1. Kelas 12 Kimia

Senyawa Karbon: Pengertian, Golongan, & Contoh Soalnya

Halo kawan literasi, di pembahasan kali ini Studio Literasi akan mengajak kalian untuk membahas salah satu materi pelajaran kimia kelas 12 yaitu senyawa karbon. Mungkin teman-teman tidak asing dengan jenis larutan seperti metanol dan aseton, bukan?

Nah kedua jenis larutan tadi merupakan senyawa dari alkohol dan keton. Kira-kira apa saja sih, jenis larutan lainnya? Yuk, mari kita simak bersama materi tentang senyawa karbon berikut ini. 

Apa Itu Senyawa Karbon?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang senyawa karbon, kita bahas dulu pengertian dari senyawa karbon. 

Senyawa karbon adalah senyawa yang tersusun dari atom karbon (C), hydrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N), sulfur (S), dan unsur organik lainnya sebagai komponen utama. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Karbon sebagai salah satu komponen terbesar dari senyawa ini, dapat membentuk ikatan tunggal rangkap dua dan rangkap tiga. Sehingga keistimewaan karbon membuatnya mampu membentuk rantai karbon. 

Penggolongan Senyawa Karbon

Senyawa karbon digolongkan ke dalam gugus fungsi yang dimiliki. Berikut ini adalah penggolongan senyawa karbon dalam bentuk tabel. 

Golongan senyawaGugus fungsiRumus umumContoh senyawa
Alkohol (alkanol)– OHCnH2n+2OCH3 – CH2 – OHEtanol
Eter (alkoksi alkana)– O –CH3 – O – CHMetoksi metana/metil eter
Aldehid (alkanal)– CHOCnH2nOCH3 – CH2 – CH2 – CHOButanal 
Keton (alkanon)– CO –CH3 – CH2 – CH2 – CO – CH32-pentanon/metil propil keton
Asam karboksilat (asam alkanoat)– COOH CnH2nO2CH3 – CH2 – CH2 – COOHAsam butanoat
Ester (alkil alkanoat)– COOCH3 – CH2 – COO – CH3Metil propanoat
Alkil halida (haloalkana)– XCnH2n+1XCH3 – CH2 – CH2 – BrPropil bromida

Golongan Senyawa Karbon

Metanol sebagai golongan senyawa. (Sumber: iStock)

Berikut ini adalah tujuh golongan senyawa karbon.

1. Alkohol

Alkohol adalah senyawa dengan gugus fungsi -OH (gugus hidroksi), yang memiliki rumus R- OH. Karena adanya ikatan hidrogen, alkohol mudah larut dalam air dengan titik didih yang relatif tinggi. 

Berdasarkan letak gugus hidroksil, alkohol terbagi ke dalam 3 jenis yaitu alkohol primer, sekunder, dan tersier. 

2. Eter (Alkoksi Alkana)

Rumus molekul dari senyawa eter adalah R-O-R’ dengan gugus fungsi. R dan R’ adalah gugus alkil, mulai dari alkil sejenis dan tidak sejenis. 

Karena memiliki sifat nonpolar, eter terbilang susah larut dalam air. Eter juga bersifat mudah terbakar dengan titik didihnya yang relatif rendah. 

3. Keton (Alkanon)

Keton merupakan senyawa yang memiliki rumus R-CO-R’. Keton disebut sebagai senyawa karbonil karena memiliki gugus fungsi C= O. 

4. Aldehid (Alkanal)

Aldehid merupakan senyawa yang memiliki rumus molekul R – CHO dengan gugus karbonil. Gugus karbonil sendiri adalah gugus fungsi yang terdiri dari sebuah atom karbon dan atom oksigen yang saling berikatan rangkap. 

Aldehid dapat larut dalam air, sehingga ia memiliki sifat polar. Aldehid juga dapat dioksidasi dengan pereaksi Fehling yang dapat menghasilkan endapan merah bata, dan pereaksi Tollens yang dapat menghasilkan cermin perak. 

5. Ester (Alkil Alkanoat)

Senyawa karbon ester memiliki rumus R – COO – R’. Reaksi pembentukan ester dapat disebut juga sebagai reaksi esterifikasi dengan persamaan R – COOH + R’ → R – COO – R’ + H2O

6. Alkil Halida (Haloalkana)

Alkil halida merupakan senyawa turunan alkana yang dibentuk dari reaksi substitusi atom hidrogen. Rumus umum alkil halida adalah R -X dengan X adalah halogen (F, Cl, Br, l)

7. Asam Karboksilat (Asam Alkanoat)

Asam karboksilat memiliki rumus umum R – COOH (gugus karboksil). Gugus karboksil yang berada pada asam karboksilat adalah gabungan dari gugus karbonil serta gugus hidroksil. Sama seperti aldehid, asam karboksilat memiliki sifat polar sehingga dapat larut dalam air. 

