1. Kelas 10 Biologi

Mengenal Porifera Sebagai Biota Laut Beserta Penjelasannya

Ada banyak jenis biota laut yang bisa kalian jumpai, termasuk porifera. Bagi, orang-orang awam, kebanyakan tidak mengetahui apa itu porifera. Ia bukanlah tumbuhan, melainkan hewan bersel banyak (multiseluler) dan sangat sederhana. 

Jika berenang di pantai, sedikit banyak akan menemukan makhluk hidup ini yang tumbuh di atas bebatuan atau permukaan lembut seperti pasir. Tak hanya itu, untuk melihatnya lebih jelas kalian bisa menyelam di laut dangkal untuk menemukan spesies berupa spons ini tumbuh menjamur di bawah sana. 

Daripada penasaran, mari kita bahas mengenai porifera, habitat klasifikasi dan struktur hingga kegunaannya. Simak terus ya!

Definisi Porifera

Definisi Porifera
Definisi Porifera

Porifera berasal dari bahasa Latin “porus” yaitu pori dan “fer” artinya adalah membawa. Jadi, makhluk ini adalah hewan berpori atau berongga. Nama lainnya adalah spons laut atau bunga karang. Filum porifera termasuk dalam kingdom animalia serta tidak memiliki tulang belakang (invertebrata). Ia juga masuk ke dalam kategori sel eukariotik atau organisme yang mempunyai nukleus dan sel membran namun bersifat primitif.

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Spons laut atau bunga karang mempunyai sel yang tidak terspesialisasi, tidak bersyaraf, tidak memiliki peredaran darah, dan memiliki kemampuan gerak yang sangat kecil. Sebagian besar makhluk ini mendapatkan oksigen dan  makanan dari aliran air yang melewati pori-porinya. 

Indonesia sebagai negara kepulauan dan maritim memiliki beragam spesies bunga karang. Melansir Jurnal Kelautan Tropis (2022), negara Indonesia setidaknya hanya mempunyai 8 sampai 11 spesies. Contoh porifera tersebut antara lain Niphates erecta, Pseudoceratina purpurea, dan Stylissa carteri.  Pertumbuhannya terbilang masif terhadap keanekaragaman biota laut.

Habitat Porifera

Bunga karang ini sebenarnya  tersebar di perairan belahan dunia. Sebagian besar mereka merimbun di air yang tenang dan bersih pada perairan dalam dan dangkal. Namun, beberapa sisanya ada yang hidup baik di perairan air tawar. 

Mereka hidup dengan cara menempel pada bebatuan, cangkang yang keras ataupun pasir. Contoh bunga karang yang hidup di perairan dalam antara lain Mycedium elephantotus dan Oxypora lacera. Mereka mampu hidup pada kedalaman 3-15 meter dan dapat ditemukan pada perairan Australia, Filipina, Indonesia, dan Papua Nugini. 

Baca Juga : Mengenal Struktur Sel Hewan & Tumbuhan Beserta Bagiannya!

Ciri-Ciri Porifera

Tentunya, bunga karang mempunyai ciri khas menonjol sehingga dapat dibedakan dari makhluk hidup yang lain. Berikut adalah karakteristiknya berdasarkan morfologi yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  1. Berbentuk asimetri (tidak beraturan)
  2. Ukuran tubuh sekitar 0,9 m dengan berbagai macam warna seperti hijau, kuning, ungu, putih, dll.
  3. Terdapat rongga di seluruh tubuhnya (spongosol).
  4. Terdapat rongga-rongga kecil sebagai jalur pintu masuknya air (ostium).
  5. Memiliki sel koanosit untuk memicu terjadinya aliran air dari luar, sehingga ia bisa mendapatkan makanan dan melakukan fertilisasi.
  6. Setiap spesies memiliki penyokong tubuh porifera (spikula) dengan bentuk yang bermacam-macam.

Sebagai bentuk pertahanan diri, mereka bisa melepas spikula atau memproduksi racun bernama ageliferin yang dapat membunuh beberapa organisme ancaman seperti bryozoa sebagai bentuk pertahanan diri.  Racun tersebut juga bisa digunakan untuk bersaing dengan jenis sesamanya untuk mendapatkan tempat hidup yang baru.

Klasifikasi Porifera

Klasifikasi bunga karang terbagi menjadi beberapa kelas, antara lain:

Calcarea

Calcarea
Calcarea

Kelas calcarea ini mempunyai karakteristik spikula dari kalsium karbonat (CaCo3) atau biasa disebut spons berkapur. Spons laut ini berciri-ciri tabung tipis dalam jaringan longgar, asimetris, badan relatif kecil, mendiami perairan dangkal. Contoh calcarea antara lain seperti  Clathrina clathrus, Leucosolenia. dan Sycon

Demospongiae

Demospongiae
Demospongiae

Kelas ini memiliki spikula berbahan silika dan berserat spongin. Kelompok ini mempunyai jumlah yang lebih melimpah di perairan dunia yaitu kurang lebih 80%-90% . Hal ini bisa dibuktikan pada kedalaman 5,5 meter, terdapat sekitar 4.200 spesies dari kelas demospongiae.

