1. Pengetahuan Umum

Kenali Perbedaan CPNS dan PPPK yang Wajib Kalian Ketahui

Adakah Kawan Literasi yang ingin jadi CPNS atau PPPK? Bagi kalian yang tertarik untuk berkarir menjadi aparatur sipil negara (ASN) seperti CPNS maupun PPPK, wajib banget membaca artikel ini sampai habis, ya.

Pada kesempatan kali ini, SMA Studio Literasi akan membagikan informasi mengenai perbedaan CPNS dan PPPK, lho. Yuk, langsung saja kita kupas tuntas mengenai pengertian sampai perbedaan CPNS dan PPPK mulai dari proses seleksi, sampai hak yang didapatkan oleh para pekerjanya!

Apa itu CPNS dan PPPK?

Apa Itu CPNS dan PPPK (sumber - Detik)
Apa Itu CPNS dan PPPK (sumber – Detik)

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi istilah yang tak asing di telinga kita. Yup, sesuai dengan singkatannya, CPNS merupakan seluruh pelamar yang berhasil lolos di tahap seleksi penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Nah, ternyata, setelah mereka lulus akan menjalani sebuah masa uji coba dalam kurun waktu lebih dari 1 tahun. Barulah setelah uji coba berhasil dilewati, CPNS akan dinilai kinerja dan kompetensinya sebelum diangkat menjadi pegawai PNS tetap.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini menjadi bagian dari ASN yang akan bekerja untuk memberi pelayanan kepada masyarakat secara profesional, seperti misalnya melayani tugas administrasi, menjadi tenaga pengajar, serta pekerja sektor lain yang dibutuhkan publik.

Sementara itu, definisi PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja merupakan seorang WNI yang telah memenuhi syarat dan diangkat menjadi pegawai berdasarkan perjanjian kerja dalam kurun waktu tertentu. 

Tugasnya sama seperti PNS, yakni untuk melayani publik dan melaksanakan tugas pemerintah. Perbedaannya dengan CPNS adalah PPPK dapat membantu kinerja pemerintah dengan keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh seorang PNS secara cepat.

Mari Ketahui Apa Perbedaan CPNS dan PPPK!

Ketahui Perbedaan CPNS dan PPPK (sumber - Ruang Riau)
Ketahui Perbedaan CPNS dan PPPK (sumber – Ruang Riau)

Setelah mengetahui definisi dari masing-masing CPNS dan PPPK, mari kita lanjutkan pembahasan mengenai perbedaan antara keduanya, yuk!

1. Proses Seleksi CPNS dan PPPK

Nah, perbedaan CPNS dan PPPK pertama yakni dari proses seleksinya. Untuk dapat mengikuti seleksi CPNS, Kawan Literasi harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Sedangkan, untuk seleksi PPPK, kalian disyaratkan memiliki usia minimal 20 tahun dan maksimal 59 tahun bagi guru.

Proses seleksi CPNS memiliki dua tahap, yakni SKD dan SKB. Bagi tahapan SKD, kalian akan mendapat 110 soal dengan 3 kategori, yakni TIU (Tes Intelegensi Umum), TKP (Tes Karakteristik Kepribadian), dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Baru setelah dinyatakan lolos, Kawan Literasi akan mengikuti tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang).

Bagi proses seleksi PPPK, kalian akan menghadapi 4 kriteria soal seperti kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosiokultural sampai tahap wawancara. Khusus untuk PPPK Guru, Kawan Literasi diperbolehkan untuk mengikuti seleksi maksimal 3 kali dalam satu tahun.

2. Waktu Seleksi

Perbedaan CPNS dan PPPK kedua yakni waktu seleksinya. Dimana tes seleksi CPNS seringnya akan dilaksanakan terlebih dahulu sebelum seleksi PPPK.

3. Masa Kerja

Perbedaan CPNS dan PPPK yang ketiga adalah masa kerja. Dimana untuk seorang CPNS yang berhasil menjadi PNS akan diangkat sebagai pegawai tetap yang memiliki Nomor Induk Nasional (NIP) dan kedepannya akan mendapat jenjang karir.

Sementara itu, PPPK terikat dalam perjanjian kontrak dalam kurun waktu minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun. Namun, perjanjiannya dapat diperpanjang sampai 30 tahun tergantung kompetensi dan kinerja yang dimiliki.

4. Jabatan dan Jenjang Karir

Perbedaan CPNS dan PPPK yang keempat adalah jabatan dan jenjang karirnya. Bagi CPNS yang diangkat menjadi PNS tentunya akan memiliki jabatan dan jenjang karir di masa depan. Sehingga, PNS dapat menjadi pegawai struktural dan fungsional sekaligus dalam jabatannya.

Hal tersebut berbeda dengan PPPK yang hanya bisa menjadi pegawai dengan jabatan fungsional, dikarenakan sifatnya adalah pegawai kontrak. Namun, PPPK dapat menjadi pejabat tinggi di suatu lembaga secara langsung tanpa mengikuti jenjang karir.

5. Status Kepegawaian

Perbedaan CPNS dan PPPK non guru/guru yang kelima dapat dilihat dari status kepegawaiannya. Seperti CPNS yang memiliki status pegawai tetap, PPPK berbanding terbalik yakni hanya mempunyai status pegawai kontrak.

6. Hak

Perbedaan CPNS dan PPPK yang terakhir adalah dari segi hak pekerjanya yang terletak pada dana pensiun. Seorang CPNS akan tetap mendapat gaji berupa dana pensiun yang cair setiap bulannya walaupun sudah tidak aktif menjalankan tugas sebanyak 80% dari gaji pokoknya. Berbeda halnya dengan PPPK yang tidak mendapat dana pensiun karena status kepegawaiannya kontrak.

Baca juga: Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan

Demikian informasi yang berhasil kami rangkum mengenai perbedaan CPNS dan PPPK. Kini, sudahkah Kawan Literasi tahu bedanya antara CPNS dan PPPK? Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kawan Literasi semua, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kenali Perbedaan CPNS dan PPPK yang Wajib Kalian Ketahui

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]