1. Kelas 10 Sejarah

Proses Masuknya Islam Ke Indonesia dan Perkembangannya

Tahukah Kawan Literasi bahwa Indonesia merupakan negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia? Hampir 87% persen penduduk di Indonesia memeluk agama Islam. Penasaran nggak bagaimana penyebaran agama Islam di Indonesia? Kalau penasaran, yuk kita bahas secara lengkap proses masuknya Islam ke Indonesia beserta pengaruh perkembangannya di Studio Literasi. Check this out!

Proses Masuknya Islam ke Indonesia Berdasarkan Teori

Proses Masuknya Islam di Indonesia
Proses Masuknya Islam di Indonesia

Perjalanan Islam di Indonesia memiliki proses yang sangat panjang dan dimulai sejak zaman kerajaan. Hal ini menjelaskan bahwa Islam telah ada sejak berabad-abad lalu. Ada berbagai macam teori yang menjelaskan bagaimana proses masuknya Islam di Indonesia. Namun suatu hal yang pasti, teori-teori tersebut dapat terkaji ulang berdasarkan bukti yang ada. 

Selanjutnya, teori yang menjelaskan proses masuknya Islam adalah Gujarat, Mekkah, Persia, dan Cina. Mari simak penjelasan masing-masing teori yuk.

1. Teori Gujarat

Salah satu teori tertua yang menjelaskan proses masuknya Islam adalah teori Gujarat. Teori ini dicetuskan oleh GWJ Drewes dan dikembangkan oleh Snouck Hurgronje. Beberapa tokoh terkenal yang ikut meyakini kebenaran teori Gujarat menjelaskan proses masuknya Islam ke Indonesia adalah Sucipto Wirjosuprapto.

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Teori Gujarat merupakan teori yang menjelaskan bahwa agama Islam tersebar ke Indonesia melalui pedagang-pedagang muslim dari India sekitar abad ke-13. Penjelasan teori ini berfokus pada hubungan antara India dan Indonesia yang sudah lama terjalin sejak dulu. Salah satu bukti dari teori Gujarat adalah inskripsi tua yang terdapat di Sumatera, menjelaskan bagaimana hubungan kedekatan antara Indonesia khususnya di Sumatera dengan India.

Baca Juga: Kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang Menorehkan Sejarah

2. Teori Mekkah

Buya Hamka
Buya Hamka

Teori Arab atau Mekkah merupakan teori yang menjelaskan bahwa Islam masuk langsung dari Mekkah pada masa kekhalifahan. Penjelasan dari teori ini didukung oleh salah satu tokoh terkenal yakni Buya Hamka.

Selanjutnya beliau menyusun Buku berjudul “Sejarah Umat Islam” yang telah terbit pada 1997. Di dalam buku tersebut menjelaskan bukti-bukti kuat yang mendukung teori ini. Beberapa bukti tersebut adalah naskah kuno Cina yang mengatakan bahwa sekelompok Bangsa Arab pernah bermukim di pesisir Barat Pulau Sumatera.

Pada kawasan tempat mereka bermukim, adalah bagian dari kekuasaan kerajaan Sriwijaya. Sebagai bukti atas teori ini, pada daerah tersebut ditemukan batu nisan Syekh Rukunuddin yang merupakan seorang ulama dari Jazirah Arab. Teori Arab meyakini penyebaran agama Islam dari Arab, yakni melalui perdagangan dan perkawinan dengan warga setempat. 

3. Teori Persia

Teori proses masuknya Islam selanjutnya adalah teori Persia yang mengatakan bahwa masuknya Islam berasal dari Persia. Pencetus teori Persia adalah P.A. Hoesein Djajadiningrat yang menyatakan Islam masuk ke Indonesia berasal dari Persia yang singgah ke Gujarat pada abad ke-13. 

Pandangan teori Persia cukup berbeda dengan teori Gujarat dan Mekah. Teori Persia menjelaskan bahwa kebudayaan di Indonesia memiliki kesamaan dengan kebudayaan Islam di Persia.

