1. Kelas 10 Sejarah

Pengertian Sejarah, Ruang Lingkup, serta Unsur-Unsurnya

Sejarah menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Sebab, manusia sangatlah dinamis, sehingga akan terus berevolusi serta menciptakan sejarah. Namun, tahukah kamu pengertian sejarah? Kali ini, Studio Literasi akan membahas dengan lengkap pengertian sejarah, baik secara bahasa maupun pendapat para ahli, serta ruang lingkup hingga unsur-unsurnya. Simak sampai selesai, ya!

Pengertian Sejarah Secara Umum

Sumber: mooc

Sebelum mengetahui makna sejarah dari para ahli, mari ulas asal-usul kata “Sejarah” terlebih dulu. Apa itu sejarah? Secara etimologi, asal kata sejarah adalah dari bahasa Arab “Syajaratun”. Artinya adalah Pohon. Kata tersebut memiliki konteks masa lalu, yang berkaitan dengan pohon silsilah. Dalam hal ini, sejarah berarti asal usul atau keturunan seseorang. 

Sedangkan dalam bahasa Jerman, kata sejarah berasal dari kata “Geschichte”, artinya sesuatu yang telah terjadi. Dalam bahasa Belanda, kata sejarah diambil dari kata “Historie” artinya kejadian yang dibuat oleh manusia. 

Pengertian Sejarah Menurut Ahli

Sumber: kompas

Kita sudah mengetahui arti kata sejarah dari berbagai negara. Selain dari unsur katanya, beberapa ahli juga mengemukakan pengertian sejarah menurut pandangan mereka masing-masing. Berikut diantaranya: 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Menurut Ibnu Khaldun, sejarah merupakan catatan umat manusia sebagai peradaban yang mengalami berbagai perubahan pada lingkungan masyarakat atau wilayah tertentu. 
  • M. Yamin menyatakan bahwa sejarah adalah ilmu pengetahuan yang tersusun sistematis berdasarkan hasil penyelidikan serta bisa dibuktikan lewat sumber yang terpercaya. 
  • Sartono Kartodirdjo memberikan definisi sejarah sebagai bentuk gambaran atau rekonstruksi masa lalu serta lingkungan sekitar manusia sebagai makhluk sosial yang dikaji secara ilmiah, terstruktur, serta berdasarkan fakta yang kebenarannya bisa dibuktikan. 
  • W.J. S Poerwadarminta berpendapat bahwa sejarah merupakan seluruh kesusastraan lama, silsilah, dan asal-usul, yang sangat berkaitan dengan kejadian di masa lalu, kemudian dikaji sebagai ilmu pengetahuan dan pembelajaran. 

Baca juga: Indische Partij : Sejarah, Tujuan dan Program Kerjanya

Ruang Lingkup Sejarah 

Sumber: press jhu edu

Suatu peristiwa bersejarah akan dijelaskan atau disebarkan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Dalam penyampaiannya, sejarah bisa dikategorikan sebagai beberapa ruang lingkup, seperti sejarah sebagai peristiwa, sebagai kisah, sebagai seni, maupun sebagai ilmu pengetahuan. 

1. Sebagai Peristiwa

Sejarah sebagai peristiwa berkaitan dengan kejadian di masa lalu yang benar-benar nyata terjadi. 

Karakteristik ruang lingkup sejarah sebagai peristiwa yaitu: 

  • Mempunyai sifat abadi.
  • Peristiwa yang terjadi hanya sekali.
  • Berpengaruh dan diakui banyak orang.
  • Memiliki arti yang penting.

Contoh sejarah sebagai peristiwa yaitu hari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. 

2. Sebagai Kisah

Selain sebagai peristiwa, ruang lingkup sejarah adalah juga sebagai kisah, yang mana berfokus pada penulisan fakta sejarah yang berasal dari orang-orang yang mendapatkan ide tulisan dari bahan atau peninggalan sejarah. 

Cerita lalu muncul dalam bentuk narasi ingatan yang sekaligus adalah interpretasi dari manusia. Sebagai kisah, sejarah bisa disampaikan secara implisit, lisan, maupun tertulis. Setiap cerita juga akan memiliki sudut pandang yang berbeda, tergantung pada sumber cerita tersebut. 

