1. Kelas 11 Biologi

Sistem Peredaran Darah Manusia

Ketika belajar IPA, kalian akan belajar banyak sistem yang ada di dalam tubuh makhluk hidup, salah satunya sistem peredaran darah manusia. 

Sistem peredaran darah manusia memiliki pengaruh penting. Sebab, tidak hanya berfungsi menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh saja, melainkan juga ikut berperan dalam proses metabolisme. 

Lalu bagaimana sistem peredaran darah manusia tersebut berlangsung? Organ tubuh apa saja yang terlibat?

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Nah, ayo kita belajar bersama-sama tentang salah satu sistem sirkulasi berikut!

Organ Penyusun Sistem Peredaran Darah Manusia

Organ-organ yang menyusun sistem peredaran darah manusia dimulai dari jantung, darah, serta pembuluh darah. Berikut penjelasannya.

Jantung 

Jantung
Jantung, foto oleh Tutorialbahasainggris Co Id

Jantung merupakan organ yang sangat penting karena fungsinya ialah untuk memompa darah. Terletak di rongga dada bagian kiri serta dibungkus oleh selaput bernama perikardium. 

Jantung manusia dibagi menjadi 4 ruang, yaitu serambi (atrium) kanan dan kiri serta bilik (ventrikel) kanan dan kiri. Serambi terletak di bagian atas, sedangkan bilik ada di bagian bawah. 

Selain itu, jantung manusia juga mempunyai katup sebanyak 3, yakni antriovelikuler, atrioventrikular, dan semilunaris. 

Darah 

Darah
Darah, foto oleh Webmd Com

Dalam hal ini darah merupakan komponen terpenting karena bertugas mengangkut nutrisi, antibodi, oksigen, hormon, serta senyawa lainnya seperti obat ke seluruh tubuh. 

Sementara itu komponen penyusunnya ialah plasma dan sel-sel darah yang terdiri atas trombosit, eritrosit, hingga leukosit. 

Plasma Darah

Plasma Darah
Plasma Darah, foto oleh Health Detik Com

Plasma tersusun oleh 99% air, sedangkan sisanya sebanyak 10% merupakan zat-zat terlarut. Bentuknya seperti cairan dengan warna kuning pucat. 

Plasma berfungsi membawa zat-zat pengangkut yang terdiri atas antibodi, protein, hormon, garam-garam (natrium, kalsium, magnesium), gas-gas (karbondoksida dan oksigen), nutrisi (asam amino, vitamin, glukosa), dan senyawa sisa metabolisme seperti urea. 

Trombosit 

Trombosit disebut juga keping darah. Trombosit tidak berinti serta tidak beraturan. Masa hidupnya sangat pendek, yaitu hanya 10-12 hari. 

Fungsi trombosit ialah turut berperan dalam proses pembekuan darah dengan membentuk benang-benang fibrinogen. 

Eritrosit 

Eritrosit merupakan nama lain dari sel darah merah. Bentuknya bulat pipih yang cenderung cekung di bagian tengah (bikonkaf) dan tidak memiliki nukleus. Warnanya pun merah karena mengandung banyak hemoglobin. 

Sementara itu, fungsinya yakni untuk mengangkut gas karbon dioksida (CO2) serta oksigen (O2) dalam tubuh. Jumlah eritrosit di dalam tubuh manusia kira-kira sebanyak 4-5 juta sel/ml. 

Eritrosit dihasilkan oleh sumsum tulang belakang dan dapat bertahan hidup selama 120 hari. Setelah 120 hari, eritrosit akan mati kemudian diangkut ke limfa atau hati untuk dipecah. 

Leukosit 

Leukosit merupakan sel darah putih dan tidak memiliki warna. Fungsinya ialah sebagai sistem kekebalan tubuh atau imun. Di dalam tubuh manusia terdapat sekitar 3.000-6000 sel/ml leukosit. 

Leukosit dihasilkan di sumsum merah pada tulang dan jaringan limfa dengan masa hidup selama 12 hari. 