Salah satu contoh bukti dari teori Persia adalah kaligrafi-kaligrafi Islam yang ada di makam batu nisan di nusantara. Beberapa ritual keagamaan nusantara adalah tabot dan tabuik yang mirip dengan ritual di Persia, diadakan setiap tanggal 10 Muharram.

Nah, kawan literasi, perlu kalian ketahui bahwa teori Islam yang satu ini sedikit kurang relevan karena aliran Islam yang ada di Persia adalah Islam Syiah sedangkan yang berkembang di Indonesia adalah aliran Sunni. 

4. Teori Cina

Teori proses masuknya Islam ke Indonesia adalah teori Cina. Terdapat asal mula sejarah masuknya agama Islam di Indonesia berasal dari Cina. Islam masuk ke Cina karena prakarsa panglima Muslim yang bernama Saad bin Waqash yang berasal dari Madinah. 

Salah satu sosio-Antropolog bernama Jean Berlie mengatakan bahwa relasi antara Cina dan Islam terjadi pada 731 Masehi. Masuknya Islam di Indonesia merupakan awal mula migrasi orang Cina ke Asia Tenggara.

Banyak yang meyakini keakuratan teori ini karena keturunan Cina memiliki pengaruh yang sangat besar pada kerajaan Demak. Raden Patah merupakan raja dari kesultanan Demak yang merupakan putra dari Majapahit. Selanjutnya, penyebaran agama Islam dari Cina dilakukan dengan cara berdagang, pernikahan, serta penyebaran murni. 

Baca Juga: Kerajaan Kediri: Sejarah Kehidupan hingga Keruntuhannya

Pengaruh Islam di Indonesia

Jika tadi kita sudah membahas mengenai teori-teori yang membahas proses masuknya Islam ke Indonesia, maka selanjutnya kita menggunakan catatan terkait pengaruh Islam di Indonesia. 

Berdasarkan teori-teori tersebut, dapat kita ambil kesimpulan bahwa Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke 7 atau 700 Masehi yang merupakan masa perdagangan. Yuk kita bahas pengaruh Islam di Indonesia.

1. Demografi

Penyebaran umat Islam di Indonesia berada di wilayah barat khususnya Sumatera. Salah satu program transmigrasi dan proses nya dari Jawa ke wilayah Timur juga menjadikan penyebaran umat Islam di Indonesia karena jumlah penduduk yang meningkat. Hal ini menjadi salah satu pengaruh bagaimana penyebaran penduduk dapat mempengaruhi penyebaran Islam. 

2. Arsitektur

Masjid Demak
Masjid Demak

Hampir sebagian besar bangunan sejarah di Indonesia mendapatkan pengaruh dari arsitektur Islam. Salah satu arsitektur yang  peninggalan Islam yang masih bertahan hingga saat ini adalah masjid, yakni tempat beribadah umat muslim. Desain yang sangat kental dengan suasana Islami dan budaya Timur Tengah menjadikan masjid memiliki ciri khas peradaban Islam yang unik. 

3. Politik

Masyoritas penduduk yang muslim membuat sistem politik di Indonesia pun tidak terlepas dari pengaruh Islam. Penerapan sistem tentunya tidak seketat di Arab Saudi. Salah satu daerah yang menerapkan sistem politik berlandaskan Islam secara utuh adalah Aceh. 

Berdasarkan sejarah, setelah masa reformasi selesai, masyarakat memiliki kebebasan untuk bersuara. Lalu, hal ini membuat banyak bermunculan partai Islam karena tidak ada larangan pemerintah Islam berdiri. Partai-partai ini memiliki perkembangan yang cukup besar dan ditandai dengan banyak organisasi Islam yang muncul di Indonesia.  

Nah itu tadi pembahasan lengkap mengenai proses masuknya Islam ke Indonesia berdasarkan teori serta pengaruhnya hingga saat ini. Semoga informasi ini bisa memperkaya pengetahuanmu tentang sejarah ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Proses Masuknya Islam Ke Indonesia dan Perkembangannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]