1. kelas 11 Sejarah

Seluk-Beluk Perang Dunia 2: Penyebab hingga Akhir Peperangan

Perang Dunia 2 adalah perang yang melibatkan banyak negara, mulai dari Asia hingga Eropa yang berlangsung pada September tahun 1939 hingga September tahun 1945. Negara-negara tersebut memiliki perjanjian dan membentuk aliansi untuk saling bekerja sama selama peperangan berlangsung. 

Sama halnya dengan Perang Dunia 1, Perang Dunia 2 juga melibatkan aliansi beberapa negara, yaitu Blok Poros dan Blok Sekutu. Lantas siapa saja yang terlibat, apa yang menyebabkan meledaknya Perang Dunia 2 dan bagaimana kronologinya? Simak ulasan materi Studio Literasi kali ini hingga akhir!

Penyebab Perang Dunia 2 

Sumber: britannica

Sebelum lebih jauh membahas kronologi Perang Dunia 2, mari simak latar belakang terjadinya Perang Dunia 2: 

  1. Perjanjian Versailles

Perang Dunia 1 diakhiri dengan kekalahan Jerman dan adanya Perjanjian Versailles. Perjanjian tersebut mengharuskan Jerman untuk merelakan salah satu kawasannya diambil alih dan membayar hutang perang pada semua negara korban perangnya sebanyak 132 milyar gold mark (mata uang Jerman sebelum Euro). Perjanjian tersebut juga membatasi kegiatan kemiliteran Jerman. Jerman yang tengah mengalami krisis ekonomi kecewa dan berniat untuk melakukan balas dendam.

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  1. Kebijakan Appeasement 

Kebijakan Appeasement juga melatarbelakangi terjadinya Perang Dunia 2, di mana Inggris dan Perancis ‘mengalah’ kepada Jerman untuk menghindari peperangan, berharap agar Jerman tidak melanjutkan serangannya ke wilayah lain yang bisa menimbulkan ancaman bagi kestabilan Eropa secara lebih besar lagi. 

Salah satu kebijakan Appeasement oleh Inggris yaitu membiarkan pasukan Jerman menempati Rhineland, yang adalah wilayah zona demiliterisasi berdasarkan Versailles. Kebijakan Appeasement lainnya yang paling dominan adalah perjanjian Munich yang ditandatangani Inggris, Perancis, Jerman, dan Italia pada September 1938.

Saat itu, Jerman menyerang wilayah Sudetenland yang merupakan kekuasaan Cekoslovakia dan mengklaim wilayah tersebut sebagai wilayah Jerman raya. Lalu, disepakatilah perjanjian Munich agar peperangan tidak akan terjadi akibat tuntutan Jerman yang tidak dipenuhi. Inggris dan Perancis pun berharap Sudetenland menjadi kawasan terakhir yang diklaim oleh Jerman, tetapi sayangnya kenyataannya tidak.  

Baca juga: Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok, Kronologi, & Tokoh

Perjanjian tersebut mengesahkan kekuasaan Jerman pada area Sudetenland, namun tidak menyertakan Cekoslovakia sebagai pemilik sahnya, sehingga Ceko protes pada Inggris dan Perancis. Namun, protes tersebut tidak menjadikan perjanjian Munich berubah. 

Pada 1 September 1939, Jerman pun menyerbu Polandia dan menandakan dimulainya Perang Dunia 2. Inggris dan Perancis pun kemudian meninggalkan kebijakan Appeasement, menyerukan perang pada Jerman di 3 September 1939. 

  1. Berkembangnya Paham Fasisme & Doktrin Ultra-nasionalisme

Sumber: britannica

Sebelum menyerbu Polandia, Jerman terlebih dulu menjalin perjanjian dengan beberapa negara yang terlibat di Perang Dunia 2. Yang pertama adalah Pakta poros Roma-Berlin pada bulan Mei 1936 dengan Italia, kemudian pakta anti Komintern (Komunis internasional) pada bulan November 1936 dengan Jepang. Melalui kedua perjanjian tersebut, ketiga negara itu terikat dalam sebuah aliansi militer yang disebut Blok Axis atau Poros. 

Masing-masing negara pada Blok Axis memiliki partai politik yang menguasai dan menganut fasisme, diantaranya partai Fascis Italiani oleh Italia, partai National Sozialistiche Deutsche Arbeiter Partij (NAZI) oleh Jerman. Sedangkan fasisme Jepang dikembangkan oleh Perdana Menteri Hideki Tojo. Ketiga negara tersebut akhirnya membentuk sebuah aliansi Poros Roma-Berlin-Tokyo. 

Di Jepang sendiri terdapat doktrin Hakko I-Chiu yang artinya dunia delapan penjuru dalam satu atap. Dengan doktrin tersebut, Jepang menganggap bahwa Jepang akan memimpin asia timur raya untuk membangun kemakmuran. Sedangkan, di Jerman, terdapat doktrin Lebensraum yang artinya ruang hidup. Jerman merasa menjadi negara yang lebih unggul dari yang lain, dengan Ras Arya (ras yang paling dominan di Jerman) yang merupakan pemimpin yang ditakdirkan untuk memimpin dunia. Di Italia, kemunculan fasisme diawali dari kepemimpinan Benito Mussolini yang pada 1922 dilantik menjadi Perdana Menteri. Seiring waktu, ia memaksa raja untuk memberikan tahta kerajaan kepadanya, kemudian mengukuhkan diri sebagai Il Duce (Sang pemimpin). 

