1. Kelas 10 Biologi
  2. Uncategorized

Platyhelminthes: Pengertian, Karakteristik & Klasifikasinya

Halo kawan literasi. Kali ini pembahasannya akan menarik karena kita akan mempelajari suatu hewan kecil kasat mata dengan spesiesnya yang cukup beragam. Yap benar. Kita akan belajar tentang filum platyhelminthes. 

Nah, tunggu apa lagi. Simak terus penjelasan di bawah ini ya guys!

Pengertian Filum Platyhelminthes

Pengertian Platyhelminthes
Pengertian Platyhelminthes

Sebelumnya kita sudah membahas tentang filum Arthropoda, filum Mollusca (Hewan Lunak) dan filum Echinodermata. Mereka termasuk ke dalam keluarga kingdom animalia, tak terkecuali filum Platyhelminthes. Yap, setiap filum mempunyai karakteristik sendiri-sendiri

Kata Platyhelminthes berasal dari bahasa Yunani yaitu “platy” yang berarti pipih dan “helminthes” adalah cacing. Jadi, mereka itu adalah cacing pipih atau cacing pita. Namun keberadaannya sebagian besar menjadi parasit bagi induk yang ditumpanginya. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Cacing pipih atau cacing pita merupakan hewan lunak tanpa tulang belakang yang hidup bebas di alam. Mereka bisa hidup di organisme lain, darat maupun di air. Pasalnya, jumlah spesies yang telah diketahui sekitar 13.000 spesies menyebar di seluruh belahan dunia. 

Baca Juga:Mengenal Definisi Mollusca, Karakteristik dan Klasifikasinya

Karakteristik Filum Platyhelminthes

Selanjutnya, kita mengenal lebih jauh mengenai ciri-ciri filum platyhelminthes. Secara umum mereka mempunyai tubuh berbentuk pipih dorsoventral (tubuh tersusun lapisan atas dan bawah) dan tidak mempunyai segmen seperti filum Arthropoda. Mereka juga sensitif terhadap rangsangan cahaya.

Secara fisik, panjang mereka hanya sekitar 2-3 cm. Namun ada spesies bernama Bipalium yang hidup di kondisi lembab yang bisa mencapai 60 cm.  

Struktur dan Fungsi Tubuh

Selanjutnya struktur dan fungsi tubuhnya cukup berbeda dengan cacing biasa. Adapun beberapa struktur dan fungsi tubuh filum platyhelminthes yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  1. Termasuk ke dalam hewan triploblastik atau mempunyai tiga lapisan sel tubuh yaitu bagian terluar (ektoderm), bagian tengah (mesoderm), dan bagian dalam (endoderm).
  2. Tubuhnya berbentuk simetris bilateral, yaitu terbagi menjadi dua sisi sama besar.
  3. Termasuk ke dalam hewan aselomata atau tidak mempunyai ronggah tubuh yang jelas.
  4. Sistem respirasi dilakukan melalui permukaan tubuh.
  5. Hermaprodit (alat reproduksi jantan dan betina berada di dalam satu tubuh).
  6. Tidak ada rongga tubuh untuk melakukan pertukaran gas.
  7. Sistem ekskresi sederhana, yang berfungsi untuk menjaga tekanan osmotik dalam tubuh dan lingkungannya. 
  8. Daya regenerasi yang tinggi, itulah mengapa ketika kita memotong bagian tubuh hewannya, maka mereka bisa mengganti bagian tubuh yang rusak dengan sel baru.
  9. Rongga pencernaan  (gastrovaskular) dengan satu lubang.
  10. Sebagian besar hidup sebagai parasit yang menumpang pada tubuh inangnya (manusia atau hewan) dan sebagian kecilnya hidup terbesar di bebatuan, darat, dan perairan. 

Baca Juga: Enchinodermata: Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasinya

Klasifikasi Filum Platyhelminthes

Nah, pada bagian ini kita akan kenalan dengan masing-masing kelas dari filum Platyhelminthes. Daripada penasaran, yuk simak penjelasan ini sampai akhir ya!

Kelas Turbellaria

Turbellaria
Turbellaria

Pertama, ada kelas Turbellaria. Mereka dijuluki sebagai cacing rambut getar karena mempunyai silia di seluruh permukaan tubuhnya sebagai alat gerak. Tak hanya itu cacing pipih dalam kelas ini mempunyai bentuk kepala segitiga dan bintik mata untuk membedakan gelap dan terang.