Isomer Senyawa Karbon

Selanjutnya kita akan membahas tentang isomer. Isomer adalah senyawa dengan rumus molekul atau penyusun atom yang sama, namun dengan struktur yang berbeda. 

Isomer dibedakan menjadi dua pada senyawa-senyawa karbon, yakni isomer struktur dan isomer ruang. Berikut penjelasan tentang keduanya. 

1. Isomer Ruang

Isomer ruang terbagi lagi menjadi dua, yaitu isomer geometri dan isomer optik. Berikut masing-masing penjelasannya. 

a. Isomer geometri adalah isomer yang terjadi pada senyawa, yang memiliki molekul tetap seperti pada ikatan rangkap atau cincin. Terdapat dua bentuk isomer geometri yaitu bentuk senyawa cis dan bentuk senyawa trans. 

Senyawa cis terbentuk saat gugus sejenis berada di satu sisi. Kemudian senyawa trans terbentuk ketika gugus sejenis berada pada sisi yang berseberangan.  

b. Isomer optik adalah jenis isomer yang terjadi pada senyawa yang memiliki atom karbon kiral (C kiral). C kiral merupakan atom karbon yang mengikat 4 gugus atau unsur yang berbeda. 

Senyawa dengan isomer optik disebut juga sebagai senyawa optis aktif. Ciri-ciri senyawa optik yaitu dapat memutar bidang polarisasi.

2. Isomer Struktur

Isomer struktur dapat berupa isomer rangka, posisi dan gugus fungsi. Simak masing-masing penjelasannya berikut ini. 

a. Isomer rangka merupakan dua senyawa yang memiliki rumus molekul yang sama, dengan rantai utamanya yang berbeda.

b. Isomer posisi merupakan dua senyawa yang memiliki rumus molekul dan rantai induk yang sama, namun posisi gugus fungsinya yang berbeda.

c. isomer fungsi merupakan isomer dengan rumus molekul yang sama, dengan gugus fungsi yang berbeda. 

Reaksi Senyawa Karbon

Selanjutnya kita akan membahas reaksi-reaksi umum yang terjadi pada senyawa karbon. Simak tabelnya berikut ini. 

Jenis reaksiDefinisi
SubstitusiPertukaran atom atau gugus atom tanpa adanya perubahan ikatan. 
AdisiPenambahan atom atau gugus atom yang reaksinya disertai dengan pemutusan ikatan rangkap. 
EliminasiPengurangan atom atau gugus atom yang disertai dengan terbentuknya ikatan rangkap. 
OksidasiReaksi dengan oksidator seperti gas O2 dan KMnO4 yang secara umum sebagai penambahan oksigen. 
ReduksiReaksi dengan reduktor seperti gas H2, yang secara umum merupakan penambahan hidrogen dan pengurangan oksigen. 

Kegunaan Senyawa Karbon

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari senyawa karbon yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Alkohol 

Metanol yang terkandung dalam cairan alkohol banyak digunakan sebagai pelarut dan bahan bakar alternatif. 

2. Keton

Keton yang terdapat dalam cairan aseton ini banyak digunakan sebagai pelarut dan juga polish remover. Sementara jenis keton siklik digunakan dalam industri parfum. 

3. Eter

Senyawa eter dimanfaatkan sebagai pelarut dan senyawa dietil untuk anestesi pada saat operasi. 

4. Ester

Senyawa ester dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan sabun dan sebagai bahan makanan. 

5. Asam karboksilat 

Jenis asam asetat ini dapat digunakan sebagai cuka, sementara jenis asam format digunakan untuk membentuk gumpalan lateks. 

Contoh Soal Senyawa Karbon

Tentukan nama senyawa berikut ini!

1. Soal: CH3 – CH2 – OH 

Jawaban:

Etanol 

2. Soal: C2H5 – O – C3H7 

Jawaban:

C2H5 – O = etoksi

C3H7  = propana

Baca juga: Reaksi Redoks: Konsep, Penyetaraan, & Contoh Soalnya

Nah, itu tadi materi kimia lengkap tentang senyawa karbon. Kalian dapat memahami materi ini secara mendalam dengan memahami contoh soal di atas dengan rutin mengerjakan latihan soal, ya. Selamat belajar! Yuk, belajar bersama Studio Literasi. Sampai jumpa di materi berikutnya. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Senyawa Karbon: Pengertian, Golongan, & Contoh Soalnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]