1. Kelas 10 PKn

Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap NKRI di Berbagai Bidang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah membantu kita dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari. Pada awalnya, perkembangan IPTEK memberikan pengaruh yang positif serta dapat menawarkan kenyamanan dan kemudahan yang sangat bermanfaat. Namun, semakin lama perkembangan teknologi mulai memunculkan sisi negatif pengaruh kemajuan iptek terhadap NKRI di berbagai macam bidang.

Nilai-nilai yang mulai terpengaruh dengan budaya luar serta kebebasan demokasi yang terlalu bebas mulai merubah berbagai aspek. Perkembangan teknologi ini pada dasarnya tidak dapat dihindari begitupun dengan efeknya yang mulai mempengaruhi kita. Buat Kawan Literasi yang penasaran dengan pengaruh IPTEK terhadap NKRI, mari kita bahas secara mendalam yuk!

Pengaruh Positif Kemajuan IPTEK terhadap NKRI

Kemajuan teknologi tentunya memiliki sisi positif yang sangat banyak. Kawan Literasi yang sedang bersekolah pasti merasakan kemudahan mencari informasi melalui internet kan? Nah itu adalah salah satu contoh sederhana pengaruh positif kemajuan iptek. Yuk, kita gali lebih lanjut apa saja pengaruh kemajuan IPTEK terhadap NKRI di berbagai bidang. Check this out!

1. Bidang Budaya 

Pengaruh kemajuan iptek terhadap NKRI di bidang budaya adalah mempercepat globalisasi. Kita sangat mudah mendapatkan akses informasi mengenai budaya di daerah lain dengan sangat mudah dalam hitungan detik. Hal ini dapat memperluas pandangan kita mengenai berbagai budaya yang ada di dunia. Kita juga dapat mencontoh beberapa budaya seperti budaya tepat waktu di Jepang dan berbagai budaya lainnya. 

Artikel Terkait

[feedzy-rss feeds='https://museumnusantara.com/feed/,https://studioliterasi.com/feed/' max='4' multiple_meta='yes' template='default']

2. Bidang Pemerintah

Percepatan teknologi telah membawa perubahan seperti mulai diciptakannya dan sosialisasi e-government yang mempercepat proses pelayanan publik. Masyarakat menjadi lebih mudah mengakses rencana dan program pemerintah beserta informasi evaluasinya. Masyarakat yang mulai beradaptasi dengan teknologi akan memahami bagaimana kemudahan didapatkan dengan teknologi. 

3. Bidang Ekonomi

Bangga Produk Indonesia adalah salah satu cara mendukung produk lokal agar dapat bersaing dengan produk impor
Bangga Produk Indonesia adalah salah satu cara mendukung produk lokal agar dapat bersaing dengan produk impor (Sumber: Kemenko PMK)

Salah satu kemajuan teknologi adalah percepatan dan pemerataan internet. Pada bidang ekonomi, kemajuan IPTEK dapat membantu masyarakat seperti pemilik bisnis menengah untuk mengembangkan usahanya melalui berbagai platform.

Selain itu, IPTEK juga berpotensi mendorong penanaman modal asing yang dapat meningkatkan kemakmuran, dan meningkatkan kesempatan lapangan kerja yang lebih luas. Hal ini juga membuka kesempatan pasar internasional yang semakin lebar untuk produk-produk buatan lokal. 

4. Bidang Hukum

Perjuangan untuk mempertahankan prinsip demokrasi, supremasi hukum serta penuntutan Hak Asasi Manusia (HAM) akan semakin menguat dengan adanya teknologi yang menyebarkan informasi. Dampak ini akan mempengaruhi bagaimana penegak hukum bekerja seperti bagaimana merak memberikan transparansi informasi, lebih profesional, dan dapat bertanggung jawab sesuai dengan kasus atau masalah yang ada. 

Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK terhadap NKRI

Pengaruh selalu memiliki dua sisi, yakni positif dan negatif. Yuk kita pelajari apa saja pengaruh negatif kemajuan IPTEK terhadap NKRI.

1. Bidang Budaya 

Gambaran ilustrasi media sosial sebagai tempat menyebarkan budaya
Gambaran ilustrasi media sosial sebagai tempat pertukaran informasi budaya (Sumber: Pixabay)

Teknologi telah membawa kita mengenal semua budaya. Hal ini akan membuat kita dapat meniru budaya lain mulai dari budaya bekerja masyarakat tersebut, gaya hidup, hingga tata nilai yang ada. Pengaruh masuknya budaya asing ke Indonesia akan meningkatkan kenakalan remaja seperti mengikuti cara berpakaian masyarakat yang tidak sesuai dengan norma di tempat kita, memperluas kesenjangan sosial, memudarkan nilai-nilai bangsa, serta membuat kita semakin individualis. 