Mereka mempunyai organ tubuh sederhana seperti mulut, faring, esofagus dan juga usus halus. Tak hanya itu, daya regenerasinya yang tinggi sehingga membuatnya bisa memperbaiki bagian tubuhnya yang hilang layaknya “hewan abadi”.

Filum platyhelminthes dalam kelas turbellaria ini termasuk ke dalam golongan karnivora. Cacing ini banyak menghuni daerah-daerah lembab seperti kolam, sungai, gua,  dedaunan, maupun batu-batuan. Mereka bukanlah parasit atau sebagai hewan pengganggu bagi makhluk hidup lain. Contohnya adalah Planaria sp. 

Kelas Trematoda

Trematoda
Trematoda

Kemudian terdapat kelas Trematoda. Ciri khas mereka yaitu terdapat alat penghisap dengan kait yang terdapat di dalam mulutnya. Bukan tanpa tujuan, bagian tubuh itu mereka gunakan supaya tidak ikut tercerna ketika di dalam tubuh inang. Tak hanya itu, mereka mempunyai sistem percernaan yang sederhana seperti mulut, faring, esofagus dan usus halus. 

Contoh spesies yang cukup familiar adalah Fasciola hepatica. Spesies ini banyak menyinggahi hati manusia dan bersifat sangat parasit. Tubuhnya berukuran 8-13 milimeter dan susunan tubuh triploblastik. Namun sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. 

Kelas Cestoda

Cestoda
Cestoda

Pada kelas cestoda, kalian akan menemukan ciri-ciri tubuh yang khas dari pada filum Platyhelminthes lainnya. Yap, bentuk tubuhnya seperti pita. Eits jangan heran ya, meskipun bentuknya cantik, tapi cacing pipih ini cukup berbahaya lho, kawan literasi!

Mereka hidup sangat bergantung pada inang, Dalam siklus hidupnya mereka membutuhkan dua inang. Saat menjadi larva, mereka hidup di otot, hati, otak atau subkutan inangnya. Namun jika sudah menjadi cacing pita dewasa mereka migrasi ke saluran pencernaan inangnya. 

Kelompok cacing yang menginfeksi ini sebagian besar dari famili Tetrabothiriidae, Aphelinidae, dan Cephalo Chlamydiae. Mereka bergerak menggunakan silia dan bereproduksi secara aseksual. 

Cacing ini banyak menjangkit ikan, sapi, babi, dan juga manusia. Beberapa spesies yang terkenal antara lain Taenia solium dan Taenia saginata yang banyak menginfeksi babi dan sapi. Manusia bisa tertular jika mengkonsumsi daging sapi yang terkontaminasi.

Kelas Monogenea

Monogenea

Terakhir ada kelas monogenea. Filum platyhelminthes pada kelas ini banyak menyerang hewan pisces, amphibi maupun reptilia. Mereka mencari makan dengan cara menyerap lendir, darah dan sel-sel epitel dari sel-sel tubuh inangnya.  

Kelas ini bersifat parasit dan tidak mempunyai rongga tubuh. Ciri khas kelas ini adalah memiliki organ seperti kait pada bagian belakang yang disebut dengan haptor. Pada cacing dewasa, tubuhnya memiliki dua haptop yaitu untuk makan (prohaptor) dan untuk menempel (opisthaptor). 

Kelas monogenea dari filum Platyhelminthes mempunyai sistem pencernaan sederhana dan tidak mengalami reproduksi aseksual. Spesies yang terkenal adalah Neobenedenia, yang hidup pada sirip dan insang ikan.  

Baca Juga: Mengenal Coelenterata: Definisi, Struktur Tubuh, Bentuk Tubuh & Klasifikasinya

Kesimpulan

Filum platyhelminthes adalah salah satu filum dari kingdom animalia. Ia merupakan filum cacing pipih yang sebagian besar hidup sebagai parasit di tubuh inangnya. Secara keseluruhan, tubuhnya tersusun dari rongga triploblastik dan sistem pencernaannya yang sangat sederhana. 

Namun, perlu diingat, hewan ini sangat berbahaya oleh karena itu, kita sebagai manusia harus berhati-hati dan waspada terhadap menu harian yang kita konsumsi. Pastikan ia tak hanya bebas dari bakteri dan kotoran namun juga bebas dari kontaminasi parasit.

Oke,sampai jumpa ya kawan literasi dan semoga bermanfaat! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Platyhelminthes: Pengertian, Karakteristik & Klasifikasinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]