Leukosit dibedakan menjadi 2 berdasarkan ada atau tidak adanya granula plasma, yaitu granulosit serta agranulosit. 

Granulosit terdiri atas eusinofil, basofil, hingga neutrofil. Sedangkan agranulosit meliputi limfosit serta monosit. 

Pembuluh Darah

pembuluh darah
Pembuluh Darah, foto oleh Amongguru Com

Bentuk pembuluh darah seperti tabung otot elastis atau pipa. Fungsinya adalah membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh atau sebaliknya. 

Pembuluh darah itu ada 2 macam, yakni pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Berikut penjelasan kedua pembuluh tersebut:

Pembuluh Arteri

Pembuluh arteri berperan untuk mengedarkan darah kaya akan oksigen keluar dari jantung. Pembuluh arteri terbesar disebut aorta, sedangkan arteri terkecil ialah arteriol. 

Pembuluh arteri mempunyai dinding elastis, tebal, serta lumennya tidak berkatup. Arteri letaknya jauh dari permukaan kulit sehingga tidak bisa dilihat secara langsung.

Namun denyutnya bisa dirasakan jika kita merabanya. 

Pembuluh Vena

Berbeda dengan arteri, vena ialah pembuluh yang keluar dari jantung. Letaknya dekat permukaan kulit dan berwarna kebiruan. Kalian bisa melihat pembuluh vena yang ada di pergelangan tangan. 

Pembuluh vena terbesar disebut vena kava, sedangkan terkecil bernama venula. 

Pembuluh Kapiler

Kapiler yaitu pembuluh yang menjadi penghubung antara arteriol dengan venula. Kapiler mempunyai peran dalam proses pertukaran gas dan nutrien. 

Mekanisme Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem peredaran darah manusia dikendalikan oleh jantung, di mana beperan sebagai pemompa darah agar dapat mengalir ke seluruh tubuh.

Ketika otot jantung melakukan relaksasi, secara otomatis jantung akan mengembang, velumenya besar, serta tekanannya menjadi kecil. 

Hal tersebut mengakibatkan darah dari vena kava masuk ke dalam serambi kanan. Lalu katup AV terbuka sehingga darah dari serambi terus masuk menuju bilik kanan. 

Sementara itu di jantung sebelah kiri, darah dari vena pulmonalis mulai masuk ke bilik kiri. 

Saat otot jantung berkontraksi, jantung dalam kondisi mengkerut. Kemudian darah dari bilik kanan masuk ke arteri pulmonalis. 

Pada saat itu katup AV menutup sedangkan katup menuju arteri pulmonalis membuka. Kemudian darah dari bilik kiri dipompa masuk ke aorta. Katup AV tetap menutup dan katup aorta membuka. 

Macam-Macam Sistem Peredaran Darah Manusia

  1. Sistem Peredaran Darah Kecil

Darah kotor atau banyak mengandung CO2 di bilik kanan dialirkan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis. 

Lalu di dalam paru-paru tepatnya di alveolus, terjadi pertukaran CO2 dan O2. Setelah itu darah yang sudah mengandung oksigen di bawa melalui vena pulmonalis kembali ke serambi kiri jantung.

Berikut urutan siklusnya:

Sistem Peredaran Darah Kecil
Sistem Peredaran Darah Kecil, foto oleh Quipper Com
  1. Sistem Peredaran Darah Besar

Darah yang mengandung banyak oksigen di bilik kiri akan dialirkan oleh aorta ke seluruh tubuh (kecuali paru-paru). Selanjutnya darah dibawa oleh pembuluh vena kava untuk kembali ke serambi kanan. 

Urutan siklusnya adalah:

Sistem Peredaran Darah Besar
Sistem Peredaran Darah Besar, foto oleh Quipper Com

Bagaimana? Apakah kalian sudah paham tentang materi di atas? Kalau teman-teman masih ada pertanyaan tulis saja di kolom komentar bawah, ya. Semangat!

Baca juga: Hewan Vertebrata: Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sistem Peredaran Darah Manusia

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]