3. Sebagai Seni

Dalam lingkup ini, sejarah juga ditulis atau diceritakan kembali, namun dengan memberikan unsur seni. Hal ini bisa melalui ragam tata bahasa ataupun bentuk penyampaiannya. Misalnya, sejarah bisa dibawakan dalam wujud puisi, musik, lukisan, atau drama, yang bisa dinikmati masyarakat. 

4. Sebagai Ilmu

Sebagai ilmu, sejarah dijadikan sebagai objek untuk dikaji secara objektif dengan menggunakan data serta sumber yang valid. Selain itu, sejarah juga berarti sebagai pengetahuan yang tersusun dengan sistematis melalui metode kajian ilmiah. Oleh karena itu, sejarah sangat penting untuk bisa memberi wawasan kepada yang membacanya. 

Karakteristik sejarah sebagai ilmu yaitu berikut ini: 

  • Mempunyai sifat pembahasan yang empiris
  • Memiliki objek yang dibahas 
  • Didasari teori yang terpercaya
  • Mempunyai metode ilmiah
  • Memiliki generalisasi atau kesimpulan dari suatu peristiwa. 

Contoh sejarah sebagai ilmu diantaranya ialah hasil temuan seperti arca, artefak, fosil, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Siapakah Bung Tomo? Ini Profil, Kepribadian, dan Isi Pidatonya

Unsur Sejarah

Sumber: nesabamedia

Sesudah mengetahui ruang lingkup sejarah, kita akan mengulas unsur-unsur dalam sejarah, diantaranya yaitu unsur ruang, waktu, manusia, dan kausalitas. 

1. Ruang

Ruang adalah unsur tempat yang menunjukkan aspek lokasi atau letak geografis suatu peristiwa yang dialami manusia. Unsur ini penting untuk mempermudah pembaca agar lebih paham secara utuh suatu kejadian bersejarah. Unsur ini juga tidak terpisahkan dari aktivitas manusia, sebab setiap kejadian pasti berada di ruang atau lokasi tertentu. 

2. Waktu

Selain unsur ruang, unsur periode atau waktu juga penting dalam suatu peristiwa sejarah. Konsep sejarah merupakan kejadian yang dilalui manusia dalam suatu kurun waktu tertentu. Hal ini akan menjadi batasan waktu terjadinya suatu peristiwa, sejak dimulai hingga akhir periode. Dengan adanya unsur waktu, juga menunjukkan cara manusia memanfaatkan waktu dalam melakukan suatu aktivitas sesuai dengan tujuannya. 

Peristiwa-peristiwa dalam sejarah juga akan disajikan dengan dasar urutan waktunya tersendiri. Oleh karena itu, hal ini menandakan bahwa sejarah bersifat kronologis, yang mana sangat lekat dengan keterlibatan waktu. 

3. Manusia

Unsur manusia juga menentukan suatu peristiwa bersejarah. Peran unsur ini adalah untuk menceritakan tindakan atau tingkah laku seseorang dalam bidang atau peristiwa tertentu. Sebab, pada dasarnya, sejarah tercipta untuk manusia, di mana segala tindakan dan jalan hidup manusia akan menentukan terjadinya sejarah dalam lingkup ruang dan waktu tertentu. 

Hal ini selaras dengan pernyataan Ernst Berheim, yang mengatakan bahwa manusia adalah objek sejarah. Sejarah akan sangat bergantung pada manusia dan lingkungannya untuk dapat menentukan keberlangsungan suatu sejarah. 

4. Kausalitas

Unsur kausalitas juga merupakan salah satu unsur penting dalam sejarah. Sebab, sejarah bersifat deskriptif, di mana data akan disajikan dengan susunan fakta yang menjawab apa, siapa, kapan, di mana, serta bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi. Melalui penafsiran tersebut, akan terjawab sebab suatu peristiwa bersejarah bisa terjadi, meski dijabarkan secara implisit sekalipun. 

Baca juga: Sejarah Sumpah Pemuda, Isi Teks, dan Maknanya bagi Pelajar 

Itu tadi pembahasan lengkap tentang pengertian sejarah hingga unsur penting di dalamnya. Selalu ingat pesan dari Bung Karno, “Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah”. Sebab dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu tersebutlah kita bisa mengenang serta mengambil nilai pembelajaran. Semoga bermanfaat! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Sejarah, Ruang Lingkup, serta Unsur-Unsurnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]