1. Kelas 12 Sejarah
  2. Uncategorized

Sejarah Perang Dingin: Latar Belakang hingga Akhir Perang

Perang Dingin merupakan perseteruan antara Blok Barat dan Blok Timur, yang melibatkan Amerika Serikat dan juga Uni Soviet. Perang ini berlangsung semenjak Perang Dunia II berakhir pada 1947 hingga bubarnya Uni Soviet di tahun 1991. Apa saja yang terjadi selama perang dingin? Bagaimana perang dingin berakhir? Untuk mengetahuinya, simak artikel Studio Literasi kali ini hingga selesai, ya!

Asal Muasal Istilah Perang Dingin 

Sumber: e-ir info

Saat penghabisan masa Perang Dunia II, seorang jurnalis asal Inggris, George Orwell, menggunakan istilah perang dingin untuk esainya yang berjudul “You and the Atomic Bomb”. Esai tersebut diterbitkan oleh sebuah surat kabar Inggris bernama Tribune pada 19 Oktober 1945. Intinya, esai tersebut memberi gambaran tentang dunia yang sedang di bawah ancaman perang nuklir. 

Sebelum itu, istilah perang dingin dicetuskan pertama kali oleh seorang ahli keuangan Amerika dan penasihat presiden, Bernard Baruch. Istilah ini dipakai untuk mendeskripsikan ketegangan geopolitik antara Uni Soviet dan negara satelitnya dengan Amerika Serikat dan sekutu Eropa Barat-nya setelah Perang Dunia II. Baruch pada pidatonya di South Carolina pada 16 April 1947 menyatakan, “Janganlah kita tertipu. Hari ini kita ada di tengah-tengah perang dingin.”. 

Seorang reporter yang juga komunis dari surat kabar Walter Lippmann pun menjelaskan panjang lebar tentang Perang Dingin dalam sebuah buku “The Cold War”. Saat ditanya pada tahun 1947 mengenai sumber istilah perang dingin, Ia menyebutkan bahwa istilah itu merujuk kepada istilah Prancis dari tahun 1930-an, la guerre froide

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Latar Belakang Perang Dingin 

Sumber: katadata

Perang Dingin konon terjadi setelah Perang Dunia II berakhir, terlihat semenjak hubungan Amerika Serikat dan Uni Soviet merenggang. Meski saat Perang Dunia II keduanya berada pada blok yang sama yaitu blok Sekutu, perbedaan ideologi keduanya membuatnya saling bersitegang. Amerika Serikat selalu waspada terhadap berkembangnya komunisme Uni Soviet. Sebaliknya, Uni Soviet juga tidak menyukai perilaku Amerika Serikat yang mengucilkannya dalam komunitas Internasional.  Aliansi Amerika Serikat, Inggris, serta Uni Soviet mulai terpecah dan bibit-bibit kebencian pun berubah menjadi rasa saling tidak percaya dan permusuhan. 

Perang Dingin melibatkan negara Blok Barat dan Blok Timur. Blok Barat dipimpin oleh Amerika Serikat bersama beberapa negara yang tergabung dalam NATO, sementara Blok Timur dipimpin oleh Uni Soviet dengan beberapa negara satelitnya. Blok Barat menganut liberalisme dan kapitalisme, sementara Blok Timur menganut komunisme dan sosialis. 

Baca juga: Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya

Peristiwa Seputar Perang Dingin

1. Krisis Kuba

Sumber: wikipedia

Setelah jatuhnya presiden Fulgencio Batista pada tahun 1959, rezim pro Amerika Serikat berhasil didirikan oleh Fidel Castro. Selama beberapa waktu, relasi antara Fidel Castro dan Eisenhower (Amerika Serikat) berjalan dengan baik, namun Amerika mulai menolak pengurangan ketergantungan ekonomi Kuba atas Amerika. Oleh karena itu, potensi masuknya bantuan dari Eropa Timur pun terbuka. Akan tetapi, Kuba mulai berupaya untuk melakukan perdagangan senjata dengan Uni Soviet pada tahun 1961. Di tahun tersebut, John F. Kennedy juga berusaha untuk menguasai Kuba, namun mengalami kegagalan, sehingga kekuasaan Kuba telah resmi berpusat ke Eropa Timur. 

Pada bulan Februari 1962, Nikita Kruschev mulai memasang rudal nuklir di Kuba, kemudian Amerika Serikat pun memberlakukan blokade dan ultimatum kepada Kuba dan Soviet. Setelah itu, pada 1964, Kruschev berhasil dijatuhkan dan kondisi di Kuba pun mereda.

