1. Kelas 10 Sosiologi

Mengenal Sosiologi: Definisi, Ciri-Ciri & Objek Kajiannya

Seperti yang kita ketahui, manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan interaksi satu sama lain. Interaksi ini dibahas dalam suatu bidang ilmu, yaitu sosiologi. Sosiologi adalah ilmu yang mengkaji hubungan manusia dalam masyarakat. Namun, apa yang sebetulnya dipelajari dalam ilmu sosiologi? Untuk mengetahuinya, yuk simak artikel Studio Literasi kali ini hingga akhir!

Apa itu Sosiologi? 

Sumber: open edu

Secara umum, sosiologi merupakan suatu ilmu tentang hubungan manusia pada suatu masyarakat. Istilah sosiologi tercetus pertama kalinya oleh seorang ahli filsafat dan sosiolog Augste Comte pada bukunya, Cours de Philosophie Positive

Asal terminologi sosiologi adalah sebuah bahasa latin Socius, yang memiliki arti sesama atau teman, serta bahasa yunani Logos, yang artinya cerita. Jika melihat dari asal katanya, sosiologi adalah cerita tentang teman atau masyarakat. 

Sosiologi dapat membantu memahami interaksi sosial, nilai, norma, tradisi, serta keyakinan yang dimiliki masyarakat. Dengan sosiologi, manusia dapat lebih bersikap kritis dan rasional pada berbagai realitas sosial dan mengambil tindakan yang tepat untuk hal tersebut. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli 

Sumber: wikipedia

Selain Auguste Comte, ada pula beberapa ahli yang memberikan pandangannya terkait ilmu Sosiologi, diantaranya berikut ini: 

  • Auguste Comte 

Sosiologi merupakan ilmu mengenai hukum dasar dari gejala sosial yang terbagi menjadi sosiologi statis dan dinamis. 

  • Emile Durkheim 

Sosiologi mempelajari fakta sosial yang mencakup cara bertindak, berpikir, serta berperasaan yang ada di luar individu, dan mempunyai kekuatan memaksa yang mengendalikannya. 

  • Max Weber

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tindakan sosial. 

  • Pitirim Sorokin

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan dan timbal balik antar berbagai macam gejala sosial dan non sosial.

Baca juga: Perubahan Sosial

  • Astrid S. Susanto 

Sosiologi tidak hanya mempelajari hubungan dalam masyarakat, tetapi juga mempelajari gejala di dalamnya yang terjadi berulang-ulang. 

  • Selo Soemardjan & Soelaeman Soemardi

Sosiologi mempelajari struktur sosial dan proses sosial, termasuk perubahan sosial.

  • Soerjono Soekanto

Sosiologi merupakan ilmu yang memusatkan perhatian pada kemasyarakatan yang sifatnya umum untuk mendapat pola umum kehidupan masyarakat. 

Latar Belakang 

Sumber: Britannica

Lahirnya sosiologi berawal dari perubahan masyarakat di Eropa Barat karena Revolusi industri Inggris dan Revolusi Perancis. Harapan dari revolusi tersebut adalah lahirnya nilai kesamaan (egalite), persaudaraan (fraternite), serta kebebasan (liberte).  Namun, harapan tersebut tidak sesuai dengan realita, yaitu revolusi tersebut juga menimbulkan anarki atau situasi tanpa aturan serta kesenjangan sosial. Melihat fenomena tersebut, Auguste Comte, mencetuskan deskripsi ilmiah situasi sosial itu pada bukunya The Positive Philosophy pada tahun 1842, yang juga menjadi kali pertama kata “Sosiologi” digunakan. 

Hakikat Sosiologi

Sumber: socialsc msruas

Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut: 

  • Karena yang dipelajari merupakan gejala kemasyarakatan, sosiologi adalah ilmu sosial 
  • Sosiologi juga termasuk ilmu normatif, terbatas pada kejadian saat ini ataupun sesuatu yang seharusnya terjadi.
  • Sosiologi bersifat abstrak, bukan suatu ilmu konkret. Maksudnya, yang menjadi fokus utama adalah pola peristiwa masyarakat secara komprehensif, bukan hanya peristiwa itu sendiri. 
  • Jadi, tujuan kajian ilmu sosiologi adalah menghasilkan pengertian dan pola umum, prinsip hukum secara umum dari interaksi manusia dalam struktur masyarakat. Sebab, sosiologi membahas bentuk kerja sama maupun persaingan serta konflik yang terjadi, dan lain sebagainya. 
  • Sosiologi tergolong sebagai ilmu pengetahuan murni dan ilmu pengetahuan terapan.  

Baca juga:  Struktur Sosial

Ciri Sosiologi 

Sumber: simplysociology

Seperti maknanya, Kawan Literasi, sosiologi adalah bidang ilmu sosial yang mempelajari masyarakat. Ciri-ciri utama sosiologi adalah empiris, teoritis, kumulatif, serta nonetis. Berikut ini penjelasannya: 

  • Empiris

Ilmu sosiologi berlandaskan observasi suatu fenomena yang nyata, sehingga sifatnya empiris dan tidak spekulatif atau dugaan semata. 

  • Teoritis 

Artinya ilmu sosiologi berusaha untuk menghasilkan kesimpulan logis yang bisa menjelaskan hubungan sebab-akibat, yang akan tercetus sebagai teori. 

  • Kumulatif 

  Sosiologi disusun dari teori-teori yang sudah ada, atau sifatnya memperbaiki dan memperkuat teori-teori lama. 

  • Nonetis 

Arti nonetis yaitu tujuan pembahasan sosiologi adalah memperdalam, memperjelas suatu masalah, tanpa mempersoalkan baik maupun buruknya permasalahan tersebut.  

Baca juga: Faktor Pembentuk Kepribadian Menurut Ilmu Sosiologi

Objek Kajian Sosiologi 

Sumber: Thoughtco

Studi sosiologi mengkaji manusia dari aspek sosial masyarakat, yaitu hubungan antar manusia serta proses sebab akibat yang timbul dari hubungan tersebut. Istilah masyarakat merupakan kesatuan hidup manusia yang interaksinya berdasarkan suatu adat-istiadat tertentu yang sifatnya berkelanjutan dan berlandaskan kebersamaan, contohnya yaitu masyarakat kota, masyarakat desa, masyarakat Bali, dan lain-lain.  Hubungan antar manusia tersebut mencakup: 

  • Hubungan antar individu manusia
  • Hubungan antara individu dan suatu kelompok
  • Hubungan satu kelompok dan kelompok lainnya
  • Sifat-sifat berbagai kelompok sosial 

Selain itu, ada dua macam objek kajian sosiologi, yaitu objek materi dan objek formal: 

  • Objek materi yaitu kehidupan sosial, gejala, serta proses hubungan antar manusia. 
  • Objek formal adalah manusia sebagai makhluk sosial, dalam meningkatkan kehidupan serta kerja sama dalam masyarakat. 

Baca juga: Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi

Nah, itu dia pembahasan mengenai ilmu sosiologi. Pada intinya, sosiologi adalah ilmu yang membahas pola hubungan antarmanusia dalam suatu masyarakat, beserta proses dan juga perubahan sosial yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Sosiologi: Definisi, Ciri-Ciri & Objek Kajiannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]