1. Kelas 11 Kimia

Reaksi Redoks: Pengertian,Ciri-Ciri, Aturan & Penerapannya

Halo kawan literasi. Kembali lagi bersama kami untuk membahas seputar pengetahuan alam. Ngomong-ngomong, apakah kalian pernah lihat sayur atau buah-buahan yang dibiarkan saja di atas meja lama-lama akan membusuk? kalian tahu tidak ada serangga yang mengerubunginya,namun mereka akan bereaksi seperti itu. 

Asal kalian tahu, itu adalah peristiwa pembusukan. Peristiwa pembusukan terjadi karena adanya perubahan secara kimiawi atau biasa disebut dengan reaksi redoks. Langsung aja ya guys, simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian Reaksi Redoks

Apa itu Reaksi Redoks?
Apa itu Reaksi Redoks?

Kata “redoks” berasal dari dua kata yakni reduksi dan oksidasi. Reaksi ini bekerja dengan cara melepaskan dan mengikat oksigen. Jadi reaksi redoks adalah reaksi yang mempunyai dua peristiwa yakni melepaskan oksigen atau reduksi dan mengikat oksigen atau oksidasi. 

Konsep dari reaksi redoks adalah adanya perpindahan muatan negatif hanya pada senyawa ion dan tidak pada senyawa kovalen. Peristiwa ini bekerja berdasarkan perubahan bilangan oksidasi atau biloks.Apa itu bilangan oksidasi? bilangan yang mengandung muatan positif dan muatan negatif pada suatu atom. 

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Setiap atom mempunyai nilai biloksnya sendiri-sendiri. Atom golongan logam seperti Na,Fe,Ni, Mg,Ca, Pb memiliki biloks positif, sedangkan atom dalam kategori non logam atau halogen seperti O, F, Cl dan lainnya.

Perubahan biloks ini tentu tidak lepas dengan adanya reduktor dan oksidator. Reduktor merupakan zat yang melepaskan elektron atau yang mengalami oksidasi, sedangkan oksidator adalah zat yang menangkap elektron atau yang mengalami peristiwa reduksi. 

Baca Juga : Kesetimbangan Kimia: Jenis, Rumus dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Ciri-Ciri Reaksi Redoks

Nah, selanjutnya kita akan mempelajari karakteristik reaksi redoks yang berbeda dengan reaksi kimia lainnya. Ciri-cirinya antara lain:

  1. Mengandung unsur-unsur bebas misalnya Cl2- , Cu , dan O₂ 
  2. Adanya peristiwa perubahan bilangan oksidasi.
  3. Zat pereduksi (reduktor).
  4. Zat pengoksidasi (oksidator).

Nah, bagaimana? sudah cukup paham bukan tentang gambaran bagaimana reaksi redoks. Kalau masih belum, tenang aja kita akan belajar mengenal aturan-aturan untuk menentukan bilangan oksidasi. 

Aturan Menentukan Bilangan Oksidasi

Natrium Memiliki Biloks Bernilai 0
Natrium Memiliki Biloks Bernilai 0

Sama seperti matematika, untuk menentukan biloks bukan asal-asalan saja ya. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, antara lain:

Pertama

Biloks dalam unsur bebas dalam bentuk atom dan molekul bernilai 0. Cotontoh C,Cu,Ca,Na,Fe, = 0

Kedua

Aturan kedua menjelaskan tentang biloks ion monoatom alias hanya satu atom. Sedangkan biloks ion poliatom mempunyai lebih dari satu sesuai dengan jenis muatan ionnya.

Contoh:

Biloks ion monoatom antara lain Na⁺ , Mg², Al³ 

Biloks ion poliatom seperti NH⁴⁺ , SO₄²⁻  serta PO₄³⁻ 

Ketiga

Aturan ketiga yakni biloks pada unsur dalam golongan logam IA, IIA maupun III A sesuai dengan golongannya. 

Contoh:

Golongan logam IA = H, Na, Li, K, Cs, Rb, bernilai +1

Golongan logam II A = Mg, Sr. Ca, Ba mempunyai nilai +2

Golongan logam IIIA = Al, Ga, In memiliki angka biloks sebesar +3

Keempat

Bilangan oksidasi dengan unsur pada golongan transisi yakni golongan B (lebih dari satu). 

Contoh:

Biloks atom Cu = +1 dan +2

Biloks atom Sn = +3 dan +4

Biloks atom Au = +1 da +3

Kelima

Syarat yang kelima adalah jumlah biloks dari unsur-unsur membentuk ion sama dengan jumlah muatannya. Supaya lebih jelas, pada senyawa NH⁴⁺  mengandung biloks +1

Keenam

Aturan kelima yakni jumlah biloksi unsurnya membentuk senyawa bernilai 0. Contohnya adalah H₂O atau air.
H2O = 0

Ketujuh

Aturan ketujuh mengatakan jika biloks pada unsur hidrogen (H) berikatan dengan logam akan bernilai -1, namun jika berikatan dengan unsur non-logam akan memiliki nilai +1

Kedelapan

Aturan terakhir yakni menyebutkan bahwa bilangan oksigen dalam senyawa piroksida menghasilkan nilai +1, sedangkan dalam senyawa non-peroksida akan bernilai -2. Contohnya seperti bilangan oksidasi O dalam senyawa BaO₂ adalah -1.

Contoh Penerapan dalam Kehidupan Sehari-Hari

 

Electroplating
Contoh Reaksi Redoks adalah Electroplating pada Besi

Reaksi redoks terbentuk bukan karena adanya tujuan dan manfaatnya lho, kawan literasi. Ternyata ada beberapa manfaat yang mesti kalian ketahui, antara lain:

  1. Pernahkah kamu melihat seorang ahli besi sedang melakukan teknik electroplating? nah ini adalah salah satu cara untuk mencegah besi korosif sehingga lebih dalam dalam pemakaiannya.
  2. Tumbuhan diam-diam melakukan reaksi redoks,lho. Hal ini terjadi karena senyawa karbon dioksida (CO₂) mengalami reduksi sehingga melepaskan oksigen (O₂) ke alam bebas.
  3. Dalam dunia pertukangan, mur dan baut memang sengaja dilapisi oleh larutan zinc, hal ini terjadi karena adanya proses oksidasi pada logam zinc.
  4. Pembuatan alat-alat dapur yang terlapisi oleh oksida. Hal ini untuk mencegah adanya perkaratan saat penggunaan. 

Baca Juga :Senyawa Hidrokarbon: Definisi, Jenis, Reaksi & Dampaknya

Kesimpulan

Reaksi redoks adalah penggabungan reaksi dari reaksi reduksi maupun oksidasi. Dua komponen yang berperan adalah zat pereduksi dan zat pengoksidasi. Ia memiliki karakteristik tertentu serta aturan-aturannya dalam menentukkan bilangan oksidasi. Beberapa penerapan dari reaksi redoks bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkup alami (fotosintesis), pertukangan hingga pembuatan alat-alat domestik.

Nah,bagaimana? menyimak dari atas sampai akhir pastinya sudah paham, bukan? kalau masih saja belum paham tak ada salahnya belajar kembali dengan sumber lain seperti buku, video pembelajaran, atau tanya temanmu. 

Intinya, jangan pernah lelah untuk belajar ya kawan. Belajarlah dengan rasa percaya diri dan tekun, maka kemudahan itu nanti akan datang dengan sendirinya.Oke, sampai jumpa di artikel berikutnya ya dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Reaksi Redoks: Pengertian,Ciri-Ciri, Aturan & Penerapannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]