1. Kelas 10 Biologi

Protozoa: Definisi, Ciri-Ciri, Klasifikasi & Morfologinya

Pernahkan kalian melakukan praktikum pengamatan makhluk hidup dan kalian membawa sebotol air di sekitar rumah? Andai kalian tahu, air yang ada di alam sekitar kita sebenarnya tidak benar-benar bersih lho. Jika melakukan perbesaran 1000x  maka akan terlihat banyak organisme yang hidup di sana, salah satunya adalah protozoa. 

Apa itu protozoa? apakah mikroorganisme itu berbahaya? daripada penasaran, yuk kita bahas satu per satu bagaimana karakteristiknya dan cara perkembangbiakkannya. Simak ya!

Pengertian Protozoa

Protozoa Terlihat Oleh Perbesaran Tertentu
Protozoa Terlihat Oleh Perbesaran Tertentu

Protozoa terdiri dari dua kata yaitu “Protos” yang artinya pertama sedangkan “zoon” memiliki arti hewan. Jadi, artinya adalah hewan pertama. Definisi protozoa ada bermacam-macam. Beberapa ahli menyatakan jika protozoa adalah organisme bersel tunggal yang punya inti (nukleus) lebih dari satu. 

Protozoa termasuk kedalam kingdom protista. Kingdom protista terbagi menjadi tiga bagian, antara lain protozoa itu sendiri, ganggang, dan jamur. Kebanyakan hewan ini hanya bisa terlihat di bawah mikroskop dengan perbesaran tertentu. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Protozoa adalah mikroorganisme eukariota. Eukariota merupakan sel yang  memiliki nukleus (DNA atau RNA) yang dikelilingi oleh sitoplasma dan membran inti. Lalu, mereka tidak memiliki dinding sel, bersifat  heterotrof dan kebanyakan hidup di daerah perairan (kolam, rawa, sungai, dll).

Mereka adalah protista yang menyerupai hewan dan bersifat seluler. Sama seperti makhluk hidup lainnya, mereka dapat bergerak menggunakan alat bantu gerak serta berkembang biak secara seksual maupun aseksual.   

Habitat Protozoa

Protozoa Hidup Pada Perairan
Protozoa Hidup Pada Perairan

Mikroorganisme ini hidup di berbagai alam yakni darat, udara serta perairan. Namun. ada beberapa spesies yang bersifat patogen (menyebabkan penyakit pada manusia). Habitat protozoa harus memiliki lingkungan yang memadai untuk kelangsungan hidupnya. Seperti suhu, pH, dan tingkat kelembaban yang memadai untuk hidup secara berkoloni atau soliter (individu). 

Apalagi lingkungan tersebut tidak memadai, maka protozoa akan membentuk kista. Kista pada protozoa berfungsi sebagai alat pelindung diri dari terhadap lingkungan yang merugikan seperti kelembaban yang rendah, pH, defisiensi nutrisi dan lain-lain. Cara hidup protozoa ada berbagai macam, antara lain memakan organisme lain (heterotrof)  atau mensintesis makanannya sendiri (autotrof) dan menggunakan bahan sisa organik makhluk hidup yang telah mati (parasitik)

Ciri-Ciri Protozoa

Berikut adalah ciri-ciri protozoa yang perlu kalian ketahui:

  1. Mikroorganisme uniseluler.
  2. Ukuran tubuh 10-200 µm.
  3. Tidak mempunyai dinding sel.
  4. Mempertahankan hidupnya dengan cara heterotrof atau autotrof.
  5. Berkembangbiakn dengan cara pembelahan biner (aseksual) dan reproduksi konjugasi (seksual).
  6. Bergerak menggunakan flagel.

Baca Juga: Mengenal Struktur Sel Hewan & Tumbuhan Beserta Bagiannya!

Morfologi Protozoa

Morfologi Protozoa
Morfologi Protozoa

Bentuk antara spesies makhluk hidup antara satu dengan lainnya adalah berbeda, begitupun juga protozoa. Protozoa memiliki bentuk-bentuk yang sederhana, namun kebanyakan dari mereka mempunyai bentuk lonjong dan bulat. Diameternya relatif kecil dengan rentang 1 µm hingga 600 µm. 

Komposisi dinding sel mikroorganisme tersebut adalah tidak memiliki dinding sel, tidak mengandung selulosa dan kitin. Jenisnya seperti Foraminifera mempunyai cangkang keras yang tersusun atas unsur kalsium (Ca) dan silikon (Si) sebagai bentuk pertahanan diri.Tak hanya itu, mereka bergerak untuk memenuhi kebutuhannya dengan alat gerak bernama flagela, silia, dan pseudopodia

Klasifikasi Protozoa

Klasifikasi protozoa berdasarkan alat geraknya terbagi menjadi beberapa phylum, antara lain:

Rhizopoda (Sarcodina)

Berasal dari kata “rhizo” yaitu akar, dan “podos” berarti kaki. Biasa ditemukan di perairan air tawar, laut yang kaya zat organik. Karakteristik yang membedakan adalah memiliki alat gerak berupa kaki semu atau pseudopodia.  Alat gerak ini terbentuk karena ada perubahan sitoplasma. Bentuk fisiknya dapat berubah-ubah dan berkembang biak dengan cara pembelahan biner. 

