1. Kelas 12 Penjasorkes

10 Penyakit Menular Seksual: Penyebab & Cara Pencegahannya

Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah penyakit seksual yang sangat menular dari satu orang ke orang lainnya melalui aktivitas hubungan seksual. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), setiap tahunnya terdapat 376 juta kasus baru pengidap penyakit seksual. Simak lebih jauh mengenai penyakit ini, jenis-jenisnya beserta cara pencegahannya.

Apa itu Penyakit Menular Seksual?

Sesuai namanya, penyakit menular seksual adalah penyakit yang menyebar melalui berbagai aktivitas seksual yang tidak aman, baik secara vaginal, anal (melalui dubur), atau oral (melalui mulut). Penularan penyakit juga dapat terjadi melalui transfusi darah, berbagi jarum suntik, dan melalui cairan tubuh lainnya. Beberapa penderita harus mendapatkan perawatan untuk mengurangi kemungkinan penyakit yang  semakin parah karena belum semua penyakit sudah terdapat obatnya.

Macam-Macam Penyakit Menular Seksual

Penyakit ini tentunya berpotensi menyebabkan kematian. Oleh karena itu, kalian harus mengetahui setiap penyakit di bawah ini dengan seksama. Simak jenis penyakit berikut ini dan sebisa mungkin lakukan pencegahan dan proteksi secara dini ya!

1. Sifilis

Sifilis
Sifilis

Penyakit yang juga disebut dengan sebutan “raja singa” ini menimbulkan luka bulat kecil pada mulut, alat kelamin dan kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri treponema pallidum. Penyakit ini juga menyebabkan ruam, demam, nyeri sendi, rasa lelah, berat badan turun, hingga rambut rontok. Kemungkinan terburuknya adalah pada stadium akhir penderita sifilis bisa menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, hingga kematian.

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

2. HIV

Jarum Suntik Bekas
Jarum Suntik Bekas, Salah Satu Penyebaran HIV yang Potensial

Infeksi HIV bisa terjadi karena virus human immunodeficiency yang tersebar melalui cairan tubuh dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus ini menyebar melalui hubungan seksual tanpa kondom, berbagi penggunaan alat suntik, transfusi darah, atau persalinan. Jika HIV tidak diobati, maka penyakit ini dapat berkembang menjadi AIDS.

3. Herpes Genital

Penyakit Herpes Genital
Penyakit Herpes Genital

Herpes genital merupakan infeksi virus herpes simplex (HSV) yang bersifat tidak aktif dalam tubuh tanpa menyebabkan gejala. Penyebaran virus ini terjadi melalui kontak langsung dengan pasangan yang telah terinfeksi dan menyebabkan infeksi pada mulut, wajah, dan alat kelamin.

4. Klamidia

Klamidia
Klamidia

Penyebab klamidia adalah bakteri Chlamydia trachomatis dan terjadi dari kontak dengan luka di area kelamin. Pada wanita, klamidia menyerang leher rahim dan dapat mengakibatkan infeksi peradangan panggul. Sedangkan pada pria, infeksi ini menyerang area keluar urine pada penis.

5. Hepatitis B&C

Virus Hepatitis B & C
Virus Hepatitis B & C

Hepatitis B&C disebabkan oleh virus hepatitis yang mengakibatkan gangguan hati kronis hingga kanker hati. Virus hepatitis ditemukan dalam darah atau cairan tubuh penderita. Selain melalui hubungan seksual, virus ini bisa menular melalui berbagi jarum suntik atau melalui transplantasi organ.

6. HPV

Human Papillomavirus
Human Papillomavirus

Human papillomavirus atau HPV merupakan virus yang menyebar melalui hubungan intim serta menyebabkan kutil kelamin dan kanker. Perempuan yang terkena virus HPV juga dapat menyebabkan kanker leher rahim (kanker serviks).

7. Gonore

Bakteri Neisseria gonorrhoeae
Bakteri Neisseria gonorrhoeae

Gonore atau kencing nanah merupakan penyakit yang timbul oleh aktivitas bakteri Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini menyebabkan keluarnya cairan saat buang air kecil berupa nanah yang menyebabkan rasa nyeri pada penis atau vagina.

8. Trikomoniasis

Parasit Trikomoniasis vaginalis
Parasit Trikomoniasis vaginalis

Trikomoniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Penyakit ini dapat menimbulkan keputihan pada wanita bahkan dapat juga tidak menimbulkan gejala sama sekali. Namun dapat juga menyebabkan keluarnya cairan pada penis atau vagina dan muncul rasa gatal di sekitar alat kelamin. 

9. Granuloma

Klebsiella granulomatis, Bakteri Penyebab Penyakit Granuloma
Klebsiella granulomatis, Bakteri Penyebab Penyakit Granuloma

Granuloma inguinale atau donovanosis tergolong dalam jenis penyakit seksual yang jarang terjadi dan terinfeksi oleh Klebsiella granulomatis. Bakteri tersebut aktif di dalam sel tubuh. Pada tahap yang parah, granuloma dapat menyebabkan luka yang sulit sembuh. 

10. LGV

LGV
LGV

Limfogranuloma voenereum atau LGV merupakan salah satu penyakit seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini dapat menembus kulit dan menyebabkan penyumbatan pada area sekitar node. Walaupun begitu, beberapa bakteri dapat menyebabkan  penyakit Chlamydia, keduanya memiliki tipe yang berbeda.

Penyebab Penyakit Menular Seksual

Penyakit ini  dapat timbul karena adanya infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit yang menyebar melalui cairan tubuh. Nah, sebagian besar organisme tersebut menular melalui aktivitas seksual dan cara non-seksual seperti darah atau produk darah. 

Komplikasi atau Dampak Penyakit Menular Seksual

Beberapa penyakit menular seksual perlu dideteksi sejak dini guna menghindari terjadinya dampak penyakit menular seksual sekaligus mencegah penularan infeksi. Jika penangannya telat, maka dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti:

  • Nyeri panggul kronis
  • Komplikasi kehamilan
  • Peradangan mata
  • Radang sendi (arthritis)
  • Radang panggul
  • Kemandulan (infertilitas)
  • Penyakit jantung
  • Kanker serviks
  • Keguguran janin
  • Cacat lahir pada bayi
  • Kelahiran prematur

Cara Mencegah Penyakit Menular Seksual

Menerapkan perilaku seks yang aman seperti menggunakan kondom setiap berhubungan intim dan tidak bergonta-ganti pasangan seksual merupakan cara utama untuk mencegah penyakit menular seksual. Pria juga disarankan untuk menjalani prosedur sunat untuk mengurangi risiko terkena penyakit menular seksual. Beberapa tindakan pencegahan lain yang dapat dilakukan antara lain:

  • Edukasi dan konseling mengenai pencegahan penyakit menular seksual 
  • Menjalani vaksinasi, utamanya vaksin HPV dan hepatitis B
  • Menjalani pemeriksaan kesehatan organ reproduksi secara berkala
  • Setia pada satu pasangan seksual atau menghindari melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu orang
  • Tidak menggunakan NAPZA, khususnya dengan berbagi penggunaan jarum suntik
  • Tidak berhubungan intim apabila didiagnosis menderita penyakit seksual sampai dinyatakan sembuh

 

Demikianlah penjelasan mulai dari apa yang dimaksud penyakit menular seksual hingga cara mencegahnya. Semoga memperluas wawasan Kawan Literasi mengenai penyakit seksual beserta pencegahannya dan jangan lupa untuk baca artikel lainnya di Studio Literasi ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Penyakit Menular Seksual: Penyebab & Cara Pencegahannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]