1. Kelas 11 Biologi

Sintesis Protein: Tahapan, Tempat, & Tujuannya – Kelas 11 Biologi

Halo Sobat Stulit! Pernahkah kamu penasaran tubuh kita terbentuk dari apa? Yep, pada dasarnya, seluruh anggota tubuh kita mulai dari kulit, daging, mata, organ tubuh, sampai tulang terbentuk dari protein. Sintesis protein adalah istilah untuk menyebut proses pembentukan tersebut.

Tapi secara biologis, apa sih pengertian sintesis protein? Bagaimana proses sintesis protein dari awal sampai akhir? Apa saja tahapan-tahapannya? Stulit akan menjelaskannya untukmu di bawah ini.

Pengertian Sintesis Protein

Sintesis protein adalah proses pembentukan informasi gen hingga membentuk urutan rantai asam amino. Selama proses sintesis protein, ada dua jenis molekul polimer yang terlibat, yaitu DNA dan RNA.

Proses sintesis protein adalah penentu utama karakteristik suatu makhluk hidup. Informasi dari gen-gen inti yang mengalami sintesis protein akan dikodifikasi dan diterjemahkan menjadi rantai gen baru, yang akan menimbulkan ekspresi gen.

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Contoh sederhananya begini: manusia dengan gen AA dan Bb mengalami sintesis protein. Akhirnya kedua gen mereka tercampur secara acak dan membentuk ekspresi gen berbeda-beda, tapi dengan proses pembentukan dan pengolahan protein yang sama.

Tujuan Sintesis Protein

Singkatnya, tujuan sintesis protein adalah mempertahankan kenormalan biologis dan fungsionalitas dari setiap makhluk hidup dengan spesies sama.

Secara biologis, tujuan sintesis protein adalah untuk menciptakan polypeptide, yaitu rantai asam amino tanpa ujung yang membentuk karakteristik gen baru, tapi dengan proses protein yang sama. Kira-kira bentuknya seperti ini:

(sumber: Shutterstock)

Sintesis protein adalah proses kompleks, karena satu protein bisa mengandung jutaan bahkan milyaran informasi gen. Itulah salah satu alasan kenapa kamu tidak 100% mirip dengan ayah, ibu, dan saudara-saudara kandungmu. Tapi kalian semua sama-sama manusia dan butuh makan, minum, tidur, dan seterusnya.

Tempat Sintesis Protein

Tempat sintesis protein adalah ribosom, yaitu kombinasi kompleks dari RNA, molekul, dan sel protein berukuran mikro yang menjadi tempat pembentukan DNA. Selain menjadi tempat utama DNA terbentuk, ribosom juga berfungsi sebagai sel yang mengkode informasi baru dari kombinasi protein di dalamnya.

Sederhananya, ribosom adalah pabrik yang mengumpulkan DNA dari luar. Setelah itu, ribosom akan mengolah informasi-informasi tersebut dan menghasilkan ekspresi gen baru.

Agar kamu lebih paham soal ini, simak diagram sintesis protein berikut:

Ribosom, Tempat Sintesis Protein
Ribosom, Tempat Sintesis Protein (sumber: ThoughtCo)

Tahapan Sintesis Protein

Secara garis besar, ada dua tahapan sintesis protein, yaitu tahapan transkripsi (kodifikasi) dan translasi (penerjemahan). Penjelasan tentang dua tahapan sintesis protein tersebut lebih jelasnya sebagai berikut:

1. Proses Transkripsi

Transkripsi adalah proses pembuatan RNA baru dengan memanfaatkan DNA sebagai template atau model dasarnya. Ada tiga tahapan sintesis protein dalam proses transkripsi, yaitu:

  • Initiation, yaitu proses masuknya enzim polimer RNA ke bagian DNA (promoter) yang akan dipisah. Fungsi enzim polimer di sini mirip seperti pembuka resleting, dan DNA yang ditempeli enzim polimer berfungsi seperti salah satu sisi resletingnya.
  • Elongation, yaitu proses penyalinan informasi dari promoter DNA oleh enzim polimer. Mengikuti analogi resleting, di bagian ini DNA yang tadinya merupakan dua sisi resleting yang bersatu akan dibuka oleh enzim polimer. Setelah itu, salah satu sisi resleting yang merupakan promoter DNA akan disalin informasinya dan menjadi messenger RNA (mRNA).
  • Termination, yaitu proses pemisahan sepenuhnya mRNA dari DNA asalnya. Di tahapan sintesis protein ini, mRNA sudah menjadi sel baru yang berdiri sendiri.
Proses Transkripsi DNA menjadi mRNA
Proses Transkripsi DNA menjadi mRNA (sumber: Flexbooks CK12)

2. Proses Translasi

Tahapan sintesis protein yang kedua adalah translasi, yaitu proses penerjemahan mRNA di dalam ribosom, tempat sintesis protein terjadi. Urutan tahapan sintesis protein di fase translasi adalah sebagai berikut:

  • mRNA masuk ke ribosom
  • Transfer RNA (tRNA) akan membawa asam amino ke dalam ribosom
  • Ribosom dan tRNA mengolah asam amino dan memadukan informasinya dengan mRNA 
  • mRNA dan asam amino mulai terkombinasikan dan membentuk rantai protein baru.
Tahapan Sintesis Protein Fase Translasi
Diagram Sintesis Protein dari Awal Sampai Akhir (sumber: Nature Journals)

Demikian penjelasan dari Studio Literasi tentang tahapan sintesis protein, proses, -tempat, dan penjelasannya! Intinya, sintesis protein adalah sebuah proses pembentukan protein yang dibutuhkan makhluk hidup melalui pewarisan DNA dari generasi sebelumnya. 

Sudah paham tentang proses sintesis protein, Sobat Stulit? Kalau udah, coba kerjakan soal-soal di bawah ini deh!

[wp_quiz id=”8355″]

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sintesis Protein: Tahapan, Tempat, & Tujuannya – Kelas 11 Biologi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]