kromosom berjajar pada sebuah bidang pembelahan.
  • Anafase I – Pada fase ini kromosom homologous memisahkan diri dan bergerak ke arah kutub yang berlawanan. 
  • Telofase I – Membran ini terbentuk kembali dan terbentuknya dua sel anakan (haploid).

Meiosis II

Meiosis II
Meiosis II

Adapun fase pembelahan meiosis II yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  • Profase II – Membran inti mulai rusak menjadi beberapa fragmen dan membentuk gelendong pembelahan. Selanjutnya, kromatid melakukan pembelahan.
  • Metafase II – Proses metafase II ini terjadi peristiwa kromosom berjajar pada sebuah bidang pembelahan.
  • Anafase II – Bagian sel kromatid terpisah dan bergerak berlawanan
  • Telofase II – Kromosom terurai membentuk kromatin dan nukleus terbentuk

Baca Juga: Kultur Jaringan Sebagai Pertahanan Biodiversitas Tumbuhan

Pembelahan Mitosis

Mitosis
Mitosis

Selanjutnya adalah pembelahan mitosis. Pembelahan ini terjadi pada sel-sel somatik makhluk hidup, tepatnya pada jaringan meristem. Nah, pembelahan tersebut bisa terbentuk dengan sempurna karena mempertahankan pasangan kromosom sejenis untuk melakukan pembelahan inti sel somatis. 

Lalu, pembelahan ini akan menghasilkan dua sel anakan yang dimana akan memiliki karakter yang sama persis seperti sel induknya. Yap, bisa dibilang ia mempunyai susunan genetik yang sama termasuk dengan jumlah kromosom yang tersusun. Kemudian, jumlah kromosom tersebut disebut dengan 2n atau diploid.

Seperti halnya pembelahan sel lainnya, tahapan mitosis melalui beberapa fase hingga mampu membentuk sel baru. Berikut adalah fase-fase yang perlu kalian ketahui:

  • Profase – Rusaknya membran inti menjadi serpihan-serpihan yang disebut fragment. Lalu membentuk kromatin secara perlahan, dilanjutkan dengan membentuk kromosom.
  • Metafase – Benang gelondong mulai nampak jelas dan kromosom akan berjalan di ruang ekuator sel, benang-benang tersebut akan muncul dan melekat di sentromer. Sentromer akan melakukan pembelahan dan membentuk kromatid yang kemudian membentuk kromosom tunggal. 
  • Anafase – Pemisahan kromosom menjadi dua bagian yang sama dengan arah berbeda
  • Telofase – Tahap dimana kromosom telah berada di kutub dan nukleus muncul kembali. Selanjutnya kromatid menghilang saat sitoplasma menebal. Setelah itu membran sel akan memisahkan diri dari sel sebelumnya. 

Kesimpulan

Sel merupakan unit terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Mereka dapat memperbanyak diri karena proses pembelahan sel yang terjadi secara terus-menerus. Pembelahan sel tersebut bertujuan untuk pertumbuhan dan perkembangan diri. Selain itu, juga melakukan regenerasi sel-sel yang rusak. Oke guys, sampai di sini dulu ya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pembelahan Sel: Definisi, Fungsi & Jenis-Jenisnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]