1. Kelas 10 Geografi

Mengenal Rotasi Bumi, Penyebab Adanya Siang & Malam

Ketika kita berbicara tentang pergerakan bumi di dalam Tata Surya, salah satu hal yang muncul di benak kita adalah rotasi bumi. Rotasi bumi adalah alasan adanya siang dan malam serta fenomena alam lainnya.

Ingin tahu lebih banyak tentang hal tersebut? Yuk, simak penjabarannya.

Apa itu rotasi bumi?

ilustrasi rotasi bumi
Apa itu rotasi bumi, Foto Oleh handling-solutions.eppendorf com

Sederhananya, rotasi bumi adalah gerakan konstan yang memungkinkan bumi berputar pada porosnya dari arah barat ke timur. Sumbu ini terdiri dari garis imajiner yang melintasi kutub geografis dan memiliki kemiringan 23,4° terhadap orbit Bumi. Dalam hal rotasi, planet bumi tidak berbeda dari planet-planet lain yang menyusun galaksi Bima Sakti, kecuali Venus.

Rotasi bumi terjadi dalam jangka waktu 23 jam, 56 menit dan 4 detik. Dan lebih sering dibulatkan menjadi 24 jam dalam sehari. Kecepatan gerakannya bervariasi tergantung dari tempat ia dihitung. Dari ekuator, yaitu garis imajiner yang menandai keliling maksimum Bumi, rutenya adalah 1.700 km per jam.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Komunitas ilmiah telah berhasil menetapkan bahwa rotasi telah melambat secara signifikan, selama jutaan tahun, dalam interaksi gravitasinya dengan Bulan, satu-satunya satelit alaminya. Namun pada tahun 2004 terjadi gempa dahsyat di Samudera Hindia yang berhasil mempercepat gerakan rotasi ini sekitar tiga mikro detik.

Apa akibat terjadinya rotasi bumi?

ilustrasi akibat rotasi bumi, yaitu siang dan malam
Mengenal Rotasi Bumi, Foto Oleh earth google com

Ada beberapa akibat yang ditimbulkan akibat pergerakan bumi yang berputar pada porosnya sendiri, baik secara geografis maupun iklim. Berikut penjabarannya.

Perubahan Siang dan malam

Karena bumi berbentuk bulat, tidak sulit untuk memahami bahwa tidak setiap titik di permukaannya akan akan terkena pantulan cahaya matahari di waktu yang sama. Saat satu sisi yang terkena cahaya matahari mengalami waktu siang, sisi lain yang tidak terkena pantulan mengalami waktu malam hari. Zona kutub (utara dan selatan) merupakan salah satu pengecualian karena berada di poros bumi. Hal ini menyebabkan kutub mengalami kegelapan selama enam bulan dan enam bulan lainnya panas.

Keberadaan siang dan malam berhubungan erat dengan aktivitas yang dilakukan oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, khususnya manusia.

Perbedaan Waktu

Sistem zona waktu terdiri dari pembagian hari menjadi jam untuk seluruh planet, dan titik awal atau titik referensinya adalah meridian nol atau meridian Greenwich. Itulah sebabnya sunrise dan sunset di belahan timur lebih awal dibanding di belahan barat.

Perubahan suhu

Pergantian siang dan malam menandakan bahwa pada siang hari, bagian planet yang diterangi menerima lebih banyak cahaya matahari. Energi ini kemudian terakumulasi dan menghasilkan peningkatan suhu. Sedangkan pada malam hari, bagian tersebut tidak menerima cahaya matahari dan suhu menurun.

Bentuk Bumi

Karena gerakan rotasi konstan, gaya sentrifugal yang dihasilkan bertanggung jawab untuk meratakan area kutub dan memperluas area ekuator. Karena adanya gerak rotasi, planet tersebut berbentuk seperti elips.

Pergerakan semu matahari

Karena bumi yang terus berputar, hal ini membuat Matahari dan benda-benda langit lainnya seolah-olah bergerak dari timur ke barat atau terlihat bergerak melawan rotasi bumi dari barat ke timur.

Medan Magnet Bumi

Gerakan rotasi bumi menghasilkan medan magnet atau energi yang melindungi bumi dari radiasi matahari melalui atmosfer (lapisan yang terdiri dari gas dan yang mengelilingi bumi).

Meskipun planet dan makhluk hidup membutuhkan cahaya dan panas dari Matahari, beberapa sinarnya berbahaya. Medan magnet ini mengalirkan partikel di atmosfer yang berguna untuk menghalangi dan mencegah sinar berbahaya mencapai permukaan bumi.

Pembelokan Arah Mata Angin

Akibat rotasi bumi lainnya yaitu, perubahan arah angin di seluruh planet, terutama angin yang datang dari barat.

Tetapi perlu dicatat bahwa angin ini tidak berasal dari perbedaan tekanan antara massa udara yang berbeda, melainkan karena mereka menghasilkan perubahan ini selama jalur dan lintasannya sendiri.

Efek Coriolis

Karena sumbu rotasi memiliki kemiringan 23,4º terhadap tegak lurus bidang orbitnya, kondisi ini memungkinkan terjadinya apa yang disebut efek Coriolis. Efek ini menjadi penyebab terjadinya musim yang berbeda sepanjang tahun, seperti: musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin, di wilayah geografis yang berbeda di planet ini.

Bagaimana dampak jika tidak ada rotasi bumi?

Rotasi bumi adalah gerakan penting yang dilakukan bumi, jika gerakan ini tidak terjadi atau tiba-tiba gerakan tersebut berhenti, para ilmuwan menjabarkan beberapa hal yang mungkin terjadi.

Tidak akan ada siang atau malam

Jika ini terjadi, hal ini bisa menandakan akhir dari umat manusia karena tidak akan ada cahaya alami dan siang atau malam. Artinya, hari-hari itu tidak akan berdurasi 24 jam, karena 24 jam itu adalah durasi putaran bumi.

Semua benda melayang tanpa kontrol

Bumi selalu bergerak konstan, walau kita tidak melihatnya secara langsung. Akan tetapi, jika berhenti tiba-tiba, segala bentuk kehidupan dan benda yang terletak di permukaan bumi, akan terlempar ke udara dengan kecepatan tinggi sebagai akibat dari aksi gaya sentrifugal yang tidak terkendali. Gaya ini disebut gaya inersia.

Yang terburuk adalah samudra dan lautan akan bergerak naik ke atas benua dengan gelombang besar. Kenaikan gelombang ini akan menghancurkan segala sesuatu yang menghalangi jalan mereka.

Bumi berubah bentuk menjadi bola

Seperti diketahui, berkat rotasi Bumi, planet bumi tidaklah berbentuk bulat sempurna, melainkan elips. Tetapi jika gerakan ini tidak ada lagi, maka Bumi akan menjadi bulat sempurna, tanpa bentuk oval yang menjadi ciri khasnya.

Tapi apa lagi yang akan terjadi? Perairan samudra dan lautan akan didistribusikan ulang menyebabkan banjir besar, yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Nah, itulah pembahasan tentang akibat rotasi bumi dan pengertiannya. Sekian dan semoga bermanfaat!

Baca juga: Sistem Tata Surya

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Rotasi Bumi, Penyebab Adanya Siang & Malam

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]