1. Kelas 12 Sejarah

Konflik & Perjalanan Politik Apartheid di Afrika Selatan

Tahukah kamu di Afrika Selatan pernah ada politik apartheid yang memisahkan penduduk berdasarkan warna kulit, loh. Sistem ini kemudian menyebabkan konflik dan berdampak pada masyarakat pada saat itu. Yuk, mari kita kita bahas apa itu politik apartheid, asal usulnya, hingga dampak konfliknya!

Asal Usul Politik Apartheid

Sebelum membahas mengenai apa yang dimaksud dengan politik apartheid, yuk kita simak dulu latar belakang pencetusan politik tersebut.

Pada tahun 1652, Belanda mulai menjajah Afrika Selatan dan menguasai semua sumber daya alam. Tidak berapa lama, Inggris datang dengan tujuan yang sama sehingga mengakibatkan  perang dan saat itu yang memenangkan adalah Inggris. Kemenangan tersebut membuat Inggris mendirikan sebuah negara yakni Union of South Africa. 

Inggris memperlakukan banyak suku yang mendiami Afrika Selatan dengan sangat buruk. Francois Malan yang merupakan Perdana Menteri mengizinkan rasialisme terhadap masyarakat dengan kulit hitam untuk dilegalkan. Dari sinilah bermula Politik Apartheid yang mengistimewakan orang berkulit putih. 

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Apa yang Dimaksud dengan Politik Apartheid?

Politik apartheid adalah politik pemisahan penduduk berdasarkan berdasarkan warna kulit. Penduduk dengan warna kulit putih mendapatkan hak yang lebih istimewa daripada warna kulit lainnya. Sistem politik ini berjalan di Afrika Selatan pada tahun 1948 – 1993. 

Implementasi dari politik apherteid ini berada di bawah pemerintahan kolonial Belanda dan Britania, beserta Pemerintah Orang Afrika Selatan. Pemerintah Nasionalis menganjurkan pemisahan warna kulit dengan tersistematisasi hukum, menggolongkan semua orang dalam 3 kompetisi, hak perkembangan dan batasan sesuai dengan warna kulit masing-masing, dan hukum kelulusan. 

Kebijakan pemisahan pada politik Apartheid telah menggambarkan secara jelas mengenai bagaimana kakunya pemerintah mengatur pembagian populasi penduduk. Kemenangan Partai Nasional Apartheid menjadi bagian dari kampanye pada tahun 1948 dan menjadikan kebijakannya kebijakan politik Afrika selatan. Undang-undang Apartheid kemudian terbagi menjadi tiga kelompok yakni ras putih, ras hitam, dan campuran. 

Hukum ini mengkategorikan setiap anggota dari kelompok untuk mengatur pola hidup, pekerjaan, hingga jenis pendidikan. Adanya hukum ini telah melarang setiap orang untuk kontak sosial antar ras, pemisahan fasilitas umum, dan menyangkal representasi non kulit putih dalam pemerintah nasional. Orang-orang yang menentang hukum ini akan dianggap komunis.

Konflik ini terjadi di afrika selatan termasuk konflik rasisme yang sangat kuat. Rasisnya pemerintah menerapkan peraturan membuat banyak orang memperjuangkan hak mayoritas untuk melawan dominasi minoritas kulit putih. 

Dampak Politik Apartheid

Protes untuk menghapus politik apartheid
Protes untuk menghapus politik apartheid (Sumber: Dokumentasi history)

Peraturan yang sangat ketat dan rasis berdampak negatif terhadap masyarakat Afrika Selatan. Dampak dari peristiwa ini mampu mempengaruhi banyak aspek, antara lain seperti sosial, ekonomi, dan politik. Konflik ini membuat terlahir gerakan yang menentang politik apartheid. 

Salah satu gerakan yang menentang ini dalah African National Congress (ANC) dan Pan Africanist Congress (PAC). Gerakan ini bertujuan untuk memprotes peraturan tersebut  yang berdampak pada kehidupan mereka. Demonstran beraksi di kantor polisi Sharpeville. Tidak lama setelah demo, terjadi pawai, pemogokan, dan kerusuhan seluruh negeri hingga pemerintah menyatakan keadaan darurat. Sekitar 18.000 orang ditahan atas kejadian ini dan akhirnya terjadinya peristiwa pelarangan dua organisasi tersebut. Lalu, kejadian ini membuat Majelis Umum PBB mengumumkan bahwa politik apartheid adalah kejahatan manusia.

Kecaman keras dari dunia internasional akhirnya membuatnya berakhir. Frederik Willem de Klerk mengumumkan penghapusan sistem politik apartheid pada 21 Februari 1991 di hadapan sidang parlemen Afrika Selatan. Beliau juga menyelenggarakan pemilihan umum presiden dapat dilakukan tanpa pembatasan rasial. Pada tahun 1994, pemilu presiden Afrika Selatan dimenangkan oleh Nelson Mandela. 

Nelson Mandela sebagai Tokoh Penentang Apartheid

Presiden Nelson Mandela
Presiden Nelson Mandela sebagai presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan (Sumber: The City Celeb)

Salah satu tokoh publik menentang praktik apartheid adalah Nelson Mandela. Dalam perjuangannya, ia melakukan beberapa hal yang berdampak besar.

1. Bergabung Kongres Nasional Afrika (ANC)

ANC merupakan partai politik yang berdiri sejak tahun 1912 dengan tujuan melindungi hak kulit hitam. Nelson Mandela ikut bergabung dengan kongres ini dan mendorong pembangkangan terhadap pemerintahan apartheid. 

Perjuangan Mandela berlanjut pada 1961 dengan ikut serta mendirikan Umkhonto we Sizwe. yakni sebuah cabang senjata ANC yang bertujuan untuk mensabotase dan menggunakan taktik gerilya untuk menghancurkan sistem apartheid. Ia jugalah yang menjadi dalang gerakan mogok nasiona pada tahun 1963. 

2. Melalui Olahraga Rubi

Mandela dibebaskan pada 11 Februari 1990 oleh Frederick Willem de Klerk. Perjuangan Mandela telah mengantarkannya sebagai presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan. Ia berusaha menghilangkan aturan minor dan memberikan hak setara terhadap masyarakat kulit hitam. 

Masalah kemudian datang ketika Mandela menjadi presiden, terdapat konflik antar ras. Ia kemudian menyelesaikan masalah ini dengan mempersatukan golongan hitam dan putih melalui olahraga rugby. 

Olahraga rugby merupakan olahraga yang bisanya hanya dimainkan oleh golongan kulit putih. Berbagai pihak telah menentang ide ini. Setelah beberapa lama, Nelson Mandela berusaha untuk meminta bantuan tim rugby Afrika Selatan agar mensosialisasikan kesetaraan melalui olahraga tersebut.

Olahraga ini kemudian menjadi populer dan banyak disukai oleh masyarakat di Afrika Selatan. Dari sinilah bermulai olahraga rugby terkenal sebagai simbol pemersatu masyarakat Afrika Selatan.  

Itu tadi informasi lengkap mengenai apa itu politik apartheid, latar belakang, dan dampaknya bagi masyarakat Afrika Selatan. Semoga dapat membantu kamu memahami bahwa semua orang memiliki hak yang sama atas sesuatu terlepas dari warna kulit, golongan sosial, dan lainnya. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Konflik & Perjalanan Politik Apartheid di Afrika Selatan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]