Selain itu, mereka memiliki ukuran yang beragam mulai diameter kecil hingga mencapai 2 meter. Kelas ini tidak memiliki rongga tengah besar (spongosol) yang besar, sehingga cocok sebagai rumah atau tempat tinggal para ikan. 

Hexactinellida

Hexacnitellida
Hexacnitellida

Klasifikasi selanjutnya adalah hexactinellida. Kelas ini mempunyai spikula bercabang enam dan terbuat dari silika. Oleh karena itu, ia dijuluki hexactinellida. 

Porifera jenis ini mempunyai tinggi relatif sedang yakni 10-30 cm. Selanjutnya, kehidupannya terlihat subur pada kedalaman 25 m-8000m. Hewan ini juga sama seperti lainnya yakni hidup menempel pada permukaan yang keras seperti cangkang atau bebatuan.

Baca Juga : Hewan Invertebrata: Definisi, Ciri, Klasifikasi dan Contoh

Struktur Tubuh Porifera

Struktur Tubuh Porifera

Selanjutnya, kita akan membahas secara singkat struktur tubuh hewan ini. Tubuh porifera terdiri dari tiga lapisan utama, yaitu:

  • Pinacocyte – merupakan sel epidermis yang berfungsi untuk melindungi tubuh bagian dalam. Sel epitel ini bersifat elastis karena memang sebagai pertahanan diri terhadap ancaman luar. Selanjutnya, mereka berperan sebagai alat pergerakan untuk melakukan kontraksi dan peregangan. Secara fisik, pinacocyte memiliki bentuk sel pipih, padat, dan saling terkoneksi satu sama lain.  
  • Mesohyl – Letaknya berada di lapisan lebih dalam lagi. Ia merupakan matriks ekstraseluler dan terdiri dari gel seperti kolagen. Sel ini bersifat multifungsi karena berfungsi sebagai alat peredaran nutrisi makanan, perkembangbiakkan, dan ekskresi. Sel ini juga dilengkapi dengan sel-sel yang bergerak atau sel amoebosit.
  • Choanocyte – Sel yang terletak di bagian paling dalam, ia mengelilingi rongga spongocoel. Sel ini mengandung banyak sitoplasma yang terlapisi oleh lendir. Secara umum, ia mempunyai peran dalam melakukan proses pencernaan secara intraseluler. Choanocyte berbentuk sedemikian rupa karena untuk menghasilkan aliran air melalui spons dan menjebak zat-zat makanan dengan cara fagositosis. Tak hanya itu, ia mampu berdiferensiasi menjadi sel sperma untuk melakukan reproduksi seksual. 

Peranan Porifera dalam Kehidupan

Porifera mempunyai peran penting sebagai biota laut. Menjadi salah satu penyusun biodiversitas ekosistem laut yang potensial, membuatnya menjadi hewan yang dilindungi oleh pemerintah. Mengapa demikian? karena koloni porifera mampu membentuk lingkungan terumbu karang sedemikian rupa sebagai tempat tinggal makhluk hidup lainnya seperti hewan vertebrata alias golongan pisces. 

Dalam dunia kesehatan, porifera berperan sebagai bioaktif dan bahan baku obat khususnya obat anti-kanker. Selanjutnya dalam lingkup domestik, hewan ini mempunyai nilai ekonomis tinggi karena berfungsi alat penggosok atau pembersih perangkat keras. 

Bunga karang juga terkenal karena kecantikan visual yang memukau, tak jarang ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab ingin mengeksploitasinya. Namun, karena adanya regulasi dan upaya-upaya yang tepat maka hal ini bisa terkendalikan dengan cukup  baik. Oleh sebab itu, kita sebagai penerus bangsa harus bisa melestarikan keanekaragaman fauna dan hayati karena beberapa dari spesies mereka telah terancam punah 

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan bunga karang mulai dari definisi, habitat, karakteristik, struktur tubuh hingga perannya dalam kehidupan. Porifera merupakan hewan dengan sel eukariotik yang berpori atau berongga. Karakteristiknya yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya, mudah untuk dikenali ketika pertama kali melihatnya.

Dengan adanya mereka di dalam ekosistem perairan laut, mereka menjalin simbiosis mutualisme dengan hewan-hewan lainnya. Lalu, mereka mempunyai nilai ekonomis yang tinggi sehingga harus diimbangi dengan adanya konservasi biota laut atau upaya-upaya perlindungan  untuk menjaga kelestariannya. 

Mempelajari makhluk hidup membuat kita semakin cinta dengan alam, bukan? Yuk, jadilah bagian dari agen perubahan untuk membuat kondisi bumi dan alam kita menjadi semakin baik. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Porifera Sebagai Biota Laut Beserta Penjelasannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]