Pengaruh negatif di bidang budaya ini dapat dicegah dengan ada filter, atau proses seleksi budaya mana yang bisa diadopsi dan tidak. Namun, luasnya budaya yang masuk sering kali membuat masyarakat terpapar berbagai macam budaya dan mengadopsinya. 

2. Bidang Pemerintah

Teknologi mampu memberikan dampak negatif terhadap NKRI. Adapun dampak negatif tersebut adalah:

  • Negara dianggap bukan sebagai pemegang kunci pembangunan.
  • Timbulnya rasis dan fasisme dalam forum, baik forum formal ataupun pembasan informal dalam internet.
  • Dapat mengumpulkan gelombang kerusuhan yang dapat mengancam kedamaian negara.
  • Peran masyarakat untuk menjaga ketertiban menjadi lebih berkurang.

3. Bidang Ekonomi

Jika pada dampak positif produk lokal dapat berkesempatan untuk memasarkan produk ke luar negeri maka hal ini pun dapat dilakukan oleh negara lain. Pengaruh IPTEK terhadap NKRI di bidang NKRI adalah masuknya produk-produk impor dan dapat membuat produk lokal tergeser. 

Produk lokal yang tidak dapat bersaing dengan produk asing maka dapat mengakibatkan terdesaknya produk lokal, timbul kesenjangan, serta kemungkinan paling buruk adalah ekonomi yang dikuasai oleh pihak asing. 

Mengapa pihak asing dapat menguasai pasar? Karena nantinya ekonomi akan diserahkan kepada pasar dan pemerintah hanya berperan menjadi rulator saja. Sehingga hal ini menjadi pusat perhatian bagaimana agar meningkatkan kualitas produk lokal dan mampu bersaing dipasar bebas.  

4. Hukum

Pengaruh kemajuan IPTEK terhadap NKRI di bidang hukum adalah memunculkan tindakan anarkis dari masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban NKRI. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan segelintir orang untuk memprovokasi atau menyebarkan berita hoax. Perkembangan IPTEK seharusnya disesuaikan dengan solusi untuk mempertahankan stabilitas nasional. 

Nah itu tadi pengaruh kemajuan IPTEK terhadap NKRI. Hal ini sangat perlu diidentifikasi agar dampak negatif dari perkembangan internet dapat dicegah. Semoga informasi ini dapat memperluas wawasan kamu dan juga bisa membuat kamu menggunakan teknologi dengan lebih bijak lagi ya!

Tidak ada komentar
Komentar untuk: Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap NKRI di Berbagai Bidang

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Dalam akuntansi pencatatan transaksi dapat menggunakan dua jenis jurnal yakni jurnal khusus dan jurnal umum. Kali ini Studio Literasi akan membahas secara rinci mengenai perbedaan jurnal khusus dan umum lengkap dengan jenis jurnalnya. Penasaran? Yuk kita bahas bersama.  Perbedaan Jurnal Umum dan Jurnal Khusus Ketika Kawan Literasi akan melakukan pencatatan yang dilengkapi dengan bukti transaksi […]

Trending

Ketika Kawan Literasi menyatakan rasa setuju dan tidak setuju maka dalam hal ini di bahasa inggris merupakan ekspresi dari agreement dan disagreement. Hal ini merupakan sesuatu yang lumrah kita temui dalam kehidupan sehari. Kawan Literasi penasaran dengan bagaimana cara penggunaannya? Berikut pembahasannya secara lengkap di studio Literasi.  Pengertian Agreement and Disagreement Expression of agreement adalah […]
Salah satu proses seleksi mendapatkan beasiswa adalah membuat essay yang baik dan benar. Biasanya isi essay akan mencakup isu dan bagaimana penulis menyampaikan argumennya melalui dua sisi. Bagi Kawan Literasi yang penasaran bagaimana contoh essay beasiswa yang baik, berikut penjelasan lengkapnya di Studio Literasi.  Apa itu Esai? Sebelum kita masuk ke contoh essay beasiswa yang […]
Beasiswa merupakan bantuan dana yang pada saat ini telah membantu berbagai siswa dan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Ada berbagai program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah dan perusahaan swasta untuk memberikan bantuan dana untuk menutupi biaya studi, akomodasi, dan uang saku. Berikut penjelasan lengkapnya tentang beasiswa di Studio Literasi.  Pengertian Beasiswa Menurut KBBI, beasiswa adalah bantuan […]
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah pasti menginginkan negaranya utuh dan memiliki rasa persatuan yang kuat. Integrasi nasional berpengaruh dalam pembangunan dan kemakmuran suatu bangsa. Berikut ini Studio Literasi rangkum mengenai integrasi nasional dan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional secara lengkap yang bisa Kawan Literasi simak.  Apa itu Integrasi Nasional? Dikutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), […]