Actinopoda 

Mikroorganisme ini mempunyai kaki yang memancar (axopodia) dengan ujung-ujungnya yang runcing. Habitat utamanya adalah air tawar (heliozoa) dan air laut (radiozoa). Mengapa disebut kaki memancar? karena alat geraknya menutupi seluruh tubuhnya. Sehingga tubuhnya menyerupai bola yang tersusun atas unsur silika. 

Foraminifera

Tubuh mikroorganisme ini terlindung oleh rangka (cangkang) yang terbuat dari  CaCO3 atau senyawa karbonat berbentuk bulat. Cangkang ini berfungsi untuk melindungi protoplasma. Bisa juga, sebagai indikator pencarian sumber daya mineral atau minyak bumi

Formaninifera artinya adalah lubang, dengan kata lain kebanyakan protozoa ini hidup di laut dengan cara mengambang. Tak hanya itu saja, ia memiliki pseudopodia yang panjang dan halus. Berkembang biak secara aseksual. Di dunia, jumlah foraminifera memiliki sekitar 275.000 spesies baik yang masih hidup atau sudah menjadi fosil. 

Apicomplexa (Sporozoa)

Sebagian besar apicomplexa adalah bersifat parasit atau hidup pada tubuh organisme lain sehingga terjadilah simbiosis parasitisme. Protozoa ini tidak mempunyai alat gerak atau silia serta berkembang biak dengan cara seksual. Mikroorganisme ini juga memproduksi oosit yang mengandung sporozoite, sehingga bisa menginfeksi inang lain melalui darah. 

Baca Juga: Klasifikasi Virus Dalam Biologi Beserta Penjelasannya

Penyakit Disebabkan Oleh Protozoa

Beberapa protozoa bersifat patogen sehingga dapat merugikan manusia, berikut kami rangkum jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh protozoa, antara lain:

Malaria

Plasmodium malariae Sebagai Agent Malaria
Plasmodium malariae Sebagai Agent Malaria

Penyakit umum yang sering menjangkit manusia adalah malaria. Tahukah kalian jika infeksi malaria disebabkan oleh protozoa. Protozoa yang menginfeksi adalah Plasmodium vivax, Plasmodium malariae dan Plasmodium falciparum. Mereka termasuk ke dalam golongan apicomplexa. 

Cara invasi virus dimulai dari masuknya protozoa tersebut melalui perantara gigitan nyamuk kemudian masuk ke dalam saluran darah. Setelah itu, racun tersebut masuk dan bersembunyi di dalam sel eritrosit (sel sarah merah) kemudian terjadilah penyumbatan kapiler di seluruh tubuh. Gejala umum yang terjadi antara lain seperti demam, menggigil, berkeringat terus menerus, serta anemia. 

Giardiasis

Infeksi parasit ini terjadi pada usus. Gejala penyakit ini antara lain diare dengan tinja berminyak, hilang nafsu makan, berat badan turun, dan sakit perut selama satu sampai dua minggu. Penularannya dari air minum yang telah terkontaminasi oleh parasit giardia. Cara pencegahannya adalah dengan memasak air minum sampai mendidih sehingga parasit terbunuh, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, dan lebih cermat dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. 

Toksoplasmosis

Toksoplasmosis menginfeksi manusia karena adanya parasit bernama toxoplasma. Parasit ini sering hinggap pada daging yang kurang matang dan adanya kontak secara langsung dengan hewan terkontaminasi seperti anjing dan kucing. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada janin dan orang ketika memiliki pertahanan diri yang rendah. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan serta menjaga kesehatan lingkungan. 

Kesimpulan

Protozoa merupakan mikroorganisme yang termasuk ke dalam kingdom protista. Ciri-cirinya antara lain memiliki inti atau nukleus serta tidak memiliki dinding sel. Bersifat uniseluler dan hanya dapat terlihat oleh bantuan mikroskop.

Mikroorganisme ini terbagi menjadi beberapa filum yang mencirikhaskan bentuk yang berbeda-beda. Selain itu beberapa protozoa bersifat patogen yang dapat membahayakan kesehatan manusia. 

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai protozoa. Mempelajari makhluk hidup secara tidak langsung membuat kita sadar akan pentingnya kesehatan ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan berikutnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Protozoa: Definisi, Ciri-Ciri, Klasifikasi & Morfologinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]