  1. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam Penyelesaian Konflik

Sumber: nationaltoday

Misi yang dipunyai Liga Bangsa-Bangsa untuk menciptakan perdamaian dunia gagal sebab adanya kompetisi antar negara maju serta timbulnya politik aliansi. Salah satu kegagalan LBB terlihat dari gagalnya penyelesaian konflik Jerman serta Polandia, di mana Hitler menganggap salah satu kota di Polandia yaitu Danzig adalah hak negara Jerman, sementara Polandia menolaknya, lalu timbullah serangan dari pihak Jerman. Pertempuran pun tidak terelakkan

Baca juga: Indische Partij : Sejarah, Tujuan dan Program Kerjanya

Front Pertempuran Perang Dunia 2 

Sumber: commons wikimedia

Perang Dunia 2 terjadi di beberapa wilayah, yang melibatkan Blok Sekutu dan Blok Axis. Blok Sekutu memiliki beberapa negara utama, yakni Inggris, Amerika Serikat, Uni Soviet, serta China. Di awal peperangan, Blok Sekutu terdiri dari Inggris, Perancis, Polandia, serta beberapa negara jajahannya. Sedangkan, Blok Axis atau Blok Poros, terdiri dari beberapa negara yang telah menandatangani Pakta Tripartit, diantaranya Hungaria, Rumania, Slovakia, Bulgaria, Yugoslavia, serta Kroasia. Berikut adalah ulasan singkat terjadinya peperangan di beberapa front saat Perang Dunia 2:

Front Eropa 

Adolf Hitler, pemimpin Jerman, mencoba menduduki Polandia. Pada 1 September 1939, Jerman melakukan penyerangan ke Polandia. Dua hari berselang, Inggris dan Perancis pun menyatakan perang terhadap Jerman. 

Berikut adalah beberapa invasi yang dilakukan Jerman di Eropa: 

  • Jerman menyerang Norwegia dan Denmark utara, serta mencoba menyerang Perancis. 
  • Jerman menyerbu Belanda pada 10 Mei 1940 dan mengarahkan pasukannya ke Mordijk, Rotterdam, Doordrecht, dan Deen Hag. Namun, Belanda menyerah ke Jerman pada 14 Mei 1940. 

Front Afrika Utara

Kawasan Afrika merupakan area perang Italia dan Jerman melawan Inggris serta beberapa sekutu. Pada tahun 1940, Italia menyerang Mesir, namun Inggris berhasil menggagalkan serangan tersebut. Inggris akhirnya bisa menggempur Jerman di Mesir, tepatnya pada pertempuran di kota El-Alamien yang merupakan perbatasan Libya-Mesir, pada 23 Oktober 1942. 

Akhirnya, Sekutu berhasil membebaskan Afrika Utara dan Timur di tahun 1943. Italia, karena kalah pada perang front Afrika, memiliki perjanjian Paris dengan Sekutu di bulan Februari 1947.

Front Asia Pasifik 

Jepang pada Desember 1941 menyerang Pearl Harbour, pangkalan Amerika di Pasifik, untuk menyerang angkatan laut Amerika di wilayah Pasifik. Lalu, Jepang menyatakan perang pada Amerika dan perang Pasifik antara Amerika dan Jepang pun mulai. Amerika pun akhirnya bergabung pada Blok Sekutu dan ikut serta ke Perang Dunia 2. 

Akhir Perang Dunia 2

Sumber: shutterstock

Perang Dunia 2 mencapai puncaknya pada 12 Januari 1945, Soviet membebaskan Polandia barat sebagai langkah untuk membuat Hungaria, bagian dari Blok Poros, menyerah. Lalu, di bulan Februari 1945, Blok Sekutu mengebom kota Dresden di Jerman. Soviet juga melakukan penyerangan terakhir di Berlin, ibu kota Jerman. Namun, saat Soviet menduduki Kantor Perdana Menteri Reich, Hitler bunuh diri, tepatnya pada 30 April 1945. 

Jerman akhirnya menyerah tanpa syarat pada Sekutu di Reims pada 7 Mei 1945, dan menyerah pada Soviet di Berlin, pada 9 Mei 1945. 

Jepang, dijatuhi bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika Serikat, harus merasakan jatuhnya korban jiwa sebanyak 120.000 orang. Pada akhirnya, Jepang pun menyerah dengan menandatangani surat penyerahan diri di kapal perang Amerika Serikat, USS Missouri, pada 2 September 1945, dan hal tersebut menandakan akhir dari Perang Dunia 2. 

Baca juga: Konflik & Perjalanan Politik Apartheid di Afrika Selatan

Itu dia ulasan singkat materi Perang Dunia 2, mulai dari penyebab, kronologi, hingga akhir peperangan. Semoga semakin menambah wawasan Kawan Literasi semua!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Seluk-Beluk Perang Dunia 2: Penyebab hingga Akhir Peperangan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]