2. Persaingan Teknologi Luar Angkasa

Sumber: international sindonews

Di bidang teknologi, selain nuklir, Amerika Serikat dan Uni Soviet bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam penjelajahan luar angkasa. Untuk pertama kalinya, Uni Soviet meluncurkan satelit Sputnik ke orbit bumi pada bulan Agustus 1957, lalu mengirim manusia pertama ke luar angkasa, yaitu Yuri Gagarin. Program luar angkasa Uni Soviet yaitu
Vostok dan Soyuz. 

Sebagai tandingannya, Amerika membuat program Apollo untuk mendaratkan manusia di bulan dan berhasil mendaratkan 3 orang di bulan. Lalu, program luar angkasa Amerika Serikat mencakup Mercury, Gemini, dan Apollo. Persaingan ini adalah bentuk perebutan pengaruh negara-negara lain. 

3. Perang Korea

Sumber: britannica

Perang korea berlangsung selama 3 tahun, mulai dari tahun 1950-1953. Pada perang ini, Kim Il Sung didukung oleh Stalin untuk menyerang Korea Selatan, dan pasukan PBB mempertahankan Korea Selatan. Peperangan ini membuka perang antara NATO dan komunis Cina. 

Semenjak Stalin wafat di tahun 1953, gencatan senjata pun dilakukan. 

Korea Utara pun dipimpin oleh Kim Il Sung, sementara Korea Selatan dipimpin oleh Rhee Syng Man sampai tahun 1960 Ia dijatuhkan. Setelah sistem multipartai kembali diberlakukan pada 1987, situasi Korea Selatan pun membaik. 

Baca juga: Seluk-Beluk Perang Dunia 2: Penyebab hingga Akhir Peperangan

4. Perang Vietnam

Sumber: thirteen

Perang Vietnam berlangsung selama 19 tahun, mulai tahun 1955-1975. Perang ini melibatkan Vietnam Utara (Hanoi) dan Vietnam Selatan (Saigon). Vietnam Utara didukung oleh komunis, sementara Vietnam Selatan didukung oleh SEATO. Perang yang berlarut-larut membuat Amerika Serikat memutuskan meninggalkan Vietnam, membuat Ho Chi Minh berhasil mengalahkan Vietnam Selatan dan membangun negara komunis. 

5. Marshall Plan dan Doktrin Truman

Sumber: history

Presiden Amerika Serikat, Harry Truman, mencetuskan doktrin kontainmen yang maknanya mengirimkan bantuan agar sebuah negara tidak jatuh ke dalam kekuasaan komunis. Kebijakan ini mulai diberlakukan semenjak Perang Yunani melawan komunis yang didukung oleh Yugoslavia. Doktrin Truman ini berlaku setiap ada perebutan kekuasaan seperti Vietnam, Korea, dan beberapa negara lainnya. 

Sementara itu, Marshall Plan atau Rencana Marshall merupakan bantuan aliran dana untuk negara-negara yang membutuhkan rekonstruksi setelah perang dunia. Dengan menerima bantuan ini, sebuah negara secara tidak langsung berada dalam pengaruh blok barat, dan menjauhi blok timur. Bantuan ini memungkinkan negara untuk pulih dan mengalahkan serangan dari komunis. Salah satu bentuknya adalah membeli negara-negara yang tadinya berada di bawah kekuasaan Uni Soviet untuk membelot, seperti Cekoslowakia. 

Baca juga: Kilas Balik Periode Demokrasi Terpimpin di Indonesia

Akhir Perang Dingin 

Pada bulan Maret 1985, Gorbachev, yang merupakan pemimpin baru Uni Soviet pun meluncurkan kebijakan Glasnost (keterbukaan) dan gerakan politik Perestroika (restrukturisasi pemerintahan) pada tahun 1986. Kebijakan dan gerakan politik tersebut dibuat untuk memperbarui kebijakan ekonomi, politik, serta sistem kenegaraan Uni Soviet. 

Kebijakan ini menghentikan perlombaan militer, salah satunya melalui diperbolehkannya masuknya modal asing. Kemudian, hal ini juga diimbangi dengan perbaikan relasi bersama Amerika Serikat, George Bush, serta menyetujui reunifikasi Jerman. 

Kebijakan ini membuat militer Soviet berhenti memberikan dukungan, kemudian negara-negara satelitnya mulai memerdekakan diri pada tahun 1989. Pada 1991, terdapat upaya kudeta dengan membunuh Gorbachev. Namun upaya kudeta ini gagal dan membuat Uni Soviet dibubarkan pada 25 Desember 1991 agar tidak terjadi perpecahan lebih jauh. 

Baca juga: Konflik & Perjalanan Politik Apartheid di Afrika Selatan

Itu dia ulasan singkat materi Perang Dingin, Kawan Literasi. Semoga pembahasan kali ini menambah wawasan kalian tentang sejarah dunia, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sejarah Perang Dingin: Latar Belakang hingga Akhir Perang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]